cover
Contact Name
Estiyan Dwipriyoko
Contact Email
estiyand@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
dialogunla@gmail.com
Editorial Address
Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Langlang Buana Jalan Karapitan 116, Lengkong Besar, Bandung
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Dialog
ISSN : 26853817     EISSN : 2685077X     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Dialog, Univeristas Langlang Buana, Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Langlang Buana. Terbit Bulan Juni dan Bulan Desember
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2018): Vol. 4, No. 1, Juni, 2018" : 10 Documents clear
KEGIATAN PELAYANAN KESEHATAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN (STUDI WAWANCARA MENDALAM DI RUMAH SAKIT KHUSUS IBU DAN ANAK KOTA BANDUNG) Ramdhan Pratama; Lusy Mukhlisiana
Dialog Vol 4 No 1 (2018): Vol. 4, No. 1, Juni, 2018
Publisher : Dialog

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2779.766 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan komunikasi pelayanan kesehatan dalam meningkatkan kepuasan pasien. Studi wawancara mendalam di Rumah Sakit Khusus Ibu Dan Anak Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan paradigma penelitian konstruktivisme, dan pendekatan penelitian studi wawancara mendalam. Subyek penelitiannya adalah orang yang pernah mendapatkan pelayanan kesehatan yang ditentukan secara purposif berdasarkan permasalahan dari hasil pelayanan yang telah dirasakan. Proses pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam dan pengamatan peran serta terhadap informan, sedangkan untuk data penunjang diperoleh melalui studi dokumentasi hasil penelitian sebelumnya, dan studi literature lainnya, serta wawancara dengan pihak terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih kurangnya keramahan dari petugas rumah sakit kepada pasien. Petugas rumah sakit yang bersikap ramah adalah petugas yang usianya lebih muda. Salah satu cara untuk meningkatkan kepuasan adalah dengan cara meningkatkan komunikasi pelayanan. komunikasi tersebut dapat ditunjukan dengan beberapa cara yaitu memberikan ungkapan berupa salam dan sapa kepada setiap pasien, menunjukan senyum setiap berhubungan dengan pasien, bersikap ramah kepada setiap pasien, kejelasan dalam menyampaikan informasi, mendengarkan setiap keluhan dari pasien, ketelitian dalam memeriksa pasien, kesungguhan dalam mengobati pasien dan memberikan motivasi untuk sehat kepada pasein.
PROSES NEGOSIASI PADA PENGAJUAN KREDIT BANK (STUDI KASUS DI BAGIAN KREDIT TANPA AGUNAN PT BANK NUSANTARA PARAHYANGAN TBK KCU SU DIRMAN BANDUNG) Dhea Sindy Mustikasari; Lusy Mukhlisiana; Firman Alamsyah Taufik Robbi
Dialog Vol 4 No 1 (2018): Vol. 4, No. 1, Juni, 2018
Publisher : Dialog

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2935.936 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses negosiasi pada pengajuan kredit bank. Studi Kasus Di Bagian Kredit Tanpa Agunan PT.Bank Nusantara Parahyangan KC U Sudirman Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan paradigma penelitian konstruktivisme dan pendekatan penelitian studi kasus. Subjek penelitiannya adalah kepala divisi counselling dan nasabah yang ditentukan secara purposive berdasarkan permasalahan pengajuan kredit bank. Proses pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan pengamatan peran serta terhadap informan, sedangkan untuk data penunjang diperoleh melalui studi dokumentasi hasil penelitian sebelumnya, dan studi l iterature lainnya, serta wawancara dengan pihak terkait. Hasil temuan dalam penelitian ini proses negosiasi bukanlah proses sesaat kemudian dapat dengan segera diperoleh hasilnya. Didalam proses negosiasi umpan balik pelaksanaan kredit itu sendiri terdapat hasil yang tidak sesuai dengan kesadaran dan kondisi keuangan nasabah. Sehingga terjadi kredit macet, dimana terdapat nasabah yang menunggak tidak bisa membayar angsurannya sesuai dengan tanggal jatuh tempo.
FUNGSI EMPLOYEE RELATIONS DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS DI BAGIA N CUSTOMER SERVICE PT. BANK TABUNGAN NEGARA CABANG BANDUNG) Rizka Zoliana Carisa; Nantia Rena Dewi Munggaran
Dialog Vol 4 No 1 (2018): Vol. 4, No. 1, Juni, 2018
Publisher : Dialog

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3399.863 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi e mployee relations dalam meningkatkan kinerja karyawan Studi Kasus di Bagian Customer Service PT. Bank Tabungan Negara Cabang Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan paradigma penelitian konstruktivisme, dan pendekatan penelitian studi kasus. Subyek penelitiannya adalah customer service. Proses pengumpulan diperoleh melalui observasi dan wawancara mendalam, sedangkan untuk data penunjang diperoleh melalui studi dokumentasi hasil penelitian. Pembinaan employee relations sangatlah penting agar program -program yang disampaikan kepada karyawan dapat berhasil dan tujuan pe rusahaan tercapai. Bank BTN Cabang Bandung selalu berupaya agar customer service officer dapat memberikan pelayanan terbaik. Hasil penelitian menunjukan bahwa employee relations berfungsi untuk meningkatkan kinerja karyawan. Komunikasi secara tatap muka da ri customer care unit head ke customer service dan customer care unit head yang secara konsisten memberikan informasi, mengajarkan tentang hal baru, melakukan pendekatan untuk perbaikan, dan menjadi contoh yang baik sangat berpengaruh terhadap kinerja cust omer service. Komunikasi yang dilakukan di Bank BTN Cabang Bandung secara dua arah melalui media komunikasi surat edaran dan briefing morning .
INTERAKSI SIMBOLIK PASANGAN GAY (STUDI INTERAKSI SIMBOLIK PADA KOMUNITAS GAY GRINDR DI BANDUNG) Winda Erliandi; Wa Ode Nurul Yani
Dialog Vol 4 No 1 (2018): Vol. 4, No. 1, Juni, 2018
Publisher : Dialog

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2289.262 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui konstruksi interaksi simbolik verbal dan nonverbal pasangan gay. Studi Interaksi Simbolik pada Komunitas Gay Grindr di Bandung. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan paradigma penelitian konstruktivisme, pendekatan penelitian studi interaksi simbolik. Subjek penelitian adalah pasangan gay yang tergabung komunitas gay grindr, ditentukan secara purposive. Proses pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam dan pengamatan langsung mengenai bentuk interaksi simbolik komunitas gay, untuk data penunjang diperoleh melalui studi dokumentasi hasil penelitian sebelumnya, studi literatur lainnya, dan wawancara dengan pihak terka it. Hasil penelitian, Gay merasa lebih nyaman dengan sesama jenis dibanding lawan jenis. Gay biasa memiliki keyakinan hanya melalui sikap proaktif lelaki saat berkenalan saja pasti menjadi pacar. Komitmen pasangan gay juga melakukan hubungan seks, saling m emberikan pelayanan memuaskan, agar hubungan berlangsung lama. Gay biseksual (menyukai pria & wanita). Ungkapan dan kegiatan komunikasi pasangan gay tidak mengumbar kemesraan. Identitas gay ditutupi untuk keamanan sumber ekonomi.
SIMBOL TRANSGENDER LAGU “LOVE OF MY LIFE” FREDDIE MERCURY (STUDI INTERAKSI SIMBOLIK PADA KOMUNITAS MUSIK CHIDUN DI BANDUNG ) Gumelar Wachju Munggaran; Riefky Krisnayana
Dialog Vol 4 No 1 (2018): Vol. 4, No. 1, Juni, 2018
Publisher : Dialog

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2734.493 KB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan paradigma penelitian kontrukt ivisme dan pendekatan penelitian studi interaksi simbolik. Subyek penelitiannya adalah anggota komunitas musik Chidun di Bandung. Proses pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada makna ya ng terselubung dari lagu love of my life Freddie mercury yang memiliki cerita di balik lagu ini, sehingga memiliki makna konotasi dan denotasi pada lagu ini. Dengan lirik yang terkesan sedih dan rasa kehilangan seseorang yang dicintai pendengar langsung me nyimpulkan bahwa lagu love of my life adalah lagu cinta biasa yang didalamnya hanya ada rasa kehilangan, namun dibalik itu lagu love of my life adalah sepenggal cerita tentang kekesalan diri Freddie Mercury pada dirinya sendiri yang masih mencintai istriny a namun harus berpisah karena Freddie Mercury tidak bisa berubah normal kembali karena dia adalah seorang biseksual. Dengan adanya penelitian ini peneliti ingin mengetahui tentang adanya simbol transgender lagu love of my life yang diciptakan Freddie Mercu ry, simbol yang berupa pesan yang tertuang dalam sebuah lirik lagu yang merupakan curahan hati atau gagasan sang pencipta lagu saat mengalami maupun melihatnya secara langsung.
KOMUNIKA SI PEL AYANAN PUBLIK DAL A M APL IKA SI GO -JEK (S TUD I DE S KR IPT IF KU ALITAT IF PA D A DRI VER GO-JE K D I B A N DUNG) Handra Masake; Eki Baihaki; Dudi Yudhakusuma
Dialog Vol 4 No 1 (2018): Vol. 4, No. 1, Juni, 2018
Publisher : Dialog

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3187.077 KB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan paradigma penelitian konstruktivisme, pendekatan penelitian studi deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah driver Go-Jek di Bandung. Informan diten tukan secara purposif berdasarkan penggambaran komunikasi pelayanan publik. Proses pengumpulan data diperoleh melalui observasi terlibat dan wawancara mendalam terhadap informan, sedangkan untuk data penunjang diperoleh melalui studi dokumentasi hasil pene litian sebelumnya, studi literatur, dan wawancara dengan pihak terkait. Driver Go-Jek memberikan pelayanan kepada publik melalui aplikasi Go -Jek. Banyak kemudahan yang ditawarkan dalam bentuk pelayanan aplikasi Go-Jek seperti akses dan registrasi yang mudah dan hanya memerlukan kode verifikasi untuk memulai aplikasi Go-Jek. Aplikasi Go -jek banyak menawarkan promo dan mempunyai daya tarik tersendiri dalam teknik komunikasinya dalam memberikan pelayanan publik di aplikasi Go -Jek. Dalam pelayanannya driver harus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya. Dan aplikasi Go -Jek memberikan kemudahan dalam sistem pembayaran melalui fitur Go -Pay atau sistem uang elektronik dip roses transaksionalnya dalam memberikan pelayanan publik di aplikasi Go -Jek
KOMUNIKASI RITUAL PADA MA SA KELAHIRAN ANAK (STUDI ETNOGRAFI KOMUNIKASI TENTANG MASYARAKAT SUNDA DI KOTA BANDUNG) Putri Nadira Yosman; Rannie Dyah Khatamisari Rachaju
Dialog Vol 4 No 1 (2018): Vol. 4, No. 1, Juni, 2018
Publisher : Dialog

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3093.441 KB)

Abstract

Penulisan skripsi ini merupakan studi kualitatif dengan pendekatan etnografi komunikasi mengenai ritual -ritual sebagai media penyampaian pesa n simbolis dalam budaya masyarakat Sunda di Kota Bandung. Maka, yang penulis kemukakan dalam karya ini adalah interpretasi penulis mengenai penjelasan perilaku komunikatif yang terdapat pada ritual-ritual sebagai media penyampaian pesan dalam budaya masya rakat Sunda di Kota Bandung.Ritual-ritual pada masa kelahiran anak yang dilakukan masyarakat Sunda yang penulis analisis dalam penelitian ini, terdapat pesan simbolis yang sarat dengan proses komunikasi di dalamnya. Hal ini penulis dasarkan pada pengkajian komunikasi sosial secara umum, dan khususnya menekankan pada komunikasi budaya. Permasalahan yang penulis kemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana komponen perilaku komunikatif yang terdiri dari situasi komunikatif, peristiwa komunikatif, dan tindak komunikatif, menjelaskan ritual-ritual sebagai media penyampaian pesan simbolis dalam budaya masyarakat Sunda di Kota Bandung. Hasil penelitian yang penulis dapatkan dari pengamatan dan pengumpulan data yang diperoleh serta hasil penganalisisan perilaku komunikatif yang berupa situasi komunikatif , peristiwa komunikatif, dan tindak komunikatif , terhadap ritual-ritual sebagai media penyampaian pesan simbolis dalam budaya pada masa kelahiran anak di Kota Bandung adalah, dalam setiap ritual yang penulis anal isis menunjukkan terjadinya proses komunikasi selama ritual pada masa kelahiran anak berlangsung. Singkatnya, dapat dikatakan bahwa kajian ritual-ritual sebagai media penyampaian pesan simbolis di Kota Bandung memberikan penjelasan bahwa perilaku komunikatif terjadi pada saat ritual-ritual sebagai media penyampaian simbolis, yang terdapat dalam budaya masyarakat Sunda di Kota Bandung.
KEGIATAN PROGRAM BUY ONE GET ONE TICKET DALAM MENINGKATKAN KETERTARIKAN PENGUNJUNG PADA TRANS STUDIO BANDUNG (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF EXTERNAL PUBLIC RELATIONS PADA OBYEK WISATA TRANS STUDIO BANDUNG) Diana Sylviana Dewi; Tita Melia Milyane
Dialog Vol 4 No 1 (2018): Vol. 4, No. 1, Juni, 2018
Publisher : Dialog

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4498.984 KB)

Abstract

Pe nelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan program buy one get one ticket dalam meningkatkan ketertarikan pengunjung pada Trans Studio Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan paradigma penelitian konstruktivisme. Subyek penelitiannya adalah Public Relations di Trans Studio Bandung yang ditentukan secara purposive berdasarkan permasalahan penelitian. Proses pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam dan pengamatan peran serta terhadap informan, sed angkan untuk data penunjang diperoleh melalui studi dokumentasi hasil penelitian sebelumnya, dan studi literatur lainnya, serta wawancara dengan pihak terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program buy one get one ticket dapat dikatakan telah berjalan dengan baik karena dapat meningkatkan kunjungan masyarakat ke Trans Studio Bandung. Public Relations Trans Studio Bandung tidak hanya bertugas menginformasikan mengenai program buy one get one ticket saja, tetapi juga berusaha mendapatkan pemahaman dari masyarakat mengenai kegiatan apa yang telah dilakukan perusahaan, sehingga tujuan dari program tersebut yakni promosi dan meningkatkan penjualan dapat tercapai. Saran yang dapat penulis berikan adalah perusahaan perlu menjalin hubungan baik dengan berbagai pihak, dan ini merupakan tugas dari seorang praktisi Public Relations . Hubungan yang baik, akan membantu untuk menciptakan opini yang positif yang akan menguntungkan perusahaan secara langsung dan tidak langsung. Selain itu, Public Relations Tr ans Studio Bandung sebaiknya melakukan perencaan strategi yang lebih matang dengan perencanaan yang efektif dan efisien dalam pelaksanaan program buy one get one ticket ini.
KOMUNIKASI PARIWISATA PANGANDARAN DALAM MENARIK MINAT WISATAWAN (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF WEBSITE BIRO PERJALANAN MYPANGANDARAN) Syaeful Akbar
Dialog Vol 4 No 1 (2018): Vol. 4, No. 1, Juni, 2018
Publisher : Dialog

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4999.908 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian mengenai tanggapan informan terhadap interaktivitas komunikasi pariwisata melalui Website Biro PerjalananMypangandaran, kehadiran sosial Komunikasi pariwisata melalui Website Biro Perjalanandan kekayaan media komunikasi pa riwisata melalui Website Biro PerjalananMypangandaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. dengan menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif (descriptive reaserch). Informan dalam penelitian ini merupakan bagian dari penelitian guna memperoleh data informasi. Informan dalam penelitian ini adalah sebanyak 6 (enam)orang yang mengetahui informasi dari Website Biro Perjalanan myPangandaran yang berkunjung ke Pantai Panagndaran. proses pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam dan pengamatan peran serta terhadap informan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dala m mempromosikan pariwisata yang ada di Pangandaran, salah satu kemajuan teknologi yang digunakan dalam mempromosikan pariwisata Pangandaran adalah web. Melalui web resmi dari situs myPangandaran bisa membuat masyarakat lokal dan internasional mengetahui potensi Pangandaran yangbelum diketahui secara luas dan dapat dengan mudah dalam mengakses informasi.Website Mypangandaran dinilai sudah cukup lengkap namun kekurangan yang terdapat pada signifi kansi we bsite MyPangandaran adalah informasi yang disajikan pada konten-konten pariwisata dinilai masih kurang lengkap dan mendetail, kemudian kurangnya sos ia lisasi pada masyarakat mengenai website myPangandaran membuat tidak semua masyarakat mengetaliui tentang website myPangandaran sehingga dampak positif website myPangandaran belum dirasakan secara maksimal dan menyeluruh.
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK SEPEDA MOTOR (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM UPAYA MEMPERKENALKAN PRODUK SEPEDA MOTOR HONDA KEPADA MASYARAKAT OLEH PT. DAYA ADICIPTA MUSTIKA BANDUNG) Fachmi Herdiansyah; Dina Alamianti
Dialog Vol 4 No 1 (2018): Vol. 4, No. 1, Juni, 2018
Publisher : Dialog

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3571.46 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Periklanan, Hubungan Masyarakat, Penjualan Personal, Promosi Penjualan produk sepeda motor Honda kepada masyarakat oleh PT. Daya Adicipta Mustika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan paragdigma penelitian konstruktivisme, dan studi deskriptif kualitatif. Subyek penelitiannya adalah konsumen produk sepeda motor Honda yang ditentukan secara purposif. Proses pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan pengamatan peran serta terhadap informan, sedangkan untuk data penunjang diperoleh melalui studi dokumentasi hasil penelitian sebelumnya, dan studi literature lainnya, serta wawancara dengan pihak terkait. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT. Daya Adicipta Mustika melakukan Stra tegi promosi dengan menggunakan Promotion mix yang mengkomunikasikan produk secara persuasif. Dengan menggunakan media periklanan diwilayah Jawa Barat, media cetak, media elektronik, media luar ruang dan media sosial mampu memberikan pengaruh besar terhadap masyarakat pengguna sepeda motor Honda. Namun diperlukan evaluasi mengenai strategi promotion mix yang telah dilakukan, guna mempertahankan konsumen serta dapat meningkatkan hasil yang diinginkan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10