LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies
LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies is a peer-reviewed journal published by Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu. The journal is aimed at spreading the research results conducted by academicians, researchers, and practitioners in the field of Islamic Education. In particular, papers which consider the following general topics are invited: Islamic Education Researcj, Islamic Teaching in Schools, Islamic Learning in Madrasah, Islamic Learning in Islamic Boarding Schools, Learning Islamic Religion in Higher Education, Islamic Education Philoshopy, Curriculum in Islamic Education, Islamic Education Management, Tafsir Tarbawy, Hadith Tarbawy, and Innovation in Islamic Teaching and Learning.
Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 2 No. 1 (2023)"
:
10 Documents
clear
Strategi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Al-Quran Dengan Kegiatan Tadarus Al-Quran Di MDA Al-Amin
Sartika Sari Efriyanti;
Dedi Masri;
Zhahirul;
Rida Haniyah Siregar
LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies Vol. 2 No. 1 (2023)
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (488.872 KB)
|
DOI: 10.58355/lectures.v2i1.17
Penelitian ini menjelaskan bagaimana kegiatan tadarus Al-Quran MDA AL-AMIN membantu guru meningkatkan hasil belajar siswa di kelas Al-Quran. Peneliti menggunakan metode kualitatif. Peneliti mengumpulkan informasi melalui metode observasi sekolah, wawancara guru, dan dokumentasi lingkungan sekolah. Berdasarkan temuan penelitian ini, guru menggunakan strategi untuk mendidik siswa MDA AL-AMIN tentang makna Alquran. Tadarus, dzikir, talakqi, dan murojaah adalah strategi yang digunakan untuk mendongkrak prestasi siswa.
Pengaruh Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Di SMAN 1 Margaasih
Ruslan Gunawan
LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies Vol. 2 No. 1 (2023)
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (568.975 KB)
|
DOI: 10.58355/lectures.v2i1.19
Pendidikan formal merupakan upaya sadar yang telah dilakukan oleh pengelola organisasi pendidikan. Pendidikan ini bermuara pada proses pembelajaran aspek kognitif, kemampuan mencapai prestasi akademik dan diuji melalui ujian tulis di sekolah. Pendidikan formal memiliki keterbatasan menjangkau aspek afektif dan psikomotorik siswa. Kedua aspek tersebut memiliki ranah untuk menghadirkan karakter yang unggul dan berkepribadian tinggi. Pendidikan seharusnya membawa karakter peserta didik sesuai dengan harapan visi dan misi lembaga pendidikan. Permasalahan tersebut perlu diambil langkah untuk menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan berupa Hari Raya Islam dan ibadah sholat rutin di sekolah agar dapat membentuk kepribadian yang berlandaskan nilai dan norma agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenisnya menggunakan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Margaasih yang bertujuan untuk mengetahui perencanaan program ekstrakurikuler keagamaan di sekolah, kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam upaya pembentukan karakter religius siswa di sekolah, dan mengevaluasi pelaksanaan ekstrakurikuler keagamaan dalam pembentukan karakter religius siswa. karakter siswa di sekolah.
Sumber Law Of Attraction (Analisis Al-Qur`an dan Neurosains)
Khoirul Ibad
LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies Vol. 2 No. 1 (2023)
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (829.416 KB)
|
DOI: 10.58355/lectures.v2i1.20
Realitas pikiran sebagai inti dari manusia memiliki kekuatan yang sangat dahsyat yaitu ’’Law of Attraction”, Law of Attraction secara ilmiah menunjukan manusia dengan kekuatan pikiran dan perasaanya adalah pencipta masa depanya, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh rumusan yang utuh tentang cara pandang Al-Qur’an terhadap sumber kekuatan law of attraction. Sehingga denganya manusia dapat memanage pola pikiran dan perasaanya untuk menentukan masa depanya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tafsir tematik dengan pendekatan kebahasaan, psikologis dan analisis filosofis.Secara global hasil penelitian ini menyimpulkan sumber kekuatan Law of Attraction dalam pandangan Al-Qur’an ialah Hati dan secara neurosains kekuatan tersebut darai bagian otak.
Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Berkebutuhan Khusus Di SLB Sinar Harapan 1 Kota Probolinggo
Gama Victorya Al Aziiz Gama;
Devy Habibi Muhammad;
Nazah Ulinnuha
LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies Vol. 2 No. 1 (2023)
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.58355/lectures.v2i1.23
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan pada anak berkebutuhan di SLB Sinar Harapan 1 Kota Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pola pendekatan fenomenologis. Penelitian ini dilakukan dengan cara mendeskripsikan kejadian-kejadian pada kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB Sinar Harapan 1 Kota Probolinggo, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi serta dokumentasi. Teknik analisis data di lakukan dengan tahapan: reduksi data, penyajian data serta membuat kesimpulan. Data penelitian diperiksa keabsahannya dengan menggunakan teknik triangulasi sumber, metode, dan juga teori. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam yang telah di gunakan ketika proses belajar mengajar oleh guru pendidikan agama Islam di SLB Sinar Harapan 1 Kota Probolinggo yaitu dimulai dari pembukaan belajar, penyajian materi dan menutup pembelajaran. Serta dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SLB Sinar Harapan 1 Kota Probolinggo terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi yaitu, faktor pendukung yang terdiri atas dukungan orang tua, dan guru mengarahkan dengan penuh kesabaran. Serta terdapat beberapa faktor penghambat yaitu peserta didik perlu diajari satu-persatu, dan harus ada kontak langsung antara guru dengan siswa.
Strategi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Al-Quran Dengan Kegiatan Tadarus Al-Quran Di MDA Al-Amin
Sartika Sari Efriyanti;
Dedi Masri;
Zhahirul;
Rida Haniyah Siregar
LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies Vol. 2 No. 1 (2023): Progressive Islamic and Education Studies
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.58355/lectures.v2i1.17
Penelitian ini menjelaskan bagaimana kegiatan tadarus Al-Quran MDA AL-AMIN membantu guru meningkatkan hasil belajar siswa di kelas Al-Quran. Peneliti menggunakan metode kualitatif. Peneliti mengumpulkan informasi melalui metode observasi sekolah, wawancara guru, dan dokumentasi lingkungan sekolah. Berdasarkan temuan penelitian ini, guru menggunakan strategi untuk mendidik siswa MDA AL-AMIN tentang makna Alquran. Tadarus, dzikir, talakqi, dan murojaah adalah strategi yang digunakan untuk mendongkrak prestasi siswa.
Pengaruh Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Di SMAN 1 Margaasih
Ruslan Gunawan
LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies Vol. 2 No. 1 (2023): Progressive Islamic and Education Studies
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.58355/lectures.v2i1.19
Pendidikan formal merupakan upaya sadar yang telah dilakukan oleh pengelola organisasi pendidikan. Pendidikan ini bermuara pada proses pembelajaran aspek kognitif, kemampuan mencapai prestasi akademik dan diuji melalui ujian tulis di sekolah. Pendidikan formal memiliki keterbatasan menjangkau aspek afektif dan psikomotorik siswa. Kedua aspek tersebut memiliki ranah untuk menghadirkan karakter yang unggul dan berkepribadian tinggi. Pendidikan seharusnya membawa karakter peserta didik sesuai dengan harapan visi dan misi lembaga pendidikan. Permasalahan tersebut perlu diambil langkah untuk menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan berupa Hari Raya Islam dan ibadah sholat rutin di sekolah agar dapat membentuk kepribadian yang berlandaskan nilai dan norma agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenisnya menggunakan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Margaasih yang bertujuan untuk mengetahui perencanaan program ekstrakurikuler keagamaan di sekolah, kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam upaya pembentukan karakter religius siswa di sekolah, dan mengevaluasi pelaksanaan ekstrakurikuler keagamaan dalam pembentukan karakter religius siswa. karakter siswa di sekolah.
Sumber Law Of Attraction (Analisis Al-Qur`an dan Neurosains)
Khoirul Ibad
LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies Vol. 2 No. 1 (2023): Progressive Islamic and Education Studies
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.58355/lectures.v2i1.20
Realitas pikiran sebagai inti dari manusia memiliki kekuatan yang sangat dahsyat yaitu ’’Law of Attraction”, Law of Attraction secara ilmiah menunjukan manusia dengan kekuatan pikiran dan perasaanya adalah pencipta masa depanya, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh rumusan yang utuh tentang cara pandang Al-Qur’an terhadap sumber kekuatan law of attraction. Sehingga denganya manusia dapat memanage pola pikiran dan perasaanya untuk menentukan masa depanya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tafsir tematik dengan pendekatan kebahasaan, psikologis dan analisis filosofis.Secara global hasil penelitian ini menyimpulkan sumber kekuatan Law of Attraction dalam pandangan Al-Qur’an ialah Hati dan secara neurosains kekuatan tersebut darai bagian otak.
Strategi Guru PAI Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa Dengan Pembiasaan Kegiatan Keagamaan di MI Nurul Fatah Wonomerto Probolinggo
Siti Khodijah;
Heri Rifhan Halili
LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies Vol. 2 No. 1 (2023): Progressive Islamic and Education Studies
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.58355/lectures.v2i1.21
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi guru PAI dalam menumbuhkan akhlakul karimah siswa dengan melakukan pembiasaan kegiatan keagamaan di MI Nurul Fatah Wonomerto Probolinggo. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa dalam membentuk akhlakul karimah siswa,guru PAI di MI Nurul Fatah menggunakan strategi pembiasaan kegiatan keagamaan meliputi: mengucapkan salam dan bersalaman ketika bertemu guru, sebelum dimulainya pelajaran dibiasakan dengan membaca do’a, rutinan setiap pagi membaca rotib, memperingati maulid nabi serta hari-hari besar islam, menanamankan nilai-nilai akhlak yang baik, melaksanakan sholat dhuha berjamaah.Kegiatan keagamaan dilakukan seminggu 2 kali hari kamis dan jumat pada jam 07:00-07:35. Hal tersebut dapat membentuk kebiasaan baik dan juga akhlakul karimah, sebagaimana dalam sebuah teori pada tahun 1960, ahli bedah plastik maxwell maltz menulis bahwa dibutuhkan waktu sekitar 21 hari untuk membentuk kebiasaan baru dan di MI Nurul Fatah pembiasaan kegiatan keagamaanini dilakukan selama peserta didik menempuh pendidikan dilembaga ini, sehingga dapat membentuk akhlakul karimah pseserta didik dengan baik .Selain strategi pembiasaan kegiatan keagamaan, guru PAI juga menggunakan strategi keteladanan, kedisiplinan dan komponen penghambat guru PAI dalam kepribadian akhlakul karimah peserta didik di MI Nurul Fatah Wonomerto Probolinggo yaitu kurangnya kesadaran peserta didik dan kurangnya minat belajar.
Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Akhlak Terhadap Perkembangan Teknologi Di SDN Sumberkare II Kabupaten Probolinggo
Nur Halim;
Devy Habibi Muhammad;
Mohammad Arifin
LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies Vol. 2 No. 1 (2023): Progressive Islamic and Education Studies
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.58355/lectures.v2i1.22
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui peranan guru PAI dalam membina akhlak siswa, untuk mengetahui strategi guru PAI dalam membina akhlak siswa dan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat pembinaan akhlak siswa. Berdasarkan metode dan jenis fakta yang digunakan, pencarian ini dilindungi dalam penelitian kualitatif sehingga akan menghasilkan informasi deskriptif dalam struktur kata. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tak selamanya perkembangan teknologi dapat membawa dampak positif bagi pemakainya seperti mudahnya mengakses ilmu pengetahuan dan informasi dan dapat mengetahui dunia luas. Peran guru PAI dalam pembinaan akhlak sangatlah penting untuk pembinaan akhlak Siswa di SDN Sumberkare II. Adapun upaya-upaya yang telah dilakukan oleh guru PAI di SDN Sumberkare II ialah dengan memberikan pengertian tentang akhlak memberikan contoh teladan Serta pembiasan membaca surat-surat pendek dalam al-qurán sebelum pembelajaran berlangsung. Tantangan yang dirasakan oleh para guru di SDN Sumberkare II dalam hal pembentukan akhlak siswa ialah kurangnya kerjasama antara pihak sekolah dan juga pihak dari orang tua, kurangnya dukungan dari para orang tua dan juga kurangnya kolaborasi antara orang tua dan pihak sekolah. Kata Kunci : Perilaku, Pembinaan, Strategi, Siswa
Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Berkebutuhan Khusus Di SLB Sinar Harapan 1 Kota Probolinggo
Gama, Gama Victorya Al Aziiz;
Devy Habibi Muhammad;
Nazah Ulinnuha
LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies Vol. 2 No. 1 (2023): Progressive Islamic and Education Studies
Publisher : Perkumpulan Dosen Fakultas Agama Islam Indramayu
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.58355/lectures.v2i1.23
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diterapkan pada anak berkebutuhan di SLB Sinar Harapan 1 Kota Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pola pendekatan fenomenologis. Penelitian ini dilakukan dengan cara mendeskripsikan kejadian-kejadian pada kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB Sinar Harapan 1 Kota Probolinggo, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi serta dokumentasi. Teknik analisis data di lakukan dengan tahapan: reduksi data, penyajian data serta membuat kesimpulan. Data penelitian diperiksa keabsahannya dengan menggunakan teknik triangulasi sumber, metode, dan juga teori. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam yang telah di gunakan ketika proses belajar mengajar oleh guru pendidikan agama Islam di SLB Sinar Harapan 1 Kota Probolinggo yaitu dimulai dari pembukaan belajar, penyajian materi dan menutup pembelajaran. Serta dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SLB Sinar Harapan 1 Kota Probolinggo terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi yaitu, faktor pendukung yang terdiri atas dukungan orang tua, dan guru mengarahkan dengan penuh kesabaran. Serta terdapat beberapa faktor penghambat yaitu peserta didik perlu diajari satu-persatu, dan harus ada kontak langsung antara guru dengan siswa.