cover
Contact Name
Vera Sholeha
Contact Email
verasholeha@staff.uns.ac.id
Phone
+6285729001211
Journal Mail Official
ecedjournal@gmail.com
Editorial Address
Departement of Teacher Training of Early Childhood Education Jalan Slamet Riyadi 449 Surakarta
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Early Childhood Education and Development Journal
ISSN : 26847442     EISSN : 27160637     DOI : https://doi.org/10.20961/ecedj
Core Subject : Education,
The Early Childhood Education and Development Journal is a peer-reviewed scientific journal that publishes the results of research and current issues about early childhood education. All topics that we accept only articles relating to early childhood education fields. The journal serves the needs of early childhood practitioners and academicians. This journal has been published since 2019, twice in a year, every April and Oktober. It is published by Early Childhood Education Program, Universitas Sebelas Maret.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2021): Early Childhood Education and Development Journal" : 5 Documents clear
STUDI LITERATUR MENGENAI TEKNIK MODELING DALAM PROSES PENGUBAHAN PERILAKU ADIKTIF SMARTPHONE PADA ANAK USIA DINI Karennina Cahya
Early Childhood Education and Development Journal Vol 3, No 2 (2021): Early Childhood Education and Development Journal
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.914 KB) | DOI: 10.20961/ecedj.v3i2.50284

Abstract

Sudah banyak anak usia dini yang menggunakan smartphone, padahal pada usia tersebut anak belum layak untuk menggunakan smartphone. Berdasarkan riset, penggunaan smartphone yang berlebihan dapat menyebabkan kecanduan smartphone pada anak. Kurangnya kontrol dari orang tua dan juga perkembangan mental anak belum berkembang secara optimal, menyebabkan terjadinya penyalahgunaan fungsi oleh konseli. Hasilnya, muncul dampak-dampak negatif pada perilakunya yang membuat konseli mengalami perubahan - perubahan sehingga membutuhkan bantuan konselor untuk proses perbaikan perilakunya Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menelaah teknik modeling dalam proses mengubah perilaku adiktif smartphone pada anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literature dengan menelaah berbagai sumber atau referensi terkait teknik modeling dalam proses pengubahan atau perbaikan perilaku adiktif smartphone pada anak.
PROBLEMATIKA MANAJEMEN LEMBAGA PAUD DALAM KETERBATASAN SARANA DAN PRASARANA Donna Putri Setyaningsih
Early Childhood Education and Development Journal Vol 3, No 2 (2021): Early Childhood Education and Development Journal
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.282 KB) | DOI: 10.20961/ecedj.v3i2.50290

Abstract

Sarana dan prasarana adalah segala fasilitas yang dibutuhkan dalam proses pengajaran, baik itu proses yang berjalan berurutan, lancar, teratur, efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manfaat serta pengaruh sarana dan prasarana bagi hasil pembelajaran anak. metode penelitian yang digunakan adalah study literature yang dilakukan dengan mengumpulkan data-data ataupun hasil karya tulis ilmiah yang menghubungan penelitian dengan literature yang ada dan digunakan sebagai pemecahan masalah. Metode pengumpulan data pustaka dengan membaca dan mencatat serta mengolah data penelitian kemudian menyimpulkan sebagai bahan penelitian. Hasil penelitian yang didapat bahwa masih terdapat beberapa taman kanak-kanak yang masih mengalami kekurangan dalam pemenuhan sarana dan prasarana untuk penunjang kegiatan belajar anak
GAME EDUKASI “SECRET ZOO” SEBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF Endang Sri Handayani; Widi Wulansari
Early Childhood Education and Development Journal Vol 3, No 2 (2021): Early Childhood Education and Development Journal
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.195 KB) | DOI: 10.20961/ecedj.v3i2.50571

Abstract

Game edukasi ini merupakan suatu aplikasi pembelajaran untuk anak usia dini yang berisi tentang materi untuk mengembangkan kemampuan kognitif. Perancangan dan pembuatan game edukasi berjudul “SECRET ZOO” ini ditujukan kepada orang tua dan guru untuk mengenalkan macam-macam binatang sebagai suatu penunjang perkembangan kemampuan kognitif anak. Game edukasi berjudul “SECRET ZOO” dibuat dengan menggunakan program Microsoft Power Point.  Pembuatan game edukasi ini bertujuan agar dapat membantu guru PAUD dan orang tua dalam memberikan pembelajaran melalui simulasi yang kreatif dan inovatif. Penelitian ini menggunakan metodologi RnD (Research and Development). Game edukasi ini memiliki unsur level untuk menggambarkan tingkat kesulitan, ketepatan, daya ingat dan daya nalar. Game ini memiliki empat materi pembelajaran bagi anak usia dini yaitu, melengkapi kata, menghitung, tebak gambar dan mencari warna. Melalui pengembangan game edukasi “SECRET ZOO” diharapkan nantinya dapat membantu anak mengembangkan kemampuan kognitifnya sehingga anak siap untuk menempuh pendidikan dasar selanjutnya.
TANTANGAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM MASA PANDEMI DAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Fadhilla Anggraeni
Early Childhood Education and Development Journal Vol 3, No 2 (2021): Early Childhood Education and Development Journal
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.316 KB) | DOI: 10.20961/ecedj.v3i2.50327

Abstract

Saat masa pandemi Pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan dimana institusi pendidikan harus melakukan pembelajaran moda dalam jaringan atau yang dikenal dengan sebutan daring. Hal ini dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Dalam dunia PAUD hal ini menjadi tantangan besar bagi pendidik, yang dituntut harus tetap melaksanakan kewajiban dan memberikan pembelajaran yang maksimal dengan metode dan situasi belajar yang berbeda. Pendidik dituntut untuk kreatif dalam menciptakan pembelajaran yang efisien dalam keterbatasan jarak dan lain hal. Selain pandemic, pendidik dihadapkan pada kemajuan Revolusi Industri 4.0, yang berarti pendidik harus memiliki keterampilan khusus dalam mengajar Anak Usia Dini. Artikel ini bertujuan untuk mereview kinerja guru selama masa pandemi dan tantangan revolusi industry 4.0. Penulisan artikel ini menggunakan Studi Literatur. Analisis data menggunakan analisis konten. Hasil review menunjukan bahwa para pendidik PAUD, telah menjalankan kebijakan pemerintah dengan berbagai cara. Para pendidik berusaha memanfaatkan berbagai platform dan juga bekerja sama dengan orang tua peserta didik. Akan tetapi dalam pelaksanaannya terdapat berbagai kendala seperti sarana dan prasarana maupun sumber daya manusia. Mengingat keterbatasan yang ada, perlunya kemitraan dan dukungan dengan berbagai pihak terkait agar tantangan yang dihadapi pendidik bisa mendapatkan titik terang, karena pembelajaran harus berjalan dengan optimal dan perkembangan peserta didik dapat berjalan dengan baik
MODIFIKASI PERILAKU TANTRUM MELALUI PERMAINAN DAN METODE TIME-OUT PADA ANAK USIA DINI Nandhi Azhari Nur Rohmah
Early Childhood Education and Development Journal Vol 3, No 2 (2021): Early Childhood Education and Development Journal
Publisher : Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (185.541 KB) | DOI: 10.20961/ecedj.v3i2.50251

Abstract

Anak usia dini merupakan masa golden age sangat difasilitasi oleh lingkungan. Perilaku tantrum adalah keadaan ketika anak meluapkan emosinya dengan cara menangis kencang hingga melempar barang.  Tantrum tersebut pertunjukan dari perkembangan emosi yang mengalami hambatan, diakibatkan kebutuhan dasar anak akan rasa kasih sayang dan rasa aman tidak terpenuhi. Ini terjadi karena ketidaknyaman yang dirasakan oleh anak dengan beberapa sebab seperti lapar, ngantuk, keinginannya terhalangi, orang tua salah merespon kebutuhan anak, diserang atau dikritik, dirampas permainannya atau bertemu dengan orang asing dan beberapa sebab lainnya Gejala perilakunya, marah berlebihan, merusak diri dan barang, takut yang sangat kuat, menarik diri dari lingkungan, sulit mengatasi perasaan tersinggung dan pandangan yang cenderung negative bersikap murung. Sehingga untuk menghadapi anak tersebut, bagi orang tua dan guru sebaiknya memberi perlakuan rasa kasih sayang dan cinta kasih, serta hadapi anak dengan tenang, ajak anak berbicara dengan hati yang tulus, bahasa yang halus dan nada yang lembut dengan pelukan cinta.Perilaku tantrum dapat diatasi melalui strategi permainandanmetode time-out. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji modifikasi perilaku tantrum pada anak usia dini ketika pembelajaran berlangsung yang didasari studi literatur.

Page 1 of 1 | Total Record : 5