cover
Contact Name
Sri langgeng Ratnasari
Contact Email
sarisucahyo@yahoo.com
Phone
+6281364397072
Journal Mail Official
sarisucahyo@yahoo.com
Editorial Address
Jl. Pahlawan No. 99 Batu Aji Kota Batam
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
Jurnal Manajemen, Organisasi, Dan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 27970566     DOI : https://doi.org/10.33373/jmob.v2i2
Jurnal Manajemen, Organisasi, dan Bisnis (JMOB) mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang belum diterbitkan dimanapun dalam bentuk apapun. JMOB fokus pada bidang keilmuan seperti: Manajemen, Organisasi, Bisnis, dan kajian lainnya yang relevan. Terbit 4 nomor dalam setahun, yaitu bulan Maret, Juni, September dan Desember
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2021): JMOB (Maret 2021)" : 15 Documents clear
PENGARUH REKRUTMEN, PENEMPATAN, DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA KARYAWAN David Nasution; Ramon Zamora; Ahmad Arifin
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 1 (2021): JMOB (Maret 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (344.129 KB) | DOI: 10.33373/jmob.v1i1.3319

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rekrutmen, penempatan, pengembangan karir, terhadap kinerja karyawan baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah seluruh karyawan departemen produksi PT. Honfoong Plastic Batam yang berjumlah 65 orang. Teknik pengujian data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedasitas, uji rgresi berganda, uji T, uji F, dan uji R2. Hasil pengujian data didapatkan hasil penelitian bahwa variabel rekrutmen dengan nilai thitung adalah 3,171 dan signifikansi 0,002, artinya secara parsial rekrutmen berpengaruh positif dan signifikan. Variabel penempatan dengan nilai thitung adalah -0,749 dan signifikansi 0,457, artinya secara parsial variabel penempatan tidak berpengaruh positif dan signifikan. Variabel pengembangan karir dengan nilai thitung adalah 3,357 dan signifikansi 0,001, artinya secara parsial pengembangan karir berpengaruh positif dan signifikan. Variabel rekrutmen, penempatan dan pengembangan karir secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja yang ditunjukkan pada nilai Fhitung sebesar 20,763 dan signifikansi 0,000.
PENGARUH KOMUNIKASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH INTERPERSONAL Yulia Afrola; Herni Widiyah Nasrul
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 1 (2021): JMOB (Maret 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.868 KB) | DOI: 10.33373/jmob.v1i1.3174

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis seberapa tinggi tingkat komunikasi dan tingkat  kemampuan pemecahan masalah interpersonal mahasiswa, untuk mengetahui dan menganalisis ada atau tidaknya pengaruh komunikasi terhadap kemampuan pemecahan masalah interpersonal mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis data yaitu analisis regresi. Populasi pada penelitian ini berjumlah 84 orang dengan sampel penelitian berjumlah 69 orang. Penarikan sampel pada penelitian ini adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert. Penelitian ini menggunakan dua buah  skala  sebagai alat ukur yaitu, skala komunikasi dan skala pemecahan masalah interpersonal. Hasil analisis data penelitian menunjukan (1) mahasiswa memiliki komunikasi yang tinggi dilihat dari interaksinya di dalam asrama, yaitu sebanyak 46 orang atau 67 % (2) tingkat pemecahan masalah yang tinggi dapat dilihat dengan adanya masalah yang dipecahkan secara bersama, yaitu sebanyak 50 orang atau 72 % (3) adanya hubungan yang signifikan antara komunikasi dengan pemecahan masalah interpersonal.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA PERPUSTAKAAN Miftahul Qoiriah; T. Munzir
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 1 (2021): JMOB (Maret 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.938 KB) | DOI: 10.33373/jmob.v1i1.3320

Abstract

Pemberi jasa harus memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan dari segi pelayanan sehingga mereka merasa puas, tentu saja dengan memperhatikan lima dimensi kualitas pelayanan diantaranya bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati. Oleh karena itu, peneliti akan mengkaji seberapa besar kepuasan pengguna terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh perpustakaan Politeknik Negeri Batam. Hasil uji regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna dengan hasil uji F secara simultan 1.595, ini berarti bahwa semua variabel berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pengguna, sedangkan uji determinasi adalah 0.029 yang berarti kepuasan mahasiswa 2.9% dipengaruhi oleh bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati, sedangkan 98.1% dipengaruhi oleh variabel lain.
ANALISIS PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN DAN PELATIHAN Yunia Chandra Siswandari; Widodo Ismanto
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 1 (2021): JMOB (Maret 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.891 KB) | DOI: 10.33373/jmob.v1i1.3175

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran, 2) faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan pembelajaran. Subyek penelitian ini yaitu widyaiswara dan penyelenggara diklat di BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini antara lain: 1) perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan GBPP dan SAP, penyusunan bahan ajar, dan penggunaan media pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pembuka berupa memotivasi semangat belajar peserta diklat, kegiatan inti berupa penerapan pembelajaran orang dewasa, dan penggunaaan komunikasi yang efektif, kegiatan penutup berupa pembagian RTL, jenis penilaian pembelajaran diklat yang dilakukan adalah penilaian proses sedangkan evaluasi diklat yang digunakan model Kirkpatrick. 2) Faktor pendukung dalam pengelolaan adalah belum maksimalnya jaringan internet, adanya kegiatan lain diluar kompetensi widyaiswara dalam mengelola pembelajaran, dan jadwal Diklat yang kurang sistematis.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN Johnmaianto Sihombing; Sri Langgeng Ratnasari
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 1 (2021): JMOB (Maret 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.208 KB) | DOI: 10.33373/jmob.v1i1.3163

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh: gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan, motivasi terhadap Kinerja karyawan, dan gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap Kinerja karyawan. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. E-Tech Manufacturing Indonesia yang berjumlah 55 karyawan. Sampel penelitian ini adalah seluruh populasi sebanyak 55 karyawan dengan menggunakan teknik sampling sensus. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan analisis statistik menggunakan metode Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian ini adalah gaya kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja karyawan, motivasi berpengaruh signifikan terhadap kienrja karyawan, dan gaya kepemimpinan dan motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KINERJA KARYAWAN PT. SRI INDAH LESTARI DALAM RANGKA PENGEMBANGAN SUMBERDAYA MANUSIA Rona Tanjung; Moch Aminudin Hadi; Septa Diana Nabela; Juni Aziwantoro; Raja Hardiansyah
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 1 (2021): JMOB (Maret 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.738 KB) | DOI: 10.33373/jmob.v1i1.3184

Abstract

Tujuan ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh sikap kerja, komitmen, pelatihan kerja, dan pendidikan terhadap kinerja karyawan, jenis penelitian ini adalah kuantitatif. teknik pengambilan sampel mengunakan teknik sampling jenuh. teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah kuesioner. data sekunder yang diperoleh berkaitan dengan objek dan perusahaan struktur populasi dalam penelitian ini adalah semua karyawan yang berjumblah 45 orang. Hasil pengolahan data SPSS Versi 25,2021 hasil pengujian data di lihat sikap kerja (X1) dengan nilai signifikan hal ini menunjukan bearti tidak  berpengaruh dan tidak signifikan antara sikap kerja dan kinerja karyawan. komitmen (X2) dengan nilai signifikan menunjukan berpengaruh dan tidak signifikan antara komitmen kerja dan kinerja karyawan. pelatihan kerja (X3) dengan nilai signifikan menunjukan adanya pengaruh dan signifikan antara pelatihan kerja dan kinerja karyawan. pelatihan kerja (X4) dengan nilai signifikan hal ini menunjukan adanya berpengaruh dan signifikan antara pendidikan dan kinerja karyawan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa uji F menunjukan bahwa nilai signifikan 4 variabel bebas yaitu: sikap kerja (X1), komitmen (X2), pelatihan kerja (X3), dan pendidikan (X4). Sebesar  dan F hitung  Hasil ini memperlihatkan bahwa variabel sikap kerja (X1), komitmen kerja (X2), pelatihan kerja (X3), pendidikan (X4) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y).. 
PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP WORD OF MOUTH KONSUMEN Yuwono Tri Hananto; Edwin Agung Wibowo
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 1 (2021): JMOB (Maret 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.297 KB) | DOI: 10.33373/jmob.v1i1.3176

Abstract

Penelitian ini mengkaji implikasi dari experiential marketing terhadap word of mouth konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh experiential marketing terhadap word of mouth konsumen, dan pengaruh dimensi experiential marketing (sense, feel, think, act, and relate) terhadap word of mouth. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan survei yang terdiri dari variabel sense (X1), feel (X2), think (X3), act (X4), dan relate (X5) yang merupakan bagian dari variabel experiential marketing (X) dan word of mouth (Y). Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 100 responden sebagai sampel yang diambil dari pelanggan Garuda yang telah menikmati program Garuda Indonesia Experiences. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diolah menggunakan program aplikasi statical Product and Service Solutions. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan experiential marketing (sense, feel, think, act, and relate) secara bersama-sama memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap word of mouth konsumen sebesar 65% sedangkan sisanya 35% dipengaruhi oleh faktor lain. Analisis regresi secara parsial menunjukkan bahwa variabel sense, act, dan relate berpengaruh positif dan signifikan terhadap word of mouth, sedangkan variabel feel and think berpengaruh tidak signifikan terhadap word of mouth.
PERANAN ANGGARAN BELANJA SEBAGAI SALAH SATU ALAT PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN Ely Kurniawati; Ade Isyana Hairunnisah
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 1 (2021): JMOB (Maret 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.653 KB) | DOI: 10.33373/jmob.v1i1.3171

Abstract

Anggaran merupakan salah satu unsur terpenting dan merupakan alat berpengaruh dalam perusahaan  dari program kerja, perencanaan, dan pengendalian perusahaan. Dengan adanya perincian anggaran dengan demikinan manajer atau pimpinan perusahaan akan lebih mudah menjalankan dan mengendalikan program kerja yang telah direncanakan. Agar anggaran yang dibuat mencerminkan keadilan sehingga pelaksana tidak merasa tertekan, melainkan termotivasi, untuk membuat laporan realisasi anggaran diperlukan laporan yang akurat dan tepat waktu sehingga apabila terjadi penyimpangan yang merugikan dapat segera antisipasi lebih dini. Sebelum melakukan penyusunan anggaran, terlebih dahulu manajemen puncak melakukan menetapkan rencana besar perusahaan superti tujuan, kebijakan, asumsi sebagai dasar penyusunan anggaran.
ANALISIS MANAJEMEN PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DENGAN METODE PERBANDINGAN EKSPONENSIAL (MPE) Widodo Ismanto
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 1 (2021): JMOB (Maret 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.903 KB) | DOI: 10.33373/jmob.v1i1.3321

Abstract

Pengelolaan sampah rumah tangga merupakan faktor penting untuk mewujudkan kebersihan lingkungan dan meningkatkan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat, terutama di tingkat rumah tangga. Pengelolaan sampah rumah tangga yang tepat belum terbentuk karena rendahnya pengetahuan masyarakat, karena tidak adanya peran aktif pemerintah untuk mensosialisasikan cara pengelolaannya. Oleh karena itu, peran pemerintah menjadi prioritas utama dalam Mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya pengetahuan pengelolaan sampah yang dapat mendatangkan nilai ekonomi dan kebersihan lingkungan.
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA Linda Sepiana Mustika; Oktavianti Oktavianti
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 1 (2021): JMOB (Maret 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (174.569 KB) | DOI: 10.33373/jmob.v1i1.3177

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi dan disiplin terhadap kepuasan kerja pada PT. Mensa Binasukses. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis pengaruh dua variabel independen terhadap variabel dependen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Mensa Binasukses 30 orang responden. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis dengan uji t dan uji F, dan koefisien determinasi (R2). Dari penelitian ini dapat disimpulkan dari uji statistik yang didasarkan pada variabel bebas gaya kepemimpinan, motivasi dan disiplin secara bersama-sama (uji F secara simultan) layak untuk diujikan terhadap variabel kepuasan kerja. Kemudian melalui uji t diperoleh hasil bahwa variabel gaya kepemimpinan -0.474, motivasi - .1389 -0.539 dan kedisiplinan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap variabel kepuasan kerja karyawan. Nilai yang didapat dari penelitian ini Adjusted R Square sebesar 0,001. Jelas terlihat bahwa 1% variasi kepuasan kerja dapat dijelaskan oleh tiga variabel independen yaitu gaya kepemimpinan, motivasi dan disiplin. Sedangkan sebagian lainnya dijelaskan oleh variabel lain di luar ketiga variabel yang diteliti.

Page 1 of 2 | Total Record : 15