cover
Contact Name
Nurul Aswar
Contact Email
nurulaswar@iainpalopo.ac.id
Phone
+6282292123465
Journal Mail Official
jurnalkonsepsi@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Griya Balandai, Kota Palopo Sulawesi Selatan, 91914
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Konsepsi
Published by P3I LUWU RAYA
ISSN : 23014059     EISSN : 27985121     DOI : -
Core Subject : Education,
URNAL KONSEPSI adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang Pendidikan, Bahasa dan Sastra, serta Sosial Humaniora dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan penelitian, implementasi teknologi, dan kebijakan tentang Pendidikan, Bahasa dan Sastra, serta Sosial Humaniora.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 1 (2021): Jurnal Konsepsi (Mei)" : 5 Documents clear
Kritik Budaya dalam Cerita Pendek Sepasang Pengantin Tak Berhias Karya Ernawati Rasyid : Tinjauan Elemen Semiologi Roland Barthes Hasnur Ruslan
Jurnal Konsepsi Vol. 10 No. 1 (2021): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (157.079 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian semiotik karya sastra yang kerap menampilkan simbol dalam merangkai teks. Teks dapat dipahami dan dimaknai jika simbol berhasil dipecahkan. Esensinya karya sastra mengandung etika dan esttetika. Jika etikanya tak diungkap, tertinggal estetika teks belaka. Karya sastra yang hanya estetika gagal menjadi karya sastra yang merupakan alat pembelajaran. Cerita Pendek Sepasang Pengantin tak Berhias, karya Ernawati Rasyid sarat makna yang harus dipecahkan. Dari itu, elemen semiologi atau studi semiotika digunakan untuk menggunakan makna tersirat itu. Elemen semiology Roland Barther menjadi pisau analisis untuk menemukan kritik kebudayaan yang dituliskan Ernawati Rasyid dalam karyanya. Ernawati Rasyid mencoba mengingatkan kita bahwa telah terjadi bebalitas dalam kehidupan keseharian kita.
Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik Sukirman Sukirman
Jurnal Konsepsi Vol. 10 No. 1 (2021): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.84 KB)

Abstract

Karya sastra adalah cabang seni yang diciptakan berdasarka ide, perasaan, dan pemikiran kreatif yang berkaitan unsur budaya diungkapkan melalui bahasa. Karya sastra sarat nilai-nilai pengalaman kehidupan, seperti nilai religius, nilai psikologis, nilai sosial kultural, dan nilai moral menjadi basis pengembangan pendidikan karakter dan sikap. Nilai-nilai tersebut diajarkan melalui model pembiasaan dengan melakukan apresiasi. Karya sastra dapat dijadikan media pendidikan untuk mengembangkan, mentransformasi, membentuk karakter, dan sikap peserta didik. Pembentukan karakter terwujud dalam aspek spiritual, aspek ilmu, aspek amal, dan aspek sosial. Selain itu, manfaat karya sastra dapat menjadi sarana rekreatif yang berdampak pada ketenangan jiwa (senang, damai, dan nyaman) serta mengurangi rasa jenuh dalam berlangsungnya pembelajaran. Dengan demikian, akan memberi pengaruh pembentukan karakter dan sikap ke arah positip yang bersifat humanistik.
Analisis Gaya Bahasa dalam Puisi Sajak Bulan Mei 1998 di Indonesia Karya W. S. Rendra Muhammad Dahlan
Jurnal Konsepsi Vol. 10 No. 1 (2021): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (144.776 KB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan gaya bahasa dalam puisi Sajak Bulan Mei 1998 di Indonesia karya W. S. Rendra Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer yang menjadi data pokok dalam penelitian, yaitu puisi Sajak Bulan Mei 1998 di Indonesia karya W. S. Rendra dan data sekunder yaitu beberapa literatur yang mendukung data primer. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa terdapat beberapa peribahasa dalam puisi Sajak Bulan Mei 1998 di Indonesia karya W. S. Rendra, beberapa diantaranya yaitu personifikasi, metafora, dan litotes. Dari hasil analisis di atas dapat disimpulkan bahwa puisi Sajak Bulan Mei 1998 di Indonesia karya W. S. Rendra mengungkapkan di dalam setiap bait puisi sangat terlihat jelas pemilihan kata-katanya bernada sindiran terhadap sikap pemerintah dan aparat yang berwenang dalam menghadapi peristiwa tersebut. Sesungguhnya yang ingin disampaikan W.S. Rendra dalam sajaknya ‘Sajak Bulan Mei 1998 di Indonesia’ adalah sindiran dan perasaan miris terhadap kejadian pada bulan Mei 1998 yang menelan banyak korban ketika peristiwa itu terjadi. Di dalam puisinya, penyair ingin menuntut ketidakadilan yang perlu ditegakkan dalam kejadian yang menggemparkan tersebut. Selain mengungkapkan sindiran rintihan mahasiswa yang menjadi korban kepada pemerintah yang semena-mena W.S Rendra juga menyampaikan inspirasinya melalui berbagai gaya bahasa yang digunakan dalam puisinya yang berjudul ‘Sajak Bulan Mei 1998 di Indonesia’.
Strategi Strata Meningkatkan Kemampuan Mengapresiasi Puisi Siswa Sekolah Menengah Pertama Nurul Aswar
Jurnal Konsepsi Vol. 10 No. 1 (2021): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.021 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan siswa sekolah menengah pertama mengapresisasi puisi melalui strategi strata. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pemaparan data kualitatif. Data terdiri atas data perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang bersumber dari guru, siswa, dan proses pembelajaran. Data dikumpulkan melalui observasi, analisis dokumentasi, dan wawancara dalam dua siklus. Data yang diperoleh ditelaah dan direduksi berdasarkan masalah diikuti penyajian data dan diakhiri suatu penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar yang dicapai pada siklus pertama pada pemeriksa pertama yaitu 81,05 sedangkan pada pemeriksa kedua 78,53. Hasil nilai siklus pertama ini masih ada lima orang siswa mendapatkan nilai yang tidak memenuhi KKM. Pada siklus kedua, nilai rata-rata hasil belajar yang dicapai, yaitu pemeriksa pertama 89,44, sedangkan pada pemeriksa kedua, yaitu 89,35. Pada siklus kedua semua siswa mendapatkan nilai memenuhi standar KKM.
Integrating Character Values in Junior Secondary Student Writing Learning Fadly Akbar; Sulkifli Sulkifli
Jurnal Konsepsi Vol. 10 No. 1 (2021): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.231 KB)

Abstract

This study aims to determine the integration of character values in junior high school students' writing learning. This research is a descriptive study. The subjects of this study were 35 grade VII students. The data was collected using test results of learning and observation results. The collected data were analyzed using qualitative analysis. The results of the qualitative analysis show the integration of the values of character education, namely the values of responsibility, discipline, honesty, self-confidence, courtesy, hard work, cooperation, respect, meticulousness and meticulousness, which are embedded in the learning of Indonesian for Class VII students of SMP Negeri 2. Bulukumba.

Page 1 of 1 | Total Record : 5