cover
Contact Name
-
Contact Email
jim_tm@mail.unnes.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jim_tm@mail.unnes.ac.id
Editorial Address
Sekaran, Gunungpati, Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Inovasi Mesin
ISSN : -     EISSN : 27467694     DOI : https://doi.org/10.15294/jim
Core Subject : Engineering,
Jurnal Inovasi Mesin is a scientific journal published by Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Semarang. This journal aims to accommodate a description of the development of science and technology and articles of research results in the field of Mechanical Engineering.
Articles 50 Documents
PERANCANGAN HEAT EXCHANGER SHELL AND TUBE UNTUK PREHEATER FEED WATER MEMANFAATKAN GAS BUANG BOILER PABRIK GULA TASIKMADU
Jurnal Inovasi Mesin Vol 1 No 1 (2019): APRIL 2019
Publisher : Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jim.v1i1.39839

Abstract

Boiler adalah salah satu mesin thermal yang menghasilkan uap, uap tersebut dihasilkan dariair yang dipanaskan hingga mendidih. Boiler sering digunakan pada industri secara luas, peningkatanefisiensi boiler perlu dilakukan untuk mengurangi kerugian kalor dan menekankonsumsi bahan bakar boiler. Penggunaan heat exchanger untuk memanaskan air denganmemanfaatkan gas buang boiler merupakan metode yang tepat untuk menghemat bahan bakarboiler serta mempercepat pembentukan uap dan dapat mengurangi kerugian kalor padaboiler Pabrik Gula Tasikmadu. Penelitian kali ini bertujuan untuk membuat rancangan heatexchanger yang dapat memanfaatkan gas buang boiler untuk mempercepat pemanasan airumpan boiler dan menghemat konsumsi bahan bakar boiler berdasarkan data boiler PabrikGula Tasikmadu. Perhitungan perancangan menggunakan standar TEMA. Hasil penelitian iniadalah spesifikasi dan desain heat exchanger, serta perhitungan simulasi menggunakan softwaresolidworks.
PENGARUH VARIASI KEMIRINGAN PROPELLER TERHADAP EFISIENSI TURBIN ULIR
Jurnal Inovasi Mesin Vol 1 No 1 (2019): APRIL 2019
Publisher : Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jim.v1i1.40207

Abstract

Turbin ulir atau screw (archimedean turbine) merupakan salah satu turbin dalam pembangkit listrik tenaga mikro hidro. Turbin ulir sangat berpotensi digunakan untuk sumberenergi listrik di Indonesia karena banyaknya jumlah sumber-sumber air yang sebagian besar hanya memiliki debit yang kecil dan head yang rendah. Tujuan penelitian ini yaitu untukmengetahui seberapa besar pengaruh sudut kemiringan propeller sebagai parameter kerja turbin terhadap daya aliran, daya mekanis, dan efisiensi turbin. Selanjutnya, data hasilpengujian disajikan dengan metode analisis deskriptif. Metode analisis deskriptif dalam penelitian ini dilakukan dengan pengujian dan pengamatan secara langsung pengaruh sudutkemiringan propeller yang berbeda terhadap efisiensi turbin. Pengambilan data dilakukan dengan mengalirkan air dengan variasi debit yang ditentukan menuju propeller turbindengan perubahan sudut kemiringan 25°, 30°, 35°, dan 40°. Tachometer digunakan untuk mengetahui data putaran yang dihasilkan yang kemudian mencari data daya mekanis, dayaaliran, dan efisiensi menggunakan persamaan teoritis. Pengujian pengaruh perubahan kemiringan sudut propeller terhadap kinerja turbin yang meliputi daya aliran, daya a mekanis, dan efisiensi pada variasi debit aliran didapatkan hasil maksimal pada sudut 30°. Kemiringan sudut propeller tersebut menunjukkan optimalisasi desain turbin penelitian ini, dengan nilai efisiensi mencapai 80,66% dengan masing-masing daya aliran dan daya mekanis tertinggi sebesar 609,69 Watt dan 10242,22 Watt
UJI PRODUKSI GAS HIDROGEN MELALUI ELEKTROLISIS PLASMA AIR LAUT DENGAN KATALIS KOH DAN ZAT ADITIF ETANOL
Jurnal Inovasi Mesin Vol 1 No 1 (2019): APRIL 2019
Publisher : Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jim.v1i1.40222

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tegangan, kadar katalis, konsentrasi aditif etanol dan menguji sumber produksi gas hidrogen dengan metode elektrolisis plasma pada air laut untuk memastikan hi-drogen yang diproduksi adalah dari air yang terdekomposisi atau dari katalis dan etanol yang bereaksi. Metode penelitian yangdigunakan adalah dengan menguji larutan elektrolit air laut dan dengan air suling dengan kadar katalis KOH 0 gram, 25 gram, 50 gram, 75 gram, dan konsentrasi etanol 0%, 5%, 10%dan 15% pada tegangan 125 volt, 175 volt dan 225 volt. Slide Regulator digunakan untuk mengatur besarnya tegangan. Hasil penelitian menun-jukkan tegangan yang digunakan berpengaruh terhadap laju produksi hidrogen. Selain tegangan, penambahan ka-talis dan aditif etanol juga sangat berpengaruh. Terlihat pada pengujian air laut tanpa penambahan kadar katalis dan zat aditif hanya muncul sedikit gas hidrogen. Hasil terbaik didapatkan pada tegangan 225 volt dengan 75 gram KOH dan 15% etanol sebesar 149,43 mL/s. Sedangkan konsumsi energi paling efisien didapat pada tegangan 225 volt dengan 75 gram KOH dan 10% etanol. Namun, pada setiap variasi penambahan konsentrasi aditif etanol 5%, 10% dan 15% tidak terlalu berpengaruh terhadap laju produksi gas dan konsumsi energi. Secara keseluruhan bias diambil kesimpulan bahwa hidrogen yang muncul adalah hasil dari reaksi katalis dan aditif yang terdekomposisi.
PRODUKSI DAN UJI PERFORMANSI MESIN PEMBUAT BUBUR KERTAS KAPASITAS 960 LITER/JAM
Jurnal Inovasi Mesin Vol 1 No 1 (2019): APRIL 2019
Publisher : Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jim.v1i1.40223

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memproduksi mesin pembubur kertas dan menganalisis hasil pengujian performansi mesin bubur kertas dengan variasi jenis kertas dan lama waktu produksi. Penelitian ini merupakan penelitian terapan dimana pembuatan mesin menggunakan proses manufaktur sedangkan pengujian performansi mesin menggunakan metode eksperimen. Metode ekperimen dalam penelitian ini dengan melakukan uji coba performansi mesin bubur kertas dimana variabel bebas adalah jenis bahan kertas, dan waktu produksi, sedangkan variabel terikatnya adalah ukuran partikel, dan kapasitas produksi. Hasil uji performansi selanjutnya diamati menggunakan pemeriksaanmakroscopik menggunakan aplikasi infinity analyz. Hasil penelitian ini mendapatkan prototype mesin pembuat bubur kertas kapasitas 6 liter/jam dengan spesifikasi: panjang 1,29 m; lebar 0.646 m; tinggi 1,119 m; daya 1,5 HP. pengujian kapasitas produksi bubur kertas pada variasi waktu 3 menit yaitu sebesar 60 kg/jam, sedangkan hasil pemeriksaan partikel makrodidapatkan ukuran partikel besar lebih dari 1 mm hanya terdapat pada beberapa titik (minor) yang mungkin disebabkan dari bubur kertas yang terlempar ke dinding atas tabung sehinggatidak terproses.
STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH PERUBAHAN KECEPATAN SUPERFISIAL TERHADAP KARAKTERISTIK DAN PARAMETER POLA ALIRAN MINYAK MENTAH (CRUDE OIL) – AIR PADA PIPA HORIZONTAL
Jurnal Inovasi Mesin Vol 1 No 1 (2019): APRIL 2019
Publisher : Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jim.v1i1.40224

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengamatan pola aliran plug pada pipa horisontal dengan metode image processing dengan variasi kecepatan superfisial udara.Selain itu, untuk mengetahui pengaruh kecepatan superfisial udara terhadap karakteristik dan parameter pola aliran plug pada aliran air-udara pipa horisontal yang meliputi fraksihampa, frekuensi plug, kecepatan plug, dan panjang kantung udara plug, panjang liquid plug. Metode yang digunakan adalah menggunakan metode image processing. Pengambilan data menggunakan high speed video camera dengan kecepatan 400 fps menggunakan pipa acrylic dengan diameter dalam 19 mm dengan pengambilan data pada kondisi aliran fully developed yaitu pada jarak 200D. Selanjutnya dianalisa dengan metode image processing dengan menggunakan software CorelDraw X7. Hasil penelitian diperoleh kecepatan superfisial minyak mentah-air yang optimal untuk mengurangi dampak aliran plug yang akan menjadi aliran slug pada pengaplikasian industri melalui perubahan karakteristik dan parameter pola aliran tersebut. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil pengolahan data dari perhitungan dan visualisasi image processing pada karakteristik dan parameter pola aliran
STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH KECEPATAN SUPERFISIAL ALIRAN SEARAH TERHADAP KARAKTERISTIK DAN PARAMETER ALIRAN STRATIFIED PADA PIPA HORIZONTAL
Jurnal Inovasi Mesin Vol 1 No 2 (2019): OKTOBER 2019
Publisher : Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jim.v1i2.40240

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecepatan superfisial liquid (VSL) dan kecepatan superfisial gas (VSG) terhadap karakteristik (visualisasi pola aliran stratified, frekuensi hydraulic jump dan kecepatan hydraulic jump) dan parameter (fraksi hampa, liquid holdup dan gradien penurunan tekanan) pola aliran stratified pada aliran airudarapipa horizontal. Metode yang digunakan adalah eksperimental dengan pengujian variasi kecepatan superfisial liquid (VSL) dan kecepatan superfisial gas (VSG) yang dianalisa menggunakan metode image processing. Pengambilan data menggunakan high speed video camera dengan kecepatan 400 fps. Penelitian ini menggunakan pipa acrylic transparan berdiameter dalam 19 mm dan mempunyai penampang berbentuk lingkaran. Posisi pipa dalam keadaan horisontal dengan fluida air sebagai liquid dan udara sebagai gas. Penelitian ini dilakukan dengan asumsi temperatur ruang konstan. Hasil penelitian diperoleh kecepatan superfisial liquid dan gas yang optimal untuk menghindari hydraulic jump pada pengaplikasian industri dengan peningkatan maksimal kecepatan superfisial liquid (VSL) adalah 0,064 m⁄s dan kecepatan superfisial gas (VSG) adalah 3,254 m⁄s, untuk peningkatan VSL= 0,050 m⁄s maksimal peningkatan VSG = 4,140 m⁄. Penelitian ini menjelaskan perubahan kecepatan superfisial liquid (VSL) dan kecepatan superfisial gas (VSG) mempengaruhi karakteristik dan paramater pola aliran stratified. Hal ini ditunjukkan dengan berubahnya visualisasi bentuk pola aliran, nilai frekuensi hydraulic jump, kecepatan hydraulic jump, fraksihampa, liquid holdup dan gradien tekanan.
ANALISIS PERFORMA MESIN MOBIL NISSAN GRAND LIVINA 1500 CC BERBAHAN BAKAR CAMPURAN PERTALITE DENGAN ETANOL DAN PERTAMAX
Jurnal Inovasi Mesin Vol 1 No 2 (2019): OKTOBER 2019
Publisher : Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jim.v1i2.40241

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi campuran etanol pada bahan bakar pertalite terhadap unjuk kerja dan emisi gas buang yang dihasilkanmesin mobil Nissan Grand Livina 1500 cc. Variasi perbandingan persentase etanol adalah 10%, 15%, 20%, dan 25% pada 1 liter bahan bakar pertalite dibandingkan dengan pertamaxmurni. Variasi putaran mesin untuk pengujian performa mesin yaitu 2000, 3000, 4000 dan 5000 rpm. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Pengujian unjuk kerja mesin bensin menggunakan dynamometer. Data hasil penelitian dianalisis dengan cara menganalisis hasil data eksperimen kemudian menentukan dan menyimpulkan hasilpenelitian yang telah dilakukan dalam bentuk grafik dan tabel. Dua hal yang diamati dalam penelitian ini adalah pengaruh variasi campuran etanol pada bahan bakar pertalite terhadap unjuk kerja dan emisi gas buang yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unjuk kerja yang dihasilkan mengalami kenaikan pada sampel P1-E10% dan P1-E15% namun pada sampel P1-E20% dan P1-E25% mengalami penurunan. Campuran etanol yang tepat pada penambahan bahan bakar pertalite akan berdampak pada performa mesin berupa torsi dan daya yang optimal bahkan lebih baik daripada penggunaan bahan pertamax murni. Campuran bahan bakar pertalite dan etanol sebesar 15 % dengan label P1-E15%menghasilkan daya dan torsi yang paling optimal dibandingkan campuran lainnya termasuk pertamax murni. Emisi gas CO2 rata-rata mengalami peningkatan dibanding denganmenggunakan bahan bakar pertamax murni, campuran terbaik pada sampel P1-E10%. Sedangkan Emisi gas CO cenderung mengalami penurunan seiring dengan penambahancampuran etanol. Kandungan gas CO terbaik pada sampel P2 dengan nilai oktan 92, campuran terbaik pada sampel P1-10% tetapi gas CO yang terkandung masih di bawah sampel P2.Campuran sampel P1-E15% memiliki daya dan torsi paling optimal, tetapi bukan yang terbaik pada emisi gas buang, namun emisi gas buang yang keluar masih bisa dikatakan baik.
PENGARUH UKURAN PARTIKEL DAN TEKANAN KOMPAKSI TERHADAP KARAKTERISTIK BRIKET KAYU JATI
Jurnal Inovasi Mesin Vol 1 No 2 (2019): OKTOBER 2019
Publisher : Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jim.v1i2.40242

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ukuran partikel dan tekanan kompaksi terhadap karakteristik fisik, mekanik dan thermal briket serbuk kayu jatitanpa perekat dan dengan perekat tepung kanji. Pada peneitian ini menggunakan spesimen sebanyak 90 spesimen dengan rincian, 40 spesimen pada proksimat, 12 spesimen pada ujidensitas, 12 spesimen pada drop test, 8 spesimen pada uji stability, 12 spesimen pada uji laju pembakaran. Jenis pemanfaatan limbah-limbah tersebut adalah dengan mengubahnya menjadi energi alternatif berupa briket. Pembriketan adalah pembentukan biomassa menjadi briket dengan cara dikompaksi. Penelitian ini menggunakan variasi tekanan 25 kg/cm2 dan 50 kg/cm2 serta variasi mesh 30, 40, dan 60. Karakterisasi yang dilakukan densitas, drop test, stability, proximate test, dan laju pembakaran. Hasil penelitian menunjukan kadar airpada briket setelah diberikan penambahan perekat kanji naik hingga 82,75%, kadar abu dan kadar zat terbang tetapi tidak terlalu signifkan hanya 7,13% dan 2,58%. Nilai kalor dankadar carbon mengalami penurunan yang sangat signifikan dengan adanya penambahan briket yang mencapai hingga 54,07% dan 38,51%. Nilai densitas mencapai 0,43 gr/cm3 dandensitas terendah didapat dengan tekanan 25 kg/cm2 pada mesh 30 yang hanya menghasilkan nilai densitas 0,33 gr/cm3. Droptest tidak berpengaruh terlalu signifikan hanya berkisar0,94% - 2,39% partikel yang hilang. Uji stabilitas menunjukan perubahan yang sangat signifikan terjadi hanya pada hari pertama dan kedua. Laju pembakaran pada tekanan 25 kg/cm2menunjukkan suhu maksimum yang dapat dicapai secara berurutan sebesar 584,18°C, 619,68°C, 644,18°C, 636,23°C. Sedangkan hasil pengujian laju pembakaran pada tekanan 50kg/cm2 menunjukkan suhu maksimum yang dapat dicapai secara berurutan sebesar 629,2°C, 645°C, 670,6°C, 598,53°C.
PENGARUH VARIASI ANYAMAN MATERIAL KOMPOSIT EPOXY BERPENGUAT BILAHAN BAMBU TERHADAP KEKUATAN BENDING
Jurnal Inovasi Mesin Vol 1 No 2 (2019): OKTOBER 2019
Publisher : Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jim.v1i2.40243

Abstract

Penelitian ini dikaji karakteristik mekanik material komposit dari beberapa bahan organik yang mempunyai sifat ramah lingkungan dan banyak tersedia di wilayah Indonesia.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi anyaman terhadap sifat bending komposit anyam dengan variasi epoxy 75% dan anyaman bambu yang sebesar 25%. spesimen uji bending sesuai standar ASTM D790. Metode penelitian merupakan cara penelitian untuk memperoleh data yang diinginkan, sehingga pelaksanaan dan hasilnya dapat dipertanggung jawabkan secara kajian ilmiah. Pada pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode eksperimen yakni mencari hubungan sebab akibat antara faktor-faktor lain yangsengaja ditimbulkan oleh penelitian. sehingga penelitian akan lebih terarah dalam proses pelaksanaannya dan hasilnya dapat dipertanggung jawabkan secara kajian ilmiah. Penelitianyang dilaksanakan ini menggunakan metode eksperimen. Hasil uji bending pun menunjukkan bahwa spesimen anyaman matrik resin epoxy dengan variasi anyaman plain, twin, dancampuran sebesar 86,7 N/mm2 ; 97,38 N/mm2 ; 86,08 N/mm2. dengan nilai modulus elastisitas bending sebesar 3,294 MPa; 1,049 MPa dan 1,282 MPa serta memiliki nilai momen bending sebesar 57,8 MPa; 64,925 MPa dan 57,387 MPa secara berturut-turut. Variasi anyaman twin memiliki kekuatan bending dan momen bending tertinggi diantara bentuk anyaman yang lain sebesar 97,38 N/mm2 dan sebesar. 64,925 MPa. Sedangkan untuk anyaman plain memiliki modulus elastisitas tertinggi diantara bentuk anyaman yang lain yaitu sebesar 3,294 MPa.
PENGARUH VARIASI KOMPOSISI BAHAN PEREKAT TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK DAN MEKANIK BRIKET LIMBAH ORGANIK
Jurnal Inovasi Mesin Vol 1 No 2 (2019): OKTOBER 2019
Publisher : Department of Mechanical Engineering, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jim.v1i2.40244

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi perekat tepung kanji, tetes tebu dan kotoran sapi terhadap, nilai kalor, densitas, nilai tekan aksial, dan drop test briket dan komposisi bahan perekat tepung kanji, tetes tebu dan kotoran sapi pada briket limbah organik yang menghasilkan nilai kalor, densitas, nilai tekan aksial,dan drop test briket secara maksimal. Bahan baku diarangkan dengan furnace bertemperatur suhu 400oC selama 2 jam. Selanjutnya diberi variasi perekat dengan memberi perekatkemudian dicampurkan dengan bahan baku dengan ukuran 60 mesh. Hasil dari penelitian variasi komposisi perekat menunjukkan adanya pengaruh terhadap karakteristikbriket melalui spesimen yang diberikan perlakuan perbandingan variasi perekat tepung tapioka 3 %, tetes tebu 3 %, dan kotoran sapi 4 % dengan nilai kalor tertinggi sebesar 5879,76 kal/gr, Densitas 0,7087 gr/cm3, Kuat Tekan 2,87 kg/cm2, drop test 0,17 %.