cover
Contact Name
Aan Nasrullah
Contact Email
kartikajurnal@gmail.com
Phone
+6282228047272
Journal Mail Official
kartikajurnal@gmail.com
Editorial Address
Dsn. Jali Desa Bungur Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk.
Location
Kab. nganjuk,
Jawa timur
INDONESIA
Kartika: Jurnal Studi Keislaman
ISSN : -     EISSN : 28100573     DOI : 10.59240
KARTIKA: Jurnal Studi Keislaman covers a variety of subjects, ranging from Islamic history, law, sufism, theology, politics, philosophy, the Qur’an and hadith, to modern and contemporary developments including such issues as democracy, gender, and human rights as well as social and cultural practices in the Muslim world and societies.
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2021): Kartika: Jurnal Studi Keislaman" : 3 Documents clear
Masyarakat dan Pendidikan: Tinjauan tentang Eksistensi Masyarakat sebagai Lingkungan Pendidikan Ristianah, Niken
Kartika: Jurnal Studi Keislaman Vol. 1 No. 2 (2021): Kartika: Jurnal Studi Keislaman
Publisher : Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPT NU) PCNU Kabupaten Nganjuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.442 KB) | DOI: 10.59240/kjsk.v1i2.26

Abstract

In the educational process there is an environment that caneffect the educational process. The environment is a family environment (informal), the school environment (formal), and the community environment (non formal), where there environment is a place or place for someone to get an education either directly or indirectly. The three educational environments are between one environment and another, meaning that the three environments have various duties and functions of each. Education in the community is a vehicle for the application of interaction and implementation of various knowledge gained as well as a mirror of learning outcomes implied in self-actualization. In society, children will be able to imitate and practice in everyday life from what has been obtained in family and school directly educational institutions organized by the community are one element of implementing the principle of life long education, meaning that education provided in the family environment (informal) and the shool environment (formal) has limitations, it is in the community tht people will continue their education until the end of his life. All things related to the knowledge and skills acquired the family education environment and in the school environment will be able to develop and be develoved and can be felt the benefits in the community.
Pembudayaan Tasamuh melalui Pendidikan Islam Multikultural Jauhari, Moh. Irmawan
Kartika: Jurnal Studi Keislaman Vol. 1 No. 2 (2021): Kartika: Jurnal Studi Keislaman
Publisher : Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPT NU) PCNU Kabupaten Nganjuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.251 KB) | DOI: 10.59240/kjsk.v1i2.27

Abstract

Tasamuh atau toleransi dewasa ini menjadi barang mahal dan tidak semua pihak mampu melakukannya. Padahal dengan sikap tasamuh yang kuat dapat mengikat persatuan dan kesatuan bangsa negara Indonesia. Apabila tasamuh tercerabut dari akar kemajemukan Indonesia, tentu gelombang panas seperti Arab Springs menyapu bersih tanpa sisa. Memahami tasamuh tidak boleh parsial dan sepihak. Masyarakat yang majemuk masing-masing harus saling memahami dan menyadari mengingat tasamuh adalah proses memberi dan menerima tanpa mereduksi salah satunya. Pendidikan sebagai jalan strategis mewariskan nilai tasamuh, merupakan sebuah opsi paling ideal untuk bisa mewariskan nilai tasamuh agar tetap diketahui dan dibudayakan. Baik dalam dunia pendidikan khususnya dan masyarakat pada umumnya. Artikel ini bermaksud untuk mengupas lebih lanjut pengertian tasamuh, tasamuh dalam kehidupan sosial umat beragama di Indonesia, dan pendidikan Islam multikultural sebagai alternatif pembudayaan sikap tasamuh.
Analisis Strategi Pengembangan Produk Simpanan Berjangka dalam Meningkatkan Share Market: Studi Kasus Produk Berjangka Barokah Abadi KSPPS BMT Rukun Abadi Jombang Nasrullah, Aan; Iswanto, Juni
Kartika: Jurnal Studi Keislaman Vol. 1 No. 2 (2021): Kartika: Jurnal Studi Keislaman
Publisher : Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPT NU) PCNU Kabupaten Nganjuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (596.12 KB) | DOI: 10.59240/kjsk.v1i2.29

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi KSPPS BMT Rukun Abadi Kabupaten Jombang dalam pengembangan produk berjangka (simpanan berjangka barokah abadi). Adapun hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, dalam pengembangan produk simpanan berjangka, strategi yang digunakan oleh KSPPS BMT Rukun Abadi yakni; (a) Strategi Kualitas Produk, (b) Strategi Inovasi Produk, (c) Strategi Pelayanan dan (e) Strategi Promosi. Strategi-strategi tersebut dilakukan secara bertahap dan konsisten dengan tujuan menjaga keberlangsungan usaha koperasi (Sustainability), yang dapat diukur dari besarnya share market yang dimiliki oleh koperasi, share market dapat diukur dari jumlah anggota dan pendapatan koperasi dalam periode tertentu. Oleh karenanya KSPPS BMT Rukun Abadi selalu memperbaiki tata kelola internal koperasi agar dapat mempertahankan sekaligus meningkatkan share market. Kedua, kendala yang dihadapi dalam pengembangan Produk Simpanan Berjangka Barokah Abadi, terdiri dari kendala internal dan eksternal. Kendala internal yang dihadapi antara lain; (a) Kuantitas SDM dan (2) Perencanaan jangka panjang keberlangsungan BMT. Sedangkan kendala eksternal adalah sulitnya memberi pemahaman kepada masyarakat terhadap produk produk BMT, yang disebabkan minimnya literasi masyarakat terhadap produk keuangan syariah serta banyaknya berita negatif terhadap lembaga keuangan syariah

Page 1 of 1 | Total Record : 3