cover
Contact Name
Nurul Aswar
Contact Email
nurulaswar@iainpalopo.ac.id
Phone
+6282292123465
Journal Mail Official
jurnalkonsepsi@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Griya Balandai, Kota Palopo Sulawesi Selatan, 91914
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Konsepsi
Published by P3I LUWU RAYA
ISSN : 23014059     EISSN : 27985121     DOI : -
Core Subject : Education,
URNAL KONSEPSI adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang Pendidikan, Bahasa dan Sastra, serta Sosial Humaniora dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan penelitian, implementasi teknologi, dan kebijakan tentang Pendidikan, Bahasa dan Sastra, serta Sosial Humaniora.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 1 (2018): Jurnal Konsepsi (Mei)" : 5 Documents clear
Urgensi Pendekatan Psikologis dalam Pembelajaran yang Efektif : Studi pada SDN 2 Rante Baru Kec. Ranteangin Kab. Kolaka Utara Basruddin Basruddin
Jurnal Konsepsi Vol. 7 No. 1 (2018): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.843 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan membahas urgensi pendekatan psikologis dalam pembelajaran yang efektif (Studi pada SDN 2 Rante Baru Kec. Ranteangin Kab. Kolaka Utara). Teknik pengumpulan data penelitian, yakni observasi, interview, dan dokumentasi. Selanjutnya data disajikan dalam bentuk kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik deskriptif dan teknik interpretatif, dedangkan untuk nilai menganalisis nilai siswa digunakan distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan psikologis di SD Negeri 2 Rante Baru meningkatkan motivasi belajar siswa. siswa mempunyai inisiatif yang diaplikasikan melalui skill pembelajaran. Pendekatan psikologis memberikan kontribusi yang positif terhadap kemampuan kognitif dan apektif siswa terkhusus pada proses pembelajaran sehingga dapat mewujudkan pembelajaran yang efektif. Suasana pembelajaran tidak monoton dan siswa akan merasa nyaman dalam belajar, dan tujuan pembelajaran pun tercapai dengan maksimal.
Efektivitas Komunikasi Antara Guru dan Siswa dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas IX di SMP Negeri 2 Baebunta Citra Dewi
Jurnal Konsepsi Vol. 7 No. 1 (2018): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.659 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya komunikasi dalam proses pembelajaran mata pelajaran pada SMP Negeri 2 Baebunta. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian ini yaitu guru sebanyak 14 orang dan siswa sebanyak 209 otrang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview, dan angket. Peneliti menggabung beberapa macam teknik analisis data. data kuantitatif dianalisis statistik. Untuk data kualitatif dengan cara diklasifikasikan dalam bentuk kelompok terarah dan menjadi fakta akurat. Hasil penelitian diperoleh bahwa proses interaksi atau komunikasi antara guru dan murid di SMP Negeri 2 Baebunta memadukan berbagai macam metode dalam aktivitas mengajarnya sehingga tercipta suasana edukatif produktif. Hal ini terlihat di mana siswa telah terlibat secara aktif dalam proses belajar mengajar.
Strategi Pemetaan Konsep terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa SMPN 3 Sabbang Kabupaten Luwu utara Haider Haider
Jurnal Konsepsi Vol. 7 No. 1 (2018): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (168.31 KB)

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengaruh strategi pemetaan konsep terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMPN 3 Sabbang. Pokok permasalahan yang dibahas dalam artikel ini sejauh mana pengaruh penerapan pengajaran peta konsep terhadap peningkatan prestasi siswa kelas VIII SMPN 3 Sabbang pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Untuk menjawab permasalahan dan membuktikan hipotesis, penulis melakukan penelitian berupa tindakan kelas, yaitu melakukan pengajaran dengan metode peta konsep dan mengambil sampel dengan cara Cluster Random Sampling. Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB dijadikan sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan teknik library research, field research, wawancara dan menyebarkan pertanyaan berupa angket. Untuk mengetahui prestasi siswa dilakukan tes prestasi. Hasil yang diperoleh setelah melakukan tes prestasi dianalisis secara deskriptif, untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata=8.40, dengan standar deviasi = 1.42 dengan skor tertinggi =10, skor terendah = 5, untuk kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata= 7.78, dengan standar deviasi = 1.51, skor tertinggi = 10, dan skor terendah = 5, kemudian dianalisis secara inperensial, untuk menguji hipotesis dengan menggunakan Uji-t dengan nilai t hit = 2.92 lebih besar dari 1.68. ini berarti Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan ini hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi pemetaan konsep berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa SMPN 3 Sabbang.
Analisis Efektivitas Metode Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 31 Tarobok Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara Diana Sari
Jurnal Konsepsi Vol. 7 No. 1 (2018): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.068 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode mengajar guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 031 Tarobok Kecamatan Baebunta Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-kuantitatif. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh civitas akademika SDN No.31 Tarobok Kec. Baebunta. Dengan jumlah keseluruhan sampel sebanyak 92 orang. Pengumpulan data yang penulis gunakan ada dua cara, yakni library research dan field research melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian yang berupa data kualitatif dianalisis menggunakan metode dedukatif - induktif , sedangkan data kuantitatif dianalisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas metode mengajar bervariasi terhadap hasil belajar siswa SDN 031 Tarobok pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam. Hal ini terbukti dengan terlibatnya siswa secara aktif dan efektif pada pembelajaran.
Keterampilan Dasar dalam Mengajarkan Bahasa Indonesia Sukirman Sukirman
Jurnal Konsepsi Vol. 7 No. 1 (2018): Jurnal Konsepsi (Mei)
Publisher : P3I Luwu Raya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (131.254 KB)

Abstract

Artikel ini akan mengulas keterampilan yang harus dikuasai oleh guru sebagai usaha untuk mencapai target maksimal dalam mengajarkan bahasa Indonesia, yaitu dikuasainya materi oleh siswa, keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan dan bertanya, keterampilan memberi penguatan, dan keterampilan menciptakan variasi dan diskusi. Tulisan ini menyimpulkan seorang calon guru atau guru perlu mengetahui keterampilan dasar di dalam pengajaran bahasa Indonesia agar proses belajar mengajar dapat mencapai hasil maksimal, keterampilan dasar di dalam pengajaran bahasa Indonesia sangat bermanfaat di dalam proses penyelenggaraan belajar mengajar karena dapat membangkitkan semangat dan motivasi bagi siswa di dalam menerima pelajaran, mengadakan variasi dan membimbing siswa di dalam diskusi merupakan strategi yang tepat untuk menumbuhkan kemampuan siswa berpikir secara kreatif dalam memecahkan masalah. Setelah calon guru memahami dan menguasai isi tulisan ini, maka diharapkan akan memperoleh dua manfaat, yaitu manfaat teoretis dan manfaat secara praktis.

Page 1 of 1 | Total Record : 5