cover
Contact Name
Dodi Pramana
Contact Email
dodipramana@unimed.ac.id
Phone
+6281376717002
Journal Mail Official
judika_adp@unimed.ac.id
Editorial Address
Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL ADMINISTRASI DAN PERKANTORAN MODERN
ISSN : 23017813     EISSN : 28305590     DOI : https://doi.org/10.24114/judika.v11i2
Jurnal ini bertujuan untuk mencari artikel berkualitas untuk menjawab kebutuhan dalam meningkatkan pemahaman administrasi dan perkantoran modern. Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern (JUDIKA) memberikan tren terkini dalam pengetahuan dan aplikasi praktis di bidang administrasi dan perkantoran modern. JUDIKA menerima artikel di bidang (tidak terbatas pada) administrasi umum, pendidikan, manajemen, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen operasi, pemasaran, manajemen strategis, kewirausahaan, perilaku organisasi, manajemen strategis, perspektif akuntansi praktis, administrasi publik, dan lain-lain .
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 1 (2022): Jurnal Administrasi Perkantoran" : 5 Documents clear
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEAKTIFAN BERORGANISASI DAN KREATIVITAS MAHASISWA TERHADAP PEROLEHAN INDEKS PRESTASI MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN STAMBUK 2017 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Sapringga, Pegi Dodi
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 11 No 1 (2022): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v11i1.36471

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Jalan Williem Iskandar  Pasar V Medan Estate, yang dilaksanakan pada semester genap T.A 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran Stambuk 2017 berjumlah 101 orang. Untuk menentukan sampel digunakan teknik purposive sampling yaitu salah satu teknik non random sampling dimana pengambilan sampel dengan cara menetapkan ciri-ciri khusus   dan diperoleh sampel sebanyak 50 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan ialah observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisi  yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dan untuk membuktikan kebenaran hipotesis digunakan rumus Uji t dan Uji F.Dari hasil analisis uji t untuk variabel keaktifan berorganisasi diperoleh nilai thitung>ttabel (2,415>1,677) pada taraf signifikansi  = 5% atau sig 0,020<0,05. Hal ini berarti keaktifan berorganisasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikansi terhadap perolehan indeks prestasi mahasiswa. Untuk variabel kreativitas mahasiswa thitung>ttabel (2,546>1,677) pada taraf signifikansi  = 5% atau sig 0,014<0,05. Hal ini berarti kreativitas mahasiswa memiliki pengaruh yang positif dan signifikansi terhadap perolehan indeks prestasi mahasiswa. Dari hasil uji F diperoleh Fhitung>Ftabel sebesar (4,929>2,61) pada taraf signifikansi  = 5% atau  0,011<0,05. Dengan nilai Rsquare (R) sebesar 74,6%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keaktifan berorganisasi (X1) dan kreativitas mahasiswa (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Perolehan indeks prestasi mahasiswa (Y).
ANALISIS PENERAPAN AUTHENTIC ASSESMENT DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS XI MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA KEPEGAWAIAN T.A 2019/2020 Syahfitri, Tanti
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 11 No 1 (2022): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v11i1.36474

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan penilaian autentik dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar administrasi perkantoran kelas XI pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola kepegawaian SMK BM Panca Budi Medan.                 Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI administrasi perkantoran dengan jumlah sampel 45 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, penyebaran angket dan dokumentasi. Angket yang disebarkan sebanyak 25 item untuk angket Authentic Assesment dan 24 item untuk Kreativitas Siswa. Sebelum dilakukannya penelitian terlebih dahulu dilakukan uji coba validitas dan reliabilitas instrument penelitian yang dilaksanakan SMK BM Panca Budi Medan. Dapat dijelaskan bahwa hasil validitas angket Authentic Assesment dari 25 pertanyaan hanya 23 yang dapat dinyatakan valid dan terdapat 2 butir pertanyaan yang dinyatakan tidak valid dan untuk reliabilitas angket Authentic Assesment dengan hasil 0,791 maka dapat dikatakan reliabel. Sedangkan hasil validitas angket Kreativitas Siswa dari 24 butir pertanyaan hanya 21 pertanyaan yang dapat dinyatakan valid dan terdapat 3 butir pertanyaan yang dinyatakan tidak valid dan untuk reliablitas angket Kreativitas Siswa dengan hasil 0,874 maka dapat dikatakan reliabel. Kemudian dilakukan uji normalitas dengan hasil 0,460 > 0,05 dapat dikatakan bahwa data berdistribusi normal, linearitas  dengan hasil 1, 396 < 3,22 maka terdapat hubungan linear dan multikolinearitas dengan hasil nilai VIF 1,440 < 10 dan nilai Tolerance 0,826 > 0,1 maka tidak terjadi multikolinearitas. Teknik Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan uji hipotesis secara partial (Uji-t) uji hipotesis secara simultan (Uji-F) dan uji determinasi (R2)                 Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 47,043 + 0,360 X1 + 1,003 X2 Uji-t pada variabel bebas dengan hasil (3,548 X1 + 6,007 X2 > 1,682), hal ini menunjukkan bahwa thitung  > ttabel sedangkan hasil uji-F dengan nilai sebesar (52,485 > 3,22). Determinasi (R2) diperoleh R square sebesar 0,679. Bedasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa Authentic Assesmnet memiliki pengaruh terhadap hasil belajar administrasi perkantoran kelas XI pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola kepegawaian SMK BM Panca Budi Medan T.A 2019/2020.
HUBUNGAN KREATIVITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN PEMANFAATAN FASILITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020 Sari, Nova
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 11 No 1 (2022): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v11i1.36475

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan pemanfaatan fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan pemanfaatan fasilitas belajar dengan prestasi belajar siswa kelas XI OTKP SMK Negeri 6 Medan T.P 2019/2020.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2019 dengan jumlah populasi 105 orang yang terdiri dari 3 kelas dan sampel 51 orang dengan teknik pengambilan sampel secara random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket. Metode analisis yang digunakan adalah analisis korelasi linear berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) secara parsial untuk variabel kompetensi pedagogik diperoleh nilai thitung > ttabel sebesar (3,148 > 1,675) pada taraf signifikansi 5%, hipotesis diterima  yang menjelaskan bahwa X1 berhubungan secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y). 2) secara parsial untuk variabel penggunaan media pembelajaran diperoleh nilai thitung > ttabel sebesar (2,501 > 1,675) dengan signifikan 0,016 < 0,05 hal ini berarti hipotesis diterima yang menjelaskan bahwa X2 berhubungan secara positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar (Y). 3) secara simultan diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (16.191> 3,190) dengan signifikan 0,00 < 0,05 hai ini berarti hipotesis ketiga diterima yang menjelaskan ada hubungan yang positif dan signifikan secara simultan antara Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran (X1) dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar (X2) dengan Prestasi Belajar (Y).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI OTKP SMK Negeri 6 Medan T.P 2019/2020, dengan diperolehnya nilai R­2 sebesar 40% yang berarti bahwa variabel bebas yaitu kreativitas guru dalam proses pembelajaran (X1) dan pemanfaatan fasilitas belajar (X2) secara bersama-sama berhubungan dengan prestasi belajar sebesar 40% sedangkan sisanya 60% dipengaruhi variabel-variabel lain diluar penelitian ini. Maka hipotesis menyatakan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar dengan Prestasi Belajar kelas XI OTKP di SMK Negeri 6 Medan T.P 2019/2020 dapat diterima.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE DAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KORESPONDENSI SISWA KELAS X AP SMK N1 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Sundari, Suci
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 11 No 1 (2022): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v11i1.36476

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dan Make A Match  pada mata pelajaran Korespondensi di SMK Negeri 1 Medan tahun pelajaran 2019/2020.            Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP di SMK Negeri 1 Medan yang berjumlah 144 orang yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, Kelas X AP-1 (Eksperimen 1) berjumlah 36 orang dan X AP-2 (Eksperimen 2) berjumlah 36 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda soal dengan 4 pilihan jawaban dan  diuji dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.            Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen  1 sebesar 84,58 dengan standar deviasi sebesar 6,25. Sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 adalah sebesar 79,86 dengan standar deviasi 7,79. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk = n1 + n2 “ 2 pada taraf signifikan 95%. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,37 dan ttabel 1,6684. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,37 > 1,6684) maka hipotesis diterima.Dari hasil penelitian tesebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here dan model pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Korespondensi Siswa Kelas X AP SMK Negeri 1 Medan TP.2019/2020
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWERPOINT DENGAN VIDEO DAN ANIMASI TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI PERKANTORAN KELAS X DI SMK SWASTA JAMBI MEDAN T.P 2018/2019 Sakdiah, Sakdiah
Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 11 No 1 (2022): Jurnal Administrasi Perkantoran
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/judika.v11i1.36477

Abstract

Masalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran teknologi perkantoran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis powerpoint dengan video dan animasi terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran teknologi perkantoran  kelas x  di SMK Swasta Jambi Medan T.P 2018/2019. Hasil analisis data dengan hasil uji-t untuk variabel Media Pembelajaran Power Point (X1) t hitung > ttabel (3,959> 1,665) dan nilai sig (0,000< 0,05), untuk variabel Media Pembelajaran Video (X2) t hitung > ttabel (-2,070> 1,665) dan nilai sig (0,042< 0,05) dan variabel Media Pembelajaran Animasi (X3) t hitung > ttabel (10,332 > 1,665) dan nilai sig (0,000 < 0,05). untuk variabel Motivasi belajar (Y1) t hitung > ttabel (47,880 > 1,665) dan nilai sig (0,000 < 0,05).maka dari hasil tersebut  Fhitung  > Ftabel (1011,275> 3,12) dan nilai sig (0,000 < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Power Point, Media Pembelajaran Video dan Media Pembelajaran Animasi berpengaruh Positif dan Signifikan terhadap Motivasi dan Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran teknologi perkantoran  kelas x  di SMK Swasta Jambi Medan T.P 2018/2019.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 14 No 1 (2025): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 13 No 2 (2024): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 13 No 1 (2024): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 13, No 1 (2024): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modren Vol 12 No 2 (2023): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 12, No 2 (2023): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 12 No 1 (2023): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Administrasi Perkantoran Modren Vol 11, No 2 (2022): JURNAL ADMINISTRASI DAN PERKANTORAN MODERN Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 11 No 1 (2022): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 10, No 4 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 10 No 4 (2021): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 10 No 3 (2021): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 10, No 3 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 10 No 2 (2021): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 9, No 4 (2020): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 9 No 4 (2020): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 9 No 3 (2020): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 9, No 3 (2020): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 9 No 2 (2020): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 9 No 1 (2020): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 8, No 4 (2019): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 8 No 4 (2019): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 8, No 3 (2019): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 8 No 3 (2019): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 8 No 2 (2019): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern More Issue