cover
Contact Name
imam wahyudi
Contact Email
kurikula@iaingawi.ac.id
Phone
+6285736233739
Journal Mail Official
kurikula@iaingawi.ac.id
Editorial Address
Insititut Agama Islam Ngawi Jl. Ir. Soekarno No. 99 Ring Road Barat Ngawi - 63216 e-Mail: kurikula@iaingawi.ac.id
Location
Kab. ngawi,
Jawa timur
INDONESIA
Kurikula Jurnal Pendidikan
ISSN : 25486063     EISSN : 27464903     DOI : -
Core Subject : Education,
Kurikula : Jurnal Pendidikan (ISSN : 2548-6063 - E-ISSN : 2746-4903) is a peer-reviewed journal on education in the Muslim world. This journal is published by the Faculty of Tarbiyah, Institut Agama Islam Ngawi. Editors welcome scholars, researchers, and practitioners of education around the world to submit scholarly articles to be published in this journal. All articles will be reviewed by experts before accepted for publication. Each author is solely responsible for the content of published articles. Scope: Studies in Social Education; Studies in Science Education; Management Education; Teaching & Learning; Quality Education; Education Development & Society; Educational Leadership; Educational Technology; Language Education; Philosophy of Education; Religious Education; Teacher Education; Early Childhood Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2021): Kurikula : Jurnal Pendidikan Vol 5, No 2 Tahun 2021" : 6 Documents clear
ADAPTASI PELAKSANAAN PERKULIAHAN MATA KULIAH PRAKTIK PEMBELAJARAN DALAM MASA PANDEMI COVID-19 Setyo Eko Atmojo; Beny Dwi Lukitoaji
Kurikula : Jurnal Pendidikan Vol 5 No 2 (2021): Kurikula : Jurnal Pendidikan Vol 5, No 2 Tahun 2021
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (721.685 KB) | DOI: 10.56997/kurikula.v5i2.486

Abstract

This study aims to describe the process of teaching practical learning in SD and PKN SD courses. This research was conducted from September 2020 to January 2021 in the PGSD Study Program FKIP Universitas PGRI Yogyakarta. This research method is descriptive, data collection techniques through observation, questionnaires and documentation and descriptive data analysis. The results of the study show that the online lecture process as a form of adaptation to the Covid 19 pandemic is running well, which can be seen in the student response questionnaire where> 80% responded positively. The competency indicators for the subjects were achieved well, which was evident from the acquisition of an average grade of the subject indicators> 70 (Good).
KONTRIBUSI PESANTREN AL-MUJADDADIYYAH DALAM PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DESA DEMANGAN KECAMATAN TAMAN KOTA MADIUN zuhdi syukron
Kurikula : Jurnal Pendidikan Vol 5 No 2 (2021): Kurikula : Jurnal Pendidikan Vol 5, No 2 Tahun 2021
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.226 KB) | DOI: 10.56997/kurikula.v5i2.511

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan asli Indonesia. Seiring dengan perkembangan zaman, pendidikan pesantren seharusnya menyesuaikan dengan kebutuhan proses perubahan sosial. Sehingga memberikan kepercayaan kepada masyarakat, bahwa pendidikan yang ada dalam pesantren tersebut benar-benar sebagai media pengkaderan pemikir-pemikir agama, serta mampu mencetak dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pendidikan Pesantren Al-Mujaddadiyyah? (2) Bagaimana pengembangan sumber daya manusia dan hasilnya di Pondok Pesantren Al-Mujaddadiyyah? (3) Apa faktor-faktor pendukung dan penghambat pengembangan sumber daya manusia di Pondok Pesantren Al-Mujaddadiyyah? Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan mengguanakan pendekatan kualitatif. Metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Analisis datanya adalah menggunakan reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa : (a) Pendidikan di Pesantren Al-Mujaddadiyyah sudah adanya keseimbangan antara pendidikan umum formal yaitu MTs Al-Mujaddadiyyah, MA Al-Mujaddadiyyah, SMK Kimia Al-Mujaddadiyyah  dan pendidikan agama yaitu Pondok Pesantren Al-Mujaddadiyyah. (b) Pengembangan sumber daya manusia di Pesantren Al-Mujaddadiyyah yaitu melalui pendidikan skill  santri seperti dalam kegiatan pertanian, peternakan dan home industry. Hasilnya dari pengembangan sumber daya manusia dapat meningkatkan kemampuan soft skill santri dan melatih santri terampil dalam bekerja serta menambah kebutuhan finansial.  (c) Faktor pendukung pengembangan sumber daya manusia di Pondok Pesantren Al-Mujaddadiyyah terlaksana atas dukungan kebijakan Kyai dibantu para Ustadz, sarana dan prasarana yang memadai serta lingkungan masyarakat yang nyaman. Sedangkan faktor penghambatnya adalah santri yang belum trampil, alokasi waktu yang kurang dan manajemen yang belum maksimal.
Manajemen Bidang Pendidikan Bagi Siswa Gifted di MAN 4 Ngawi luluk Muasomah
Kurikula : Jurnal Pendidikan Vol 5 No 2 (2021): Kurikula : Jurnal Pendidikan Vol 5, No 2 Tahun 2021
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (447.694 KB) | DOI: 10.56997/kurikula.v5i2.524

Abstract

Kelas Khusus Bidang studi ini dibentuk dalam meningkatkanpendidikan Siswa Gifted. Oleh sebab itu dari berbagaipertimbangan sasarannya adalah kelas XI, karena guru telahmengetahui kemampuan atau prestasi siswa yang di identifikasiberbakat sejak mereka duduk di kelas X. Meskipun demikian,tidak semua siswa kelas XI dapat bergabung dalam KelasKhusus Bidang Studi tersebut. Yang bergabung dalam KelasKhusus Bidang Studi tersebut adalah terdiri dari siswa kelas XIJurusan IPA dan IPS dan sebagian besar siswa mendapatperingkat 1 samapi 10 di dalam kelasnya. Siswa tersebut didalam kelas tergolong siswa yang cerdas, trampil, dan aktif.Pada kelas XI Otomotif tidak bisa bergabung dalam KelasKhusus Bidang Studi tersebut dikarenakan mereka telahdisibukkan dengan adanya praktek-praktek di luar jampelajaran. Sedangkan kelas X masih terlalu dini karena barumasuk di MAN 4 Ngrambe Ngawi, jadi guru belum bisamengidentifikasi kemampuan atau prestasi anak. Sedangkankelas XII tidak bisa bergabung dalam Kelas Khusus BidangStudi tersebut karena persiapan untuk Ujian. Proses penilaianatau evaluasi yang dilakukan di MAN 4 Ngrambe Ngawiterhadap siswa berbakat adalah sebagai upaya untukmengetahui sejauhmana program-program sekolah yang telahdirencanakan. Di samping itu evaluasi program tersebut jugadalam rangka mendapatkan masukan, Rentetan pelaksanaanserta hasil yang ada di Madrasah tersebut. Berdasarkan hasilpenelitian Manajemen Bidang Pendidikan bagi Siswa Gifted diMAN 4 Ngawi meliputi perencanaan kesiswaan, perencanaan kurikulum, perencanaan tenaga pengajar, serta perencanaan sarana dan prasarana
PENTINGNYA PERAN KELUARGA DALAM PENDAMPINGAN BELAJAR PADA ANAK USIA SD DI MASA PANDEMI COVID 19 al darmono
Kurikula : Jurnal Pendidikan Vol 5 No 2 (2021): Kurikula : Jurnal Pendidikan Vol 5, No 2 Tahun 2021
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (547.359 KB) | DOI: 10.56997/kurikula.v5i2.555

Abstract

Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama bagi anak. Peran keluarga sangat diharapkan mampu mengembangkan aspek-aspek pada anak khususnya dalam belajar dan pendidikan anaknya. Peran keluarga dalam situasi pandemi seperti saat ini sangat penting bagi kelancaran kegiatan belajar mengajar daring antara guru dan anak. Anak dalam belajar tanpa ada pendampingan yang diberikan keluarga dapat menyebabkan kegiatan belajarnya terhambat dan mengalami sejumlah kendala, sehingga dalam upaya mencapai prestasi sulit untuk diwujudkan. Situasi pandemi saat ini memaksa anak belajar dari rumah secara daring, maka banyak hal berbeda dengan belajar dibandingkan dengan belajar dalam situasi normal. Maka disinilah peran keluarga sangat penting dalam memberikan pendampingan belajar anak terutama anak usia SD di masa pandemi covid 19.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID DALAM MENINGKATKAN ASPEK NILAI AGAMA DAN MORAL DI RA AN-NUR DERO Anita Solihatul Wahidah; Durotul Farida
Kurikula : Jurnal Pendidikan Vol 5 No 2 (2021): Kurikula : Jurnal Pendidikan Vol 5, No 2 Tahun 2021
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56997/kurikula.v5i2.715

Abstract

ABSTRACT The picture puzzle method is guessing, guessing and guessing about questions in the form of sentences, stories or pictures that are presented vaguely, usually to sharpen the mind. Literacy is the ability to name known symbols, recognize sounds, the initial letters of the names of objects around, mention groups of pictures that have the same sound or initial letters, write their own names and read their own names. The objectives of this study are: (1) To describe the process of literacy skills in the pictorial puzzle method at RA Ar-Romaliyah, Slumbung hamlet, Padas village.(2) To improve children's writing and reading skills through the picture puzzle method at RA Ar-Romaliyah Dusun Slumbung Padas Village. This type of research uses a qualitative approach with a descriptive method, where data is collected by means of observation, interviews and documentation. The sources of this research are the Principal, Class B homeroom teacher and students. The results of this study will be presented in the form of sentences, not in the form of numbers. The analysis technique that the writer uses is data reduction, data presentation and conclusion drawing. Based on the research that has been done, it shows that: (1) To describe the process of applying literacy skills in the pictorial puzzle method at RA Ar-Romaliyah, Slumbung hamlet, Padas village. (2) To determine the impact of improving children's writing and reading skills through the use of the picture puzzle method at RA Ar-Romaliyah Dusun Slumbung Padas Village Key Words: Literacy, Picture Puzzle Method
KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS B PADA MASA PANDEMI RA NAWA KARTIKA DAWU TAHUN PELAJARAN 2020/2021 Eny Setyowati; Anik Sumartin
Kurikula : Jurnal Pendidikan Vol 5 No 2 (2021): Kurikula : Jurnal Pendidikan Vol 5, No 2 Tahun 2021
Publisher : Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Ngawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56997/kurikula.v5i2.716

Abstract

ABSTRACT The purpose of this study was to identify and describe the form of teacher creativity in an effort to improve student learning outcomes despite being constrained by the pandemic. This research was conducted at RA Nawa Kartika Dawu, precisely in the hamlet of Blimbing, Dawu Village, Paron District, Ngawi Regency. This study uses a qualitative research type with the subject studied by the teacher who teaches at RA Nawa Kartika Dawu with the methods of interview, observation, and documentation. The results of the teacher's creativity research in Improving the Learning Outcomes of Class B Students during the Pandemic Period of RA Nawa Kartika Dawu for the 2020/2021 academic year showed that it was in accordance with the Emergency Curriculum Guide for Madrasahs based on the Decree of the Director General of Islamic Education Number 2791 of 2020. While the form of teacher creativity in improve student learning outcomes of class B actualized on learning strategies, methods applied and learning media used Key Words: Teacher Creativity, Learning Outcomes, Covid-19 Pandemic.

Page 1 of 1 | Total Record : 6