cover
Contact Name
Ahmad Azmy
Contact Email
ahmad.azmy@paramadina.ac.id
Phone
+6281293898547
Journal Mail Official
ahmad.azmy@paramadina.ac.id
Editorial Address
Jl. Gatot Subroto No.Kav. 97, RT.4/RW.4, Mampang Prpt., Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12790
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani
Published by Universitas Paramadina
ISSN : 26150662     EISSN : 2615580X     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal ini memuat hasil penelitian pada bidang manajemen dan bisnis. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam bentuk kajian empiris, konseptual, studi kasus, catatan penelitian, dan studi literatur. Jurnal ini mempublikasikan pertama pada tahun 2019. Fokus Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani memuat hasil penelitian meliputi manajemen pemasaran, sumber daya manusia, keuangan & aplikasi pasar modal, bisnis syariah, kewirausahaan, kemitraan, dan operasional termasuk logistic.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2022): Februari 2022" : 5 Documents clear
Monitoring Dan Evaluasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Sebagai Peningkatan Kualitas Pendidikan di Tingkat Fakultas: Studi Pada Universitas Paramadina Iin Mayasari; Tia Rahmania; Gilang Cempaka; Aris Subagjo; Rizka Driarkoro
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Vol. 4 No. 1 (2022): Februari 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51353/jmbm.v4i1.577

Abstract

Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) memberikan kesempatan kepada Universitas, Fakultas, dan dosen untuk menguatkan program belajar yang berbasis mahasiswa. Program ini juga menguatkan sisi soft-skill mahasiswa dalam proses belajarnya. Tujuan penulisan ini adalah mengevaluasi pelaksanaan program ini pada kegiatan belajar mengajar untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Universitas dan termasuk Fakultas. Penelitian ini dilakukan dengan mengunakan pendekatan kuantitatif. Koleksi data dilakukan melalui penyebaran kuesioner yang diberikan melalui survey online. Analisis statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis data. Hasil menunjukkan bahwa program ini memberikan dampak pada proses pembelajaran meskipun belum optimal.
Evaluasi Pelaksanaan Progeam Merdeka Belajar Kampus Merdeka Oleh Pimpinan Universitas Paramadina (UPM) Handi Risza; Fatchiah Kertamuda; Retno Hendrowati; Johan Ramadhan Nurwardana; Diaz Ramadhani
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Vol. 4 No. 1 (2022): Februari 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51353/jmbm.v4i1.578

Abstract

Penelitian ini membahas tentang evaluasi pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) oleh pimpinan Universitas Paramadina. Program MBKM merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mempersiapkan mahasiswa menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Setelah dilakukan sosialisasi dan dilaksanakan selama satu semester, program MBKM perlu dilakukan evaluasi pelaksanaanya oleh pimpinan universitas. Pertama, pemahaman pimpinan universitas terhadap Program MBKM. Kedua, Kebijakan pimpinan universitas mempersiapkan pelaksanaan MBKM. Ketiga, pelaksanaan program MBKM. Keempat, manfaat program MBKM dan Kelima, faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan MBKM. Keberhasilan program MBKM akan sangat tergantung dari respon pimpinan universitas dalam mengetahui, mempersiapkan dan menjalankan kebijakan dengan tata kelola dan dukungan sumber daya yang baik. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan evaluasi program. Metode pengumpulan data menggunakan Focus Group Discussion (FGD). Analisis dilakukan dengan mencatat informasi penting dan relevan berdasarkan urutan kejadian. Pimpinan universitas Paramadina sudah memahami program MBKM dan mempersiapkan kebijakan dan sumber daya pendukung untuk pelaksanaan program MBKM ditingkat universitas.
Perubahan Perilaku Konsumen dan Peran Influencer terhadap Pola Konsumtif dalam Kondisi Pandemi (Studi Kasus pada karyawan yang bekerja secara work from home) Lingga Yuliana; Naomi Saptorinie; Tantio Dipo Priantono; Ananda Rizkyllah; Masnia Masnia
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Vol. 4 No. 1 (2022): Februari 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51353/jmbm.v4i1.599

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis Perubahan Perilaku Konsumen dan Peran dari Influencer Terhadap Pola Konsumtif dari masyarakat yang saat ini bekerja di rumah sebagai akibat kebijakan dari pembatasan sosial berskala besar sampai kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyaratat bersifat darurat sejak Maret 2020 sampai Agustus 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dan metode pengambilan sampel dengan simple random sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert. Hasil penelitian ini menunjukan dimana perilaku konsumen berpengaruh positif terhadap pola konsumtif, yang ditunjukan antara ke dua variabel memiliki hubungan sangat tinggi. Artinya semakin baik perilaku konsumen maka peran influencer pun akan meningkat. peran influencer berpengaruh positif terhadap pola konsumtif, yang ditunjukan antara ke dua variabel memiliki hubungan sangat tinggi. Kemudian perilaku konsumen dan peran influencer berpengaruh positif terhadap pola konsumtif, yang ditunjukkan antara ke dua variabel memiliki hubungan sangat tinggi. Artinya semakin baik perilaku konsumen dan semakin menginsiprasinya sosok influencer maka pola konsumtif semakin meningkat.
Penerapan Sistem Informasi Pemasaran di Industri Susu Bubuk Formula Studi Pada PT X Luky Arfianto
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Vol. 4 No. 1 (2022): Februari 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51353/jmbm.v4i1.619

Abstract

Saat ini semua perusahaan mengalami kompetisi yang tinggi dalam menjalankan bisnisnya. Dengan menerapkan sistem informasi pemasaran, perusahaan dapat meningkatkan daya saing dan efektivitas pemasaran. PT X Indonesia adalah salah satu perusahaan industri susu bubuk formula. Semakin ketat persaingan di industri susu bubuk formula di Indonesia, semakin dibutuhkan sistem informasi pemasaran yang efektif agar proses pemasaran menjadi lebih optimal. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan ketiga komponon sistem informasi pemasaran untuk membuat strategi pemasaran yang efektif. Penelitian kali ini dikerjakan dengan pengamatan secara langsung proses sistem informasi pemasaran di perusahaan PT X Indonesia, dengan melakukan wawancara. Wawancara dilakukan dengan tiga narasumber, yang terdiri atas MAE PT X Indonesia, perwakilan toko, dan RAS PT X Indnesia. Berdasar hasil wawancara terhadap ketiga narasumber, disimpulkan bahwa PT X Indonesia melakukan sistem informasi pemasaran dengan baik. Dari sisi manajemen pemasaran, perusahaan dapat meningkatkan tingkat efektivitas dari proses manajemen pemasaran secara tertata, tersusun, dan tercatat dengan baik. Perusahaan memiliki berbagai sumber data eksternal dan internal yang dianalisis dan diukur dengan sistematis serta juga terstruktur kemudian juga didistribusikan dengan baik.
Strategi Diferensiasi untuk Menciptakan Keunggulan Kompetitif pada UMKM Catering Pawon Gusti Desa Surondakan Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek Maulidatun Nikmah; Siswahyudianto Siswahyudianto
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Vol. 4 No. 1 (2022): Februari 2022
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51353/jmbm.v4i1.627

Abstract

Kuatnya persaingan bisnis yang terjadi pada berbagai macam bidang termasuk bidang jasa boga/catering sehingga perlunya suatu usaha untuk menciptakan keunggulan kompetitif dengan menerapkan strategi diferensiasi agar perusahaan memiliki identitas atau ciri khas produk yang dihasilkan. Di Wilayah Kabupaten Trenggalek persaingan bisnis jasa boga/catering begitu ketat sehingga UMKM Catering Pawon Gusti dituntut menerapkan strategi diferensiasi agar memiliki keunggulan dalam bersaing. Berdasarkan uraian tersebut penulis sangat tertarik menelaah lebih luas lagi mengenai strategi diferensiasi untuk menciptakan keunggulan kompetitif pada UMKM Catering Pawon Gusti Desa Surondakan Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek dengan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui suasana persaingan bisnis jasa boga/catering di Desa Surondakan Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek dalam perspektif bisnis syariah dan untuk mengetahui penerapan strategi diferensiasi untuk menciptakan keunggulan kompetitif pada UMKM Catering Pawon Gusti. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah suasana persaingan usaha jasa boga atau catering di Desa Surondakan Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek cukup ketat atau ramai. Persaingan usaha dilakukan sudah sesuai dengan ajaran Islam yakni bersaing secara sehat dan tidak merugikan pihak lain. UMKM Catering Pawon Gusti menerapkan strategi diferensiasi produk, kualitas pelayanan, personalia, saluran distribusi, dan citra untuk menciptakan keunggulan kompetitif. Kata Kunci: Strategi Diferensiasi, Keunggulan Kompetitif, Persaingan Usaha, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5