cover
Contact Name
Dwi Wahyu Pril Ranto
Contact Email
dwiwahyuprilranto@gmail.com
Phone
+6281931755205
Journal Mail Official
jbma@stibsa.ac.id
Editorial Address
Jl. Majapahit No.43 Ringroad Timur Wonocatur Banguntapan Yogyakarta
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi
ISSN : 22525483     EISSN : 27158594     DOI : http://dx.doi.org/10.54131
Core Subject : Economy,
JBMA ( Jurnal Bisnis, Manajemen dan Akuntansi ) merupakan jurnal ilmiah berkala yang terbit dua kali dalam setahun, Tujuan utama JBMA adalah untuk mendiseminasikan artikel ilmiyah dalam bidang Bisnis, Manajemen dan Akuntansi. Redaksi menerima artikel artikel ilmiyah yang belum pernah di publikasikan baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2016): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Maret" : 9 Documents clear
KERANGKA KERJA PENGUKURAN SOCIAL MEDIA RETURN ON INVESTMENT Endang Hariningsih
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 3 No 1 (2016): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.956 KB)

Abstract

The use of social media is increasingly being used to the level of the individual, the community and the business world. The purpose of paper is to summarize the diverse framework for measuring social media return on investment. Measurement of social media return on investment is not enough just to measure in terms of financial return. Because not all forms of marketing investment can be quantified in the form of finance.Social Media ROI measurement based on the calculation of financial and non-financial. Financial calculations are based on a formula gains from SM divided the investments made for the use of SM. To combine financial and non-financial measurements, several studies have diverse point of views. Viewpoint among others who base measurement SM ROI taking into account; such as: differences in the unit of analysis, based on benefit of SM, using Method Based Process BCCP (Brand building, Community building, Customer Satisfaction and Loyalty, and economic Performance. It can also be used framework for measuring SM ROI on the basis of Brand Awareness, Brand Engagement, and Word of Mouth.Keywords: social media, return on investment, financial, non-financial
PENGARUH KUALITAS LAYANAN TE RHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA MONOMEN YOGYAKARTA Y Sudaryanto
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 3 No 1 (2016): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.36 KB)

Abstract

This research is aimed to describe how service quality influences customer satisfaction. Object of research are visitors of Monumen Yogya Kembali, there are 80 of them. It is a research of survey. Quota sampling method is used. Multiple regression is adopted as analyzing tool. F test was used in order describing how all dimentions of quality service influence customer satisfaction. Mean while, t test used explaining how every single dimention of service quality develop customer satisfaction. Finally, the dominant dimention of service quality found out by paying attention to coefficients of those dimentions showing by regression equation. The result is, service quality positively influences customer satisfaction. F test says, tangibles, reliability, responsiveness, assurance and empathy together develop customer satisfaction. What t test result says, is that tangibles, reliability, responsiveness, assurance and empathy partially influences customer satisfaction. The last result then, the most dominant dimention of quality service developing customer satisfaction is reliability. Keywords : Service Quality, Customer Satisfaction
MEWUJUDKAN PELAYANAN YANG MEMUASKAN PADA PELANGGAN Anung Pramudyo
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 3 No 1 (2016): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.468 KB)

Abstract

Memberikan pelayanan yang membuat pelanggan puas harus dilakukan oleh setiap perusahaan yang ingin memenangkan persaingan dan mempertahankan kelangsungan hidupnya. Hal ini dikarenakan pelayanan yang memuaskan pada akhirnya akan dapat menciptakan pelanggan yang loyal pada produk atau perusahaan. Perusahaan dapat memberikan pelayanan yang memuaskan apabila dapat memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan. Disamping dapat mewujudkan kepuasan pelanggan, perusahaan dituntut untuk dapat mempertahankannya. Untuk itu perusahaan harus mengidentifikasi siapa pelanggannya, memahami tingkat harapan pelanggan atas kualitas, memahami strategi kualitas layanan pelanggan, serta memahami siklus pengukuran dan umpan balik dari kepuasan pelanggan. Salah satu trategi yang dapat dipergunakan untuk mewujudkan loyalitas pelanggan pada produk atau perusahaan adalah strategi customer bonding. Strategi ini berusaha untuk mempertahankan hubungan yang sudah ada antara pemasar dengan konsumen, sehingga memampukan perusahaan menghadapi pesaing lainnya. Strategi ini merupakan proses dimana pemasar berusaha untuk membangun dan mempertahankan kepercayaan pelanggannya, sehingga kedua belah pihak saling percaya. Dengan demikian akan tercita konsumen yang memiliki loyalitas tertinggi sebagai commited buyer. Orang yang puas, suka, dan bangga pada sebuah merek, otomatis menjadi pemasar untuk merek tersebut
MEMBANGUN PERILAKU ENTREPRENEUR PADA MAHASISWA MELALUI ENTREPRENEURSHIP EDUCATION Dwi Wahyu Pril Ranto
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 3 No 1 (2016): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (215.482 KB)

Abstract

Entrepreneurship education has an important role in changing the mindset of students. Entrepreneurship education is given to students because it can change the mindset of students, during which only interest as a job seeker to students who are ready to create jobs. Given this entrepreneurship education, besides being able to change the mindset of students, is also expected to change student behavior. The behaviors are the achievement motivation, unyielding, the courage to take risks, creative and innovative. To realize the student mindset change is necessary as well as the role of universities in the implementation of entrepreneurship education. In addition, the role of college graduates in motivating young graduate being an entrepreneur is very important in growing the number of entrepreneurs. With rising entrepreneurs from among the scholars will reduce the growing number of unemployed and even increase the number of jobs. Keywords : Enterpreneurship, Enterpreneurship Education, Enterpreneurship BehaviorsEntrepreneurship education has an important role in changing the mindset of students. Entrepreneurship education is given to students because it can change the mindset of students, during which only interest as a job seeker to students who are ready to create jobs. Given this entrepreneurship education, besides being able to change the mindset of students, is also expected to change student behavior. The behaviors are the achievement motivation, unyielding, the courage to take risks, creative and innovative. To realize the student mindset change is necessary as well as the role of universities in the implementation of entrepreneurship education. In addition, the role of college graduates in motivating young graduate being an entrepreneur is very important in growing the number of entrepreneurs. With rising entrepreneurs from among the scholars will reduce the growing number of unemployed and even increase the number of jobs. Keywords : Enterpreneurship, Enterpreneurship Education, Enterpreneurship Behaviors
PENGARUH GAJI DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI RUMAH SAKIT JIWA GRHASIA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA Nerys Lourensius L. T
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 3 No 1 (2016): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.887 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaji dan kepemimpinan terhadap kinerja karyawan di Rumah Sakit Jiwa Grhasia Daerah Istimewa Yogyakarta. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui beberapa metode pengumpulan data, yaitu kuesioner dan interview. Dari hasil pengujian dengan uji F, diperoleh F hitung sebesar 25,852 yang lebih dari pada F table 3,145, yang berarti variabel independen yang berupa gaji (X1) dan kepemimpinan (X2) berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu kinerja karyawan (Y). Dari perhitungan diketahui gaji (X1) mempunyai koefisien regresi terbesar yaitu 4.264 dengan standar error 2,744, Beta paling besar yaitu 4,264 dengan t hitung paling besar 1,999 dan mempunyai angka paling signifikan 0,000. Dengan demikian variabel gaji (X1) mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap kinerja karyawan di Rumah Sakit Jiwa Grhasia Daerah Istimewa Yogyakarta.
PENGGUNAAN KEMASAN PRODUK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN DI KOPERASI PASADENA SLEMAN YOGYAKARTA Edi Cahyono
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 3 No 1 (2016): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.674 KB)

Abstract

Kegiatan usaha perkoperasian seringkali diasumsikan sebagai bentuk usaha/bisnis yang tidak dapat bersaing di era modern ini. Pemahaman seperti itu dikarenakan dalam pengelolaan koperasi terkadang tidak ditangani oleh sumber daya manusia yang cakap serta kurang memahami konsep persaingan/kompetisi, sehingga koperasi akan kalah bersaing dengan jenis usaha yang lain. Salah satu hal yang paling menonjol dalam konteks persaingan usaha adalah menyangkut keragaman produk serta kemasan produk yang mampu menarik minat konsumen untuk membeli. Sebenarnya usaha koperasi mampu menghasilkan produk yang cukup beragam dan berkualitas. Yang menjadi masalah adalah justru pada kemasan produk. Harus diakui, bahwa sumber daya manusia di sektor perkoperasian sangat miskin kemampuan untuk menciptakan kemasan produk yang menarik. Oleh karenanya dibutuhkan terobosan dalam menciptakan dan mendesain sebuah kemasan produk sehingga menjadikan produk-produk koperasi memiliki nilai jual yang tinggi, menarik dan diminati konsumen serta dapat memenagkan persaingan yang pada akhirnya akan mampu meningkatkan volume penjualan secara keseluruhan Kata kunci : Koperasi, Profesionalisme, Kemasan Produk, dan Penjualan
KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PASAR Sarjita Sarjita
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 3 No 1 (2016): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.558 KB)

Abstract

Komunikasi pemasaran merupakan sarana di mana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual. Komunikasi pemasaran mempresentasikan “suara” perusahaan dan mereknya serta merupakan sarana di mana perusahaan dapat membuat dialog dan membangun hubungan dengan konsumen.Kesuksesan sebuah perusahaan sangat dipengaruhi oleh upaya perusahaan untuk memenangkan persaingan. Ketika sebuah perusahaan menentukan sebuah komunikasi pemasaran yang akan dipilih, maka harus diindentifikasi target pasarnya, sehingga peusahaan dapat menentukan profil pelangan untuk menarik perhatian mereka.
PERSEPSI PENGGUNA TERHADAP KEMANFAATAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN APLIKASI SISTEM INFORMASI BARU ( STUDI KASUS DI SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI SBI YOGYAKARTA ) Surawan Setyo Budi S
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 3 No 1 (2016): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (353.103 KB)

Abstract

STIE SBI Yogyakarta telah memanfaatkan teknologi informasi dalam pelaksanaan pengelolaan manajemen, untuk meningkatkan produktivitas kerja dengan melakukan automatisasi pekerjaan dalam bentuk aplikasi sistem informasi SIA, SIMPUS, dan SIMKEU. Aplikasi sistem informasi bertujuan untuk memberikan kemudahan dan percepatan dalam proses penyelesaian administrasi di STIE SBI.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi pengguna terhadap kemanfaatan dan kemudahan penggunaan aplikasi sistem informasi di STIE SBI. Responden dalam penelitian ini berjumlah 90 orang pegawai pengguna sistem informasi. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, alat ukur dengan skala likert 5 point, di uji validitas dan reliabilitas serta dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan mencari nilai mean dari setiap butir pernyataan. Model penelitian menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) dengan dua konstrak utama yaitu perceived usefulness dan perceived ease of use. Kata Kunci : Sistem Informasi, Pengelolaan Manajemen, Technology Acceptance Model (TAM)
PERAN PENTING PROMOSI DAN DESAIN PRODUK DALAM MEMBANGUN MINAT BELI KONSUMEN Indri Hastuti Listyawati
Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi Vol 3 No 1 (2016): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Maret
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Bisnis Kumala Nusa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.583 KB)

Abstract

Dunia usaha berkembang dengan pesat, semakin banyak perusahaan berdiri dan menghasilkan produk yang sama. Persaingan terjadi hampir pada semua sektor bisnis, baik perusahaan yang menghasilkan produk maupun jasa. Produk yang berkualitas merupakan kunci utama dalam memenangkan persaingan, yang pada akhirnya akan dapat memberikan nilai kepuasan yang lebih tinggi kepada pelanggan. Pelanggan kini memiliki tuntutan nilai yang jauh lebih besar dan beragam karena pelanggan dihadapkan pada berbagai pilihan berupa barang maupun jasa yang dapat mereka beli. Konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli suatu produk yang ditawarkan banyak dipengaruhi oleh persepsinya terhadap promosi dan desain dari produk tersebut. Promosi salah satu variabel di dalam bauran pemasaran yang sangat penting dilaksanakan oleh perusahaan dalam pemasaran produk atau jasanya. Promosi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran. Selain itu, desain produk dapat membentuk atau memberikan atribut pada suatu produk, sehingga dapat menjadi ciri khas pada merek suatu produk. Ciri khas dari suatu produk tersebut pada akhirnya akan dapat membedakannya dengan produk-produk sejenis merek lain dari pesaing. Sehingga dapat dikatakan promosi dan desain produk memiliki peran dalam mempengarhi niat beli konsumen.

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol. 12 No. 2 (2025): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - September Vol. 12 No. 1 (2025): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret Vol. 11 No. 2 (2024): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - September Vol. 11 No. 1 (2024): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret Vol 10 No 2 (2023): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - September Vol 10 No 1 (2023): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret Vol 9 No 2 (2022): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - September Vol 9 No 1 (2022): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret Vol 8 No 2 (2021): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - September Vol 8 No 1 (2021): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Maret Vol 7 No 2 (2020): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - September Vol 7 No 1 (2020): Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi - Maret Vol 6 No 2 (2019): Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi - September Vol 5 No 1 (2018): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - September Vol 4 No 1 (2017): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Maret Vol 3 No 2 (2016): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - September Vol 3 No 1 (2016): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Maret Vol 2 No 2 (2014): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - September Vol 2 No 1 (2014): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Maret Vol 1 No 2 (2013): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi - Februari Vol 1 No 1 (2012): Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi (JBMA) - Agustus More Issue