cover
Contact Name
Ahmad Azmy
Contact Email
ahmad.azmy@paramadina.ac.id
Phone
+6281293898547
Journal Mail Official
ahmad.azmy@paramadina.ac.id
Editorial Address
Jl. Gatot Subroto No.Kav. 97, RT.4/RW.4, Mampang Prpt., Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12790
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani
Published by Universitas Paramadina
ISSN : 26150662     EISSN : 2615580X     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal ini memuat hasil penelitian pada bidang manajemen dan bisnis. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam bentuk kajian empiris, konseptual, studi kasus, catatan penelitian, dan studi literatur. Jurnal ini mempublikasikan pertama pada tahun 2019. Fokus Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani memuat hasil penelitian meliputi manajemen pemasaran, sumber daya manusia, keuangan & aplikasi pasar modal, bisnis syariah, kewirausahaan, kemitraan, dan operasional termasuk logistic.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2024): Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Volume 6 No 2 2024" : 5 Documents clear
Motivasi Konsumsi Kolaboratif dalam Era Ekonomi Berbagi Fadillah, Fadillah Wahyu Saputri; Mayasari, Iin
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Vol. 6 No. 2 (2024): Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Volume 6 No 2 2024
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51353/jmbm.v6i2.910

Abstract

Abstract This study analyzes the motivational factors in collaborative consumption in the sharing economy era, focusing on economic aspects, social orientation, ecological aspects, and personal values that influence individual participation. The analysis shows the dominant role of economic factors in participation motivation, with differences between service providers and users. Social motives and environmental concerns also have a big influence on consumption behavior. This research was conducted through 60-minute interviews with five informants, highlighting experienced consumers on online platforms such as Airbnb, Go-Jek, Grab, OLX, and Bukalapak. The data provides insight into the motivations behind changing consumption patterns. Analysis includes economic aspects, utility, social orientation, emotional, environmental, and personal values. Keywords: Collaborative consumption, motivation factors, economic aspects
Apakah Gen-Z memiliki Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi yang lebih tinggi terhadap Prestasi Kerja dibandingkan generasi lainnya? Putri, Kenita
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Vol. 6 No. 2 (2024): Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Volume 6 No 2 2024
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51353/jmbm.v6i2.932

Abstract

Penelitian ini ingin mengkaji prestasi kerja dari faktor budaya organisasi dan dan komitment organisasi melalui perbandingan antar generasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Budaya organisasi dan Komitmen Organisasi terhadap Prestasi Kerja dengan membandingkan tiga Gen-X, Y, dan Z. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif kausal komparatif yang ingin membandingkan tiga Gen-Yang berbeda sebagai level analisis dalam konteks budaya organisasi dan komitment organisasinya terhadap prestasi kerja. Sebanyak 270 orang responden dari populasi sebanyak 600 karyawan terlibat dalam penelitian ini dengan menggunakan Teknik sampling cluster sampling. Uji validitas instrumen menggunakan skor validitas Pearson dan uji reliabilitas menggunakan skor Alpha Cronbach. Tiga istrumen yang digunakan adalah skala budaya organisasi, skala komitmen organisasi, dan skala prestasi kerja. Ketiga insturmen menggunakan skala likert dengan 5 preferensi pilihan; sangat setuju hingga sangat tidak setuju. Uji hipotesis menggunakan Teknik Anova dua jalur. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam perbedaan generasi, dimana Gen-Z, memiliki budaya organisasi dan komitmen organisasi yang lebih tinggi dibandingkan Gen-X dan Gen-Y dan hal ini merupakan faktor yang dapat mempengaruhi prestasi kerja. Penelitian ini membandingkan budaya organisasi berdasarkan 3 Gen-Yang berbeda (Gen-X, Y, dan Z) serta komitmen organisasi (rendah, sedang dan tinggi). Bagi Perusahaan, dapat lebih mengoptimalkan Gen-Z bahwa menjadi potensi prestasi kerja yang lebih baik dibandingkan Gen-X dan Gen-Y karena memiliki komitmen organisasi yang lebih tinggi.
PENERAPAN ETIKA BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN DALAM INTERNATIONAL HUMAN RESOURCES MANAGEMENT Adrai, Rindang; Perkasa, Didin Hikmah
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Vol. 6 No. 2 (2024): Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Volume 6 No 2 2024
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51353/jmbm.v6i2.950

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian literatur yang bertujuan untuk menganalisis penerapan etika bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan dalam manajemen sumber daya manusia internasional (IHRM). Dengan meningkatnya globalisasi bisnis dan kesadaran akan pentingnya praktik bisnis yang berkelanjutan, etika bisnis dan CSR menjadi aspek yang semakin penting dalam IHRM. Kajian ini menggunakan metode analisis literatur untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi berbagai penelitian terkait topik ini. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan etika bisnis dan CSR dalam IHRM dapat meningkatkan reputasi perusahaan, menarik dan mempertahankan talenta global, serta menciptakan lingkungan kerja yang lebih etis dan berkelanjutan. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan dan hambatan dalam implementasi etika bisnis dan CSR di lingkungan bisnis internasional. Berdasarkan temuan ini, penelitian memberikan beberapa saran praktis bagi perusahaan untuk mengintegrasikan etika bisnis dan CSR ke dalam strategi IHRM. Kata Kunci: Etika Bisnis, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, International Human Resources Management, CSR, Manajemen Sumber Daya Manusia Internasional.
Analisis Gaya Kepemimpinan Lintas Budaya Ekspatriat Dalam Memimpin Perusahaan: Literatur Review Rahayu, Desti; Hikmah Perkasa, Didin
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Vol. 6 No. 2 (2024): Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Volume 6 No 2 2024
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51353/jmbm.v6i2.958

Abstract

Indonesia adalah sebuah negara yang kaya akan sumber daya alam dari berbagai sektor komoditi. Maka tak heran jika banyak inverstor asing yang membangun bisnisnya di negeri ini sehingga banyak ekspatriat dari berbagai negara yang bekerja di Indonesia untuk memimpin kegiatan operasional mereka. Hal ini menjadi tantangan bagi para ekspatriat yang ditugaskan untuk mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang memiliki kecakapan dalam mengelola karyawan dengan latar budaya yang berbeda. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Melalui pendekatan kualitatif, peneliti secara aktif berinteraksi dengan fakta yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis mengenai gaya kepemimpinan lintas budaya ekspatriat pada PT. BRITMINDO, maka dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan lintas budaya yang diterapkan ekspatriat di PT. BRITMINDO adalah gaya kepemimpinan demokratik. Faktor-faktor yang mempengaruhi gaya kepemimpinan lintas budaya di PT. BRITMINDO antara lain faktor pengalaman di lapangan dan faktor kemampuan interpersonal. Tantangan yang dihadapi oleh pemimpin lintas budaya di PT. BRITMINDO terletak pada masalah persepsi, stereotipe dan etnosentrisme yang dimiliki oleh pada pemimpin ekspatriat.
Pengaruh Work-Life Balance dan Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Startup PT. XYZ Rachmawati, Alivia; Heru Susanto, Andi
Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Vol. 6 No. 2 (2024): Jurnal Manajemen dan Bisnis Madani Volume 6 No 2 2024
Publisher : Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Paramadina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51353/jmbm.v6i2.967

Abstract

Rendahnya work-life balance dan tinggi stres kerja pada pegawai yang bekerja di perusahaan startup yang memiliki dinamika kerja yang berbeda dibandingkan dengan perusahaan yang sudah settle, ini menjadi pemicu ketidakpuasan pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh work-life balance dan stres kerja terhadap kepuasan kerja pegawai startup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan jumlah sampel 78 responden. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Pengujian kualitas instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji asumsi klasik, sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa work-life balance berpengaruh positif signifikan dan stres kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai startup. Meskipun stres kerja secara parsial tidak memberikan pengaruh signifikan, namun secara simultan work-life balance dan stres kerja menunjukkan adanya pengaruh terhadap kepuasan kerja dengan nilai R-Square sebesar 14,8%. Analisis ini hanya dilakukan pada perusahaan startup di PT XYZ dan ruang lingkup sampel yang terbatas. Variabel yang digunakan hanya work-life balance dan stres kerja, serta hipotesis yang di hasilkan tidak sepenuhnya terbukti karena kondisi nyata perusahaan berbeda.

Page 1 of 1 | Total Record : 5