cover
Contact Name
Janthy Trilusianthy Hidayat
Contact Email
janthyhidayat@unpak.ac.id
Phone
+6281380376263
Journal Mail Official
jurnal.teknik@unpak.ac.id
Editorial Address
Jl. Pakuan, RT.02/RW.06, Tegallega, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16129
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik Unpak
Published by Universitas Pakuan
ISSN : 14115972     EISSN : 27745023     DOI : https://dx.doi.org/10.33751/teknik
Core Subject : Social, Engineering,
Jurnal Teknik Majalah Ilmiah Fakultas Teknik Unpak adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Teknik Universitas Pakuan. Jurnal ini telah memiliki e-ISSN : 2774-5023 dan p-ISSN : 1411-5972 yang memuat artikel ilmiah berupa naskah terkait hasil penelitian dalam bidang ilmu Keteknikan dan terapannya dari para peneliti, akademisi, praktisi dan mahasiswa. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun yaitu bulan Juni dan Desember. The Scientific Journal of the Faculty of Engineering at Unpak is managed by the Faculty of Engineering, Pakuan University. This journal, with e-ISSN : 2774-5023 dan p-ISSN : 1411-5972 publishes scientific articles including papers, scientific ideas, and research results in the field of engineering and its applications. Contributors include researchers, academics, practitioners, and students. The journal is published twice a year, in June and December. The Engineering Journal is a scientific journal managed by the Faculty of Engineering, Pakuan University with e-ISSN : 2774-5023 and p-ISSN: 1421-5972, published 2 times in a year (July and December). The aim of this journal is to publish research results in the field of engineering and its applications. This journal only accepts original scientific works that have never been published by other journals or media. The Engineering Journal accepts articles in Indonesian and English that focus and scope on the following scientific fields and applications: • Civil Engineering • Geodetic Engineering and mapping • Regional and City Planning • Transportation • Electrical and Telecommunications Engineering • Geological Engineering
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 22, No 2 (2021): Jurnal Teknik" : 12 Documents clear
IDENTIFIKASI KONDISI DAN PERMASALAHAN PENERAPAN DIMENSI SMART MOBILITY DALAM PENGEMBANGAN KONSEP SMART CITY DI KOTA BOGOR JANTHY TRILUSIANTHY HIDAYAT, MUJIO, dan JAPAR SIDIQ
Jurnal Teknik | Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 22, No 2 (2021): Jurnal Teknik
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (645.666 KB) | DOI: 10.33751/teknik.v22i2.4767

Abstract

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) bekerja sama dengan berbagai instansi pemerintah menginisiasi penyelenggaraan program Gerakan Menuju 100 Smart City sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap pengembangan smart city di Indonesia. Sebanyak 100 kota/kabupaten di Indonesia diantaranya adalah Kota Bogor telah melaksanakan program diatas. Kota Bogor sebagai hinterland ibu kota negara mengalami persoalan yang terus muncul sebagai akibat dari perkembangan kota, sementara solusi konvensional tidak dapat lagi diandalkan untuk menyelesaikan persoalan yang ada. Diperlukan sebuah solusi yang lebih cepat, efektif, inovatif dan cerdas serta mampu beriringan dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini. Konsep smart city yang dinamis dan memfokuskan diri pada inovasi, solusi dan pemanfaatan SDM dan sumber daya teknologi secara optimal menjadi pilihan Pemerintah Kota Bogor, hal ini sejalan dengan misi Kota Bogor dalam RPJMD  yaitu “Menjadikan Kota Bogor yang Cerdas dan Berwawasan Teknologi Informasi”. Tujuan penelitian yaitu identifikasi   kondisi permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam penerapan dimensi smart mobility. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi lapangan, penyebaran kuesioner, wawancara, survei instansi dan studi literatur. Metode analisis yang digunakan ialah metode analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan variabel penelitian meliputi mobilitas masal, mobilitas individu, penggunaan teknologi penunjang mobilitas dan keamanan dan keselamatan telah diterapkan di Kota Bogor. Permasalahan yang dihadapi dalam penerapan smart mobility ialah, terdapat beberapa parameter yang tidak bisa diterpakan di Kota Bogor seperti ERP. Parameter yang belum diterpakan ialah transportasi ramah lingkungan, smart card, ERP akses informasi real time, dan aplikasi tanggap darurat. Kata Kunci: Dimensi, penerapan, Smart City, Smart Mobility
RISIKO BENCANA TANAH LONGSOR TERHADAP PEMANFAATAN RUANG DI KECAMATAN SUKAMAKMUR KABUPATEN BOGOR INDARTI KOMALA DEWI, M. YOGIE SYAHBANDAR, dan MUHAMMAD HATTA OPE
Jurnal Teknik | Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 22, No 2 (2021): Jurnal Teknik
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (641.186 KB) | DOI: 10.33751/teknik.v22i2.4692

Abstract

Rencana Tata Ruang Kabupaten Bogor tahun 2016-2036 memiliki 22 (duapuluh dua) Kecamatan yang di tetapkan sebagai kawasan rawan bencana longsor salah satunya Kecamatan Sukamakmur. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi tingkat ancaman longsor, mengidentifikasi tingkat kerentanan longsor, mengidentifikasi tingkat kapasitas daerah, mengidentifikasi risiko bencana longsor serta mengidentifikasi risiko bencana longsor terhadap pemanfaatan ruang di Kecamatan Sukamakmur. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analisa spatial (GIS) dengan cara overlay, pembobotan dan skoring dan metode analisa deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisa Kecamatan Sukamkmur memiliki ancaman longsor rendah 22,44%, sedang 56,21 % dan tinggi 21,28%. Kerentanan longsor terdiri dari kerentanan rendah  60,67% dan sedang 39,24%. Kapasitas daerah terdiri dari kapasitas daerah sedang 68,80% dan tinggi 31,19%. Selanjutnya untuk Risiko bencana longsor di Kecamatan Sukamakmur memiliki Risiko rendah 56,83 %, risiko sedang 40,84 % risiko tinggi 2,33 %. Analisa Risiko bencana longsor terhadap Pemanfaatan Ruang (RTRW) Kabupaten Bogor tahun 2016-2036 yang berada di Kecamatan Sukamakmur didominasi oleh kawasan permakiman perkotaan kepadatan rendah dengan luas 3793 Ha memiliki tingkat risiko rendah sebesar 29,91 %, tingkat risiko sedang 11,87%, tingkat risiko tinggi sebesar 19,78%.Kata kunci : Pemanfaatan Ruang, Risiko Longsor
DESAIN STRATEGI UNTUK PERENCANAAN TERMINAL DI PERKOTAAN SARILAMAK, KABUPATEN LIMA PULUH KOTA, PROVINSI SUMATERA BARAT RIKO HARDIN
Jurnal Teknik | Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 22, No 2 (2021): Jurnal Teknik
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.83 KB) | DOI: 10.33751/teknik.v22i2.4820

Abstract

Sarilamak sebagai kawasan perkotaan yang tumbuh dan berkembang memiliki potensi ekonomi yang cukup baik dan sebagai ibu kota kabupaten dengan status kota PKL (Pusat Kegiatan Lokal), saat ini sangat intens berinteraksi dengan kota-kota lain. Beberapa dokumen yang ada seperti RTRW Kabupaten Lima Puluh Kota dan RTRW Provinsi Sumatera Barat, Draft RDTR IKK Sarilamak, serta hasil diskusi dengan Pemerintah Daerah memberikan indikasi diperlukannya terminal di perkotaan Sarilamak. Saat ini perkotaan Sarilamak belum ada terminal dan sangat diperlukan untuk mendorong pertumbuhan kawasan perkotaan Sarilamak tersebut. Selain itu, belum ada terminal angkutan penumpang antar kota dan/atau antar kabupaten untuk memperlancar pergerakan ekonomi di perkotaan Sarilamak. Sebelum membuat rencana penempatan lokasi, tentunya diperlukan kajian pada lokasi rencana pembangunan terminal, lalu diperlukannya strategi untuk menjadikannya rekomendasi kebijakan kepada pemerintah. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis potensi lokasi rencana terminal berdasarkan aspek fisik lingkungan dan aspek sosial masyarakat. 2) Menganalisis aksesibilitas lokasi rencana terminal di perkotaan sarilamak. 3) Menyusun desain strategi prioritas untuk perencanaan terminal di perkotaan sarilamak. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, analisis SKL, VCR, kesesuaian lokasi, serta SWOT dan AHP. Pada akhirnya didapat hasil simpulannya adalah 6 prioritas strategi yang dapat dijadikan rekomendasi kebijakan dan dari semua strategi yang terbaik yaitu memudahkan akses transportasi untuk melintasi perkotaan sarilamak sampai wilayah kebelakang Kabupaten Lima Puluh Kota.Kata kunci : aksesibilitas, kebijakan, perencanaan, strategi, dan terminal.
KESESUAIAN DAN DAYA DUKUNG WISATA PESISIR DI KAWASAN EKONOMI KHUSUS TANJUNG LESUNG KABUPATEN PANDEGLANG PROVINSI BANTEN LILIS SRI MULYAWATI; LUKY ADRIANTO; KADARWAN SOEWARDI; HANDOKO ADI SUSANTO
Jurnal Teknik | Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 22, No 2 (2021): Jurnal Teknik
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (423.027 KB) | DOI: 10.33751/teknik.v22i2.4693

Abstract

Pemanfaatan ruang wisata harus memperhatikan kesesuaian dan daya dukung sumberdaya dan lingkungan dimana aktivitas wisata itu berada. Kesesuaian dan daya dukung wisata akan memberikan gambaran daya tampung wisata pesisir yang akan dikembangkan pada suatu kawasan wisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan kesesuaian dan daya dukung wisata pesisisr di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung. Kesesuaian dan daya dukung wisata pesisir yang dianalisis adalah rekreasi pantai, banana boat, selam, snorkeling dan memancing, di 5 stasiun pengamatan.   Parameter yang digunakan untuk analisis spasial kesesuaian yaitu parameter indeks kesesuaian wisata (IKW) yang kemudian dizonasi dengan menggunakan multi criteria analysis (MCA) melalui kalkulasi jarak spasial (Euclidean distance) untuk mendapatkan zona-zona secara spasial dan luasnya. Perhitungan model matematika Boullon (Boullon’s Carrying Capacity Mathematical Model atau BCCMM) digunakan untuk analisis daya dukung. Dari hasil analisis daya dukung untuk masing-masing zona dapat diketahui dari nilai basic carrying capacity (BCC), potential carrying capacity (PCC) dan real carrying capacity (RCC). Hasil perhitungan nilai RCC pada zona wisata didapatkan jumlah daya tampung wisatawan per hari  untuk aktivitas rekreasi pantai (5.323 orang), banana boat (847 orang), selam (662 orang), snorkeling (1.633 orang) dan memancing (6.286 orang). Dengan diketahuinya daya dukung wisatawan di setiap zona dan aktivitas wisata di KEK Tanjung Lesung, diharapkan semua pemangku kepentingan dapat menjadikannya pedoman dan arah pelaksanaan pembangunan zona wisata sesuai dengan kebijakan yang sudah ditetapkan agar tercapainya keberlanjutan di masa yang akan datang.Kata Kunci : daya dukung, kesesuaian, wisata pesisir, zonasi.
ARAHAN RENCANA PENGEMBANGAN KOMODITAS UNGGULAN DI KABUPATEN SUMENEP WILAYAH DARATAN, PROVINSI JAWA TIMUR Zubhan Zainal Arifin, Santun R.P Sitorus, & Janthy T. Hidayat
Jurnal Teknik | Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 22, No 2 (2021): Jurnal Teknik
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.797 KB) | DOI: 10.33751/teknik.v22i2.5011

Abstract

Kabupaten Sumenep Wilayah Daratan, Provinsi Jawa Timur didominasi oleh sektor pertanian. Sektor pertanian merupakan mata pencaharian utama dari masyarakat Kabupaten Sumenep Wilayah Daratan dan juga merupakan kontributor terbesar untuk Produk Regional Domestik Bruto (PDRB) yaitu 39,41% pada tahun 2017. Penelitian ini dilakukan untuk merumuskan arahan rencana pengembangan komoditas unggulan di Kabupaten Sumenep Wilayah Daratan dengan mengidentifikasi komoditas unggulan pertanian, menganalisis potensi lahan yang akan dikembangkan dan juga hirarki wilayah. Data diperoleh dari instansi terkait serta melalui observasi langsung dan wawancara dengan para narasumber ahli. Beberapa metode digunakan untuk memproses data, LQ dan DS, analisis ketersediaan dan kesesuaian lahan, dan skallogram. LQ dan DS digunakan sebagai metodologi untuk menganalisis komoditas unggulan. Identifikasi lahan potensial dilakukan dengan melakukan analisis ketersediaan dan kesesuaian lahan, sedangkan hirarki wilayah dengan menggunakan metode skalogram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arahan pengembangan komoditas unggulan prioritas pertama dengan hirarki wilayah tertinggi dan memiliki lahan berpotensi pengembangan di Kabupaten Sumenep Wilayah Daratan adalah Jambu Mente di Kecamatan Batuan, Jagung di Kecamatan Dungkek, dan Kacang Hijau pada  Kecamatan Kota Sumenep. Kata Kunci: arahan dan strategi pengembangan, kesesuaian lahan, komoditas unggulan.
EVALUASI KENYAMANAN PEJALAN KAKI (Kasus jalan Pajajaran Bogor) GDE NGURAH PURNAMA JAYA
Jurnal Teknik | Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 22, No 2 (2021): Jurnal Teknik
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (406.202 KB) | DOI: 10.33751/teknik.v22i2.4691

Abstract

Sarana dan prasarana pejalan kaki sangat dibutuhkan untuk menunjang kenyamanan bagi masyarakat dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari sebagai alternatif menuju tempat tujuan. Jalan Pajajaran di kota Bogor mempunyai fungsi sebagai jalan arteri dan berada dilokasi pusat kota yang terdiri dari aktifitas perdagangan dan jasa, pendidikan, terminal, Rumah sakit, dan perkantoran sehingga dianggap cocok untuk dijadikan wilayah studi karena aktifitas jalan yang cukup padat. Kenyamanan pejalan kaki seharusnya ditunjang dengan sarana dan prasarana yang layak tetapi pada kenyataannya trotoar yang ada belum bisa dikatakan layak apabila ditinjau dari beberapa faktor antara lain sirkulasi pejalan kaki, kebisingan sekitar trotoar, ukuran dan bentuk trotoar, keamanan trotoar baik dari kemungkinan apapun, kebersihan dan keindahan sekitar trotoar. Tujuan dari dilakukan penelitian ini untuk mengetahui kondisi eksisting disepanjang trotoar di Jalan Pajajaran, mengetahui pendapat responden dan pakar menyangkut kenyamanan pejalan kaki disepanjang Jalan Pajajaran, mengetahui kebijakan yang terkait dengan kenyamanan pejalan kaki di sepanjang Jalan Pajajaran, mengetahui kenyamanan pejalan kaki disepanjang Jalan Pajajaran Kota Bogor. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan pembagian kuesioner secara accidental sampling kepada pejalan kaki yang melewati jalan pajajaran sebanyak 100 responden, dokumentasi kebijakan, survey lapangan, perhitungan volume pejalan kaki, dan wawancara terkait variabel penunjang kenyamanan pejalan kaki yang terpenting.   Sedangkan untuk metode analisis data menggunakan analisis perhitungan tabulasi hasil angket dan analisis tabel silang (crosstab). Hasil yang diperoleh berdasarkan analisis deskriftif persentase mengenai persepsi pejalan kaki tentang kenyamanan ditinjau dari seluruh faktor diketahui dari jumlah 100 responden, menghasilkan zona 1 cukup baik 62,25%, zona 2 kurang baik 63,73%, dan zona 3 kurang baik 76,04%. Kondisi ini terkait pula mengenai tidak sesuainya antara kondisi trotoar dengan berbagai standar kebijakan teknis menyangkut trotoar. Adapun variabel yang paling penting menurut para pakar adalah faktor keamanan sedangkan menurut para responden adalah kebersihan.  Kata kunci: trotoar, kenyamanan, pejalan kaki
DESAIN STRATEGI UNTUK PERENCANAAN TERMINAL DI PERKOTAAN SARILAMAK, KABUPATEN LIMA PULUH KOTA, PROVINSI SUMATERA BARAT HARDIN, RIKO
Jurnal Teknik | Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 22, No 2 (2021): Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33751/teknik.v22i2.4820

Abstract

Sarilamak sebagai kawasan perkotaan yang tumbuh dan berkembang memiliki potensi ekonomi yang cukup baik dan sebagai ibu kota kabupaten dengan status kota PKL (Pusat Kegiatan Lokal), saat ini sangat intens berinteraksi dengan kota-kota lain. Beberapa dokumen yang ada seperti RTRW Kabupaten Lima Puluh Kota dan RTRW Provinsi Sumatera Barat, Draft RDTR IKK Sarilamak, serta hasil diskusi dengan Pemerintah Daerah memberikan indikasi diperlukannya terminal di perkotaan Sarilamak. Saat ini perkotaan Sarilamak belum ada terminal dan sangat diperlukan untuk mendorong pertumbuhan kawasan perkotaan Sarilamak tersebut. Selain itu, belum ada terminal angkutan penumpang antar kota dan/atau antar kabupaten untuk memperlancar pergerakan ekonomi di perkotaan Sarilamak. Sebelum membuat rencana penempatan lokasi, tentunya diperlukan kajian pada lokasi rencana pembangunan terminal, lalu diperlukannya strategi untuk menjadikannya rekomendasi kebijakan kepada pemerintah. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah 1) Menganalisis potensi lokasi rencana terminal berdasarkan aspek fisik lingkungan dan aspek sosial masyarakat. 2) Menganalisis aksesibilitas lokasi rencana terminal di perkotaan sarilamak. 3) Menyusun desain strategi prioritas untuk perencanaan terminal di perkotaan sarilamak. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, analisis SKL, VCR, kesesuaian lokasi, serta SWOT dan AHP. Pada akhirnya didapat hasil simpulannya adalah 6 prioritas strategi yang dapat dijadikan rekomendasi kebijakan dan dari semua strategi yang terbaik yaitu memudahkan akses transportasi untuk melintasi perkotaan sarilamak sampai wilayah kebelakang Kabupaten Lima Puluh Kota.Kata kunci : aksesibilitas, kebijakan, perencanaan, strategi, dan terminal.
EVALUASI KENYAMANAN PEJALAN KAKI (Kasus jalan Pajajaran Bogor) NGURAH PURNAMA JAYA, GDE
Jurnal Teknik | Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 22, No 2 (2021): Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33751/teknik.v22i2.4691

Abstract

Sarana dan prasarana pejalan kaki sangat dibutuhkan untuk menunjang kenyamanan bagi masyarakat dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari sebagai alternatif menuju tempat tujuan. Jalan Pajajaran di kota Bogor mempunyai fungsi sebagai jalan arteri dan berada dilokasi pusat kota yang terdiri dari aktifitas perdagangan dan jasa, pendidikan, terminal, Rumah sakit, dan perkantoran sehingga dianggap cocok untuk dijadikan wilayah studi karena aktifitas jalan yang cukup padat. Kenyamanan pejalan kaki seharusnya ditunjang dengan sarana dan prasarana yang layak tetapi pada kenyataannya trotoar yang ada belum bisa dikatakan layak apabila ditinjau dari beberapa faktor antara lain sirkulasi pejalan kaki, kebisingan sekitar trotoar, ukuran dan bentuk trotoar, keamanan trotoar baik dari kemungkinan apapun, kebersihan dan keindahan sekitar trotoar. Tujuan dari dilakukan penelitian ini untuk mengetahui kondisi eksisting disepanjang trotoar di Jalan Pajajaran, mengetahui pendapat responden dan pakar menyangkut kenyamanan pejalan kaki disepanjang Jalan Pajajaran, mengetahui kebijakan yang terkait dengan kenyamanan pejalan kaki di sepanjang Jalan Pajajaran, mengetahui kenyamanan pejalan kaki disepanjang Jalan Pajajaran Kota Bogor. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan pembagian kuesioner secara accidental sampling kepada pejalan kaki yang melewati jalan pajajaran sebanyak 100 responden, dokumentasi kebijakan, survey lapangan, perhitungan volume pejalan kaki, dan wawancara terkait variabel penunjang kenyamanan pejalan kaki yang terpenting.   Sedangkan untuk metode analisis data menggunakan analisis perhitungan tabulasi hasil angket dan analisis tabel silang (crosstab). Hasil yang diperoleh berdasarkan analisis deskriftif persentase mengenai persepsi pejalan kaki tentang kenyamanan ditinjau dari seluruh faktor diketahui dari jumlah 100 responden, menghasilkan zona 1 cukup baik 62,25%, zona 2 kurang baik 63,73%, dan zona 3 kurang baik 76,04%. Kondisi ini terkait pula mengenai tidak sesuainya antara kondisi trotoar dengan berbagai standar kebijakan teknis menyangkut trotoar. Adapun variabel yang paling penting menurut para pakar adalah faktor keamanan sedangkan menurut para responden adalah kebersihan.  Kata kunci: trotoar, kenyamanan, pejalan kaki
ARAHAN RENCANA PENGEMBANGAN KOMODITAS UNGGULAN DI KABUPATEN SUMENEP WILAYAH DARATAN, PROVINSI JAWA TIMUR Zainal Arifin, Santun R.P Sitorus, & Janthy T. Hidayat, Zubhan
Jurnal Teknik | Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 22, No 2 (2021): Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33751/teknik.v22i2.5011

Abstract

Kabupaten Sumenep Wilayah Daratan, Provinsi Jawa Timur didominasi oleh sektor pertanian. Sektor pertanian merupakan mata pencaharian utama dari masyarakat Kabupaten Sumenep Wilayah Daratan dan juga merupakan kontributor terbesar untuk Produk Regional Domestik Bruto (PDRB) yaitu 39,41% pada tahun 2017. Penelitian ini dilakukan untuk merumuskan arahan rencana pengembangan komoditas unggulan di Kabupaten Sumenep Wilayah Daratan dengan mengidentifikasi komoditas unggulan pertanian, menganalisis potensi lahan yang akan dikembangkan dan juga hirarki wilayah. Data diperoleh dari instansi terkait serta melalui observasi langsung dan wawancara dengan para narasumber ahli. Beberapa metode digunakan untuk memproses data, LQ dan DS, analisis ketersediaan dan kesesuaian lahan, dan skallogram. LQ dan DS digunakan sebagai metodologi untuk menganalisis komoditas unggulan. Identifikasi lahan potensial dilakukan dengan melakukan analisis ketersediaan dan kesesuaian lahan, sedangkan hirarki wilayah dengan menggunakan metode skalogram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arahan pengembangan komoditas unggulan prioritas pertama dengan hirarki wilayah tertinggi dan memiliki lahan berpotensi pengembangan di Kabupaten Sumenep Wilayah Daratan adalah Jambu Mente di Kecamatan Batuan, Jagung di Kecamatan Dungkek, dan Kacang Hijau pada  Kecamatan Kota Sumenep. Kata Kunci: arahan dan strategi pengembangan, kesesuaian lahan, komoditas unggulan.
RISIKO BENCANA TANAH LONGSOR TERHADAP PEMANFAATAN RUANG DI KECAMATAN SUKAMAKMUR KABUPATEN BOGOR KOMALA DEWI, M. YOGIE SYAHBANDAR, dan MUHAMMAD HATTA OPE, INDARTI
Jurnal Teknik | Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 22, No 2 (2021): Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33751/teknik.v22i2.4692

Abstract

Rencana Tata Ruang Kabupaten Bogor tahun 2016-2036 memiliki 22 (duapuluh dua) Kecamatan yang di tetapkan sebagai kawasan rawan bencana longsor salah satunya Kecamatan Sukamakmur. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi tingkat ancaman longsor, mengidentifikasi tingkat kerentanan longsor, mengidentifikasi tingkat kapasitas daerah, mengidentifikasi risiko bencana longsor serta mengidentifikasi risiko bencana longsor terhadap pemanfaatan ruang di Kecamatan Sukamakmur. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode analisa spatial (GIS) dengan cara overlay, pembobotan dan skoring dan metode analisa deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisa Kecamatan Sukamkmur memiliki ancaman longsor rendah 22,44%, sedang 56,21 % dan tinggi 21,28%. Kerentanan longsor terdiri dari kerentanan rendah  60,67% dan sedang 39,24%. Kapasitas daerah terdiri dari kapasitas daerah sedang 68,80% dan tinggi 31,19%. Selanjutnya untuk Risiko bencana longsor di Kecamatan Sukamakmur memiliki Risiko rendah 56,83 %, risiko sedang 40,84 % risiko tinggi 2,33 %. Analisa Risiko bencana longsor terhadap Pemanfaatan Ruang (RTRW) Kabupaten Bogor tahun 2016-2036 yang berada di Kecamatan Sukamakmur didominasi oleh kawasan permakiman perkotaan kepadatan rendah dengan luas 3793 Ha memiliki tingkat risiko rendah sebesar 29,91 %, tingkat risiko sedang 11,87%, tingkat risiko tinggi sebesar 19,78%.Kata kunci : Pemanfaatan Ruang, Risiko Longsor

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 26, No 1 (2025): Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik Unpak Vol 25, No 2 (2024): Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik Unpak Vol 25, No 1 (2024): Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 24, No 2 (2023): Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 24, No 1 (2023): Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 23, No 2 (2022): Jurnal Teknik Vol 23, No 2 (2022): Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 23, No 1 (2022): Jurnal Teknik Vol 23, No 1 (2022): Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 22, No 2 (2021): Jurnal Teknik Vol 22, No 2 (2021): Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 22, No 1 (2021): Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 22, No 1 (2021): Jurnal Teknik Vol 21, No 2 (2020): Jurnal Teknik Vol 21, No 2 (2020): Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 21, No 1 (2020): Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 21, No 1 (2020): Jurnal Teknik Vol 15, No 1 (2014): Jurnal Teknik Vol 20, No 2 (2019): Jurnal Teknik Vol 20, No 2 (2019): Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 20, No 1 (2019): Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 20, No 1 (2019): Jurnal Teknik Vol 19, No 1 (2018): Jurnal Teknik Vol 19, No 1 (2018): Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 13, No 1 (2012): Jurnal Teknik Vol 18, No 1 (2017): Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 18, No 1 (2017): Jurnal Teknik Vol 17, No 1 (2016): Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 17, No 1 (2016): Jurnal Teknik Vol 16, No 1 (2015): Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 16, No 1 (2015): Jurnal Teknik Vol 15, No 1 (2014): Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 14, No 2 (2013): Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 14, No 2 (2013): Jurnal Teknik Vol 14, No 1 (2013): Jurnal Teknik Vol 14, No 1 (2013): Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 13, No 2 (2012): Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 13, No 2 (2012): Jurnal Teknik Vol 13, No 1 (2012): Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 12, No 2 (2011): Jurnal Teknik Vol 12, No 2 (2011): Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 11, No 2 (2010): Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 11, No 2 (2010): Jurnal Teknik Vol 11, No 1 (2010): Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 11, No 1 (2010): Jurnal Teknik Vol 10, No 2 (2009): Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 10, No 2 (2009): Jurnal Teknik Vol 10, No 1 (2009): Jurnal Teknik Vol 10, No 1 (2009): Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 9, No 2 (2008): Jurnal Teknik : Majalah Ilmiah Fakultas Teknik UNPAK Vol 9, No 2 (2008): Jurnal Teknik More Issue