cover
Contact Name
Rahman Tanjung
Contact Email
jurnal@rakeyansantang.ac.id
Phone
+6285718662925
Journal Mail Official
jurnal@rakeyansantang.ac.id
Editorial Address
Palumbonsari, Kec. Karawang Tim., Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41314, Kab. Karawang, Provinsi Jawa Barat
Location
Kab. karawang,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Tahsinia
ISSN : 26852047     EISSN : 27975452     DOI : https://doi.org/10.57171/jt
Core Subject : Education,
Jurnal Tahsinia [ISSN (e): 2797-5452 | ISSN (p): 2685-2047] adalah media untuk mempublikasikan hasil penelitian yang berkaitan dengan topik ilmu pendidikan yang diterbitkan oleh STIT Rakeyan Santang Karawang. Jurnal ini terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu April dan Oktober. Jurnal Tahsinia menerima manuskrip atau naskah artikel dalam bidang ilmu pendidikan yang mencakup : 1) Administrasi/Manajemen Pendidikan, 2) Pendidikan Agama Islam, 3) Pendidikan Ekonomi, 4) Pendidikan Fisika, 5) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 6) Bimbingan dan Konseling, 7) Pendidikan luar Sekolah, 8) Pendidikan luar Biasa, 9) Teknologi Pendidikan, 10) Pendidikan Geografi, 11) Pendidikan Bahasa, dan lainnya.
Articles 33 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2023): Oktober" : 33 Documents clear
IMPLEMENTASI PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA KELAS X Fatimah, Siti; Zulaiha, Fanni
Tahsinia Vol 4 No 2 (2023): Oktober
Publisher : STIT Rakeyan Santang Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57171/jt.v4i2.138

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang dengan pesat di era globalisasi ini, demikian pula dengan dunia pendidikan, yang akan mencetak generasi-generasi yang siap untuk bersaing di era revolusi industri 4.0. dengan hal ini, siswa harus mempersiapkan kompetensi multi-disiplin guna memenuhi persyaratan untuk abad 21 yaitu siap bersaing dalam dunia kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X melalui pendekatan pembelajaran STEM pada materi Pemanasan Global. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yang diterapkan pada penelitian ini adalah quasi-experiment design dan menggunakan jenis eksperimen the non-equivalent pretest-postest control group design. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi pendekatan STEM dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada materi pemanasan global. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil postest siswa pada kelas eksperiment yang mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol. Peningkatan terjadi ketika dilakukannya posttest pada kelas eksperiment yang telah diterapkan pendekatan STEM dalam proses pemebelajarannya.
HUBUNGAN ANTARA LIVING AL-QUR’AN DAN HADIS DALAM PENDIDIKAN ISLAM Fauzan, Abduh
Tahsinia Vol 4 No 2 (2023): Oktober
Publisher : STIT Rakeyan Santang Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57171/jt.v4i2.139

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa living Quran dan hadis menggambarkan sebuah perspektif dalam mengkaji kitab suci yang menjadi pedoman umat islam, bukan hanya secara tekstual tetapi juga kontekstual. Living Quran dan hadis yang merupakan salah satu penelitian ilmiah yang mengkaji fenomena sosial berkaitan dengan keberadaan Al-Quran dan Hadis di tengah masyarakat muslim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara living al-qur’an dan hadis dalam pendidikan islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa pada hakekatnya, Al-Quran dan hadis menjadi landasan utama dalam menyusun kurikulum pendidikan Islam karena di dalamnya terdapat nilai-nilai keislaman yang dapat menjadi pedoman untuk mengajarkan kebaikan terhadap sesama umat manusia. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Living Quran dan hadis dalam pendidikan Islam serta kehidupan sehari-hari memegang peranan yang sangat penting untuk menjaga kaidah-kaidah agama dalam keberlangsungan hidup manusia. Dalam penerapannya, living Quran dan hadis sangat berpengaruh dalam Pendidikan Islam terutama dalam penyusunan kurikulum. Tauhid sebagai kerangka dasar kurikulum pendidikan Islam merupakan prinsip utama dalam seluruh dimensi kehidupan manusia baik dalam aspek hubungan vertikal antara manusia dengan Tuhan maupun aspek hubungan horizontal antara manusia sesamanya dan dengan alam sekitarnya, sehingga tercapai kehidupan yang seimbang antara dunia dan akhirat.
PEMANFAARAN MEDIA FLASHCARD METODE MULTIPLE INTELENGSI KOMBINASI PERMAINAN TRADISIONAL DAN TEKNOLOGI UNTUK MEMUDAHKAN MENGHAFAL JUZ 30 DI SMA IT KELAS X Irawan Setia Putra, Arip
Tahsinia Vol 4 No 2 (2023): Oktober
Publisher : STIT Rakeyan Santang Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57171/jt.v4i2.179

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dalam Islam Al-Qur’an adalah pedoman dalam kehidupan dan tidak hanya sekedar dibaca tetapi juga memiliki keistimewaan untuk dihafalkan dengan tujuan semakin mudah untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk bisa diamalkan. Namun banyak kendala dalam menghafalkan Al-Qur’an terutama di kalangan anak SMA IT kelas X dengan berbagai masalah pribadi dan zaman yang sudah mereka lalui. Perlu adanya Flashcard yang membantu mengatasi masalah mereka untuk meningkatkan ESQ mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media flashcard metode multiple intelegensi kombinasi permainan tradisional dan teknologi untuk memudahkan menghafal juz 30 di SMAIT kelas X. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa dengan menggunakan kombinasi permainan tradisional yang mampu meningkatkan EQ. Serta Teknologi yang mampu meningkatkan IQ serta pembelajaran talqi oleh guru yang mampu meningkatkan SQ diharapkan dengan rancangan flashcard ini akan mampu untuk meningkatkan kualitas dalam hafalan siswa SMAIT kelas X. Disamping itu juga bisa meningkatkan multiple intelegensi murid. Untuk meningkatkan kualitas hafalan maka perlu alat bantu yang mampu dengan cepat, mudah dan murah serta menyenangkan salah satu cara adalah dengan menggunakan flashcard dengan rancangan tertentu yang sesuai dengan standar meningkatkan multiple intelegensi yaitu dengan mengkombinasikan permainan tradisional untuk meningkatkan EQ sedangkan permainan dengan teknologi meningkatkan IQ dan pembelajaran talqi dengan guru meningkatkan SQ.
IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM RANGKA MEMENUHI KEBUTUHAN BELAJAR GENERASI Z Dzikri, Dzikri
Tahsinia Vol 4 No 2 (2023): Oktober
Publisher : STIT Rakeyan Santang Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57171/jt.v4i2.181

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi generasi saat ini menghadapi berbagai tantangan kompleks, seperti perkembangan teknologi yang cepat, perubahan sosial, dan masalah lingkungan yang mendesak. Oleh karena itu, praktik mengajar harus disesuaikan agar mampu memberikan pendidikan yang relevan, dan berdampak positif pada perkembangan generasi mendatang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi media pembelajaran dalam rangka memenuhi kebutuhan belajar generasi Z. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa Praktik mengajar yang berhasil untuk memenuhi generasi harus berfokus pada beberapa aspek kunci. Pendidik perlu mengadopsi metode pengajaran yang interaktif dan berpusat pada siswa yang membantu generasi muda untuk mengembangkan keterampilan kritis, kreativitas, dan kemampuan berpikir mandiri dan sangat penting untuk menghadapi perubahan masa depan. Selain itu, teknologi harus diintegrasikan dengan bijak dalam proses pengajaran. Generasi masa kini tumbuh dalam era digital, dan penggunaan teknologi yang cerdas dapat memfasilitasi pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Namun, penting untuk memastikan bahwa teknologi digunakan sebagai alat bantu yang mendukung pembelajaran, bukan menggantikannya.
IMPLEMENTASI SIFA (SISTEM WAFA) SOLUSI INOVATIF EVALUASI PEMBELAJARAN Rokobah, Siti
Tahsinia Vol 4 No 2 (2023): Oktober
Publisher : STIT Rakeyan Santang Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57171/jt.v4i2.185

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi evaluasi pembelajaran Al-Quran dengan SIFA Sistem Wafa adalah untuk memberikan gambaran yang lebih akurat tentang kemajuan siswa dalam memahami dan menerapkan ajaran Al-Quran dalam kehidupan mereka.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi sifa (sistem wafa) solusi inovatif evaluasi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa Eksplorasi SIFA (Sistem Wafa) solusi inovatif evaluasi pembelajaran Al-Quran adalah sebuah sistem inovatif yang digunakan untuk mengevaluasi pembelajaran Al-Quran. Sistem ini mungkin merupakan solusi yang efektif dan modern dalam mengukur kemajuan dan pemahaman siswa terhadap Al-Quran, yang dapat membantu dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama islam berbasis IT. Eksplorasi SIFA (Sistem Wafa) juga dapat membuka pintu untuk penelitian lebih lanjut dalam pengembangan teknologi pendukung pembelajaran agama. Hal ini dapat menginspirasi pengembangan sistem serupa untuk mata pelajaran agama lainnya, memperkaya proses pendidikan agama secara keseluruhan. Penting untuk terus menjalani eksplorasi dan penelitian terhadap SIFA dan solusi serupa dalam konteks pendidikan agama islam. Dengan demikian, kita dapat memahami lebih baik potensi dan dampaknya terhadap peningkatan pembelajaran Al-Quran, serta bagaimana solusi inovatif seperti ini dapat membantu menghadapi tantangan dalam pendidikan agama.
MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI RA HASANUSSHOLIHAT TANGERANG Lutfi, Lutfi
Tahsinia Vol 4 No 2 (2023): Oktober
Publisher : STIT Rakeyan Santang Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57171/jt.v4i2.201

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pembelajaran berbasis digital telah menjadi bagian integral dari transformasi pendidikan, terutama pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. Namun implementasinya memiliki tantangan, seperti akses yang tidak merata, ketidaksiapan guru, dan dampak negatif terhadap kesehatan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui media pembelajaran berbasis digital untuk pendidikan anak usia dini di RA Hasanussholihat Tangerang. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis digital membuka peluang baru untuk meningkatkan aksesibilitas pendidikan, keterlibatan siswa, dan diversifikasi metode pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan holistik untuk mengatasi tantangan tersebut, termasuk pelatihan keterampilan digital, manajemen dampak kesehatan, dan pemahaman nilai-nilai lokal dalam pembelajaran digital. Pembelajaran berbasis digital berpotensi meningkatkan kualitas pada pembelajaran di jenjang PAUD dan Pendidikan Dasar. Dengan pemahaman mendalam tentang implikasi, tantangan, dan solusi yang relevan, penerapan teknologi dalam pembelajaran dapat berdampak signifikan pada masa depan pendidikan.
IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI PESERTA DIDIK Zulfahmi, Zulfahmi
Tahsinia Vol 4 No 2 (2023): Oktober
Publisher : STIT Rakeyan Santang Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57171/jt.v4i2.202

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa perkembangan potensi manusia dapat diolah melalui kegiatan pendidikan yang biasanya diselenggarakan oleh pihak pemerintah maupun pihak swasta. Pendidikan bisa dikatakan sebagai sebuah proses kehidupan untuk mengembangkan semua potensi yang ada pada indvidu untuk dapat hidup dan mampu melangsungkan kehidupan secara penuh sehingga menjadi individu yang berpendidikan, baik secara kognitif, afektif, maupun psikomotor. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka dalam mengembangkan potensi peserta didik. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran harus dapat membuat peserta didik berpikir kritis serta memecahkan masalah, kreatif dan berinovasi, terampil berkomunikasi dan berkolaborasi, dan berkarakter. Oleh karena itu, dalam perencanaan pelaksanaan kegiatan belajar harus mampu menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang pendidikan di era Revolusi Industri 4.0. Dan guru menjadi kunci keberhasilan sistem pendidikan merdeka belajar, oleh sebab itu harus dapat beradaptasi terhadap sistem pendidikan yang baru agar mempunyai keterampilan dan kompetensi. Pelaksanaan Kurikulum Merdeka telah terlaksana dengan cukup baik di tahun pertama, namun setiap Sekolah Penggerak memiliki tugas bagaimana mengembangkan dalam menyusun dan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka ini agar dapat diaplikasikan di semua kelasnya, di tahun sekarang.
KEMAJUAN DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN MENGUBAH PARADIGMA PENDIDIKAN Sriyanta, Agus
Tahsinia Vol 4 No 2 (2023): Oktober
Publisher : STIT Rakeyan Santang Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57171/jt.v4i2.205

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa teknologi digital tidak hanya memberikan cara baru untuk mengakses informasi, tetapi juga mengubah cara belajar, mengajar, dan berinteraksi dalam konteks pendidikan. Dengan memasuki era dimana perangkat pintar, platform pembelajaran online, dan aplikasi pendidikan semakin meluas, tantangan dan peluang baru pun muncul. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kemajuan digital dalam pembelajaran mengubah paradigma pendidikan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi digital bukan lagi sekadar alat tambahan, tetapi telah menjadi pilar utama dalam mendukung pembelajaran yang dinamis dan adaptif. Konsep konstruktivisme, yang menekankan peran aktif peserta didik dalam pembentukan pengetahuan, semakin diperkaya melalui interaksi yang diperkuat oleh teknologi. Pembelajaran berbasis teknologi dan pemanfaatan kecerdasan buatan membuka peluang untuk pengalaman belajar yang lebih personal dan disesuaikan. Kemajuan digital tidak hanya mengubah cara kita belajar, tetapi juga mengubah landasan dan paradigma pendidikan. Bagi dunia pendidikan, tantangan ini bukanlah suatu pilihan, melainkan panggilan untuk terus beradaptasi, berinovasi, dan menghadirkan pendidikan yang memberdayakan generasi masa depan dalam menghadapi kompleksitas dunia digital. 
DAMPAK MOTIVASI BELAJAR DAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKn Ramdhan Wahyudinata, Yusuf
Tahsinia Vol 4 No 2 (2023): Oktober
Publisher : STIT Rakeyan Santang Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57171/jt.v4i2.230

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi yakni salah satu bidang studi yang ada di sekolah dasar adalah bidang studi PPKn, namun sering mengalami kendala dan permasalahan dalam proses pembelajaran seperti kurangnya minat peserta didik terhadap bidang studi PPKn tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak motivasi belajar dan pengembangan media pembelajaran PPKn terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus tunggal. Adapun teknik penelitian menggunakan wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mata pelajaran PKN diajarkan di sekolah untuk menjadikan peserta didik mampu berfikir kritis, logis, sistematis, analisis dan kreatif serta mampu bekerja sama. Dalam hal ini sekolah menengah pertama dituntut tidak hanya kompeten di bidang kompetensi keahliannya saja, tetapi mampu menguasai kompetensi lainnya agar peserta didik mampu memperoleh, mengelola dan memanfaatkan informasi yang diperoleh dalam memecahkan masalah dan mampu bersaing dalam keadaan masyarakat yang selalu berubah, tidak pasti dan kompetitif.
PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL MENGGUNAKAN QUIZIZZ PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS X Sutarto, Sutarto
Tahsinia Vol 4 No 2 (2023): Oktober
Publisher : STIT Rakeyan Santang Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.57171/jt.v4i2.231

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi keterbatasan alat evaluasi berbasis digital dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) membuat mata pelajaran PAI terkesan konvensional dan menjadi mata pelajaran yang membosankan. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengkaji mengenai Pengembangan Evaluasi Pembelajaran PAI berbasis digital. Salah satu platform belajar digital yang menarik bagi peserta didik adalah Quizizz. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alat evaluasi berbasis digital ini dibuat untuk mengukur penilaian harian mata pelajaran PAI pada materi kelas X. Quizizz memberikan warna baru dalam alat evaluasi, karena didalamnya mengandung gamifikasi. Sehingga melakukan penilaian memiliki nuansa gamifikasi. Quizizz selain menyediakan data dan statistik tentang kinerja siswa, serta hasilnya dapat diunduh, pendidik juga dapat melacak jumlah jawaban peserta didik. Penggunaan quizizz membantu pendidik dalam melakukan penilaian tanpa dibatasi oleh tempat, tampilan yang menarik dan terdapat pengaturan waktu. Kelebihan dari penggunaan Quizizz diantaranya yaitu terdapat data dan statistik kinerja siswa yang hasilnya dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk pembelajaran lanjutan. Dengan menggunakan Quizizz memudahkan guru untuk segera mengetahui hasil pekerjaan siswa tanpa perlu menghitung nilai secara manual.

Page 1 of 4 | Total Record : 33