Jurnal Siteba
Jurnal Siteba merupakan jurnal pertama yang ada di Institut Teknologi Batam yang sering disebut sebagai ITEBA. Siteba bukanlah singkatan dari Sistem Informasi Institut Teknologi Batam meskipun seperinya ada unsur kemiripan tapi Siteba menunjuk kata ganti tempat. Jurnal Siteba ini dikelola oleh Program Studi Sistem Infomasi di Institut Teknologi Batam (ITEBA) dan diterbitkan dibawah naungan LPPM (lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat) ITEBA. Jurnal Siteba adalah untuk sarana berbagi, mengembangkan dan memfasilitasi hasil makalah dari Guru, Dosen, Praktisi dan Mahasiswa dari hasil penelitian terbaru yang telah dilakukan dalam bidang Sistem Informasi. Ruang lingkup Jurnal Siteba: Sistem Informasi, E-Business dan E-Commerce, Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering), Geografic Information Sistem (GIS), Jaringan komputer dan Komunikasi Data (Computer network and data communication), Multimedia, Pembelajaran Berbasis Komputasi, Sistem Pendukung Keputusan (DSS), Perusahaan Skala Sistem Informasi (ERP, EAI, CRM, SCM) dan Sistem Informasi Akuntansi dan Manajemen.
Articles
35 Documents
ANALISIS DAN PERANCANGAN KEAMANAN JARINGAN MENGGUNAKAN OS UNTANGLE DENGAN METODE INTRUSION PREVENTION SYSTEM (IPS)
Jufri, Muhammad
JURNAL SITEBA Vol. 3 No. 1 (2025): Jurnal Sistem Informasi ITEBA
Publisher : LPPM-ITEBA
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.62375/siteba.v3i1.1
Seiring dengan Perkembangan Teknologi Informasi menjadikan keamanan suatu informasi sangatlah penting terlebih lagi pada suatu jaringan yang terkoneksi dengan internet. Namun yang cukup disayangkan adalah ketidak seimbangan antara setiap perkembangan suatu teknologi tidak diiringi dengan perkembangan pada sistem keamanan itu sendiri dengan demikian cukup banyak system - sistem yang masih lemah dan harus ditingkatkan keamanannya. Keamanan suatu jaringan seringkali terganggu dengan adanya ancaman dari dalam ataupun dari luar. Serangan tersebut berupa serangan Hacker yang bermaksud merusak Jaringan Komputer yang terkoneksi pada internet ataupun mencuri informasi penting yang ada pada jaringan tersebut. Hadirnya firewall telah banyak membantu dalam pengamanan, akan tetapi seiring berkembang teknolgi sekarang ini hanya dengan firewall keamanan tersebut belum dapat dijamin sepenuhnya. Karena itu telah berkembang teknologi IDS dan IPS sebagai pembantu pengaman data pada suatu jarigan komputer. Dengan adanya Intrusion Detection System (IDS) dan Instrusion Prevention System (IPS), maka serangan - serangan tersebut lebih dapat dicegah ataupun dihilangkan. IDS berguna untuk mendeteksi adanya serangan dari penyusup (serangan dari dalam), sedangkan IPS berguna untuk mendeteksi serangan dan menindak lanjutinya dengan pemblokan (filter) serangan.
GAME PUZZLE ABJAD MENGGUNAKAN ALGORITMA ASCENT HILL CLIMBING
Sestri Novia Rizki
JURNAL SITEBA Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Sistem Informasi ITEBA
Publisher : LPPM-ITEBA
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (141.197 KB)
|
DOI: 10.62375/siteba.v1i1.4
Game susunan Abjad merupakan sebuah game yang sering digunakan oleh anak anak Paud yang baru belajar mengenal susunan huruf. Game ini sangat dinikmati oleh anak anak paud karena game ini membutuhkan kosentrasi dan mengadung unsur menarik sehingga mereka tertarik untuk menyelesaikan susunan Game tersebut sesuai dengan ururannya. Game ini sangat bermanfaat untuk menambah kecepatan pola pikir dan tangan mata dan meningkatkan keterampilan anak. Tujuan utama penelitian ini memberikan informasi agar mudah menyelesaiakan kasus permainan puzzle abjad dengan menggunakan sebuat algoritma.Hasil akhir berupa susunan puzzle abjad yang sesuai dengan aturan dengan menggunakan konsep algoritma sehingga memperoleh sistem pengambilan keputusan untuk menyelesaikan permainan puzzle abjad dengan benar.
SPK SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PEGAWAI TERBAIK MENGGUNAKAN METODE SUGENO DI KANTOR KECAMATAN SAGULUNG KOTA BATAM
Aranski, Alvendo Wahyu
JURNAL SITEBA Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Sistem Informasi ITEBA
Publisher : LPPM-ITEBA
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (179.297 KB)
|
DOI: 10.62375/siteba.v1i1.5
In a performance appraisal process in an institution, employees are the first spearhead in the community service process. The performance of each employee will show the quality of employees in carrying out their duties. It aims to see the extent to which the performance of employees, improvement and supervision of performance for employees. So that institutional leaders can make decisions to choose the best employees from the best. The assessment includes service orientation, integrity, discipline, commitment and cooperation. So far, there is no system that can be used to determine the best employees. Therefore, this study uses a decision-making system using fuzzy logic with the zero-order Sugeno method to assess the performance of employees at the Sagulung District Office. Data processing using MATLAB. The first step in completing the employee performance appraisal using the Sugeno method is to determine the input variables and output variables which are firm sets, the second step is to change the input variables into fuzzy sets with a fuzzification process. The output variable is the decision of selecting the best employee with the Output (Best/Enough/Poor). The results obtained in this study used three data. The first and third employees with manual calculation of values and calculations using MatLab Software Both manual calculations and using MatLab both show competent fuzzy output categories. So that Sugeno's fuzzy logic can be applied to determine the best employees in Sagulung District.
A Sistem Informasi Monitoring Harga Sembako Di Kota Batam : Metode yang Digunalan Object Oriented Anaysis and Desain (OOAD)
Dwiputri, Ririt
JURNAL SITEBA Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Sistem Informasi ITEBA
Publisher : LPPM-ITEBA
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (333.46 KB)
|
DOI: 10.62375/siteba.v1i1.6
Dinas ketahanan dan pangan kota Batam mempunyai tugas untuk mengatur dan mengawasi arus perdagangan sembako, dalam melakukan proses monitoring sembako petugas langsung melakukan pencatatan dengan turun ke lapangan di pasar tradisional, hal ini menjadi salah satu penyebab lambatnya informasi yang diterima oleh masyarakat kota Batam. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui harga sembako yang ada di pasar dan memudahkan petugas lapangan untuk melakukan input harga sembako kedalam sistem aplikasi berbasis web yang akan disampaikan kepada masyarakat kota Batam. Luaran dari penelitian ini berupa aplikasi Perancangan Sistem Informasi Monitoring Harga Sembako. Perancangan perangkat lunak menggunakan metode object oriented analysis and desain (OOAD). Perancangan Perangkat lunak menggunakan aplikasi web dan menggunakan bahasa database MySQl
FUZZY LOGIC UNTUK MENENTUKAN PEMBELIAN GITAR LISTRIK MENGGUNAKAN METODE SUGENO
Handayani, Vitri Aprilla
JURNAL SITEBA Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Sistem Informasi ITEBA
Publisher : LPPM-ITEBA
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (285.274 KB)
|
DOI: 10.62375/siteba.v1i1.7
Tak dapat dipungkiri bahwa gitar ikut berperan penting dalam berkembangnya musik di penjuru dunia. Akan tetapi, tak jarang orang awam yang tidak tahu bagaimana memilih gitar yang berkualitas dan sesuai dengan yang dikehendaki. Biasanya orang yang baru memulai keinginannya untuk memainkan instrument gitar cendrung salah dalam memilih. Terkadang mereka hanya tertarik dengan desain tanpa tahu karakteristik instrument tersebut. Misalnya dari segi bahan baku, proses pembuatan, karakter suara yang dihasilkan, dan komponen tambahan yang ada, serta apakah nantinya bisa sesuai jenis musik yang diinginkan. Berdasarkan hal yang ada maka penulis berinisiatif melakukan penelitian yang nantinya dapat mempermudah seseorang yang baru akan mengenal gitar dapat memilih gitar yang tepat. Banyak cara yang dapat digunakan dalam menyelesaikan masalah pemilihan gitar, salah satunya adalah dengan menggunakan metode Sugeno dalam Fuzzy Logic, maka penulis tertarik untuk mengambil judul penelitian yaitu: “FUZZY LOGIC MENENTUKAN PEMILIHAN GITAR ELEKTRIK MENGGUNAKAN METODE SUGENO.”
SISTEM PAKAR KEBUTUHAN GIZI PADA BALITA DENGAN METODE FORWARD CHAINING BERBASIS WEB
Megi Afroka
JURNAL SITEBA Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Sistem Informasi ITEBA
Publisher : LPPM-ITEBA
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (169.666 KB)
|
DOI: 10.62375/siteba.v1i1.8
Gizi yang baik sangat dibutuhkan dalam masa pertumbuhan balita agar tumbuh dan berkembang secara optimal maka dari itu pengetahuan tentang gizi balita sangat dibutuhkan. Sedikitnya ahli gizi atau dokter gizi yang tersedia membuat pengetahuan mengenai gizi balita kita sangat sedikit. Oleh karena itu, untuk membantu kinerja para ahli gizi atau dokter gizi, dibutuhkan sistem pakar yang dapat berperan sebagai assistant bagi dokter gizi dalam memberikan informasi yang tepat dan mudah dimengerti tentang kebutuhan gizi balita. Data-data yang berkaitan dengan kebutuhan gizi balita dianalisa lalu diolah menggunakan metode sistem pakar forward chaining. Model representasi pengetahuan yang digunakan dalam sistem pakar adalah berbasis kaidah produksi. Desain sistem dilakukan menggunakan bantuan aplikasi starUML. Sistem pakar dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL sehingga menghasilkan sebuah sistem pakar untuk memberikan informasi kebutuhan gizi pada balita menggunakan metode forward chaining berbasis web. Sistem pakar kebutuhan gizi pada balita menggunakan metode forward chaining berbasis web dapat digunakan untuk membantu orang tua dalam memberikan informasi kebutuhan gizi balitanya secara cepat dan mudah dimengerti dan juga dapat digunakan sebagai sumber pengetahuan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan gizi balita.
PERANCANGAN APLIKASI SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN DI PT. KHATULISTIWA MEDIA UTAMA SAKTI
Bagus Andhika Tuah Aprilyana Malaka;
Alvendo Wahyu Aranski
JURNAL SITEBA Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Sistem Informasi ITEBA
Publisher : LPPM-ITEBA
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (171.325 KB)
PT. Khatulistiwa Media Utama Sakti adalah salah satu perusahaan outsourcing jasa keamanan yang berada di Ruko Greenland Blok L No.12A, Teluk Kering, Batam Kota, Kepulauan Riau . Guna membantu dalam aktivitas pengolahan data penggajian karyawan, PT. Khatulistiwa Media Utama Sakti menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Kelemahan dari sistem yang belum sepenuhnya terkomputerisasi adalah berkurangnya efisiensi pegawai dalam bekerja, seringkali menyebabkan terjadinya kesalahan perhitungan gaji karyawan dan juga kurangnya keamanan data perusahaan dikarenakan tidak adanya fitur keamanan pada aplikasi Microsoft Excel Perancangan sistem informasi penggajian merupakan solusi terbaik guna memecahkan permasalahan yang ada pada perusahaan ini, dalam metode penelitian ini, metode yang digunakan yaitu metode Waterfall sebagai pola pengembangan sistem. Sedangkan pembuatan perangkat lunak dalam penelitian ini, berbasis Desktop mengunakan bahasa pemograman nya Visual Basic dan rancangan database mengunakan MySQL. Hasil penelitian ini adalah Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Penggajian pada PT. Khatulistiwa Media Utama Sakti yang memberikan memudahkan dalam penghitungan gaji, pembuatan slip gaji dan tingkat keamanan data yang jaga.
Persepsi Masyarakat Kota Batam Terhadap Transformasi Digital Payment
Vitri Aprilla Handayani;
Huiliana Tarsila;
Endang Hidayati;
Rahayu Saputri;
Jossa Parero
JURNAL SITEBA Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Sistem Informasi ITEBA
Publisher : LPPM-ITEBA
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (91.006 KB)
Kemajuan teknologi ini merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan saat ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap teknologi informasi tidak hanya mempengaruhi sebuah sistem informasi, akan tetapi berpengaruh juga pada kehidupan sehari-hari, baik dalam bidang pendidikan, ekonomi, politik, sosial dan budaya. Internet sekarang telah menjadi media transaksi masyarakat Indonesia untuk bertransaksi dalam penjualan maupun pembelian secara online. Sistem pembayaran terus berevolusi mengikuti evolusi uang dengan 3 unsur penggerak yaitu inovasi teknologi & model bisnis, tradisi masyarakat, dan kebijakan otoritas. Pada penelitian ini mengukur persepsi Masyarakat terhadap Transformasi Cash Payment ke Digital Payment pada masyarakat Kota Batam yang dilakukan dengan metode pengumpulan data angket tertutup menggunakan google form, dengan analisis deskriptif kuliatif. Hasil yang diperoleh, sebagian besar responden merupakan pengguna e-wallet yang tergolong sering dalam frekuensi penggunaannya, namun ada beberapa responden yang dalam frekuensi penggunaannya masih dalam taraf biasa saja (tidak terlalu sering). Tingkat kenyamanan dan kemudahan dalam penggunaan e-wallet cukup tinggi. Artinya e-wallet sudah bisa diterima dikalangan masyarakat sebagai alat pembayaran yang mudah dan nyaman digunakan dibanding pembayaran tunai, serta mampu meminimalisir kesalahan dalam melakukan transaksi pembayaran.
BERKEMBANG NYA MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI
Adittya Danang Setiawan;
Ramadhonny;
Muhammad Jufri
JURNAL SITEBA Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Sistem Informasi ITEBA
Publisher : LPPM-ITEBA
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (157.883 KB)
Media pembelajaran bisa berfungsi menjadi asal gosip yg terpercaya bagi peserta didik. Media pembelajaran yg diarahkan secara jujur akan sangat membantu mahasiswa pada tahu dan menganalisis bahan pelajaran. Perkembangan media pembelajaran juga semakin penting diera meliput dan berita ketika ini .Penggunaan Teknologi informasi (TI) menjadi indera pengajaran sudah hasha menjadi praktik terbaik yg diakui .Meski pun diharapkan keahlian khusus dalam Perencanaan media berbasis TI ,tidak dan media tersebut akan tertindas serta hilang . Intranet, handphone ,serta CD/FlashDisk yaitu contoh media pembelajaran berbasis TI .Apapun komponennya , kebanyakan terdiri dari Konten Pembelajaran serta Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS) (LC)
Optimisasi Kecepatan Internet: Strategi Untuk Meningkatkan Kinerja Jaringan
Ardia Winata;
Dinda Putri Khairunnisa;
Elisabet Sing;
Muhammad Jufri
JURNAL SITEBA Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Sistem Informasi ITEBA
Publisher : LPPM-ITEBA
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (138.409 KB)
Sistem informasi mutlak diperlukan dalam pengambilan keputusan yang logis sehingga membutuhkan pemahaman tentang masalah dan pengetahuan mengenai alternatif pemecahannya. Informasi yang lebih tepat menghasilkan keputusan yang lebih baik. Kualitas suatu informasi tergantung dari 3 (tiga) hal yaitu, informasi harus akurat (accurate), tepat waktu (timesliner), dan relevan (relevance). Unsur-unsur dalam pengambilan keputusan yang harus dipertimbangkan adalah: tujuan dari pengambilan keputusan, identifikasi alternatif-alternatif keputusan untuk memecahkan masalah, perhitungan mengenai faktor-faktor yang tidak dapat diketahui sebelumnya atau di luar jangkauan manusia (uncontrollable events) dan sarana atau alat yang digunakan untuk mengevaluasi atau mengukur hasil dari suatu pengambilan keputusan