cover
Contact Name
Muhammad Ibnu Ashari
Contact Email
ibnuashari092@gmail.com
Phone
+6285283999981
Journal Mail Official
sospol@untag-smd.ac.id
Editorial Address
Jl. Ir Juanda No. 80 Samarinda (75124) Telp. 0541-744490,7030598; Fax 0541-761244
Location
Kota samarinda,
Kalimantan timur
INDONESIA
PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan
ISSN : 16932439     EISSN : 28288440     DOI : 10.31293/PD
Prediksi: Jurnal Administrasi dan Kebijakan is a national and open access journal published by the Faculty of Social and Political Sciences of the University of August 17, 1945 Samarinda. Prediction focuses on the development of the study of the humanities and social sciences. The purpose of our journal is to promote a principled approach to research in the field of social sciences and humanities specifically focusing on Political Science and State Administration and Policy Sciences. Prediksi have a full commitment to the authenticity of published articles and papers. Any authority that submits its articles to Prediksi for publication must be able to prove that the submitted work is an original contribution and has never been published in part or in whole in any other print media. To achieve this commitment, Prediction provides an objective and fair peer review of every article submitted by blind reviewers from other universities.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 21, No 1 (2022)" : 10 Documents clear
Efektivitas Kinerja Pegawai Pada Kantor Kepala Desa Telaga Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kutai Timur Yuliana Pala; Jamil Bazarah; Salasiah Salasiah
PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan Vol 21, No 1 (2022)
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (199.106 KB) | DOI: 10.31293/pd.v21i1.6229

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Kinerja Pegawai Pada Kantor Kepala Desa Telaga Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kutai Timur. Penelitian yang bersifat kualitatif dengan metode deskriptif. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini dititik beratkan pada data sekunder. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah Studi kepustakaan, kuesioner/angket, wawancara dan observasi. Hasil penelitian dari uraian wawancara yang penulis lakukan diatas bahwa Efektivitas Kinerja Pegawai pada Kantor kepala Desa Telaga Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kuatai Timur dengan melihat Indikator Efektivitas, yaitu: Ketepatan Waktu, Ketepatan Melakukan Perintah, dan Ketepatan Menentukan Tujuan, sudah dikatakan efektif serta Faktor-faktor yang mempengaruhi Kinerja Yaitu Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja juga sudah cukup efektif. Permasalahan yang dihadapi, dalam Faktor mempengaruhi kinerja yaitu, Kemampuan dan Keahlian yang belum efektif dikarenakan masih kurangnya kemampuan dan keahlian serta disiplin pegawai. Walaupun sejauh ini masih bisa diatasi oleh kantor desa telaga kecamatan batu ampar kabupaten kutai timur dan tidak mempengaruhi kinerja pegawainya.
Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Semangat Kerja Pegawai Kantor Kecamatan Telen Kabupaten Kutai Timur Mita Purnamasari; Jamil Bazarah; Raudah Mahmud
PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan Vol 21, No 1 (2022)
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31293/pd.v21i1.6235

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menerapkan uji statistik deskriptif dan beberapa tahap analisis pengujian data, diantaranya: koefisien korelasi; koefisien determinasi; regresi linier sederhana, dan uji t. Pengambilan sampel dengan menggunakan rumus slovin dan diperoleh sampel sebesar 32 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan skala likert yang memiliki 5 alternatif jawaban. Uji validitas dan reliabilitas instrumen serta analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS untuk Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara lingkungan kerja terhadap semangat kerja pegawai pada Kantor Kecamatan Telen Kabupaten Kutai Timur. Hal ini dibuktikan dengan analisis koefisien korelasi yaitu didapat nilai sebesar 0,535 dengan angka signifikasi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,002 lebih kecil dari 0,05 yang artinya bahwa kedua variabel memiliki hubungan linier positif yang sedang dan signifikan. Sedangkan pada analisis koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,287 atau sama dengan 28,7% yang ditunjukkan oleh R Square, artinya bahwa pengaruh dari lingkungan kerja terhadap semangat kerja pegawai yaitu sebesar 28,7% sedangkan 71,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Berikutnya pada analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi variabel independen sebesar 0,327 menyatakan bahwa setiap penambahan 1 % nilai lingkungan kerja, maka nilai semangat kerja pegawai bertambah sebesar 0,327. Koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh lingkungan kerja terhadap semangat kerja pegawai adalah positif.
Fungsi Kepala Desa Dalam Pelaksanaan Pembangunan di Desa Mawai Indah Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kutai Timur Sukma Maharani; Salasiah Salasiah; Raudah Mahmud
PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan Vol 21, No 1 (2022)
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.869 KB) | DOI: 10.31293/pd.v21i1.6183

Abstract

The Head of Village as a responsibility as the implementer of the development of the Village Head as the leading leader and directly related to the community. In addition, as a leader, the Village head also has function as a pioneer, even as the executor of the development of the village the leads. Data analysis in this study is qualitative based on the use of complete and in-depth information to interpret data on variables, non-quantitative and intended to conduct in-depth exploration and not to expand on phenomena. The method used is by interview, observation and documentation methods. The findings of this study are the function of the village head in the implementation of village development focusing on basic infrastructure such as PLN and Clean Water, in addition to the harvest is no longer in the form of raw materials but processed products.Kepala desa sebagai penentu kebijakan dan memiliki tanggung jawab sebagai pelaksana pembangunan, kepala desa sebagai pemimpin terdepan dan sebagai pemerintahan yang paling dekat serta berhubungan langsung dengan masyarakat. Disamping itu sebagai pemimpin, kepala desa juga memiliki fungsi sebagai pelopor, penggerak, perencana, penggegas, bahkan sebagai pelaksana pembangunan didesa yang dipimpinnya. Analisis data pada penelitian ini bersifat kualitatif berlandaskan pada penggunaan keterangan secara lengkap dan mendalam menginterprestasikan data tentang variabel, bersifat non kuantitatif dan dimaksudkan untuk melakukan eksplorasi mendalam dan tidak meluar terhadap fenomena. Metode yang digunakan yaitu dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun temuan dari penelitian ini yaitu fungsi kepala desa dalam pelaksanaan pembangunan desa memfokuskan infrastruktur dasar seperti, PLN dan Air bersih, selain infrastrutur dasar desa juga ingin mewujudkan hasil panen bukan lagi berupa bahan mentah melainkan hasil olahan. 
Tinjauan Tentang Semangat Kerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Damai Kabupaten Kutai Barat Marlin Natty; Ahmad Jubaidi; Jamiah Jamiah
PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan Vol 21, No 1 (2022)
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.434 KB) | DOI: 10.31293/pd.v21i1.6232

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Semangat Kerja Pegawai yang ada pada Kantor Kecamatan Damai Kabupaten Kutai Barat.Penelitian yang bersifat Kualitatif dengan metode deskriptif, penelitian ini menitik beratkan pada data hasil penelitian dan fakta-fakta yang didapatkan oleh peneliti dilapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, kuisioner, wawancara, dokumentasi, observasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Tinjauan Tentang Semangat Kerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Damai Kabupaten Kutai Barat Berdasarkan: Gajih yang diterima, Tempatkan pegawai pada posisi yang tepat, Memberikan insentif, Fasilitas yang memadai, Hubungan kerja yang baik antara pimpinan dan bawahan. Adapun permasalahan yang dihadapai oleh Kantor Kecamatan Damai Kabupaten Kutai Barat yaitu: Penempatakan pegawai yang masih belum sesuai dengan kemampuan dan Pendidikan yang dimiliki, Para pegawai tidak menerima uang lembur walaupun bekerja diluar jam kerja yang semestinya, Pemanfaatan fasilitas yang disediakan masi kurang efektif. Oleh karena itu perlu ditingkatkan lagi semangat kerja pegawai pada kantor Kecamatan Damai Kabupaten Kutai Barat
Tinjauan Tentang Kualitas Pelayanan di Masa Pandemi Covid 19 Pada Puskesmas Loa Duri Ilir Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara Siti Rohayati; Ahmad Jubaidi; Salasiah Salasiah
PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan Vol 21, No 1 (2022)
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (289.007 KB) | DOI: 10.31293/pd.v21i1.6234

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan di Masa Pandemi Covid 19 Pada Puskesmas Loa Duri Ilir Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara, dan untuk mengetahui faktor – faktor penghambat Pelayanan Pada Puskesmas Loa Duri Ilir Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara. Penelitian ini berjenis penelitian Deskriptif Kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu Kualitas Pelayanan di Masa Pandemi Covid 19 Pada Puskesmas Loa Duri Ilir Kecamatan Loa Janan  Kabupaten Kutai Kartanegara, dengan menganalisa: Prosedur Pelayanan, Waktu Pelayanan,  Biaya Pelayanan, Produk Pelayanan dan Organisasi Penyelenggara Pelayanan dan Faktor – faktor penghambat Pelayanan Pada Puskesmas Loa Duri Ilir Kecamatan Loa Janan Kabupaten  Kutai Kartanegara.Teknik pengumpulan data meliputi: Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Studi Pustaka, dan Analisa data yang digunakan yaitu model analisis data interaktif ( Miles &  Huberman)
Peran Kepala Desa Dalam Pembangunan Desa di Kantor Desa Long Iram Bayan Kecamatan Long Iram Kabupaten Kutai Barat Rindiani Rindiani; Maskan Maskan
PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan Vol 21, No 1 (2022)
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.997 KB) | DOI: 10.31293/pd.v21i1.6231

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Kepala Desa dalam Pembangunan Desa di Kantor Desa Long Iram Bayan, Kecamatan Long Iram, Kabupaten Kutai Barat. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang berfokus pada peran kepala desa sebagai motivator, fasilitator, dan mobilisator. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Study pustaka (library studi), Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian dari wawancara yang penulis uraiakan diatas bahwa Peran Kepala Desa dalam Pembangunan Desa diKantor Desa Long Iram Bayan, Kecamatan Long Iram, Kabupaten Kutai Barat dengan melihat indikator Peran Kepala Desa, yaitu: Peran Kepala Desa sebagai motivator, Fasilitator dan Mobilisator  dinilai sudah cukup efektif serta factor-faktor yang mempengaruhinya yaitu faktor pendukung: Partisipasi Masyarakat, Kesadaran, dan Kewibawan dinilai sudah cukup efektif Faktor Penghambat: Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana dan prasarana, yang menjadi permasalahan dikarenakan kurangnya Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), sarana dan prasarana yang belum memadai
Strategi Peningkatan Kinerja Pelayanan Publik Pada Kantor Kecamatan Bengalon Kabupaten Kutai Timur Marnawati Marnawati; Maskan Maskan; Marsuq Marsuq
PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan Vol 21, No 1 (2022)
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.447 KB) | DOI: 10.31293/pd.v21i1.6237

Abstract

Strategi dalam pemberian layanan kepada masyarakat berkaitan dengan sumber daya aparatur pelayanan, selain diatur dalam Undang-Undang Pelayanan Publik, penyelenggara pelayanan publik diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara. Kinerja diawali dengan perencanaan tentang bagaimana menyusun tujuan yang diharapkan di masa mendatang dan menyusun berbagai sumber daya serta kegiatan yang diperlukan dalam pencapaian tujuan. Peningkatan kinerja dapat dilihat sebagai suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman dan kesungguhan serta waktu. Pelayanan publik merupakan jiwa dasar dari penyelenggaraan administrasi negara. Seiring peningkatan kehidupan manusia, tuntutan akan pelayanan publik juga semakin meningkat. Masyarakat bukan hanya mengharapkan terpenuhinya kebutuhan pelayanan yang baik, tetapi lebih dari itu, masyarakat mulai mempertanyakan penjaminan ketersediaan dan kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah. Pelayanan administratif yaitu pelayanan yang menghasilkan berbagai bentuk dokumen resmi yang dibutuhkan oleh publik, misalnya status kewarganegaraan, sertifikat kompetensi, kepemilikan atau penguasaan terhadap suatu barang dan sebagainya. Pelayanan Pemerintahan, yaitu merupakan pelayanan masyarakat yang erat dalam tugas-tugas umum pemerintahan seperti pelayanan Kartu Keluarga, e-KTP, IMB, Surat Keterangan, izin usaha.
Peranan Kepemimpinan Camat di Kantor Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat Fransiska Hanan; Ahmad Jubaidi; Salasiah Salasiah
PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan Vol 21, No 1 (2022)
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (208.123 KB) | DOI: 10.31293/pd.v21i1.6230

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Peranan Kepemimpinan Camat Di Kantor Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Deskriptif Kualitastif. Adapun yang menjadi populasi dan penelitian ini adalah Camat dan Pegawai Kantor Kecamatan Barong Tongkok. Untuk Memperoleh data Digunakan Teknik Observasi, Wawancara, Dokumentasi, dan Metode Kepustakaan. Hasil penelitian, dari uraian wawancara yang penulis lakukan diatas bahwa dapat dilihat dari Peranan Kepemimpinan Camat dalam Pemberi Arah, Agen Perubahan, Pembicara dan Pembina dapat meningkatkan Kinerja Dan Kualitas Para Pegawainya dengan baik. Dengan Peranan Camat yang dapat meningkatkan kinerja pada Kantor Kecamatan Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat maka hal tersebut Sangat berguna untuk membangun kecamatan Barong Tongkok menjadi lebih baik lagi
Implementasi Layanan Inovasi Samsat Keliling Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Fitriani Fitriani; Jamil Bazarah
PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan Vol 21, No 1 (2022)
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.22 KB) | DOI: 10.31293/pd.v21i1.6236

Abstract

Penelitian yang berjudul “Implementasi Layanan Inovasi Samsat Keliling Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor”. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan Untuk Mengetahui Kualitas Layanan Inovasi Samsat Keliling Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. Penelitian ini sendiri berjenis penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitan ini yaitu Tangible, Realibility, Responsivenes, Anssurance, dan Empathy. Berdasarkan hasil penelitian, Implementasi Layanan Inovasi Samsat Keliling Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor sudah cukup baik. Berdasarkan Tangible, Realibility, Responsivenes, Anssurance, dan Empathy yang dilakukan oleh para pegawai Samsat keliling kota Samarinda ini dapat dilihat telah dilakukan secara maksimal. Namun demikian masih ada pekerjaan yang dinilai masih belum optimal seperti kurangnya sarana dan prasarana yang kurang memadai, kurangnya sosialisasi pelayanan kepada masyarakat, dan kesadaran Wajib Pajak dalam membayar pajak.
Tinjauan Tentang Implementasi Pelayanan Kepada Pasien Bpjs Kesehatan di Puskesmas Pembantu Desa Datah Bilang Kecamatan Long Hubung Kabupaten Mahakam Ulu Dovina Ding; Marsuq Marsuq; Ahmad Jubaidi
PREDIKSI : Jurnal Administrasi dan Kebijakan Vol 21, No 1 (2022)
Publisher : Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.004 KB) | DOI: 10.31293/pd.v21i1.6233

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pelayanan Kepada Pasien BPJS Kesehatan di Puskesmas Pembantu Desa Datah Bilang. Teknik pengumpulan data meliputi: Wawancara, Observasi dan Dokumentasi, Teknik analisis data:  Miles & Huberman. Berdasarkan hasil penelitian, dan pembahasan dapat diketahui bahwa Implementasi Pelayanan Kepada Pasien BPJS Kesehatan di Puskesmas Pembantu Desa Datah Bilang baru sebagian yang dapat di katakana baik atau tepat. Mulai dari ketepatan instrumen dilihat dari obat-obat yang ada di puskesmas pembantu sudah sesuai dengan harapan dan kebutuhan pasien namun stock obat tertentu terkadang kosong fasilitas seperti ruang tunggu dan ruang inap tersedia, kapasitas implementor yaitu yang menjalankan kebijakan pelayanan di puskesmas pembantu  sudah bisa dikatakan cukup dan sesuai dengan peraturan yang ada  karena sudah terdapat tenaga kesehatan perawat, bidan dan bagian administrasi, kondisi lingkungan dapat dikatakan sudah cukup baik dan tidak mendapat kendala oleh jarak tempuh, biaya perjalanan atau pun masyarakat di daerah tersebut. Selanjutnya yang menjadi faktor-faktor penghambat Implementasi Pelayanan Kepada Pasien BPJS Kesehatan di Puskesmas Pembantu Desa datah Bilang adalah terkendala oleh keterlambatan pengiriman obat dari puskesmas induk, kendala lain yaitu tidak tersedia sarana mobil ambulan untuk merujuk pasien

Page 1 of 1 | Total Record : 10