cover
Contact Name
Mariaty Podungge
Contact Email
mariatypodungge@gmail.com
Phone
+6285240574043
Journal Mail Official
mariatypodungge@gmail.com
Editorial Address
Kampus II Jln. Sultan Amai Kelurahan Pone, Kecamatan Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
PEKERTI Journal Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
ISSN : -     EISSN : 29633389     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
PEKERTI: Journal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti publishes articles on the realm of Islamic education, covering both literary and fieldwork studies. The journal highlights aspects related to Islamic education studies, with special reference to character education, Islamic education policy, philosophy of Islamic education, Islamic education management, Islamic education curriculum, innovations in Islamic education, Islamic education leadership, multicultural Islamic education, Islamic education for social transformation, madrasa education, pesantren education, and other relevant topics. This journal warmly welcomes contributions from scholars of related disciplines. This journal was published by Prodi Pendidikan Agama Islam, FITK IAIN Sultan Amai Gorontalo. PEKERTI: Journal Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti is published two times a year (February and August).
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2019): AUGUST" : 5 Documents clear
Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme dan dampaknya Terhadap Hasil Belajar PAI di SMAN 1 Pinolosian Kab. Bolaang Mongondow Selatan Mokoagow, Haryono; Pateda, Lamsike
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 1 No. 2 (2019): AUGUST
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (824.711 KB) | DOI: 10.58194/pekerti.v1i2.1225

Abstract

ABSTRAK Dari rumusan masalah Apakah ada pengaruh langsung gaya hidup hedonism terhadap hasil belajar PAI di SMAN 1 Pinolosian? Dan Seberapa besar gaya hidup hedonisme yang terjadi padasiswa di SMAN 1 Pinolosian ? Dengan tujuan Untuk mengetahui apakah ada pengaruh langsung gaya hidup hedonism terhadap hasil belajar pai di SMAN 1 Pinolosian dan Untuk mengetahui seberapa besar gaya hidup hedonisme yang terjadi di SMAN 1 Pinolosian Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Dengan Pendekatan Fenomenologis, yaitu pendekatan yang dilakukan oleh peneliti untuk melihat langsung fenomena dan kenyataan-kenyataan yang terjadi dan Pendekatan Edukatif, yaitu pendekatan yang dilakukan untuk mengkaji teori-teori pendidikan. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang banyak di tuntut menggunakan angka.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui: observasi (pengamatan); penyebaran kuisoner dan dokumentasi. Dengan jumlah populasi 101 siswa kelas XI. Sample yang di ambil berjumlah 50 responden. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Dari hasil penelitian adalah Gaya hidup hedonis tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Dari hasil penelitian, nilai T hitung< T table atau - 0.629 <1.677 artinya Ho diterimadan Ha ditolak, atau T hitung = - 0.629 dengan tingkat signifikan 0,05 dan atau derajat kebebasan jumlah data-2 atau 50-2= 48 sehingga dapat T table = 1.677. gaya hidup hedonism cenderung lebih rendah hal ini dilihat dari R squernya yaitu 0,8%. Jadi hasil belajar siswa tidak dipengaruhi oleh gaya hidup hedonis. Hal ini dikarenakan siswa SMA N 1 Pinolosian masih kurang dalam melakukan persaingan barang mewah juga sering keluyuran malam. Dampak dari gaya hidup terhadap hasil belajar siswa di SMA N 1 Pinolosian, adalah sebagian siswa menganggap bersaing dalam materi bukanlah hal yang wajar dilakukan. Karena siswa di SMA N 1 Pinolosian kurang menggunakan baraang yang tidak sesuai dengan kebutuhan dasar. Oleh sebab itu hasil belajar siswa sangat baik dan berada diatas rata-rata.
Pengelolaan dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Peserta didik di Kelas VII PAI di SMP 6 Negeri Gorontalo Tolinggilo, Alvian; Mantau, Burhanudin A.K
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 1 No. 2 (2019): AUGUST
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (735.358 KB) | DOI: 10.58194/pekerti.v1i2.1233

Abstract

ABSTRAKAlvian Tolinggilo, 151012089 Pengelolaan Kelas Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII PAI Di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan (FITK) IAIN Sultan Amai Gorontalo. Pembimbing: (1) Burhanudin Abdul Karim Mantau, M.Pd.I Pembimbing: (2) Rahmin Talib. Husain, M.Th.IKata Kunci: Pengelolaan Kelas, Hasil Belajar, PAISkripsi ini membahas tentang: adakah pengaruh pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa kelas VII PAI di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo?.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di Kelas VII di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas VII1 di SMP Negeri 6 Kota Gorontalo sebanyak 30 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu Teknik Purposive Sampling. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi antara pengelolaan kelas (Variabel X) dan hasil belajar (Variabel Y) menunjukkan dengan tingkat korelasi R Square sebesar 0,677 dan R Square (Koefisien Determinasi) sebesar 45,5%, angka hasil kolerasi tersebut sesuai dengan tabel Interpretasi Angka Indeks Korelasi ―r‖ Product Moment menunjukan bahwa korelasi antara pengelolaan kelas (Variabel X) dan hasil belajar (Variabel Y) terdapat korelasi yang sedang atau cukup.Dengan hasil yang sedang atau cukup korelasi pengelolaan kelas dan hasil belajar pada mata pelajaran PAI, hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan kelas cukup banyak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Sedangkan 63,5% adalah faktor-faktor lain selain pengelolaan kelas baik itu faktor eksternal maupun internal seperti motivasi belajar siswa, dorongan atau dukungan orang tua, dan pengaruh lingkungan sekitar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa dari pada pengelolaan kelas itu sendiri. Nama : Alvian Tolinggilo Nim : 151012089
Peran Guru Pendidikan Agam Islam (PAI) Dalam Meminimalisasi Bullying (Perundungan) Di MTs Negri 1 kota Gorontalo Tamadarage, Prisca; Arsyad, Lukman
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 1 No. 2 (2019): AUGUST
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (663.431 KB) | DOI: 10.58194/pekerti.v1i2.1234

Abstract

Fokus penelitian yang akan diuji dalam penelitian ini adalah:1) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meminimalisasi Bullying (Perundungan) di MTs Negeri I Kota Gorontalo.2) bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meminimalisasi Bullying (Perundungan) di MTs Negeri I Kota Gorontalo. Dan tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meminimalisasi Bullying (Perundungan) di MTs Negeri I Kota Gorontalo. 2) untuk mengetahui Hambatan Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meminimalisasi Bullying (Perundungan) di MTs Negeri I Kota Gorontalo.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi.Hasil penelitian Mengungkapkan bahwa Peran Guru Pendidikan agama Islam bersama sekolah dalam meminimalisasi Bullying melalui dua tahap yaitu tahap pencegahan dan tahap tindak lanjut. Tahap pencegahan dilakukan untuk mencegah serta memfilter terjadinya Bullying dalam lingkungan sekolah. Tahap pencegahan dilakukan melalui sosialisasi kegiatan intra dan ekstra kurikuler, Guru sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, Inpirator, Motivator, fasilitator dan pengelola kelas. Tahap tindak lanjut ditujukan apabila telah terjadi perilaku Bullying dalam lingkungan sekolah yaitu guru akan menjadi korektor dan evaluator serta membimbing kembali peserta didik dilanjutkan BK, Kesiswaan dan terakhir Melalui keputusan Kepala Madrasah.. Hal ini diharapkan agar tahap tindak lanjut menjadi solusi atas permasalahan Bullying. Selain itu sikap kooperatif orang tua juga dibutuhkan dalam meminimalisasi Bullying di sekolah
Peran Guru PAI Dalam Membina Erika Toleransi Antar Umat Beragama Siswa di SMK Negeri 1 Limboto Mula, Delinda A.; Damopolii, Mujahid; Buhungo, Ruwiyah A.
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 1 No. 2 (2019): AUGUST
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (820.71 KB) | DOI: 10.58194/pekerti.v1i2.1248

Abstract

ABSTRAK DELINDA A. MULA, 2020. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Etika Toleransi Antar Umat Beragama Siswa di SMK Negeri 1 Limboto. Pembimbing I : Dr. Mujahid Damopolii, S.Ag. M.Pd, Pembimbing II : Ruwiah A. Buhungo. S.Ag.M.Pd.I Kata Kunci: Peran Guru PAI, Membina etika toleransi, Siswa Penelitian skripsi ini dilatar belakangi bahwa seorang pendidik memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan begitu pula dalam pendidikan Islam. Guru pendidikan agama Islam disamping memiliki fungsi sebagai pengajar untuk menyampaikan atau mentransfer ilmu kepada anak didik, guru pendidikan agama Islam juga harus mampu menjadi contoh tauladan yang baik bagi para siswa. Dengan demikian guru tidak hanya memberikan teori saja tetapi memberi contoh sikap yang baik terkait pembinaan etika yang akan tercermin pada perilaku anak didik. Ditengah masyarakat majemuk kita harus saling nebghargai dan menghormati sesama manusia meskipun berbeda agama. Etika toleransi mengajarkan manusia untuk dapat hidup berdampingan dengan orang lain dalam menumbuhkan kesadaran indahnya kebersamaan dalam masyarakat yang majemuk. Hal ini hendaknya diterapkan juga pada anak didik agar menjadi masyarakat sekolah yang harmonis dan kompak ditengah keragaman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di SMK Negeri 1 Limboto. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan penelitian, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: (1) Peran guru PAI sebagai pendidik dalam membina etika toleransi antar umat beragam siswa di SMK Negeri 1 Limboto sudah sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya sikap saling menerima dan menghormati yang sudah diterapkan oleh warga sekolah. (2) Peran guru PAI sebagai motivator dalam membina etika toleransi siswa di SMK Negeri 1 Limboto sudah sangat baik diterapkan sekaligus dipraktekkan langsung oleh warga sekolah. Dan (3) Kendala dan solusi guru PAI dalam membina etika toleransi siswa di SMK Negeri 1 Limboto seharusnya tidak berhenti pada pembinaan yang dilakukan sekolah dalam mengenalkan siswa kepada keberagaman yang sudah menjadi keharusan dalam kehidupan, tetapi siswa juga perlu mampu menghayati, memahami akan pentingnya toleransi dalam kehidupan ini dan kemudian menerapkannya di kehidupan nyata pula. Implikasi dari hasil penelitian tentang peran guru PAI dalam menanamkan etika toleransi siswa di SMK Negeri 1 Limboto, sudah sangat baik hanya saja ada sedikit yang masih harus dibenahi yaitu pada penguatan akhlak siswa yang sudah tidak berada pada tatanan yang semestinya karena sudah mulai terpengaruh oleh lingkungan sekitar. Delinda A. MulaNIM. 151012064
MEMBENTUK KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN RANAH AFEKTIF PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 8 GORONTALO Danial, Vatmawati; Supiah, Supiah
Pekerti: Journal Pendidikan Islam dan Budi Pekerti Vol. 1 No. 2 (2019): AUGUST
Publisher : Prodi Pendidikan Agama Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (471.64 KB) | DOI: 10.58194/pekerti.v1i2.1258

Abstract

ABSTRAK Pendidikan adalah jalur dalam membentuk generasi mendatang, disamping harus benar-benar diarahkan untuk menghasilkan manusia berkualitas dan mampu bersaing, juga harus diarahkan agar memiliki budi pekerti dan moral yang baik. Pembentukan karakter pada pembelajaran yang afektif sangat membantu peserta didik dalam membentuk sikap mereka. Strategi guru dalam membentuk karakter melalui pembelajaran afektif juga hendaknya membiasakan anak untuk mencari sendiri apa yang ingin diketahuinya. Anak diharapkan bisa mengajukan pertanyaan, berdiskusi, menemukan sendiri atau melakukan sesuatu berdasarkan bahan pelajaran yang telah diberikan, seperti membandingkan, melakukan eksperimen dan sebagainya. Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana karakter peserta didik. bagaimana membentuk karakter melalui pembelajaran afektif peserta didik serta mengetahui kendala dan solusi apa yang dilakukan dalam membentuk karakter melalui pembelajaran afektif peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan : berbagai cara yang dilakukan untuk membentuk karakter peserta didik yaitu membiasakan peserta didik mengucap salam, berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran serta melakukan bimbingan bagi siswa yang belum terlalu mahir dalam membaca Al-Qur’an dengan mengelompokkan sesuai dengan pemahaman masing-masing. Namun meskipun cara dalam penyusunan program yang jelas tersebut sudah dilakukan, tetapi masih ada kendala yang terjadi diantaranya : masih banyak siswa yang belum mengetahui huruf-huruf hijaiyah yang ada dalam Al-Quran, hal ini disebabkan karena kurangnya bimbingan dan dorongan dari orang tua untuk belajar Al-Quran di rumah sehingga siswa juga enggan untuk mempelajarinya.

Page 1 of 1 | Total Record : 5