cover
Contact Name
Widia Ningsih
Contact Email
widianingsih633@gmail.com
Phone
+6285960430213
Journal Mail Official
jcsjurnal@gmail.com
Editorial Address
Greenland Sendang Recidence, Blk. F No.02, Sendang, Kec. Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45611
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Journal of Comprehensive Science
ISSN : 296247     EISSN : 29624584     DOI : https://doi.org/10.36418/jcs
This journal publishes research articles covering multidisciplinary sciences, which includes: Humanities and social sciences, contemporary political science, Educational sciences, religious sciences and philosophy, economics, Engineering sciences, Health sciences, medical sciences, design arts sciences and media. Published articles are from critical and comprehensive research, studies or scientific studies on important and current issues or reviews of scientific books.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2022): Journal of Comprehensive Science (JCS)" : 5 Documents clear
Peran Sikap Optimis Dan Dukungan Sosial Pada Subjective Well-Being Di Masa Pandemic Covid-19 Fauziya, Fizi
Journal of Comprehensive Science Vol. 1 No. 1 (2022): Journal of Comprehensive Science (JCS)
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.003 KB) | DOI: 10.59188/jcs.v1i1.1

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran yang berdampak pada Subjective Well-Being di masa pandemic melalui factor sikap optimis dan dukungan sosial. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan studi Pustaka. Data yang di gunakan oleh peneliti merupakan data sekunder yang merupakan jurnal-jurnal yang berkaitan dengan sikap optimis dan dukungan sosial terhadap Subjective Well-Being. Peneliti menganalisis beberapa jurnal dengan menyortir dengan tepat untuk pengambilan data agar menjadi kebaharuan didalam penelitian ini. Hasil yang ditemukan oleh peneliti berupa kesejahteraan subjektif memiliki faktor pendukung untuk menghadapi masa pandemic yang menerjang berbeagai bidang baik ekonomi maupun sosial. Hal tersebut membuktikan bahwa sikap optimis harus dihadirkan untuk memperkuat ketahan tubuh saat pandemic yang menerpa psikis maupun mental seseorang. Selain itu dukungan sosial menjadikan seseorang untuk bangkit dan mencari solusi sementara saat pandemic dengan berbagai kegiatan untuk mengeksplorasi hobi yang menghasilkan pendapatan.
Peluang Minuman Teh Kombucha Dan Potensinya Sebagai Minuman Kesehatan Pencegah Dan Penyembuh Aneka Penyakit Nasution, Irda Wahidah; Nasution , Nurul Hidayah
Journal of Comprehensive Science Vol. 1 No. 1 (2022): Journal of Comprehensive Science (JCS)
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (416.381 KB) | DOI: 10.59188/jcs.v1i1.2

Abstract

Teh kombucha merupakan salah satu minuman tradisional yang sangat menarik karena teh ini merupakan hasil fermentasi yang dilakukan oleh kultur simbiotik. Teh kombucha mempunyai nilai gizi lebih tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan dibandingkan dengan teh biasa. Alat-alat yang digunakan dalam melaksanakan penelititan ini, antara lain: pengaduk teh kayu, toples kaca, penyaringan plastik, kain kasa, karet gelang, sendok kayu, timbangan analitik, pH meter, kertas saring, tabung reaksi. Kombucha dibuat dengan menggunakan 5 varian teh yang berbeda, yaitu teh bunga rosela, teh hijau, teh hitam, teh celup sari wangi, teh serbuk Goalpara. Pemanis yang digunakan adalah Gula pasir (merk Gulaku), air dan stater kombucha. Tahapan dalam pembuatan teh kombucha yaitu, perebusan air sebanyak 3 liter hingga 90°C, lalu air ditambahkan gula 450 gram, dan juga memasukkan daun teh yang akan digunakan dan didiamkan selama 5 menit hingga mendidih. Tahapan selanjutnya adalah memindahkan larutan teh ke dalam wadah dan menambahkan starter kombucha 10% dan 1 keping SCOBY di atas larutan teh. Fermentasi dilakukan dalam wadah kaca apabila ingin mendapatkan hasil yang optimal. Menutup mulut wadah fermentasi menggunakan kain dan diamkan 7-14 hari. Terdapat dua tahapan yang terjadi selama proses fermentasi berlangsung yaitu, pembentukan alkohol dan asam laktat. Semakin lama waktu fermentasi dan semakin lama SCOBY terendam di dalam larutan teh kombucha maka akan berdampak pada warna SCOBY. Jenis teh yang berbeda akan memberi warna berbeda pada kombucha. Jika teh yang digunakan memiliki warna yang lebih gelap, selama proses fermentasi SCOBY juga akan terlihat lebih gelap. Saat proses fermentasi kombucha dihasilkan senyawa seperti polifenol, asam organik (asam asetat, asam glukoronat, dll), vitamin, asam folat, asam amino esensial, antibiotik dan enzim yang bermanfaat bagi kesehatan. Diantara manfaat minuman teh kombucha adalah: antioksidan, antibakteri, memperbaiki mikroflora usus, dapat meningkatkan ketahanan tubuh dan menurunkan tekanan darah. Dengan kegunaan yang sangat baik ini, minuman teh kombucha dapat dipertimbangkan sebagai minuman kesehatan pencegah dan penyembuh aneka penyakit.
Program Pesantren Ramadhan Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Muhammadiyah Pagatan Hudaidah, Resty; Romelah, Romelah
Journal of Comprehensive Science Vol. 1 No. 1 (2022): Journal of Comprehensive Science (JCS)
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.876 KB) | DOI: 10.59188/jcs.v1i1.3

Abstract

Pembelajaran agama Islam dikelas dirasa kurang cukup untuk memperluas pengetahuan peserta didik. Hal ini disebabkan berbagai faktor, seperti materi yang terbatas pada ketentuan kurikulum yang telah dibuat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi pesantren Ramadhan dalam meningkatkan pembelajaran pendidikan agama Islam yang belum didapatkan di dalam kelas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang mana penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah Pagatan. Pengumpulan data pada penelitian ini mengunnakan tiga cara, observasi untuk memantau jalannya program pesantren Ramadhan ini. Wawancara dilakukan sebagai kebutuhan pelengkap observasi, dan yang menjadi objek wawancara adalah Kepala Sekolah, Guru, Anggota IPM, dan siswa SMK Muhammadiyah. Dokumentasi yang dikumpulkan berupa foto, jadwal kegiatan, dan absensi siswa. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan model dari Miles dan Huberman, dengan mengumpulkan semua data, membuat catatan lapangan, dan menarik kesimpulan. Maka hasil yang didapat pada penelitian ini adalah 1) program pesantren Ramadhan yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Pagatan berlangsung selama 5 hari pada tanggal 21 April hingga 27 April 2022. 2) Kegiatan yang dilaksanakan berupa Shalat Sunnah Dhuha, tadarrus, seminar tentang keagamaan, diskusi, dan ditutup shalah Dhuhur berjamaah. 3) Materi yang di sampaikan dalah seminar meliputi, Aqidah, Aklaq, Kemuhammadiyahan, fiqh dan kesehatan, pergaulan remaja dan cinta tanah air.
Upaya Guru Dalam Meningkatkan Pembelajaran Melalui Hasil Evaluasi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI Harahap, Agneis Novirieka; Romelah, Romelah
Journal of Comprehensive Science Vol. 1 No. 1 (2022): Journal of Comprehensive Science (JCS)
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (401.023 KB) | DOI: 10.59188/jcs.v1i1.4

Abstract

Guru sebagai pendidik mengandung arti yang sangat luas, tidak sebatas memberikan bahan pengajaran akan tetapi mengaandung etika dan estetika dalam menghadapi kehidupan di masyarakat. Sebagai pengajar, guru hendaknya memiliki rencana pengajaran yang cukup matang, perencanaan tersebut sangat erat kaitannya dengan berbagai unsur seperti tujuan dan bahan pengajaran, kegiatan dan metode belajar, serta evaluasi hasil belajar siswa. Upaya guru mengevaluasi hasil belajar siswa yang sesuai dengan landasan teori yang ada merupakan penelitian yang lakukan di SDIT Cendekia Taka Tanjung Selor Bulungan Kalimantan Utara . Evaluasi pada pembelajaran itu mestinya memperhatikan tiga ranah dalam mengevaluasi yang terutama aspek afektif dan psikomotorik. Dari hal tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah mencari solusi tentang bagaimana upaya guru dalam mengevaluasi hasil belajar siswa , dan apa faktor yang mempengaruhi upaya guru dalam mengevaluasi hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan pembelajaran melalui evaluasi peserta didik pada mata pelejaran PAI tergolong kurang optimal dilihat dari beberapa aspek ditentukan,serta faktor yang mempengaruhi upaya guru dalam meningkatkan pebelajaran melalui hasil evaluasi ialah faktor intern dan ekstren. Maka dari itu penting untuk memahami aspek evaluasi pada pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil dalam pembelajaran.
Analisis Pengembangan Objek Wisata Dan Ekonomi Kreatif Di Pantai Karangsong Indramayu Haryati, Yati; Khairunnisa , Hafni; Soliha, Wiwi
Journal of Comprehensive Science Vol. 1 No. 1 (2022): Journal of Comprehensive Science (JCS)
Publisher : Green Publisher Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (403.251 KB) | DOI: 10.59188/jcs.v1i1.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan objek wisata di Pantai Karangsong yang dapat menjadikan objek wisata lebih kreatif dan meningkatkan minat wisatawan serta mengetahui pengembangan ekonomi kreatif di Pantai Karangsong Indramayu yang dapat dijadikan ciri khas dan menjadi lebih menarik dan dapat dinikmati oleh wisatawan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data yang di kumpulkan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan metode diskriptif analisis. Selain itu juga menggunakan analisis SWOT untuk menganalisis data terkait dengan strategi pengembangan objek wisata Pantai Karangsong dan pengenbangan ekonomi kreatif. Hasil penelitian pengembangan objek wisata di Pantai Karangsong Indramayu berdasarkan hasil analisis SWOT dihasilkan beberapa strategi pengembangan untuk objek wisata Pantai Karangsong diantaranya yaitu Menjaga kealamiahan objek wisata Pantai Karangsong Indramayu, menambahkan tempat sampah di spot-spot yang mudah di jangkau wisatawan dan memperbaiki akses jalan, menambahkan jenis atraksi. Analisis pengembangan objek wisata dan ekonomi kreatif berpengaruh pada pantai karangsong indramayu.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 4 No. 11 (2025): Journal of Comprehensive Science Vol. 4 No. 10 (2025): Journal of Comprehensive Science Vol. 4 No. 9 (2025): Journal of Comprehensive Science Vol. 4 No. 8 (2025): Journal of Comprehensive Science Vol. 4 No. 7 (2025): Journal of Comprehensive Science Vol. 4 No. 6 (2025): Journal of Comprehensive Science Vol. 4 No. 5 (2025): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 4 No. 4 (2025): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 4 No. 3 (2025): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 4 No. 2 (2025): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 4 No. 1 (2025): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 3 No. 12 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 3 No. 11 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 3 No. 10 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 3 No. 9 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 3 No. 8 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 3 No. 7 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 3 No. 6 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 3 No. 5 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 3 No. 4 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 3 No. 3 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 3 No. 2 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 3 No. 1 (2024): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 2 No. 12 (2023): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 2 No. 11 (2023): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 2 No. 10 (2023): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 2 No. 9 (2023): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 2 No. 8 (2023): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 2 No. 7 (2023): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 2 No. 6 (2023): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 2 No. 5 (2023): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 2 No. 4 (2023): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 2 No. 3 (2023): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 2 No. 2 (2023): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 2 No. 1 (2023): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 1 No. 5 (2022): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 1 No. 4 (2022): Journal of Comprehensive Science (Jcs) Vol. 1 No. 3 (2022): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 1 No. 2 (2022): Journal of Comprehensive Science (JCS) Vol. 1 No. 1 (2022): Journal of Comprehensive Science (JCS) More Issue