cover
Contact Name
Padriyansyah
Contact Email
lppm@univ-tridinanti.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaldidactique@univ-tridinanti.ac.id
Editorial Address
Kantor Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Tridinanti Palembang Jalan Kapten Marzuki No.2446 Kamboja, Palembang 30129
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Didactique Bahasa Indonesia
ISSN : 27215288     EISSN : 27215296     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Didactique Bahasa Indonesia adalah jurnal ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tridinanti Palembang. Jurnal ini berisikan hasil penelitian dan literatur studi masalah pendidikan, khususnya di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang dilakukan oleh akademisi internal dan eksternal. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 Januari 2021" : 8 Documents clear
ABILITY TO WRITE NEGOTIATION TEXT IN CLASS X STUDENTS OF PERSADA SMA BANDAR LAMPUNG R Rohana; Nani Angraini
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 2 No. 1 Januari 2021
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1379.537 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v2i1.736

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini berkenaan dengan kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X semester genap SMA Persada Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019. Aspek yang dianalisis meliputi (1) struktur teks negosiasi, (2) penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan (3) menerapkan kaidah ejaan secara tepat. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks negosiasi berjenis surat penawaran dinilai belum maksimal baik dalam segi struktur, bahasa, dan ejaan. Kendala tersebut disebabkan oleh minimnya membaca dan kebiasaan menulis. Kata Kunci: Kemampuan, menulis, teks negosiasi
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR DALAM MENULIS KEMBALI ISI TEKS BIOGRAFI Rani Mawar Resta; Falina Noor Amalia
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 2 No. 1 Januari 2021
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1269.404 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v2i1.743

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir dalam menulis kembali isi teks biografi pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Palembang pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penentuan sampel adalah purposive sampling sehingga yang menjadi sampel adalah kelas X IPS 5 sebagai kelas kontrol dan X IPS 6 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar siswa berupa soal menulis kembali isi teks biografi. Data yang diperoleh dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-tes). Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas yang menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir memiliki rata-rata nilai lebih tinggi (75,16) jika dibandingkan dengan siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional (67,73). Sedangkan nilai perhitungan t-tes diperoleh t-hitung adalah 6,753. Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Hal ini karena pada strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir, siswa dibimbing untuk dapat menggembangkan kemampuan dan pontensinya, sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional siswa lebih banyak menerima informasi dari guru. Kata kunci: kemampuan berpikir, menulis biografi
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BEBAS KELAS V SD NEGERI 16 RANTAU BAYUR KABUPATEN BANYUASIN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR Nurmaya Sari; Nyayu Lulu Nadya
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 2 No. 1 Januari 2021
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1452.266 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v2i1.737

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas V SD Negeri 16 Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin dengan menggunakan media gambar. Jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Tahapan penelitian ini mulai dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian siklus I berlangsung pada tanggal 15 Januari 2018 dan siklus II berlangsung pada tanggal 22 Januari 2018. Jumlah siswa sebagai subjek penelitian 23 orang siswa. Data yang terkumpul terdiri atas data hasil pengamatan siswa dan hasil tes terakhir siklus. Indikator keberhasilan penelitian adalah 75%. Siswa telah mampu menulis puisi dan telah mencapai KKM. Kemudian persentase hasil belajar siswa yang diukur melalui observasi selama dilaksanakan penelitian dengan menggunakan media gambar. Pada siklus I dan siklus II memperoleh skor rata-rata akhir yaitu siklus I sebesar 72% dan siklus II sebesar 86%. Dari hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas V SD Negeri 16 Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin dengan menggunakan media gambar dapat ditingkatkan. Kata kunci: menulis, puisi bebas, media gambar
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE LATIHAN SISWA KELAS VIII MTs. AL WASILAH DESA SUKA MAKMUR KECAMATAN AIR KUMBANG KABUPATEN BANYUASIN Syaipul Romadhon; N Nurulanningsih
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 2 No. 1 Januari 2021
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1255.35 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v2i1.738

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita menggunakan metode latihan pada siswa kelas VIII MTs Al Wasilah. Metode Penelitian   yang   digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas.  Teknik  pengumpulan  data  yang  digunakan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Hasil   penelitian   ini   menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis teks berita menggunakan metode latihan. Hasil ketuntasan tes pada siklus I sebesar 44% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 67,04 dalam kategori cukup. Pada siklus II, hasil ketuntasan siswa sebesar 88% dengan nilai rata-rata sebesar 79,16 dan termasuk dalam kategori baik.  Kata Kunci: meningkatkan, menulis teks berita, metode latihan
SUPERSTRUKTUR WACANA IKLAN KESEHATAN PADA MEDIA ELEKTRONIK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGAJARAN BAHASA INDONESIA Siti Rodiah; Edi Suryadi
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 2 No. 1 Januari 2021
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1531.749 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v2i1.739

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan superstruktur wacana iklan kesehatan dan layanan masyarakat pada media elektronik di stasiun televisi RCTI, Mnc TV dan Trans TV periode Januari 2020. Penelitian ini fokus dalam menganalisis iklan berdasarkan elemen-elemen yang dikemukakan oleh teori Van Dijk. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk menggumpulkan data adalah dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan tehnik content analysis. Hasil penelitian ini berupa superstrutur wacana iklan kesehatan dan layanan masyarakat pada media elektronik periode januari 2020. Berdasarkan teori Van Dijk superstruktur dibagi menjadi tiga elemen yaitu butir utama (headline) ialah untuk menarik perhatian, badan (body) ialah untuk menarik minat dan penutup (close) ialah untuk tindakan. Dari teori yang dikemukakan Van Dijk dan hasil analisis ditemukan data sebanyak 23 iklan, yang terdiri dari 22 iklan kesehatan dan 1 iklan layanan masyarakat. data yang menggunakan elemen butir utama (headline) sebanyak 15 data, penggunaan elemen badan (body) sebanyak 23 data dan penggunaan elemen penutup (close) sebanyak 13 data pada stasiun televisi RCTI, Mnc Tv dan Trans Tv periode Januari 2020.  Kata kunci : superstruktur, iklan, media elektronik.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VI SD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT Maila Juha; F.A. Milawasri
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 2 No. 1 Januari 2021
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1421.9 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v2i1.741

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk  mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas VI SD Negeri 3 Bailangu Sekayu dengan menggunakan model cooperative script dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 3 Bailangu Sekayu,pada semester genaptahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 32 orang siswa, yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 17siswa laki-laki. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan penganalisis data kuantitatif. Teknik pengumpul data menggunakan teknik observasi dan tes. Data dianalisis dengan cara menghitung skor tes persiklus.Dari hasil penelitian disimpulkan, bahwa  aktivitas siswa sangat bagus selama dilaksanakan model pembelajaran cooperative script dan meningkat pada setiap kali diadakan siklus. Persentase hasil aktivitas belajar siswa dari siklus I dan siklus II memperoleh skor rata-rata akhir sebesar 84,88 %. Dan persentase nilai hasil belajar siswa, dari siklus I memperoleh nilai rata-rata 75 dan siklus II memperoleh nilai rata-rata 88,125. Kata kunci : membaca pemahaman, cooperative script
ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA DALAM FOLKLORE PUTRI DAYANG MERINDU Ratih Utami Ramadhaniati; Dewi Lestari; Syanindita Naratama Kania
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 2 No. 1 Januari 2021
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1265.867 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v2i1.735

Abstract

Sosiologi sastra merupakan penelitian yang mengkaji hubungan karya sastra dengan manusia dalam masyarakat dan proses sosialnya. Folklore Putri Dayang Merindu cukup banyak mengandung unsur-unsur sosiologi sastra khususnya aspek etika, sosial, dan budaya. Rumusan masalah yang diambil yaitu bagaimana aspek etika, aspek sosial, dan aspek budaya yang terdapat dalam folklore Putri Dayang Merindu. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan, mencari data dan informasi, serta menganalisis tentang aspek etika, aspek sosial, dan aspek budaya dalam folklore Putri Dayang Merindu. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologi sastra. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian dan jumlah data dalam folklore Putri Dayang Merindu ini terdapat beberapa aspek yaitu (1) Aspek etika yang terdapat dalam folklore Putri Dayang Merindu yaitu etika tanggung jawab sebanyak dua data, etika moral sebanyak tiga data, etika hati nurani sebanyak dua data, dan etika hak dan kewajiban sebanyak satu data. (2) Aspek sosial yang terdapat dalam folklore Putri Dayang Merindu yaitu interaksi sosial sebanyak tiga data. (3) Aspek budaya yang terdapat dalam folklore Putri Dayang Merindu yaitu sistem religi sebanyak satu data, bahasa sebanyak satu data, sistem peralatan hidup sebanyak tiga data, dan sistem mata pencaharian hidup sebanyak satu data. Hasil analisis sosiologis dalam folklore Putri Dayang Merindu paling banyak mengandung aspek etika. Kata Kunci: Sosiologi Sastra, Folklore
HUBUNGAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN DEBAT SISWA KELAS X SMAN 11 PALEMBANG Ratih Purnamasari; Doni Samaya
JURNAL DIDACTIQUE BAHASA INDONESIA Vol. 2 No. 1 Januari 2021
Publisher : Universitas Tridinanti Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1364.155 KB) | DOI: 10.36767/didactique.v2i1.742

Abstract

Tujuan penelitian ini adalahmengetahui adanya hubungan yang signifikan antara keterampilan berbicara dan penguasaan kosakata dengan kemampuan debat siswa kelas X SMA N 11 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X sedangkan sampel penelitiannya adalah siswa kelas X IPA4.  Hasil yang diperoleh dari tujuan tersebut adalah koefesien hubungan (rxy) menunjukkan bahwa rhitungsebesar 0,540 lebih besar dari pada rtabel 36 siswa untuk kisaran 5% yaitu 0,469 untuk hubungan keterampilan berbicara dengan kemampuan debat siswa, koefesien hubungan (rxy) penguasaan kosakata dengan kemampuan debat siswa menunjukkan bahwa rhitung sebesar 0,690 lebih besar dari pada rtabel 36 siswa untuk kisaran 5% yaitu 0,469 yang keduanya saling berhubungan dalam proses belajar mengajar disekolah dan koefisien Fhitung = 15.746 yang lebih besar dari hasil Ftabel =0,469. Selain nilai F, berdasarkan hasil R square sebesar 0,488 atau 48,8%. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan berbicara dan penguasaan kosakata berpengaruh 48,8% terhadap kemampuan debat siswa kelas X IPA 4 SMA N 11 Palembang. Kata kunci: keterampilan berbicara, penguasaan kosakata, debat.

Page 1 of 1 | Total Record : 8