cover
Contact Name
Lidia Susanti
Contact Email
jurnalstipakmalang@gmail.com
Phone
+6283834939393
Journal Mail Official
jurnalstipakmalang@gmail.com
Editorial Address
Jl. Janti Barat Blok A No. 47 Malang, Jawa Timur
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen Duta Harapan
ISSN : -     EISSN : 26212110     DOI : 10.32490
Aim and Scope DIDAKTIKOS adalah: Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Pendidikan Agama Kristen di Gereja Manajemen Pendidikan Kristiani Pendidikan Kristen dan Media Pembelajaran Pendidikan Kristiani dan Evaluasi Belajar
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2: Desember 2020" : 5 Documents clear
Penginjilan dalam Konteks Pendidikan Agama Kristen di Tengah Masyarakat Majemuk Daniel Gerri Tedja Sukmana; Aji Suseno
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen Duta Harapan Vol 3, No 2: Desember 2020
Publisher : STIPAK Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.176 KB) | DOI: 10.32490/didaktik.v3i2.43

Abstract

It is important to teach Christian religious education to church congregations to equip congregations who live in a pluralistic society. Plural society has various differences, starting from religion, belief, education. Christian religious education that is taught can also equip the congregation in carrying out the task of the Great Commission, which is to evangelize unbelievers. How-ever, evangelism that is carried out in a pluralistic society sometimes creates considerable difficulty and risk for evangelists. This article aims to teach evangelism in the context of Christian Religious Education in a pluralistic society with diverse backgrounds. This research uses the literature study analysis method, which conducted research on several relevant literature sources and related Bible verses. Furthermore, in the analysis of the literature study, the authors describe descriptively. The findings in this study are that even though there are difficulties in doing evangelism in a pluralistic society, there are still strategies to be able to do it, namely first, people who will be evangelized must be able to accept themselves as evangelists, second, after being accepted, evangelists become the same as people who will be evangelized. Once accepted, the knowledge of Christ can slowly be carried out in various ways, such as stories, writing to digital content, all of which contain Christian values but are packaged with a general point of view.AbstrakPendidikan Agama Kristen penting untuk diajarkan kepada jemaat gereja untuk memperlengkapi jemaat yang tinggal di tengah masyarakat yang majemuk. Masyarakat majemuk memiliki perbedaan yang beragam, mulai dari agama, kepercayaan, pendidikan. Pendidikan Agama Kristen yang diajarkan juga dapat memperlengkapi jemaat dalam menjalankan tugas Amanat Agung yaitu melakukan penginjilan kepada orang-orang yang belum percaya. Namun, penginjilan yang dilakukan di tengah masyarakat majemuk terkadang menimbulkan kesulitan serta resiko yang cukup besar bagi penginjil. Artikel ini bertujuan untuk mengajarkan melakukan penginjilan dalam konteks Pendidikan Agama Kristen di tengah masyarakat majemuk yang memiliki keberagaman latar belakang. Penelitian ini menggunakan metode analisis studi pustaka, untuk melakukan pene-litian terhadap beberapa sumber literatur yang relevan serta ayat-ayat Alkitab yang berkaitan. Selanjutnya analisis dari studi pustaka tersebut, penulis paparkan secara deskriptif. Temuan dalam penelitian ini adalah walaupun ada kesulitan melakukan penginjilan dalam masyarakat majemuk, tetap ada strategi untuk dapat melakukannya, yaitu pertama, orang yang akan diinjili harus dapat menerima diri penginjil, kedua, setelah dapat diterima, penginjil menjadi sama dengan orang yang akan diinjili. Setelah dapat diterima maka perlahan pengenalan akan Kristus dapat dilakukan melalui berbagai macam cara, seperti cerita, tulisan hingga konten digital yang semuanya mengandung nilai-nilai Kristiani namun dikemas dengan sudut pandang umum.
Refleksi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter melalui Ritual Latal Leryani Mince Maria Manuain; Seyansye Marfreda Wasyati Lasibey
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen Duta Harapan Vol 3, No 2: Desember 2020
Publisher : STIPAK Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.554 KB) | DOI: 10.32490/didaktik.v3i2.41

Abstract

This study aims to determine the values of character education in Latal rituals in North Langkuru village. To Answer the research objectives, the author uses qualitative methods with in-depth interviews, observation, and documentation. With this method, it is found that there are character education values in Latal rituals in North Langkuru Village. The values contained in Latal rituals are the value of cooperation, solidarity, mutual respect, religion, responsibility in ritual implementation, obedience, sincerity in carrying out rituals, fair and square in distributing land. The inclusion of character values in the ritual appears in the life of the north Lengkuru Village community and is willing to sacrifice, loyal friends, obedient, sincere, fair, and square.  AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang ter-kandung dalam ritual latal di desa Langkuru Utara yang masih dianggap relevan dengn kehidupan masyarakat saat ini, sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pendidikan karakter. Untuk menjawab tujuan penelitian penulis menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawan-cara mendalam, observasi dan dokumentasi. Dengan metode tersebut ditemukan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan karakter dalam ritual Latal di desa Langkuru Utara. Nilai-nilai yang terka-dung dalam ritual Latal yaitu nilai gotong royong, solidaritas, saling menghormati, religius, ber-tanggung jawab dalam pelaksanaan ritual, kepatuhan, ketulusan dalam hal menjalankan ritual, jujur dan adil dalam pembagian lahan. Tertananmnya nilai-nilai karakter dalam ritual tersebut nampak pada kehidupan masyarakat desa Langkuru dalam budaya tolong-menolong, saling menghargai dan menghormati, kerja keras dan rela berkorban, setia kawan, kepatuhan dan ketulusan, jujur dan adil.  
Hubungan Pendidikan Agama Kristen oleh Orang tua dengan Moralitas Remaja di Gereja Ester Melati
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen Duta Harapan Vol 3, No 2: Desember 2020
Publisher : STIPAK Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.254 KB) | DOI: 10.32490/didaktik.v3i2.12

Abstract

This study aims to determine the effect of Christian Religious Education by parents on the morality of adolescents in the Gereja Bethel Indonesia Tanjung Piayu Batam congregation. The method used in this research is quantitative. The tools used to collect data were questionnaires. Reliability Instrument The total variance of Variable X was 277.51 with reference to the level of reliability, the observation instrument reliability index of Variable X was very significant, namely 0.121. Reliability Instrument The total variance of Variable Y is 290.93. Analysis of research data, where the value of Ft from the table with a significance of 5% with Dk = 1/28 is 4.22. Retrieved 14.95 4.22. The correlation between the variables X and Y is expressed by r r. From the above calculations, the rxy price is 0.963. This price is then consulted with the r price of the moment product at the 95% acceptance level for N = 30, namely r (0.05) = 0.361. The results obtained were 0.963 0.361, meaning that there was a correlation between variables X and Y.Thus, there was an effect of Christian Religious Education by parents on adolescent morality in the GBI Tanjung Piayu Batam congregation.AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Agama Kristen oleh orang tua terhadap moralitas remaja di jemaat Gereja Bethel Indonesia Tanjung Piayu Batam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Adapun alat yang dipakai untuk menjaring data adalah angket. Reliabilitas Instrument Varians total Variabel X adalah 277,51 dengan mengacu kepada taraf reliabilitas diperoleh indeks reliabilitas instrumen observasi Variabel X sangat signifikan yakni 0,121. Reliabilitas Instrument Varian total Variabel Y adalah 290.93. Analisis data penelitian, dimana nilai Ft dari tabel dengan signifikansi 5% dengan Dk = 1/28 adalah 4,22. Diperoleh 14.95 4,22.  Korelasi antara variabel X dan Y dinyatakan dengan rhitung rtabel. Dari perhitungan di atas diperoleh harga rxy sebesar 0,963. Harga ini kemudian dikonsultasikan dengan harga rtabel dari produk moment pada taraf penerimaan 95% untuk N=30 yaitu r ( 0,05) = 0,361. Diperoleh hasil 0,963 0,361, yang berarti terdapat korelasi Variabel X dengan Y. Dengan demikian terdapat pengaruh Pendidikan Agama Kristen oleh orang tua terhadap moralitas remaja di jemaat Gereja Behtel Indonesia Tanjung Piayu Batam.
Pentingnya Media Pembelajaran di Sekolah Minggu: Refleksi Injil Matius Nelly Nelly; Maya Lusiana Patunduk
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen Duta Harapan Vol 3, No 2: Desember 2020
Publisher : STIPAK Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.232 KB) | DOI: 10.32490/didaktik.v3i2.39

Abstract

Sunday school is an important part of church service, so it must be taken seriously. One of the preparations for teaching Sunday School is to provide learning media. The purpose of this research is to develop learning media based on the Gospel of Matthew in the learning process at Sunday School of GPdI "Sion", Tanah Miring Merauke, Papua. This research is qualitative research with a participatory approach. Based on the results of data collection, observation, and interviews, it can be concluded that the use of instructional media is very important to stimulate interest, attention, and understanding of students in learning and to facilitate teachers in learning. For this reason, the pastor of GPdI "Sion" Tanah Miring Merauke, Papua needs to facilitate teachers in using media and attending workshops about learning media.AbstrakSekolah Minggu merupakan bagian penting dalam pelayanan gereja, sehingga harus ditangani secara serius. Salah satu persiapan dalam mengajar Sekolah Minggu adalah menyediakan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berdasar-kan Injil Matius dalam proses pembelajaran di Sekolah Minggu GPdI “Sion” Tanah Miring Merauke, Papua. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan parsipatoris. Berdasarkan hasil pengumpulan data, observasi dan wawancara, maka dapat disimpulkan peng-gunaan media pembelajaran sangat penting untuk merangsang minat, perhatian dan pemahaman peserta didik dalam belajar serta memudahkan guru dalam pembelajaran. Untuk itu, gembala GPdI “Sion” Tanah Miring Merauke, Papua perlu memfasilitasi para guru dalam menggunakan media dan mengikuti workshop tetang media pembelajaran.
Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi pada Pelajaran Etika Kristen terhadap Karakter Mahasiswa Yusak Malo; Lidia Susanti
DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen Duta Harapan Vol 3, No 2: Desember 2020
Publisher : STIPAK Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.053 KB) | DOI: 10.32490/didaktik.v3i2.44

Abstract

Ethics is a teaching standard regarding the rules that must be upheld so that it has a big impact on the development of one's behavior or actions in everyday life. Character is a value that must be possessed by a person and from that value becomes one's standard of judging what is right to do. One of the problems related to ethics and character is sexual relations that lead to or result in pregnancy. The teaching of Christian ethics and character (especially sex education) needs to be taught attractively according to the cognitive abilities of students from Sumba. The purpose of this study was to determine the effect of the discussion learning method on the Christian Ethics of Sex Education on the character of students in Sumba in Malang. The research used in this research is a quantitative experimental research type. This experimental research, in the form of a Quasi-experiment design. This type of research cannot control the condition of the independent variables using treatment measures. The correlation value of 0.441 shows that there is a positive and strong relationship between Christian ethics and Christian character and the significance (Sig. 2-tailed) of Christian ethics with Christian characters is as large as 0.004.AbstrakEtika merupakan standar pengajaran mengenai aturan-aturan yang harus ditegakkan, sehingga mempunyai dampak yang besar bagi perkembangan perilaku atau tindakan seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Karakter merupakan suatu nilai yang harus dimiliki oleh seseorang dan dari nilai tersebut menjadi standar seseorang menilai apa yang benar untuk dilakukan. Salah masalah yang berhubungan dengan etika dan karakter ialah hubungan seks yang berujung atau berakibat pada kehamilan. Pengajaran etika Kristen dan karakter (terkhususnya pendidikan seks) perlu diajarkan dengan menarik sesuai dengan kemampuan kognitif mahasiswa asal Sumba. Tujuan dari penelitian ialah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran diskusi pada pelajaran Etika Kristen Pendidikan Seks terhadap karakter mahasiswa Sumba di Malang. Penelitian yang diguna-kan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif eksperimen. Penelitian eksperimen ini, dalam bentuk Quasi eskperiment design. Jenis penelitian yang tidak dapat mengontrol kondisi variabel independen yang menggunakan tindakan perlakuan. Nilai korelasi 0,441 angka ini menunjukan bahwa adanya hubungan positif dan kuat antara etika Kristen dengan karakter Kristen serta didapatkan signifikansi (Sig. 2-tailed) etika Kristen dengan karakter Kristen sebebsar 0,004.

Page 1 of 1 | Total Record : 5