Jurnal Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi
Sub Rumpun ILMU EKONOMI Ekonomi Pembangunan Akuntansi Ekonomi Syariah Perbankan Perpajakan Asuransi Niaga (Kerugian) Notariat Bidang Ekonomi Lain Yang Belum Tercantum Sub Rumpun ILMU MANAJEMEN Manajemen Manajemen Syariah Administrasi Keuangan (Perkantoran, Pajak, Hotel, Logistik, Dll) Pemasaran Manajemen Transportasi Manajemen Industri Manajemen Informatika Kesekretariatan Bidang Manajemen Yang Belum Tercantum
Articles
15 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 1 No. 2 (2022): Oktober : Jurnal Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi"
:
15 Documents
clear
Penyuluhan Fisioterapi Mengenai Cedera Ankle Sprain Pada Atlet Voli Di Komunitas Sonik Universitas Muhammadiyah Surakarta
Ulfa Kumala;
Alifah Athiyaturrofi;
Tri Mukti Handayani;
Wahyu Tri Sudaryanto
Jurnal Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi Vol. 1 No. 2 (2022): Oktober : Jurnal Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas 45 Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (132.735 KB)
|
DOI: 10.30640/jumma45.v1i2.292
Ankle sprain injury is a musculoskeletal injury that often occurs in sports athletes. Most of these injuries are minor and can be managed by self-medication at home with proper care. Therefore, it is necessary to carry out socialization and education related to the management of ankle sprain injuries in the community. This activity aims to increase the understanding of community members regarding the correct handling of ankle sprains. The method chosen to deliver this activity is by direct lectures and using posters and leaflets as media. Evaluation of the level of understanding of community members was carried out using a post-test sheet consisting of 10 true and false choices. Counseling and education related to ankle sprain injuries had a good impact in increasing the knowledge of members of the UMS SONIK volleyball court community.
PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN KUALITAS PELAYANAN MELALUI KEPUTUSAN PEMBELIAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA APLIKASI SHOPEE
Dewi Irana Sari;
Hasyim Hasyim
Jurnal Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi Vol. 1 No. 2 (2022): Oktober : Jurnal Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas 45 Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (155.453 KB)
|
DOI: 10.30640/jumma45.v1i2.294
This study is a quantitative study that aims to determine the influence of Brand Ambassador and Service Quality through Purchase Decisions on Customer Loyalty on the Shopee Application. The data collection technique was carried out using a Likert-scale questionnaire distributed online on Google Forms. The sampling technique used purposive sampling with a sample of 100 respondents, namely consumers or market users. The analysis technique used is Path Analysis. Then the results obtained that Brand Ambassador and Service Quality have a positive effect on Purchase Decisions, Purchase Decisions have a positive effect on Customer Loyalty. However, Brand Ambassadors on Customer Loyalty through Purchase Decisions have a greater influence than the direct influence of Brand Ambassadors on Purchase Decisions. So that the Purchase Decision can be said to have succeeded in becoming an intervening variable between Brand Ambassadors and Loyalty. Service Quality on Customer Loyalty has a greater influence than through Purchase Decisions. This means that consumers will be loyal or not to the product not because of the purchase decision made but because of the quality of service and the expectations that make them feel so that it can lead to customer loyalty.
PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, RATING DAN INFLUENCER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIAN CASUAL PADA MARKETPLACE
Sonie Mahendra;
Primasatria Edastama
Jurnal Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi Vol. 1 No. 2 (2022): Oktober : Jurnal Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas 45 Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (185.166 KB)
|
DOI: 10.30640/jumma45.v1i2.317
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mengeksplorasi bagaimana keputusan pembelian pakaian casual yang dipengaruhi oleh online customer review, rating dan influencer pada marketplace. Penelitian ini menggunakan pendekatan kausalitas yaitu untuk menjelaskan pengaruh antar variabel. Penelitian ini menggunakan metode survey sebagai teknik pengumpulan data, dengan kuesioner sebagai alat instrumen dan disebarkan secara online. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 pengguna aplikasi yang sudah pernah melakukan pembelian di marketplace. Metode analisis yang digunakan adalah Structual Equation Model (SEM). Dalam penelitian ini ditemukan bahwa online customer review dan rating merupakan faktor yang dapat berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace. Sedangkan influencer tidak menjadi faktor yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace. Berdasarkan pada hasil penelitian ini marketplace perlu meningkatkan penggunaan online customer review dan rating agar mempermudah konsumen dalam mencari informasi-informasi mengenai produk. Dan sebaiknya marketplace harus lebih mempertimbangkan dalam hal menggunakan review dan rating untuk tidak hanya pada produk yang dijual saja tetapi juga dalam segi layanan. Lalu apabila marketplace ingin meningkatkan keputusan pembelian konsumennya, maka harus mempertimbangkan kredibilitas dan daya tarik (attractiveness) dalam menentukan influencer yang dipilih sehingga konsumen memiliki kepercayaan kuat terhadap informasi yang disampaikan sehingga dapat membangun keputusan pembelian.
PENGARUH GRATIS ONGKIR, FLASH SALE, DAN CASHBACK ATAS PEMBELIAN IMPULSIF YANG DIMEDIASI EMOSI POSITIF
Andina Wulandari, Dinar;
Primasatria Edastama
Jurnal Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi Vol. 1 No. 2 (2022): Oktober : Jurnal Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas 45 Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (165.737 KB)
|
DOI: 10.30640/jumma45.v1i2.320
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami hal yang dapat mendorong melakukan pembelian impulsif dipengaruhi oleh promosi penjualan seperti gratis ongkir, flash sale, dan cashback dengan disertai emosi positif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 125 pengguna aplikasi Shopee yang telah melakukan transaksi pembelian produk fesyen luxury brand di Shopee Mall minimal dua kali dalam tiga bulan terakhir, dengan usia 20-35 tahun, dan bedomisili di DKI Jakarta. Metode analisis yang digunakan yaitu Structural Equation Model (SEM). Dalam penelitian ini ditemukan bahwa gratis ongkir dan flash sale mempengaruhi emosi positif dan pembelian impulsif. Namun cashback tidak memiliki mempengaruhi baik emosi positif maupun pembelian impulsif. Kemudian emosi positif dapat mempengaruhi pembelian impulsif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Shopee Mall mempertahankan promosi penjalan seperti gratis ongkir dan penjualan kilat karena pada penelitian ini mampu membuktikan dapat menimbulkan emosi positif dan pembelian impulsif. Kemudian pembelian impulsif dipengaruhi emosi positif, artinya penjualan kilat dapat mengembangkan promosi penjualan lainnya yang juga akan memberikan emosi positif kepada konsumen. Diharapkan shopee terus mempertahakan program promosi penjualan tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen ketika melakukan transaksi pembelian.
DETERMINANT FACTORS OF COMPANY RISK DISCLOSURE
Anggy Ninu Pradana;
Sri Wahyuni;
Novi Dirgantari;
Rina Mudjiyanti
Jurnal Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi Vol. 1 No. 2 (2022): Oktober : Jurnal Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas 45 Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1084.571 KB)
|
DOI: 10.30640/jumma45.v1i2.321
Pengungkapan risiko perusahaan merupakan bagian dari informasi yang dimuat dalam catatan atas laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh faktor determinan pengungkapan risiko perusahaan, antara lain dewan komisaris independen, kualitas auditor eksternal, kompetisi, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap pengungkapan risiko perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2021. Metode pengambilan sampel yag digunakan puposive sampling, dan diperoleh 75 sampel. Data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, diuji menggunakan Statistik Ilmu Sosial (SPSS) versi 23. Kemudian data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan tahunan lengkap periode 2018-2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas auditor eksternal dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap pengungkapan risiko perusahaan. Variabel kompetisi berpengaruh negatif terhadap pengungkapan risiko perusahaan. Sedangkan variabel dewan komisaris independen dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan risiko perusahaan. Keterbatasan ini adalah kurangnya orang dalam melakukan content analysis, proses ini harus dilakukan oleh lebih dari satu orang. Hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi ilmiah untuk penelitian lebih lanjut tentang faktor-faktor penentu praktik pengungkapan risiko.
THE INFLUENCE OF SALES GROWTH, PROFITABILITY, DIVIDEND POLICY, AND LIQUIDITY TOWARD CHANGES IN PROFIT
Zhafira Indiansyah;
Sri Wahyuni;
Eko Hariyanto;
Nur Isna Inayati
Jurnal Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi Vol. 1 No. 2 (2022): Oktober : Jurnal Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas 45 Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1265.711 KB)
|
DOI: 10.30640/jumma45.v1i2.322
Perkembangan pasar kian mendunia menyebabkan persaingan usaha di Indonesia semakin ketat. Tingkat perolehan laba merupakan salah satu tolak ukur yang sering digunakan untuk mengukur keberhasilan kinerja perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan secara empiris pengaruh pertumbuhan penjualan, profitabilitas, kebijakan dividen, dan likuiditas terhadap perubahan laba. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 72 sampel yang memenuhi kriteria. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dan menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pertumbuhan penjualan dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap perubahan laba. Variabel likuiditas berpengaruh negatif terhadap perubahan laba, sedangkan variabel kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap perubahan laba. Penelitian ini memberikan kontribusi keilmuan berupa wawasan tentang beberapa pengaruh faktor perubahan laba dalam perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. BANK MANDIRI PERSERO TBK, DI JAKARTA SELATAN
Yandi Asmana
Jurnal Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi Vol. 1 No. 2 (2022): Oktober : Jurnal Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas 45 Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (584.014 KB)
|
DOI: 10.30640/jumma45.v1i2.323
Tujuan penelitian ini adalah Menguji dan menganalisis pengaruh Pemanfaatan Sistem Informasi Akuntansi, Kualitas Sistem Informasi Akuntansi, Keamanan Sistem Informasi Akuntansi dan Sarana Pendukung Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kinerja karyawan PT. Bank Mandiri Persero TBK. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 responden yang merupakan keseluruhan dari populasi penelitian yaitu karyawan PT. Bank Mandiri Persero TBK. Analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas serta uji autokorelasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji parsial (uji t), serta uji koefisien determinan. Berdasarkan hasil analisis data membuktikan bahwa; Pemanfaatan sistem informasi akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Bank Mandiri Persero TBK; Kualitas sistem informasi akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Bank Mandiri Persero TBK; Keamanan sistem informasi akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Bank Mandiri Persero TBK; Sarana pendukung system informasi akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Bank Mandiri Persero TBK. Hasil uji R2 menunjukkan bahwa variable pemanfaatan sistem informasi akuntansi, kualitas sistem informasi akuntansi, keamanan sistem informasi akuntansi dan sarana pendukung sistem informasi akuntansi mampu menjelaskan terhadap variabel kinerja karyawan sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, ECONOMIC VALUE ADDED DAN RETURN ON INVESTMENT TERHADAP RETURN SAHAM
Noramita, Noramita;
Hesty Ervianni Zulaecha;
Hamdani, Hamdani;
Seleman Hardy Yahawi
Jurnal Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi Vol. 1 No. 2 (2022): Oktober : Jurnal Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas 45 Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (243.379 KB)
|
DOI: 10.30640/jumma45.v1i2.324
The purpose of this study was to determine the effect of company size, leverage, economic value added and return on investment on stock returns in food and beverage companies listed on the Indonesia Stock Exchange (BEI). The research time periodused is 8 years, namely the 2014-2021 period. The study population includes food and beverage companies listed on the Indonesia Stock Exchange (BEI) for the 2014-2021 period. The sampling technique was using purposive sampling technique. Based on the predetermined criteria, 9 companies were obtained. The type of data used si secondary data obtained from the Indonesia Stock Exchange website and the official website of the sample companies. The analysis method used is panel data regression analysis. The results showed that company size had no effect on stock returns, Leverage had a positive effect on stock returns, Economic value added had no effect on stock returns, and Return on investment had an effect on stock returns.
PENGARUH TINGKAT HUTANG, BOOK TAX DIFFERENCE, VOLATILITAS PENJUALAN DAN LAVERAGE TERHADAP PERSISTENSI LABA
Nurpadlillah Nurpadlillah;
Hesty Ervianni Zulaecha;
Hamdani Hamdani;
Sigit Budi Santoso
Jurnal Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi Vol. 1 No. 2 (2022): Oktober : Jurnal Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas 45 Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (798.335 KB)
|
DOI: 10.30640/jumma45.v1i2.325
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Debt Level, Book Tax Difference, Sales Volatility, dan leverage pada perusahaan Manufaktur subsektor Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jangka waktu penelitian yang digunakan adalah 6 tahun yaitu periode 2016-2021. Populasi penelitian ini adalah perusahaan Manufaktur subsektor Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2021. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan diperoleh 10 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel yang didukung oleh program Eviews 9.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat Hutang berpengaruh terhadap Persistensi Laba, sedangkan Volatilitas Penjualan Perbedaan Pajak Buku dan Leverage menunjukkan secara bersama-sama tidak berpengaruh terhadap Persistensi Laba.
Pengaruh Kebijakan Dividen, Dewan Komisaris Independen, Corporate Social Responsibility, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan
Nurul Rahmawati;
Dirvi Surya Abbas;
Imam Hidayat;
Triana Zuhrotun Aulia
Jurnal Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi Vol. 1 No. 2 (2022): Oktober : Jurnal Mahasiswa Manajemen dan Akuntansi
Publisher : Fakultas Ekonomi Universitas 45 Surabaya
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1263.247 KB)
|
DOI: 10.30640/jumma45.v1i2.326
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kebijakan dividen, dewan komisaris independen, tanggung jawab sosial perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jangka waktu penelitian yang digunakan adalah 5 tahun yaitu periode 2017-2021. Populasi penelitian ini meliputi seluruh perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan diperoleh 18 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari website Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik data panel yang didukung oleh aplikasi program Eviews. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan dividen, tanggung jawab sosial perusahaan, dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dewan komisaris independen berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dan kebijakan dividen, dewan komisaris independen, tanggung jawab sosial perusahaan, dan profitabilitas secara bersama-sama berpengaruh terhadap nilai perusahaan. . Kata kunci: nilai perusahaan, kebijakan dividen, dewan komisaris independen, tanggung jawab sosial perusahaan, dan profitabilitas.