cover
Contact Name
Izzat Pratama
Contact Email
jurnal.swarna@gmail.com
Phone
+6287843305581
Journal Mail Official
jurnal.swarna@gmail.com
Editorial Address
LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram Jl. Tawak-Tawak Karang Sukun, Mataram - NTB 83121 e-mail: jurnal.swarna@gmail.com or swarna@45mataram.ac.id
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
SWARNA
ISSN : 2963184X     EISSN : 2963184X     DOI : https://doi.org/10.55681/swarna
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is a journal that is a scientific forum for community service, with the online registered number E-ISSN 2963-184X. This multidisciplinary scientific journal in the field of community service is published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram with the aim of publishing the results of community service activities related to the development and application of science and technology research results, which include concepts, models and its implementation as an effort to increase community participation in development. SWARNA is a scientific publication in the field of community service and empowerment with coverage of areas: Human development and nation competitiveness, Local resource-based poverty alleviation, Management of rural and coastal areas of local wisdom. Economic Development, Entrepreneurship, Cooperatives, Creative Industries, Education, Animal Husbandry, Fisheries, Marine, Public Health, UMKM, Development of environmentally sound technologies. Health, nutrition, tropical diseases, herbal medicines, Art, literature, and culture.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 7 (2025): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Juli 2025" : 5 Documents clear
Gerakan Literasi Alam: Optimalisasi Lingkungan Sebagai Media Belajar Kontekstual Anak Sekolah Dasar Ari, M. Azy'; Azhari, Haeruddin; Firdaus Yusup, Novandi
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 4 No. 7 (2025): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Juli 2025
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v4i7.1536

Abstract

Pengabdian ini bertujuan mengembangkan Gerakan Literasi Alam sebagai strategi pembelajaran kontekstual yang memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah untuk meningkatkan literasi alam siswa sekaligus memperkuat kapasitas guru dalam merancang pembelajaran berbasis konteks nyata. Gerakan ini dirancang untuk menjawab kesenjangan antara kondisi riil, di mana literasi lingkungan masih bersifat insidental dan belum terintegrasi dalam kurikulum, dengan kondisi ideal berupa pembelajaran tematik yang sistematis, berkelanjutan, dan berorientasi pada pembentukan karakter peduli lingkungan. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan partisipatif kolaboratif dengan melibatkan siswa, guru, orang tua, dan komunitas lokal di Desa Toya, Kecamatan Aikmel. Tahapan kegiatan meliputi persiapan (analisis kebutuhan dan penyusunan modul), pelatihan guru melalui workshop tentang Contextual Teaching and Learning (CTL) serta outdoor learning, implementasi pembelajaran tematik berbasis lingkungan, serta monitoring dan evaluasi. Evaluasi dilaksanakan melalui pre-test dan post-test sederhana bagi siswa serta kuesioner bagi guru untuk menilai peningkatan literasi alam dan keterampilan pedagogis. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan kemampuan siswa dalam memahami dan menerapkan pengetahuan lingkungan melalui aktivitas langsung, seperti observasi ekosistem, pengelolaan sampah, dan pembuatan kompos. Guru juga lebih terampil merancang RPP berbasis CTL dan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar. Keterlibatan komunitas mendukung keberlanjutan program, sehingga Gerakan Literasi Alam terbukti efektif mentransformasi budaya sekolah menuju pendidikan yang kontekstual, partisipatif, dan berkelanjutan.
Integrasi Yoga Tradisional dengan Musik Daerah Sebagai Terapi Relaksasi dan Pencegahan Burnout Artanti, Juliana; Ahmad, Asniati Amsani; Fadilah, Muspatin
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 4 No. 7 (2025): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Juli 2025
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v4i7.1537

Abstract

Burnout merupakan kondisi psikologis yang ditandai kelelahan emosional, fisik, dan mental akibat tekanan berkepanjangan, yang banyak dialami mahasiswa, guru, tenaga kesehatan, dan pekerja. Kondisi ini menuntut adanya solusi nonfarmakologis yang sederhana, murah, dan sesuai konteks budaya masyarakat. Pengabdian masyarakat ini bertujuan mengembangkan serta mengimplementasikan integrasi yoga tradisional dengan musik daerah sebagai terapi relaksasi sekaligus upaya pencegahan burnout di Desa Waringin, Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan partisipatif melalui model training by doing, melibatkan mahasiswa, guru, tenaga kesehatan, pekerja, kelompok PKK, karang taruna, dan lansia. Tahapan kegiatan meliputi persiapan, sosialisasi, implementasi praktik yoga dengan iringan musik daerah, evaluasi, dan pendampingan. Instrumen evaluasi berupa pre-test dan post-test, observasi keterampilan praktik, kuisioner kepuasan, serta wawancara mendalam. Musik tradisional yang digunakan adalah gamelan sederhana dan suling khas Lombok Timur. Hasil menunjukkan peningkatan pengetahuan peserta lebih dari 30% serta keterampilan yoga tradisional yang lebih baik. Lebih dari 80% peserta merasa rileks, tenang, dan bersemangat setelah kegiatan. Wawancara mendalam mengungkapkan integrasi musik daerah membuat latihan lebih menyenangkan sekaligus memperkuat identitas budaya. Kesimpulannya, integrasi yoga tradisional dan musik daerah efektif sebagai terapi relaksasi, pencegahan burnout, serta pelestarian budaya.
Kampung Olahraga Rakyat: Revitalisasi Olahraga Tradisional Sebagai Media Kebugaran Dan Persatuan Hamzah, Hamzah; Azhari, Haeruddin; Ari', M Azy
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 4 No. 7 (2025): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Juli 2025
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v4i7.1538

Abstract

Program Kampung Olahraga Rakyat dilaksanakan sebagai upaya menjawab rendahnya partisipasi masyarakat dalam berolahraga, menurunnya kebugaran jasmani, serta terpinggirkannya olahraga tradisional akibat arus modernisasi. Tujuan kegiatan ini adalah menghidupkan kembali olahraga tradisional Lombok, seperti peresean, begasingan, dan selodor, agar berfungsi ganda sebagai sarana peningkatan kesehatan, pelestarian budaya, dan penguatan solidaritas sosial. Metode yang digunakan meliputi pendekatan partisipatif, kultural, dan kolaboratif dengan melibatkan masyarakat Desa Bagik Payung Selatan, Kecamatan Suralaga. Tahapan kegiatan terdiri dari observasi, wawancara, sosialisasi, implementasi latihan rutin, lomba antar-RT, hingga festival mini desa. Evaluasi dilakukan melalui pencatatan partisipasi, tes kebugaran sederhana, forum refleksi, serta pembentukan komunitas penggerak dan penyusunan modul panduan. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan jumlah peserta dari 25 menjadi lebih dari 60 orang, disertai perbaikan kebugaran seperti ketahanan, kelincahan, dan koordinasi. Dampak sosial juga terlihat pada penguatan interaksi lintas generasi, solidaritas, dan nilai gotong royong. Kendala fasilitas dapat diatasi melalui komunitas penggerak. Dengan demikian, revitalisasi olahraga tradisional terbukti mendukung kesehatan, persatuan sosial, dan pelestarian budaya, serta berpotensi direplikasi di wilayah lain.
Pelatihan Guru dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis Inquiry di MTS NW Ijobalit Gustina, Natasya; Fitriani, Rahayu; artanti, Juliana; Hardiyanty, Yulia
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 4 No. 7 (2025): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Juli 2025
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v4i7.1539

Abstract

Transformasi pendidikan melalui Kurikulum Merdeka menuntut guru menghadirkan pembelajaran yang menumbuhkan keterampilan berpikir kritis, kolaboratif, dan kreatif. Salah satu pendekatan yang relevan adalah Inquiry-Based Learning (IBL), yang menekankan proses bertanya, menyelidiki, menganalisis, dan merefleksi. Hasil observasi di MTS NW Ijobalit menunjukkan bahwa pemahaman dan praktik guru terhadap IBL masih terbatas, cenderung mengandalkan metode ceramah, serta terhambat keterbatasan fasilitas. Pengabdian ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam mengimplementasikan IBL sesuai prinsip Kurikulum Merdeka melalui pelatihan berbasis praktik. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan partisipatif dengan melibatkan guru sejak tahap perencanaan hingga evaluasi. Kegiatan meliputi analisis kebutuhan dan penyusunan modul, pelatihan dan workshop, praktik microteaching dan lesson study, pendampingan kelas serta evaluasi perangkat ajar, hingga refleksi keberlanjutan melalui komunitas belajar guru. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan guru merancang serta melaksanakan pembelajaran berbasis inquiry. Guru lebih percaya diri menggunakan pertanyaan terbuka, memfasilitasi diskusi, dan mendorong eksplorasi siswa. Evaluasi juga memperlihatkan peningkatan kualitas perangkat ajar dan partisipasi siswa dalam kelas. Kesimpulannya, pelatihan berbasis praktik dan berkelanjutan efektif meningkatkan kompetensi guru, membangun budaya inquiry, serta memperkuat peran guru sebagai fasilitator pembelajaran aktif sesuai semangat Kurikulum Merdeka.
Pelatihan Keterampilan Hidroponik Sebagai Solusi Pertanian Berkelanjutan di Dusun Dasan Reban Fitriani, Rahayu; Hardiyanty, Yulia; Gustina, Natasya
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 4 No. 7 (2025): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Juli 2025
Publisher : LPPM Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 45 Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55681/swarna.v4i7.1540

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat Dusun Dasan Reban dalam budidaya hidroponik sebagai solusi pertanian berkelanjutan di tengah keterbatasan lahan akibat urbanisasi. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif dengan tahapan persiapan, sosialisasi, pelatihan teknis, pendampingan, penguatan ekonomi, dan evaluasi. Pelatihan dilaksanakan melalui kombinasi ceramah, demonstrasi, dan praktik langsung (learning by doing) yang memungkinkan peserta memperoleh pemahaman konseptual sekaligus keterampilan aplikatif. Pendampingan dilakukan secara berkala untuk membantu peserta mengatasi kendala teknis seperti pengaturan pH, pemberian nutrisi, serta pengendalian hama tanaman. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pengetahuan masyarakat dari rata-rata 45% sebelum kegiatan menjadi 82% setelah pelatihan. Sebanyak 80% peserta berhasil memanen hasil pertama dengan rata-rata produksi kangkung 1,5–2 kg per instalasi hidroponik sederhana. Selain itu, terbentuk kelompok tani hidroponik desa yang berfungsi sebagai wadah kolektif untuk mengembangkan budidaya sekaligus membuka peluang pemasaran lokal. Temuan ini menunjukkan bahwa metode pelatihan berbasis praktik dan pendampingan mampu meningkatkan keterampilan sekaligus menumbuhkan kesadaran kolektif masyarakat dalam mengelola hidroponik. Kesimpulannya, pengabdian ini tidak hanya memberikan solusi inovatif dalam pertanian berkelanjutan, tetapi juga berkontribusi pada penguatan ekonomi lokal. Ke depan, dukungan permodalan, pemasaran, dan pendampingan lanjutan diperlukan untuk menjamin keberlanjutan program.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2025 2025


Filter By Issues
All Issue Vol. 4 No. 10 (2025): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Oktober 2025 Vol. 4 No. 9 (2025): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, September 2025 Vol. 4 No. 8 (2025): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Agustus 2025 Vol. 4 No. 7 (2025): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Juli 2025 Vol. 4 No. 6 (2025): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Juni 2025 Vol. 4 No. 5 (2025): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Mei 2025 Vol. 4 No. 4 (2025): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, April 2025 Vol. 4 No. 3 (2025): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Maret 2025 Vol. 4 No. 2 (2025): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Februari 2025 Vol. 4 No. 1 (2025): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Januari, 2025 Vol. 3 No. 12 (2024): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Desember 2024 Vol. 3 No. 11 (2024): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, November 2024 Vol. 3 No. 10 (2024): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Oktober 2024 Vol. 3 No. 9 (2024): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, September 2024 Vol. 3 No. 8 (2024): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Agustus 2024 Vol. 3 No. 7 (2024): SWARNA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Juli 2024 Vol. 3 No. 6 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Juni 2024 Vol. 3 No. 5 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Mei 2024 Vol. 3 No. 4 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, April 2024 Vol. 3 No. 3 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Maret 2024 Vol. 3 No. 2 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Februari 2024 Vol. 3 No. 1 (2024): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Januari 2024 Vol. 2 No. 12 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Desember 2023 Vol. 2 No. 11 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, November 2023 Vol. 2 No. 10 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Oktober 2023 Vol. 2 No. 9 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, September 2023 Vol. 2 No. 8 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Agustus 2023 Vol. 2 No. 7 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Juli 2023 Vol. 2 No. 6 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Juni 2023 Vol. 2 No. 5 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Mei 2023 Vol. 2 No. 4 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, April 2023 Vol. 2 No. 3 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Maret 2023 Vol. 2 No. 2 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Februari 2023 Vol. 2 No. 1 (2023): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Januari 2023 Vol. 1 No. 4 (2022): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Desember 2022 Vol. 1 No. 3 (2022): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, November 2022 Vol. 1 No. 2 (2022): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Oktober 2022 Vol. 1 No. 1 (2022): SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, September 2022 More Issue