cover
Contact Name
Arifa Pratami
Contact Email
pratamiarifa@gmail.com
Phone
+628116332323
Journal Mail Official
mutlaqah@fai.uisu.ac.id
Editorial Address
Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Islam Sumatera Utara Jalan Sisingamangaraja, Teladan Barat, Medan Kota, Medan, Sumatera Utara, 20217
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Mutlaqah: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah
ISSN : -     EISSN : 27752712     DOI : https://doi.org/10.30743/mutlaqah
Core Subject : Religion,
Mutlaqah: Jurnal Ekonomi Syariah, menerbitkan karya tulis ilmiah hasil kajian atau penelitian dan kajian pustaka dalam ruang lingkup dan fokus Kajian Ekonomi Syariah. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Islam Sumatera Utara (UISU). Redaksi menerima jurnal tersebut belum pernah dipublikasikan di media lain dengan format penulisan seperti yang tertera pada halaman pedoman penulisan naskah. Jurnal ini berdiri pada tahun 2020, terbit dua kali dalam setahun, pada bulan Januari dan Juli Merupakan jurnal yang dikelola oleh program studi ekonomi syariah Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), jurnal ini membahas ilmu bidang Ekonomi Islam, sebagai wadah untuk menuangkan hasil penelitian baik secara konseptual maupun teknis yang berkaitan dengan ilmu ekonomi syariah. Ekonomi Islam Perbankan Syariah Ekonomi ZISWA Akuntansi Syariah Manajemen Syariah Bisnis Syariah Dan lain-lain (topik lainnya yang berhubungan dengan ekonomi syariah)
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2023): Edisi Januari" : 5 Documents clear
ANALISIS PENGARUH EMOTIONAL MARKETING DAN PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS MUZAKKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT ONLINE PADA LAZ DT PEDULI SUMATERA UTARA Santi Arafah; Jeroh Miko
MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah Vol 3, No 2 (2023): Edisi Januari
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/mutlaqah.v3i2.6745

Abstract

Zakat merupakan hal penting bagi sumber dana tetap dan potensial berbasis sosial yang dimanfaatkan untuk memajukan kesejahteraan umum bagi seluruh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh emotional marketing dan pelayanan terhadap loyalitas muzakki dalam membayar zakat online pada laz dt peduli medan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan 86 muzakki di LAZ DT Peduli Sumatera Utara. Teknik sampelnya berupa nonprobablity sampling dengan pemakaian purposive sampling yang di analisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa emotional marketing dan pelayanan berpengaruh positif signifikan. Variasi faktor berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda bahwa variabelmemotional marketing dan pelayanan mampu menerangkan variasi financial inclusion sebesar 90,3%, Sedangkan sisanya sebesar 9,7% dijelaskan oleh variabel lain di luar model.
Analisis Kualitas Produk, Layanan Dan Marketing Terhadap Minat Masyarakat Pada BMW Tamwil Ummi Desa Harapan Makmur Bagan Batu Riau Dina Prantika; Ahmad Adib Nasution; Arifa Pratami
MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah Vol 3, No 2 (2023): Edisi Januari
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/mutlaqah.v3i2.7211

Abstract

Perkembangan ekonomi pada saat ini terutama mengenai keuangan syariah yang semakin banyak diminati oleh masyarakat di Indonesia. Salah satu lembaga keuangan syariah adalah Baitul Maal Wat Tamwil merupakan lembaga keuangan mikro yang dioperasikan dengan prinsip syariah yang berperan penting terhadap masyarakat juga mengembangkan ekonomi berbasis islam di zaman modern dengan sistem bagi hasil dan akad sesuai dalam hukum islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk, Layanan, dan Marketing terhadap Minat Masyarakat Baitul Maal Wat Tamwil UMMI. Penelitian menggunakan data primer dimana data dikumpulkan langsung dari hasil observasi, wawancara, kuesioner dan data skunder dari pihak perusahaan yang memiliki populasi sebanyak 200 nasabah dengan sampel sebanyak 96 nasabah, menggunakan cara purposive sampling dengan jenis penelitian Kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kualitas Produk berpengaruh positif, Layanan berpengaruh positif, Marketing tidak berpengaruh dan Pengaruh Kualitas Produk, Layanan dan Marketing terhadap Minat Masyarakat Baitul Maal Wat Tamwil Ummi berpengaruh positif signifikan terhadap Minat Masyarakat Baitul Maal Wat Tamwil UMMI. 
Pengaruh Minat Mahasiswa Universitas Islam Sumatera Utara Dalam Penggunaan Layanan Mobile Banking Pada Bank Syari’ah Dahliani Lubis; Syamsul Effendi; Arifa Pratami
MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah Vol 3, No 2 (2023): Edisi Januari
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/mutlaqah.v3i2.7212

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh minat mahasiswa Universitas Islam Sumatera Utara dalam penggunaan layanan mobile banking pada bank syari’ah, untuk mengetahui bagaimana penggunaan layanan mobile banking terhadap mahasiswa Universitas Islam Sumatera Utara.Teknik penelitian yang digunakan melalui teknik probability sampling dengan sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner) dan wawancara, dianalisis menggunakan SPSS (Statistical Product and Service Solution). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Minat Mahasiswa Universitas Islam Sumatera Utara berpengaruh signifikan terhadap penggunaan layanan mobile banking pada bank syari’ah. Hal tersebut dibuktikan melalui uji parsial variabel menunjukkan nilai signifikasi sebesar 0,027 dan penelitian ini juga menunjukkan bahwa nilai R square sebesar 17,8 yang dapat diartikan bahwa variabel minat mahasiswa mempunyai pengaruh sebesar 17,8% terhadap penggunaan layanan mobile banking. Berdasarkan hal tersebut maka variabel minat mahasiswa memiliki faktor positif signifikan terhadap penggunaan layanan mobile banking pada bank syri’ah; 2) Penggunaan layanan mobile bankingpada bank syari’ah sangat berpengaruh terhadap mahasiswa Universitas Islam Sumatera Utara. Hal tersebut dibuktikan pada hasil pengujian hipotesis variabel penggunaan layanan mobile banking bahwa nilai sig sebesar 0,027 0,05 dan thitung 4,606 ttabel1,984. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa penggunaan layanan mobile banking sangat berpengaruh terhadap mahasiswa Universitas Islam Sumatera Utara, Hal ini disebabkan karena penggunaan layanan mobile banking dapat memudahkan mahasiswa untuk melakukan berbagai macam transaksi dimanapun dan kapanpun.
Pengaruh Jual Beli Menggunakan Sistem E-Commerse Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah Di Kecamatan Pasir Limau Kapas Fuziah. A; Eli Agustami; Abdul Rahman
MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah Vol 3, No 2 (2023): Edisi Januari
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/mutlaqah.v3i2.7213

Abstract

UMKM yang ada di Kecamatan Pasir Limau Kapas terjadi peningkatan pendapatan, hal ini menurut data yang diperolehpedagang UMKM yang telah menggunakan E-Commerce. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Konsep perdagangan jual beli e- commerce menimbulkan perikatan antara para pihak untuk memberikan suatu prestasi. Berdasarkan Fiqih Sunnah, jual beli adalah tukar menukar harta (apapun bentuknya) yang dilakukan secara sukarela atau proses mengalihkan hak milik hartapada orang lain dengan kompensasi atau imbalan tertentu. Pandangan Hukum Islam pada jual beli e-commerce adalah boleh, jika sesuai dengan kaidah fikih dalam prinsip dasar transaksi muamalah dan persyaratannya selama tidak dilarang oleh syariah atau bertentangan dengan dalil. Terdapat pengaruh yang signifikan antara jual beli menggunakan e-commerce terhadap pendapatan usaha pada Usaha Kecil Menengah di Bidang Kuliner Kecamatan Pasir Limau Kapas sebagaimana hasil uji-t (3.6870,05). Dan nilai t hitung 3. 349 lebih besar dari t tabel 2,021(3,687 2,021) dengan kearah positif. Maka H0 di terima dan Ha di tolak sehingga dapat disimpulkan bahwa Variabel orientasi kewirausahaan secara parsial berpengaruh signifikan dengan nilai positif terhadap keunggulan bersaing. Jual beli menggunakan e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap kunggulan bersaing dan uji determinan, maka 99,6 % jual beli menggunakan e- commerce berpangaruh signifikan terhadap pendapatan usaha pada Usaha Kecil Menengah di Kecamatan Pasir Limau Kapas.
Pengaruh Peningkatan Pelayanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menabung Di Bank Aceh Syariah Sutomo KCP Kota Medan Rudiansyah Rudiansyah; Nahar Abdul Ghani; Eli Agustami
MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah Vol 3, No 2 (2023): Edisi Januari
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/mutlaqah.v3i2.7214

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh peningkatan pelayanan mobile banking terhadap kepuasan nasasbah dalam menabung di Bank Aceh Syariah Sutomo KCP Kota Medan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dengan sampel sebanyak 30 responden dan metode dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana yaitu untuk mengetahui pengaruh lebih dari satu variabel bebas terhadap satu variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pelayanan mobile banking berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan diperoleh nilai signifikansi 0,663 diatas 0,05, Sedangkan secara simultan diketahui bahwa nilai Fhitung 22,330 lebih besar dari Ftabel 2,471 artinya secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Besarnya pengaruh pelayanan mobile bankingterhadap kepuasan nasabah sebesar 49,8%. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan: Y = 5,200 + -0,048 X1+ 0,019 X2 + 0,430 X3 + 0.282 X4 + e, dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat dikatakan bahwa variabel layanan mobile baking yang meliputi kemudahan penggunaan layanan, keamanan sistem mobile banking, kredibilitas perusaan jasa layanan perbankan, dan kecepatan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah. Maka semakin tinggi kualitas pelayanan m-banking maka semakin meningkat kepuasan nasabah pada Bank Aceh Syariah Sutomo KCP Kota Medan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5