cover
Contact Name
Ahmed Sardi
Contact Email
sardihere@gmail.com
Phone
+6285256669490
Journal Mail Official
ijme@stkipddipinrang.ac.id
Editorial Address
Jln. Pettana Rajeng No.20, Pinrang South Sulawesi, Indonesia Postal code: 91213
Location
Kab. pinrang,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Al-Irsyad Journal of Mathematics Education
ISSN : 28285468     EISSN : 28280857     DOI : https://doi.org/10.58917/ijme
Core Subject : Education,
Al-Irsyad Journal of Mathematics Education (IJME), sebuah jurnal nasional peer-review elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel ulasan dari kontributor, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan matematika. Jurnal ini disediakan untuk penulis, guru, mahasiswa, profesor, dan peneliti, yang akan mempublikasikan laporan penelitian mereka atau artikel tinjauan pustaka mereka (hanya untuk kontributor yang diundang) tentang pendidikan matematika dan instruksinya untuk penulis dan pembaca di seluruh Indonesia. Selain penulis biasa, untuk setiap jilid, isinya akan disumbangkan oleh kontributor undangan yang ahli dalam pendidikan matematika baik dari dalam maupun luar negeri. Jurnal tersebut mengundang artikel penelitian asli dan tidak secara bersamaan dikirimkan ke jurnal atau konferensi lain . Seluruh spektrum penelitian dalam pendidikan matematika dipersilakan , yang mencakup, tetapi tidak terbatas pada topik-topik berikut: 1. Pendidikan Matematika Realistis 2. Penelitian Desain dalam Pendidikan Matematika 3. Kemampuan Matematika
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2024): Juli 2024" : 5 Documents clear
PERSEPSI SISWA TERHADAP KARAKTERISTIK GURU MATA PELAJARAN MATEMATIKA: DAMPAKNYA PADA HASIL BELAJAR Balaweling, Marta Alfi Yulitasari
Al-Irsyad Journal of Mathematics Education Vol 3 No 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Darud Da'wah Wal Irsyad Pinrang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58917/ijme.v3i2.107

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh persepsi siswa mengenai karakteristik guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMPN 10 Kupang. Menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, serta uji hipotesis. Populasi penelitian terdiri dari 109 siswa kelas VIII SMPN 10 Kupang, dan sampel yang diambil sebanyak 86 siswa. Data mengenai persepsi siswa terhadap karakteristik guru diperoleh melalui kuesioner, dan analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel bebas X (persepsi siswa tentang karakteristik guru) dan variabel terikat Y (prestasi belajar matematika). Kontribusi variabel bebas X terhadap variabel terikat Y tercatat sebesar 53% dan 6,1%, dengan kontribusi gabungan sebesar 7,3%. Ini mengindikasikan bahwa persepsi siswa tentang karakteristik guru memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap karakteristik guru berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika mereka.
ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA CALON GURU MATEMATIKA DAN CALON GURU MADRASAH IBTIDAIYAH Febriana, Fina; Nur Malasari, Putri
Al-Irsyad Journal of Mathematics Education Vol 3 No 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Darud Da'wah Wal Irsyad Pinrang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58917/ijme.v3i2.113

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pemahaman konsep matematis calon guru matematika dan calon guru madrasah ibtidaiyah. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Calon guru matematika dan calon guru madrasah ibtidaiyah menjadi subjek penelitian, di mana sampel yang diambil sebanyak 2 calon guru. Dalam penelitian ini instrumennya ialah tes pemahaman konsep matematis, pedoman wawancara, dan dokumentasi penelitian. Teknik yang digunakan peneliti untuk menganalisis data adalah analisis data secara kualitatif, meliputi: (1) peneliti menghimpun data tes, mencatat hasil wawancara dan dokumentasi yang berhubungan dengan pemahaman konsep matematis, (2) menyajikan data, berupa hasil tes dari calon guru matematika dan calon guru madrasah ibtidaiyah serta teks naratif dari hasil wawancara tentang kesulitan yang dialami calon guru selama mengerjakan soal, (3) membuat kesimpulan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematis antara calon guru matematika dan calon guru madrasah ibtidaiyah. Hasil penelitian membuktikan bahwa pengerjaan calon guru matematika memakai aturan-aturan aljabar dan calon guru madrasah ibtidaiyah menggunakan cara operasi aljabar, sehingga ditemukan perbedaan pemahaman konsep matematis antara calon guru matematika dan calon guru madrasah ibtidaiyah.
ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH ALIYAH Nasrullah, Nasrullah; Ismail, Muh.
Al-Irsyad Journal of Mathematics Education Vol 3 No 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Darud Da'wah Wal Irsyad Pinrang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58917/ijme.v3i2.116

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran matematika di Madrasah Aliyah Negeri Pinrang. Fokus penelitian meliputi penerapan Kurikulum Merdeka secara umum di sekolah dan implementasinya khusus pada mata pelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru matematika, kepala sekolah, dan lima peserta didik kelas XI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di MAN Pinrang berfokus pada pembentukan enam karakter utama peserta didik melalui integrasi kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) menjadi komponen kunci dalam implementasi kurikulum ini. Dalam pembelajaran matematika, implementasi Kurikulum Merdeka melibatkan tiga tahap utama: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan mencakup tes diagnostik dan penyusunan modul ajar. Pelaksanaan pembelajaran menekankan pengembangan kemampuan bernalar kritis dan kerjasama. Evaluasi dilakukan secara komprehensif, meliputi penilaian proses dan hasil belajar. Meskipun implementasi telah berjalan sesuai pedoman, masih terdapat tantangan adaptasi bagi peserta didik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di MAN Pinrang telah menunjukkan pergeseran paradigma pendidikan yang lebih berfokus pada pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik. Namun, diperlukan evaluasi dan penyesuaian berkelanjutan untuk memastikan efektivitas implementasi kurikulum ini dalam jangka panjang.
PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA GUIDED INQUIRY: PENGARUHNYA PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA Amin, Muh.; Marsigit, Marsigit; Firdaus, Muh.
Al-Irsyad Journal of Mathematics Education Vol 3 No 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Darud Da'wah Wal Irsyad Pinrang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58917/ijme.v3i2.120

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh penerapan inkuiri terbimbing dengan media gambar pada materi bangun ruang sisi datar terhadap hasil belajar matematika siswa yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa tanpa menggunakan inkuiri terbimbing dengan media gambar pada bangun ruang sisi datar, mengetahui hasil belajar matematika siswa yang menggunakan inkuiri terbimbing dengan media gambar pada bangun ruang sisi datar dan mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa sebelum dan setelah menggunakan inkuiri terbimbing dengan media gambar pada siswa. Jenis penelitian yang digunakan paired sampel t-test dengan desain one-group pretest-posttest desain. Populasi dan sampel penelitiannya adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN SATAP 5 Baraka Kab.Enrekang berjumlah 18 peserta didik. Teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh. Instrumen penelitian test essai sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan paired sampel t-tes. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif diperoleh rata-rata skor nilai hasil belajar siswa sebelum menggunakan inkuiri terbimbing dengan media gambar (pretest) yaitu 27 dengan persentasi tingkat penguasaan materi yaitu 72,22% dari seluruh siswa yang mengikuti (pretest) sedangkan rata-rata skor nilai hasil belajar siswa setelah menggunakan inkuiri terbimbing dengan media gambar (posttest) yaitu 62,78 dengan persentasi tingkat penguasaan materi yaitu 94,44% dari seluruh siswa yang mengikuti posttest. Sedangkan berdasarkan hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan SPSS 20.0 dan uji-t diperoleh nilai rata-rata hasil belajar pada Pretest 27,00 < Posttest 60,56, maka itu artinya secara deskriptif ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara Pretest dengan Posttest pada siswa kelas VIII SMPN SATAP 5 Baraka Kab.Enrekang.
PENGARUH MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA Atikah, Nur; Jumrah, Jumrah
Al-Irsyad Journal of Mathematics Education Vol 3 No 2 (2024): Juli 2024
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Darud Da'wah Wal Irsyad Pinrang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58917/ijme.v3i2.127

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar matematika dengan hasil belajar matematika VIII SMP Negeri 3 Patampanua. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Ex-Post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Patampanua sebanyak 42 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 dan VIII.2 sebanyak 42 siswa, dengan  menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi (pengamatan), kuesioner (angket) dan dokumentasi. Observasi dan dokumentasi digunakan untuk melakukan pengamatan dan mendata jumlah siswa. Angket digunakan untuk mengungkap variabel pengaruh minat terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara variabel minat belajar terhadap hasil belajar matematika SMP Negeri 3 Patampanua terdapat pengaruh yang positif. Hal ini ditunjukkan melalui hasil dari  atau  4,08. Karena nilai  lebih besar dari pada Maka hipotesis nol ( ) ditolak dan hipotesis a ( ) atau hipotesis alternatif diterima. Ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Patampanua sifatnya positif dan signifikan. Jadi, hipotesis awal benar yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Patampanua.

Page 1 of 1 | Total Record : 5