cover
Contact Name
Ade Fitri Amalia
Contact Email
afitriamalia11@gmail.com
Phone
+6285730577318
Journal Mail Official
solidarity@iain-jember.ac.id
Editorial Address
https://solidarity.iain-jember.ac.id/index.php/solid/submissions
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Solidarity: Journal of Social Studies
ISSN : -     EISSN : 27751821     DOI : 10.35719/solidarity.v1i1
Core Subject : Education, Social,
SOLIDARITY: Journal of Social Studies diterbitkan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada kajian IPS, baik kajian literatur maupun kajian lapang yang diterbitkan dalam Bahasa Indonesia dengan dua abstrak: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jurnal ini terbit dua kali setahun, Juni dan Desember. Kami mengundang para peneliti, dosen, mahasiswa, guru, profesional, dan siapa saja untuk berbagi pengetahuan dalam bentuk naskah penelitian teorisitis dan empiris tentang IPS.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2021): SOLIDARITY: Journal of Social Studies" : 5 Documents clear
Bimbingan Konseling Sosial Bagi Anak Putus Sekolah di Desa Naileu Provinsi Nusa Tenggara Timur Yenry Pellondou; Selvin Sandra Ba'ik; Friandy Windisany Thoomaszen
SOLIDARITY: Journal of Social Studies Vol. 1 No. 1 (2021): SOLIDARITY: Journal of Social Studies
Publisher : SOLIDARITY: Journal of Social Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (795.354 KB)

Abstract

The purpose of this study was to determine the extent of the counseling guidance function (social) for School Drop Outs, in the Naileu Village. Using qualitative research methods, the research informants were Guidance and Counseling Teachers and 3 school dropouts, with guidelines for observation, interviews, home visits, and documentation. The validity of the data is tested by triangulation. Data were analyzed using data reduction, data presentation, and verification. Thus, it was found that (1) children drop out of school due to lack of harmony in the household, the desire of children to be able to help parents to meet household needs, feelings of shame arising from the age of children over the age of their friends, and feeling lazy because of the distance between homes and schools that are far away and have a minimum public transportation. (2) In addition, in carrying out their duties, counseling guidance teachers are tasked with finding out the factors that cause children to drop out of school through home visit activities. After that the guidance teacher does guidance, guides parents and students to change the wrong mindset by providing motivation that education is important for the child's future. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana Fungsi Bimbingan Konseling (sosial) bagi Anak Putus Sekolah, di Desa Naileu. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, informan penelitian adalah guru bimbingan dan konseling dan 3 anak putus sekolah, dengan pedoman observasi, wawancara, home visit, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Maka, ditemukan bahwa (1) anak putus sekolah karena kurang keharmonisan dalam rumah tangga, keinginan anak agar bisa membantu orangtua demi memenuhi kebutuhan rumah tangga,  perasaan malu yang timbul akibat usia anak melebih usia teman-temannya, dan perasaan malas karena jarak antara rumah dan sekolah yang jauh serta miminya transportasi umum.(2) Selain itu dalam menjalankan tugasnya guru bimbingan konseling bertugas untuk mencari tahu faktor penyebab anak putus sekolah melalui kegiatan home visit. Setelah itu guru bimbingan melakukan bimbingan, menuntun orangtua dan siswa untuk mengubah pola pikir yang keliru dengan memberikan motivasi bahwa pendidikan penting bagi masa depan anak. Kata Kunci:Bimbingan dan Konseling Sosial, Anak Putus Sekolah.
Peran Orang Tua Terhadap Anak-Anak Gifted Erly Oviane Malelak; Joris Taneo
SOLIDARITY: Journal of Social Studies Vol. 1 No. 1 (2021): SOLIDARITY: Journal of Social Studies
Publisher : SOLIDARITY: Journal of Social Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (557.007 KB)

Abstract

The research objective is to describe the role of parents towards gifted children. The type of research used is qualitative. The research subjects were 6 parents of gifted students. The data collection instruments used were interviews, observation and documentation study. The results showed that the role of parents includes love, nutrition and nutrition, and stimuli given from prenatal to childhood. Affection in the form of full attention, creates a comfortable atmosphere, accompanies and helps children learn. Nutrients and nutrients in the form of nuts, eggs, green vegetables, meat, fish, fruit, and exclusive breastfeeding for 2 - 3.5 years. The stimulus given is listening to music, reading, communicating verbally and non-verbally through touching or lightly stroking the mother's stomach that is done by the father and mother when the mother is pregnant, singing, inviting the fetus to talk, and inviting the fetus to pray.   Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan bagaimana peran orang tua terhadap anak-anak gifted. Jenis penelitian yang digunakan ialah kualitatif. Subjek penelitian ialah orang tua siswa gifted yang berjumlah 6 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua meliputi kasih sayang, gizi dan nutrisi, dan stimulus yang diberikan sejak masa prenatal hingga masa kanak-kanak. Kasih sayang berupa perhatian penuh, menciptakan suasana nyaman, menemani dan membantu anak belajar. Gizi dan nutrisi berupa kacang-kacangan, telur, sayuran hijau, daging-dagingan, ikan, buah, dan ASI ekslusif hingga 2 - 3,5 tahun. Stimulus yang diberikan yakni memperdengarkan musik, membaca, berkomunikasi verbal dan non verbal melalui sentuhan atau elusan-elusan kecil pada perut ibu yang dilakukan ayah dan ibu ketika ibu mengandung, berdendang, mengajak janin berbicara, dan mengajak janin berdoa.   Kata Kunci: peran, orang tua, anak-anak gifted
Hubungan Peran Orang Tua Sebagai Model Dengan Perilaku Disiplin Mahasiswa Jurusan Pastoral Konseling STAKN Kupang Rini Meitri Tube; Delsylia Tresnawaty Ufi
SOLIDARITY: Journal of Social Studies Vol. 1 No. 1 (2021): SOLIDARITY: Journal of Social Studies
Publisher : SOLIDARITY: Journal of Social Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (764.339 KB)

Abstract

ABSTRACT   The role model of parents is inportant in shaping disciplinary behavior through mentoring, communication, giving trust, supervision, motivation and directing self-discipline. This study is to determine whether there is a relationship between the role of parents as a model and disciplinary behavior of students majoring in Pastoral Counseling STAKN Kupang. This research is a population study with a total of 67 students of the Department of Pastoral Counseling Semester IV STAKN Kupang. Product-moment correlation was used to analyze data. The result is the relationship between the roles of parents as a model with the disciplinary behavior of students of the Department of Pastoral Counseling Semester IV STAKN Kupang amounting to 41.9% with the "medium" category with a positive direction.   ABSTRAK Pentingnya model peranan orang tua untuk membentuk perilaku disiplin lewat pendampingan, jalinan komunikasi, memberi kepercayaan, pengawasan, memberi motivasi dan mengarahkan disiplin diri, Penelitian ini untuk mengetahui adakah  hubungan antara peran orang tua sebagai model dengan perilaku disiplin mahasiswa jurusan Pastoral Konseling STAKN Kupang. Penelitian ini adalah penelitian populasi dengan jumlah  67 mahasiswa Jurusan Pastoral Konseling Semester IV STAKN Kupang. Korelasi product-moment dipakai untuk meganalisis data. Hasilnya  hubungan peran orang tua sebagai model dengan perilaku disiplin mahasiswa Jurusan Pastoral Konseling Semester IV STAKN Kupang sebesar 41,9% dengan kategori “sedang” yang arah hubungannya positif.   Kata Kunci: Peran Orang Tua, Perilaku Disiplin
Tingkat Keberhasilan Sistem Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran IPS : Studi Kasus Siswa MTs Nurul Jadid Randuboto Sidayu Gresik Ade Fitri Amalia; Depict Pristine Adi
SOLIDARITY: Journal of Social Studies Vol. 1 No. 1 (2021): SOLIDARITY: Journal of Social Studies
Publisher : SOLIDARITY: Journal of Social Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (555.097 KB)

Abstract

Covid-19 is a virus that is very wary of all countries in the world. This epidemic can damage human life systems, one of it is the educational system. The aim of this study is  to learn how to achieve the success of the Online learning system, specifically in social studies (Social Sciences) subjects. This research used descriptive qualitative method with interview technique. The results of this study are presented in the form of words or descriptions. Students are little more like the offline system (at school) than the online system. This is because of the ambiguity of the learning procedure, the lack of understandingand error in implementing the results of learning, and some internal and external factors that cause confusion in the learning process.   Covid-19 merupakan sebuah virus yang sangat diwaspadai oleh seluruh negara di dunia. Wabah ini dapat merusak sistem tatanan kehidupan manusia, salah satunya ialah sistem pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat keberhasilan sistem pembelajaran Daring, khususnya pada matapelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para siswa sedikit banyak lebih menyukai sistem pendidikan offline daripada sistem pendidikan online. Hal tersebut dikarenakan adanya ketidakjelasan prosedur pembelajaran, kurangnya pemahaman dan kesalahan dalam mengimplementasikan hasil pembelajaran, serta beberapa faktor internal dan eksternal yang menyebabkan kerancuan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Pembelajaran daring, mata pelajaran IPS, Covid-19
Penggunaan Media Berbasis Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS SMP Al-Furqon Tahun 2019/2020 Amanda Pratiwi
SOLIDARITY: Journal of Social Studies Vol. 1 No. 1 (2021): SOLIDARITY: Journal of Social Studies
Publisher : SOLIDARITY: Journal of Social Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (628.097 KB)

Abstract

  Learning media is a vehicle for channeling messages and learning information. In this globalization era, the development of instructional media is also increasingly advanced.. The purpose of this study was to determine the improvement of student learning outcomes and student responses to the use of information technology-based interactive learning media on Integrated Social Sciences subjects in class VIII students at SMP Al-Furqan Jember. This study uses the Classroom Action Research method by conducting two learning cycles with stages in each cycle including planning, action, observation, evaluation, and reflection. Student respons data was collected through questionnaires  which were then analyzed descriptively. The results of this study indicate there is an increase in student learning outcomes, this is indicated by the number of students who have completed in the first cycle of 65.52%, and the second cycle there are 93.10%  of students who have completed, and student responses obtained an average score of 41.72 with a positive category. The conclusion of this research with the use of information technology-based interactive learning media in class VIII at SMP Al-Furqan Jember gave a positive response with a significant increase in learning outcomes.   Media pembelajaran merupakan wahana penyalur pesan dan informasi belajar. Di era globalisasi ini, perkembangan media pembelajaran juga semakin maju. Penggunaan teknologi informasi sebagai media pembelajaran sudah merupakan suatu tuntutan yang mengharuskan setiap guru dan siswa memilliki keahlian khusus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswa dan respons siswa terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi pada mata pelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VIII di SMP Al-Furqan Jember. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan melakukan dua siklus pembelajaran dengan tahapan dalam setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Data awal dilakukan pre-test dan data akhir diambil dari post-test (tes hasil belajar pada akhir) setiap siklus. Data respon siswa dikumpulkan melalui penyebaran angket/kuesioner yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatkan hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan jumlah siswa yang telah tuntas pada siklus I sebesar 65,52%, jumlah siswa yang telah tuntas, dan respon siswa diperoleh skor rata-rata sebesar 41,72 dengan kategori positif. Kesimpulan dari penelitian ini dengan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Teknologi Informasi pada kelas VIII di SMP Al-Furqan Jember memberikan respons positif dengan peningkatan hasil belajar yang signifikan.  

Page 1 of 1 | Total Record : 5