cover
Contact Name
Rikie Kartadie
Contact Email
ojs@akakom.ac.id
Phone
+6282135469911
Journal Mail Official
ojs@akakom.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Janti (Majapahit) No. 143 Yogyakarta, 55198 Telp. (0274)486664
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Teknologi Informasi
ISSN : -     EISSN : 29624118     DOI : https://doi.org/10.26798/juti
Core Subject : Science,
JuTI "Jurnal Teknologi Informasi" provides a forum for research findings and reviews in the field of Computer Science and Technology that are considered relevant for national development. JuTI is an Open Access Journal with the primary objective of providing the academic and industrial community with original research submissions and applications related to Computer Science and Technology.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2024): Agustus 2024" : 8 Documents clear
IMPLEMENTASI DESIGN THINKING UNTUK PERANCANGAN UI/UX APLIKASI ONE COLLECTING AGENT (OCA) Pujastuti, Eli; Nurmasani, Atik; Widayani, Wiwi; Farida, Lilis Dwi; Widjiati, Nur; Kusumaningrum, Andi Sutra
Jurnal Teknologi Informasi Vol 3, No 1 (2024): Agustus 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26798/juti.v3i1.1405

Abstract

Aplikasi One Collecting Agent (OCA) adalah sebuah aplikasi yang dibangun untuk mempermudah pengumpulan data pengelolaan Pajak Penghasilan (PPh) kegiatan Perguruan Tinggi untuk PPh 21, PPh 23, dan PPh 4 Ayat 2 khususnya di Universitas ABC. Dimana, pengelolaan PPh tersebut masih dilakukan dengan bantuan google spreadsheet yang menimbulkan adanya permasalahan seperti, tampilan lembar kerja di dalam spreadsheet berbentuk tabel menyamping membuat pengguna mengalami kesulitan dalam pengisian data yang mengakibatkan ketidakefektifan pengoperasian dan kinerja pengguna. Oleh karena itu, diperlukan adanya sebuah perancangan UI/UX dan frontend berbasis website untuk memberikan tampilan lembar kerja yang lebih nyaman dan optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan perancangan UI/UX dan frontend aplikasi One Collecting Agent (OCA) dengan menerapkan metode Design Thinking agar dapat memenuhi tampilan desain antar muka yang dibutuhkan dan diinginkan pengguna.  Metode Design Thinking adalah metode yang berpusat pada manusia untuk memecahkan masalah yang muncul dari pengguna. Metode ini memiliki 5 tahap, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Tahap empathize merupakan tahap mencari permasalahan dan kebutuhan pengguna. Tahap define dan ideate merupakan tahap menentukan masalah dan merancang ide solusi.  Tahap prototype adalah tahap mengimplementasikan ide solusi ke dalam tampilan desain. Tahap test dilakukan dengan pengujian prototype kepada 30 responden menggunakan metode System Usability Scale (SUS) yang diperoleh hasil 75 dengan kategori Excellent, Acceptable, dan grade scale C.  Hasil penelitian ini adalah perancangan UI/UX dan frontend aplikasi One Collecting Agent (OCA) menggunakan metode Design Thinking yang dapat memenuhi tampilan desain antar muka yang dibutuhkan dan diinginkan pengguna.
PENGARUH FEATURE SELECTION DAN FEATURE EXTRACTION DALAM PENINGKATAN AKURASI KLASIFIKASI KEBAKARAN HUTAN Armaya, Andi Muhammad Rafli
Jurnal Teknologi Informasi Vol 3, No 1 (2024): Agustus 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26798/juti.v3i1.1039

Abstract

Kebakaran hutan menjadi salah satu bencana yang menyebabkan kerugiaan yang sangat besar khususnya untuk lingkungan. Kebakaran hutan melepaskan sejumlah besar karbon dioksida, nitrogen oksida, belerang dioksida, dan gas rumah kaca lain yang mendorong terjadinya pemanasan global. Maka untuk menlakukan pencegahan dan meminimalisir dampak dari kebakaran hutan kita dapat melakukan data mining dengan cara klasifikasi. Dalam penelitian ini dilakukan beberapa algoritma antara lain decision tree (C4.5), logistic regression, neural network dan naïve bayes untuk meningkatan tingkat akurasi dan setelah mendapatkan algoritma yang baik, maka dilakukan feature selection dan feature extraction untuk meningkatkan akurasi algoritma tersebut.
Aplikasi E-marketplace Agribisnis Berbasis Website pada Desa Cucukan Irwanto, Bagas; Nugroho, Agung; Fajri, Ika Nur
Jurnal Teknologi Informasi Vol 3, No 1 (2024): Agustus 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26798/juti.v3i1.1388

Abstract

Perkembangan ekonomi digital yang dipicu oleh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah membawa perubahan signifikan, termasuk dalam sektor agribisnis. Sistem ini dibangun menggunakan metode penelitian waterfall, bahasa pemrograman PHP, Framework Laravel, basis data MySQL, dan di dilengkapi fitur payment gateway sebagai metode pembayaran di dalam marketplace yang dibangun, diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat bermanfaat dan menumbuhkan inovasi-inovasi baru di bidang agribisnis. Sistem ini dirancang untuk memfasilitasi penjualan hasil panen petani dan peternak secara online, sehingga dapat meningkatkan efisiensi transaksi dan mengurangi kesalahan dalam pengelolaan penjualan. Sistem ini tidak hanya mempermudah proses penjualan dan pembelian, tetapi juga berpotensi mengurangi selisih harga antara pasar dan petani dengan menyediakan platform transaksi yang kompetitif dan transparan. Selain itu, dengan fitur-fitur yang user-friendly, diharapkan aplikasi ini dapat diakses dan digunakan di berbagai perangkat. E-marketplace untuk meningkatkan kinerja penjualan dan juga mendukung kesejahteraan petani melalui proses penjualan dan pembelian yang lebih efisien dan transparan.
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN (SIK) DI DISTRIK NAVIGASI KELAS 1 PALEMBANG MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) Nadiansyah, Firman; Sitohang, Fransiska Prihatini
Jurnal Teknologi Informasi Vol 3, No 1 (2024): Agustus 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26798/juti.v3i1.1026

Abstract

Distrik Navigasi Kelas 1 Palembang menggunakan aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian (SIK) yang dibangun oleh Kementrian Perhubungan Laut yang diapakai seluruh UPT Dinas Perhubungan untuk mengelola data pegawai seperti data pribadi yang mencakup nama, alamat, riwayatpemangkatan, pengangkatan, riwayat pekerjaan, riwayat mutasi, riwayat pendidikan, dan juga mempermudah Admin istem Informasi Kepegawaian (SIK) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengambil data pegawai terkait masalah kebutuhan usulan diklat. Metode yang digunakan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna adalah End User Computing Satisfaction (EUCS) yang terdiri dari lima variabel, yaitu Content, Accuracy, Format, Ease of Use, dan Timeliness. Untuk pengolahan data yang didapatkan dari kuesioner dikumpulkan mengggunakan Google Form dan diolah menggunakan aplikasi Statistical Product and Service (SPSS). Hasil dari penelitian ini dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi Sistem Informasi kepegawaian (SIK) pada Distrik Navigasi Kelas 1 Palembang
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KARYAWAN TERBAIK DI SUKU DINAS SUMBER DAYA AIR JAKARTA TIMUR MENGGUNAKAN METODE AHP BERBASIS JAVA Fadly, Zoel; Abadi, Laksana Prio; Cleopatra, Maria
Jurnal Teknologi Informasi Vol 3, No 1 (2024): Agustus 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26798/juti.v3i1.1050

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sistem pendukung keputusan yang dapat membantu proses pengambilan keputusan karyawan terbaik menggunakan metode AHP pada Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur Metode AHP digunakan untuk menentukan keputusan dengan perhitungan bobot kriteria dan subkriteria untuk mendapatkan karyawan terbaik. Sitem tersebut menggunakan Bahasa pemrograman Java serta menggunakan IDE Netbeans. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu proses pengambilan keputusan dengan lebih tepat serta efisien.  Kata kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Karyawan Terbaik, AHP, Java
Perancangan Aplikasi Edukasi Pencegahan Kebakaran Rumah Berbasis Android Dengan Metode Linear Congruential Generator Al Ghifari, Mohammad Fariz
Jurnal Teknologi Informasi Vol 3, No 1 (2024): Agustus 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26798/juti.v3i1.991

Abstract

Perancangan aplikasi edukasi pencegahan kebakaran rumah berbasis Android dengan metode Linear Congruential Generator (LCG) untuk pengacakan soal pada menu kuis. Kebakaran merupakan bencana yang sering terjadi dan memiliki potensi bahaya besar bagi masyarakat. Aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya kebakaran dan cara mencegahnya melalui edukasi yang mudah diakses. Aplikasi ini menggunakan metode LCG untuk pengacakan urutan soal dalam menu kuis, sehingga setiap pengguna mendapatkan urutan soal yang berbeda dalam setiap sesi. Materi edukasi meliputi penjelasan tentang kebakaran, cara mitigasi dan pencegahan kebakaran rumah, serta tata cara menanggulangi kebakaran jika terjadi. Hasil penelitian ini adalah aplikasi edukasi yang menarik dan informatif, memberikan kemudahan bagi pengguna untuk memahami pencegahan kebakaran dan menguji pengetahuannya melalui menu kuis yang teracak. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan kebakaran dan mengurangi risiko terjadinya kebakaran rumah.
Sistem Informasi Inventaris Data Barang Di PT. RVM Dengan Metode Apriori Berbasis Java Danuatama, Yordi; Julizal, Julizal; Hidayah, Muslihatul
Jurnal Teknologi Informasi Vol 3, No 1 (2024): Agustus 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26798/juti.v3i1.1029

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah mempermudah pekerjaan karyawan di PT.RVM dalam mengelola data inventaris barang masuk dan barang keluar sehingga dapat terselesaikan secara lebih cepat, tepat, dan efisien. Metode algoritma yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode algoritma apriori. Sistem informasi inventaris data barang ini akan diterapkan menggunakan sistem informasi berbasis Java. Program ini dibuat dengan menggunakan software Java Netbeans, XAMPP dan database MySQL. Setelah dilakukan pengujian ternyata aplikasi inventaris berbasis komputerisasi dapat melakukan pengolahan data dan tidak lagi manual, dapat merekomendasikan barang apa yang harus dibeli / distock oleh perusahaan dan dapat melakukan check data barang secara real time.
Pengaruh Pemblokiran Media Sosial Dengan Mikrotik Terhadap Waktu Belajar Malam di Asrama Bogani Yogyakarta Lasabuda, Arwandy; Prayitna, Adiyuda
Jurnal Teknologi Informasi Vol 3, No 1 (2024): Agustus 2024
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat - Universitas Teknologi Digital Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26798/juti.v3i1.1381

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh pemblokiran situs game online dan media sosial menggunakan MikroTik dengan metode Layer 7 Protocol terhadap waktu belajar malam mahasiswa atau Kelompok Belajar Mahasiswa Bogani (KBMB) di Asrama Bogani Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian Ex-Post Facto atau Pengukuran sebelum dan sesudah kejadian. Sampel penelitian terdiri dari 22 mahasiswa yang tinggal di Asrama Bogani Yogyakarta. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan langkah-langkah seperti Observasi, kuesioner/angket yang di lakukan menggunakan Google Form dan Dokumentasi, selain itu topologi jaringan awal yang digunakan di Asrama Bogani merupakan topologi star dan topologi ini merupakan standar dari pemasangan ISP (indihome). Metode ini dipergunakan karena penelitian ini berusaha untuk menemukan ada tidaknya pengaruh antara pengaruh game online/Media sosial terhadap minat belajar mahasiswa Asrama Bogani Yogyakarta. hasil analisis terdapat perbedaan minat belajar, yaitu sebelum menerapkan pemblokiran penghuni Asrama bogani memperoleh nilai rata-rata sebesar 23,909 dan mengalami peningkatan nilai sebesar 34 setelah menerapkan pemblokiran situs game online dan media sosial pada jam belajar malam. Penerapan pemblokiran dengan layer 7 protocol pada mikrotik ini, terdapat pengaruh positif terhadap penghuni Asrama untuk mengikuti Kegiatan belajar malam di Asrama Bogani Yogyakarta.

Page 1 of 1 | Total Record : 8