cover
Contact Name
Lalu Masyhudi
Contact Email
laloemipa@gmail.com
Phone
+6287864008292
Journal Mail Official
laloemipa@gmail.com
Editorial Address
Perumahan taman alamanda III blok T no 3 Karang Pule Mataram
Location
Kab. lombok barat,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
JISOS: Jurnal ilmu sosial
Published by bajang Institute
ISSN : 28283376     EISSN : 28283368     DOI : 10.53625
Core Subject : Social,
JURNAL ILMU SOSIAL one of the journals published by the Bajang Institute, was established in each month and with printed version of ISSN: 2828-3376 and the online version of ISSN:2828-3368 For submitting your article, please follow this link and follow the author guidelines in this link to meet our criteria for International Journal of Social Science. If you need a step by step tutorial for online submission and our journal template, you download it on the right sidebar or click here.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 4: Mei 2023" : 10 Documents clear
PENGARUH BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP POLA PERILAKU KOMUNIKASI GENERASI Z DI DESA BAJA RONGGI KECAMATAN DOLOK MASIHUL Melia Savitri Purba; Anang Anas Azhar; Zuhriah Zuhriah
JISOS: JURNAL ILMU SOSIAL Vol. 2 No. 4: Mei 2023
Publisher : Bajang Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teori computer mediated communication (CMC). Penelitian ini didasari oleh banyaknya pengguna game online dikalangan generasi z sebagai ajang untuk membentuk pola perilaku komunikasi dan menambah relasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah game online mempunyai pengaruh terhadap pembentukan pola perilaku komunikasi generasi z di Desa Baja Ronggi Kecamatan Dolok Masihul. Populasi pada penelitian ini adalah para generasi z di Desa Baja Ronggi Kecamatan Dolok Masihul sebanyak 365 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah sampling isendental dengan menggunakan rumus Slovin dengan taraf signifikans 5%. Maka ditetapkan sampel sebanyak 78 responden dengan data yang diperoleh melalui penyebaran angket. Hasil penelitian ini dengan uji t menyatakan penggunaan game online mobile legend memiliki thitung > ttabel ( 0,683 > 0,223) dengan tingkat signifikan 5%. Maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya pengguna game online berpengaruh terhadap pembentukan pola perilaku komunikasi generasi z.
CULTURE SHOCK MAHASISWA PAPUA DI UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA SALATIGA Valentino Agung P. A. Kelegun; Ratriana Y.E. Kusumiati
JISOS: JURNAL ILMU SOSIAL Vol. 2 No. 4: Mei 2023
Publisher : Bajang Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meninjau Culture Shock pada mahasiswa Papua di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) dari jenis kelamin, daerah asal, kemampuan berbahasa Indonesia dan sosial ekonomi (Pendapatan orang tua). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif dengan analisis data kuantitatif uji independent sample t-test. Responden penelitian ini adalah 102 mahasiswa Papua yang berkuliah di UKSW, dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada culture shock yang dialami oleh mahasiswa Papua di UKSW dari jenis kelamin, daerah asal, kemampuan berbahasa Indonesia dan sosial ekonomi
PENGARUH HARGA, CITRA MEREK, DAN KUALITAS PELAYANANTERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU DIGITAL BY.U DI KOTA SAMARINDA Ahmad Iqzal; Finnah Fourqoniah
JISOS: JURNAL ILMU SOSIAL Vol. 2 No. 4: Mei 2023
Publisher : Bajang Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

In today's digital era, people can search for information to communicate with other people wherever they are just by using smartphone a sophisticated with a smartphone connected to the internet, it will make it easier for him to disseminate and obtain information, and it is also much more efficient in conducting communication interactions without any obstacles. Therefore, to access the internet requires a network produced by telecommunications companies. In responding to consumer demand for network services in communication, several telecommunication companies compete by innovating to make a product with various superior features. by.U was officially launched by Telkomsel on October 10, 2019. by.U is the first digital-based provider product in Indonesia that provides an end-to-end to meet telecommunication needs. This study aims to determine whether: price, brand image, and service quality affect purchasing decisions on by.U Digital Cards in Samarinda City. The population in this study are consumers who use or have purchased a by.U Digital Card in Samarinda City.sampling technique used was accidental sampling, the data was obtained by distributing questionnaires to 100 respondents. The data analysis technique in this study is descriptive analysis, classical assumption test and Multiple Linear Regression analysis using the SPSS Statistics 25 application program. The results show that: 1) price has no significant effect on purchasing decisions, because low prices are the source of most purchasing decisions. important, but the price factor is not a guarantee that a product has good quality. 2) brand image does not have a significant effect on purchasing decisions, because for consumers a good brand image may not necessarily make them want to buy or try the product, some consumers consider other things more, for example product or service quality, friend recommendations or according to their wishes. alone. 3) the quality of service has a significant effect on purchasing decisions, because the existence of quality services will encourage consumer purchasing decisions. In addition, quality service can also encourage consumers to forge strong bonds with the company. and 4) price, brand image, and service quality simultaneously affect purchasing decisions.
PENGARUH USER INTERFACE (UI) DAN USER EXPERIENCE (UX) TERHADAP MINAT BELI ULANG AKUN NETFLIX Adithia Anggrahi Marjani Asniati; Finnah Fourqoniah
JISOS: JURNAL ILMU SOSIAL Vol. 2 No. 4: Mei 2023
Publisher : Bajang Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Nowadays, there are more types of entertainment for the global community, one of which is the type of entertainment service or commonly referred to recently as a application Video-On-Demand, for example, Indonesian people recognized and used this entertainment service, along with the increase in internet users and because of that even distribution of the internet network in Indonesia. One of the (VOD) that has been widely recognized and used by the Indonesian people is Netflix. Netflix is one of the many digital platforms that are recognized and used by the global community, especially Indonesians, people use Netflix as a means to watch series, movies, or shows that Netflix presents. When users feel happy and satisfied when and after using Netflix, of course, users tend to continue to subscribe or repurchase their Netflix account to still be able to use Netflix. In the use of the application (VOD) Netflix, of course, it cannot be separated from the user interface and user experience. The purpose of this study was to find out whether the user interface and user experience had a positive impact on repeat buy interest or subscription interest for Netflix accounts. Data for this study was obtained from questionnaires disseminated through Google Forms. This study used a descriptive procedure for quantification with a survey approach and the data were processed in SPSS version 25. Based on the results of research and data processing carried out, it is determined that the user interface does not have a significant effect on repurchase interest in the Netflix account, while user experience partially affects buying interest. Reset your account or subscribe to Netflix. The user interface and user experience have a huge impact on account repurchases and interest in Netflix subscriptions
PENGARUH PENGGUNAAN GAME ONLINE TERHADAP INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UINSU Siti Fatimah; Muhammad Husni Ritonga; Muhammad Jailani
JISOS: JURNAL ILMU SOSIAL Vol. 2 No. 4: Mei 2023
Publisher : Bajang Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Penggunaan Game Online Terhadap Interaksi Sosial Mahasiswa Ilmu Komunikasi UINSU Stambuk 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan game online terhadap interaksi sosial mahasiswa ilmu komunikasi uinsu stambuk 2018, dimana responden disini adalah mahasiswa ilmu komunikasi UIN sumatera utara stambuk 2018. Teori yang digunakan adalah teori pengaruh, teori persuasi (perubahan sikap). Objek yang diteliti adalah mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2018 UIN sumatera utara. Pendekatan penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif dimana sebuah metode yang berdasarkan pada filsafat positivisme yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu. Data kuantitatif dapat disebut juga sebagai data berupa angka atau dalam arti yang sebenarnya. Hasil dari penelitian ini ialah bahwa tidak ada pengaruh penggunaan game online terhadap interaksi sosial mahasiswa ilmu komunikasi uinsu stambuk 2018
HEGEMONI AGAMA DAN BUDAYA, “REPRESENTASI FILM ATHIRAH” DALAM PRESPEKTIF KOMUNIKASI GENDER Roynanda Sinaga; Hasan Sazali; Abdul Rasyid
JISOS: JURNAL ILMU SOSIAL Vol. 2 No. 4: Mei 2023
Publisher : Bajang Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berjudul Hegemoni Agama dan Budaya, “Representasi Film Athirah” dalam Prespektif Komunikasi Gender. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana representasi dan jenis representasi gender yang digambarkan dalam film Athirah. Teori yang digunakan untuk mengupas penelitian ini adalah Teori representasi dan Teori peran gender. Objek penelitian adalah film Athirah produksi Miles Film oleh sutradara Riri Riza yang berdurasi 1 jam 21 menit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan paradigma deskriptif. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan dalam film berjudul Athirah representasi gender yang digambarkan dipengaruhi oleh agama Islam dan budaya Patriarki. Terdapat 16 (enam belas) jenis representasi gender yang digambarkan dalam film Athirah. Yaitu: perempuan sebagai sosok penanggung jawab kegiataan domestik, pemaknaan laki-laki sebagai pemimpin, peran ganda, wanita berkarakter tak berdaya atas keputusan laki-laki, pemaknaan cantik, wanita berkarakter emosional, pertukaran peran, laki-laki berkarakter tangguh, wanita bersikap maskulin, kesetaraan gender, laki-laki berkarakter emosional, wanita berkarakter pendidik, laki-laki berperan sebagai pencari nafkah, laki-laki berkarakter keras, wanita berkarakter kuat, wanita sosok yang cerdas mahir berbisnis dan menabung
NILAI FEMINISME PADA FILM “SECRET SUPERSTAR” (ANALISIS SEMIOTIKA JOHN FISKE Putri Dhea Permatasari; Syukur Kholil; Nabila Yasmin
JISOS: JURNAL ILMU SOSIAL Vol. 2 No. 4: Mei 2023
Publisher : Bajang Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada penelitian ini berfokus pada bagaimana penggambaran ideologi feminisme dalam film “Secret Superstar”. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana tanda-tanda nilai feminisme pada film “Secret Superstar” menggunakan teori analisis semiotika John Fiskedalam film tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis nilai feminisme dalam film “Secret Superstar”, mengenai bagaimana semiotika dari level realitas, level representasi dan level ideologi berdasarkan teori semiotika John Fiske. Adapun metode yang digunakan adalah penelitian jenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Objek penelitian ini adalah film Secret Superstar (2017) yang berdurasi 2 jam 41 menit. Data yang didapatkan adalah dari film itu sendiri, kemudian penulis melakukan dokumentasi terhadap scene-scene yang mengandung nilai feminisme dan menganalisis tanda pada film berupa visual atau adegan dan dialog yang ada dalam scene tersebut
PERAN BUDAYA DEBUS MELAYU MASYARAKAT DESA UJUNG KUBU KABUPATEN BATUBARA DALAM PENYAMPAIAN PESAN KEISLAMAN Laita Mardiah; Abdul Rasyid; Zuhriah Zuhriah
JISOS: JURNAL ILMU SOSIAL Vol. 2 No. 4: Mei 2023
Publisher : Bajang Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berjudul: “peran budaya melayu debus desa ujung kubu kabupaten batubara dalam menyampaikan pesan keislaman, penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pesan keislaman yang terkandung dalam budaya debus melayu, dan bagaimana cara mereka menyampaikan pesan keislaman tersebut kepada masyarakat lintas budaya. Penelitian ini ialah penelitian lapangan dengan menggunkan medote kualitatif pengumpulan data dan dilakukan dengan cara observasi,wawancara dan dokumentasi. Maka dari itu hasil penelitian ini menunjukann bahwa pesan keislaman yang terkandung dalam budaya debus melayu, pesan keislaman tauhid dan pesen keiislaman ibadah, hal itu terdapat dalam syai-syaair debus yang berisi pujian-pujian kepada allah Swt shalawat kepada nabi Muhammad Saw dan dalam dentuman para pemain debus melayu, sedangkan cara pemaian debus menyampaikan pesan keislaman kepada masyarakat lintas budaya melayu diantaranya: yang pertama dengan melantunkan syair-syair sholawat kepada rosullah SWT, yang kedua sebelum memulai pemaian, para pemaian menyalami kepada tuan rumah dan pemimpin khalifah debus terlebih dahulu, tindakan tersebut sejauh ini dianggap telah mampu mendekatkan masyarakat lintas budya dengan menyampaiakan pesan keislaman ini bahwa debus ini tidak lari dari syariat islam
STRATEGI PROMOSI MOST FM MEDAN PADA PROGRAM LAJANG SHOW MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM Fika Amanda Pania; Muhammad Husni Ritonga; Rina Devianty
JISOS: JURNAL ILMU SOSIAL Vol. 2 No. 4: Mei 2023
Publisher : Bajang Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

In an inceasingly modern era with current technological developments, the presence of new meia has an impact on radio operations which are inceasingly being abandone by the public. Radio need promotional innovations to maintain the existence of broadcast programs using social media. This study aims to determine the promotion strategy of Most FM Medan on lajang show program via instagram. The research uses a qualitative descriptive approach through observation, interviews and documentation. The result of indicate that Most FM Medan uses theory promotional mix is advertising, promotion, direct marketing, personal selling an public relation on lajang show
KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMA NEGERI 1 DOLOK MERAWAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI Putri Vatikasari; Ahmad Thamrin Sikumbang; Suheri Harahap
JISOS: JURNAL ILMU SOSIAL Vol. 2 No. 4: Mei 2023
Publisher : Bajang Institute

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMA Negeri 1 Dolok Merawan Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif dan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal guru dengan siswa di SMA Negeri 1 Dolok Merawan dilakukan dengan berdialog memanggil secara pribadi ke ruangan Bimbingan Konseling (BK) untuk berinteraksi secara interpersonal, kemudian memberi nasehat, bersosialisasi, menjaga sopan santun, cepat tanggap, tanggung jawab, perhatian dan kepedulian serta memiliki empati, memberikan layanan yang terbaik kepada siswa. Komunikasi interpersonal guru yang dilakukan di sekolah sebagimana apa yang dituangkan, dilakukan, dan dikerjakan guru akan mempengaruhi siswa maka sebagai guru mereka melakukan contoh yang baik bagi siswanya. Dibalik dari itu akan meningkatkan kedisiplinan siswa, jika hal tersebut tidak dilakukan maka siswa akan melanggar peraturan sekolah

Page 1 of 1 | Total Record : 10