cover
Contact Name
Rikie Kartadie
Contact Email
ojs@akakom.ac.id
Phone
+6282135469911
Journal Mail Official
ojs@akakom.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Janti (Majapahit) No. 143 Yogyakarta, 55198 Telp. (0274)486664
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Teknologi Informasi
ISSN : -     EISSN : 29624118     DOI : https://doi.org/10.26798/juti
Core Subject : Science,
JuTI "Jurnal Teknologi Informasi" provides a forum for research findings and reviews in the field of Computer Science and Technology that are considered relevant for national development. JuTI is an Open Access Journal with the primary objective of providing the academic and industrial community with original research submissions and applications related to Computer Science and Technology.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2023): Februari 2023" : 6 Documents clear
IMPLEMENTASI SAKTI (SISTEM ADMINISTRASI KESEHATAN TERINTEGRASI) PADA UPT PUSKESMAS AIR GEGAS Nurhayati Nurhayati; Akhiat Akhiat; Sammy Lazuardi Ginanjar; Dwi Yuny Sylfania; Fransiskus Panca Juniawan
JuTI "Jurnal Teknologi Informasi" Vol 1, No 2 (2023): Februari 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (615.434 KB) | DOI: 10.26798/juti.v1i2.740

Abstract

Pesatnya kemajuan teknologi informasi berdampak pada seluruh aspek kehidupan, salah satunya pada bidang Kesehatan. Dengan adanya teknologi informasi dapat dikembangkan sistem informasi untuk memudahkan dalam tata Kelola di puskesmas. Kondisi saat ini di UPT Puskesmas Air Gegas dimana dalam kegiatan keseharian masih menggunakan cara manual yakni dengan melakukan pencatatan pada media buku tulis. Penggunaan cara ini menimbulkan banyak kerugian, dan dapat diatasi dengan adanya system informasi. Penelitian ini mengusulkan pengembangan system informasi administrasi Kesehatan terintegrasi (SAKTI) yang dibangun dengan menggunakan model penelitian prototype yang terdiri dari lima tahapan, yakni Communication, Quick Plan, Modeling Quick Design, Construction of Prototype, dan Deployment, Delivery, and Feedback. Hasil dari penelitian berupa system SAKTI yang selanjutnya diuji kinerja fungsionalnya dengan menggunakan metode pengujian Blackbox. Hasil dari pengujian diketahui bahwa seluruh fungsi dari system SAKTI dapat berjalan dengan baik sesuai dengan kebutuhan.
RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI MENTORING MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL Arrio Saputra; Muhammad Agung Nugroho; Femi Dwi Astuti; Danny Kriestanto
JuTI "Jurnal Teknologi Informasi" Vol 1, No 2 (2023): Februari 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (631.116 KB) | DOI: 10.26798/juti.v1i2.811

Abstract

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) di Yayasan Hasnur Centre mengharuskan mentor menulis laporan kegiatan mentoring, Pada platform website kampus merdeka mitra/PIC/HR hanya dapat melihat laporan harian maupun mingguan dari para mahasiswa magang dan laporan mentor tidak dapat dilihat oleh mitra/PIC/HR sebagai pemegang akun mitra. Sehingga pada penelitian ini membuat website mentoring platform yang mana website ini akan digunakan untuk mencatat atau menuliskan kegiatan mentoring Yayasan Hasnur Centre  Quality Internship Program (YHC QuIP) kampus merdeka yang dilakukan oleh mentor setiap hari kerja serta melampirkan dokumentasinya. Mentoring platform ini mentor dapat menuliskan kegiatan mentoring yang hanya bisa dibuat satu kali sehari akan tetapi jika mentor lupa menuliskan kegiatan mentoring pada hari itu maka akan dibuat otomatis oleh sistem, akan tetapi kegiatan mentoring hanya dapat diedit atau diubah selama dua hari sebelumnya dan kegiatan mentoring hanya dapat dihapus pada hari itu juga. Aplikasi Mentoring platform mempermudah mentor dalam menulis aktivitas/laporan/jurnal serta mempermudah HR/mitra sebagai admin untuk melihat seluruh laporan para mentor karena data yang disimpan sudah terpusat  
IMPLEMENTASI VUFORIA PADA APLIKASI AUGMENTED-REALITY PEMBELAJARAN SISTEM TATA SURYA Laurentius Rezaldi; Muhammad Agung Nugroho; Pius Dian Widi Anggoro
JuTI "Jurnal Teknologi Informasi" Vol 1, No 2 (2023): Februari 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3723.662 KB) | DOI: 10.26798/juti.v1i2.805

Abstract

Augmented reality (AR) merupakan teknologi yang memiliki interaksi dengan mengintegrasikan benda nyata dan virtual untuk menampilkan objek 3D yang ditampilkan pada layar. Augmented reality memiliki cara kerja dengan melakukan pendeteksian citra atau gambar yang dikenal dengan marker, model pemanfaatannya dengan kamera smartphone kemudian melakukan deteksi pada marker yang telah dicetak. Augmented reality umum digunakan di bidang pendidikan sebagai media pembelajaran agar lebih menarik dan interaktif. Teknologi ini diujicobakan dalam media pembelajaran tata surya. Penerapan augmented reality dapat menampilkan objek berupa objek planet secara virtual dalam bentuk 3D dengan memanfaatkan gambar yang dijadikan marker. Marker yang dideteksi oleh kamera smartphone android memberikan output tampilan dalam bentuk objek 3D, tujuannya agar pengguna aplikasi dapat mengamati bentuk dan karakteristik planet secara secara realtime. Aplikasi augmented reality untuk pembelajaran sistem tata surya secara fungsional dapat berjalan dengan baik melalui pengujian blackbox pada setiap fiturnya
ANALISIS DAN PEMODELAN ANTREAN SISWA DENGAN PROMODEL PADA SMKN 3 GARUT Salman Fariz; Ridwan Setiawan; Fikri Fahru Roji
JuTI "Jurnal Teknologi Informasi" Vol 1, No 2 (2023): Februari 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.752 KB) | DOI: 10.26798/juti.v1i2.830

Abstract

Unit Layanan SMKN 3 Garut digunakan sebagai fasilitas dalam menyusun laporan Praktek Kerja Industri siswa. Penyusunan Laporan Praktek Kerja Industri (Prakerin) merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan setelah melaksanakan Kegiatan Prakerin. Banyaknya siswa yang menyusun Laporan Prakerin serta adanya keterbatasan Unit Layanan yang tersedia mengakibatkan terjadinya penumpukan antrean siswa yang ingin menyusun Laporan Prakerin. Tujuan dari penelitian ini adalah mensimulasikan model proses antreannya dengan menggunakan 3 Skenario untuk mendapatkan rekomendasi model yang dapat menyelesaikan antrean siswa. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan Metode Simulasi dengan disiplin antrean menggunakan metode First In First Out dan model sistem antreannya adalah Multiple Channel Single Phase dengan ProModel sebagai tools pemodelan. Penelitian ini tidak membahas mengenai spesifikasi komputer dan harga komputer yang digunakan dan direkomendasikan. Hasil dari penelitian ini berupa rekomendasi model simulasi usulan yang dapat memperbaiki sistem saat ini dengan jumlah 100 kelompok siswa yaitu Skenario 3 (Simulasi 2) dengan 14 Unit Layanan, serta rekomendasi model simulasi usulan untuk masa datang yaitu setiap 10 penambahan kelompok siswa dilakukan penambahan 2 Unit Layanan
PERBANDINGAN IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS++ DAN FUZZY C-MEANS PADA SEGMENTASI CITRA WAJAH Fitri Nuraeni; Helfy Susilawati; Yoga Handoko Agustin
JuTI "Jurnal Teknologi Informasi" Vol 1, No 2 (2023): Februari 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.617 KB) | DOI: 10.26798/juti.v1i2.722

Abstract

Dalam pengenalan wajah menggunakan metode pengolahan citra, dibutuhkan proses segmentasi citra agar dapat dilakukan proses analisis citra selanjutnya. Segmentasi citra dapat dilakukan dengan metode clustering yang memiliki beberapa algoritma berbasis centroid, seperti k-means dan fuzzy c-means. Algoritma k-means sendiri memiliki beberapa varian, salah satunya k-means++ dimana varian ini lebih cerdas dalam memilih inisial centroid dibanding k-means yang memilih inisial centroid secara acak. Algoritma fuzzy cmeans sendiri telah memiliki keunggulan dalam  engelompokan objek yang tersebar secara tidak teratur. Untuk mendapatkan segmentasi yang baik untuk pengenalan wajah, perlu dicari algoritma mana yang dapat menghasilkan segmentasi citra dengan kualitas baik. Sehingga pada penelitian ini, dilakukan penelitian ekspresimen dengan menggunakan citra wajah yang disegmentasi dengan algoritma k-means++ dan fuzzy c-means, kemudian dilakukan evaluasi menggunakan RSME, PSNR dan SSIM. Dari penelitian ini dihasilkan segmentasi citra dengan fuzzy c-means lebih baik dibandingkan hasil k-means++ berdasarkan nilai RSME, PSNR dan SSIM
IMPLEMENTASI METODE ANALYSIS GOMS PADA USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI GOJEK DAN GRAB Y.Yohakim Marwanta; Badiyanto Badiyanto; Okky Irianto
JuTI "Jurnal Teknologi Informasi" Vol 1, No 2 (2023): Februari 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (169.888 KB) | DOI: 10.26798/juti.v1i2.842

Abstract

Metode analisis GOMS (goals, operators, methods, dan selection rules) adalah metode untuk menganalisissuatu tugas (task) yang dikembangkan oleh Stuart Card, Thomas P., Moran and Allen Newell. Didalam me-tode GOMS, Goals berarti tujuan yang ingin dicapai oleh pengguna, operators berarti tindakan dasar yangharus dilakukan pengguna di dalam menggunakan sistem, methods berarti cara-cara yang dapat dilakukanuntuk mencapai tujuan dengan menggunakan operators yang ada, dan selection rules berarti pilihan metodeyang digunakan. Aplikasi Grab dan Gojek adalah salah satu aplikasi yang bergerak dibidang transportasi,makanan dan jasa (kurir). Penelitian ini mencoba mencari tahu segi kecepatan dan efisiensi antara aplikasiGojek dan Grab menggunakan metode GOMS Analisis dengan Teknik KLM (Keystroke Level Model) yangdiujikan kepada 3 aspek dari kedua aplikasi yaitu Goride, Gocar, Gofood pada aplikasi Gojek dan GrabBike,GrabCar, GrabFood pada aplikasi Grab. Tujuannya adalah untuk mengetahui manakah yang lebih cepatdan efisien antara kedua aplikasi tersebut dalam pemesanan layanan kendaraan dan makanan. Hasil da-ri penelitian ini adalah sebuah kesimpulan mengenai 3 aspek yang telah diteliti sebelumnya dalam bentuksebuah tabel pengamatan yang dapat digunakan oleh perusahaan sebagai pertimbangan dalam melakukanpengembangan aplikasi di kemudian hari.

Page 1 of 1 | Total Record : 6