cover
Contact Name
Aan Nasrullah
Contact Email
kartikajurnal@gmail.com
Phone
+6282228047272
Journal Mail Official
kartikajurnal@gmail.com
Editorial Address
Dsn. Jali Desa Bungur Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk.
Location
Kab. nganjuk,
Jawa timur
INDONESIA
Kartika: Jurnal Studi Keislaman
ISSN : -     EISSN : 28100573     DOI : 10.59240
KARTIKA: Jurnal Studi Keislaman covers a variety of subjects, ranging from Islamic history, law, sufism, theology, politics, philosophy, the Qur’an and hadith, to modern and contemporary developments including such issues as democracy, gender, and human rights as well as social and cultural practices in the Muslim world and societies.
Articles 165 Documents
Pengembangan Kecerdasan Emosi Di Pesantren Ar-Raudatul ‘Ilmiyyah Kertosono Nganjuk Hasim, Muhamad; Sarbini, Sarbini
Kartika: Jurnal Studi Keislaman Vol. 2 No. 1 (2022): Kartika: Jurnal Studi Keislaman (May)
Publisher : Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPT NU) PCNU Kabupaten Nganjuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (968.946 KB) | DOI: 10.59240/kjsk.v2i1.1

Abstract

Fokus penelitian ini adalah bagaimana kecerdasan emosi yang dikembangkan di Pesantren Ar-Raudatul 'Ilmiyyah Kertosono dalam mengembangkan kecerdasan emosi, apa sajakah aspek prioritas dalam pengembangan kecerdasan emosi di Pesantren ar-Raudatul 'Ilmiyyah dan bagaimana bentuk pengembangan kecerdasan emosi di Pesantren ar-Raudatul 'Ilmiyyah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif diskriftif dengan penggalian data melalui obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan kecerdasan emosi penting dilakukan karena merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan sosok pribadi yang memiliki akhlaq al-karimah. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, di pesantren Ar-Raudatul 'Ilmiyyah telah dikembangkan beberapa aspek kecerdasan emosi yang berkaitan dengan kesadaran diri, kemandirian, aktualisasi diri, hubungan antar pribadi, tanggung jawab sosial, dan empati, yang kemampuan-kemampuan tersebut merupakan kemampuan dasar atau utama yang sangat mempengaruhi keberhasilan seseorang. Kecerdasan emosi merupakan bentuk lain dari pengembangan akhlaq al-karimah, sehingga di dalamnya mengandung aspek insaniyah sekaligus llahiyah.
Manajemen Pengembangan Kompetensi Pendidik Pada Lembaga Pendidikan Yang Berafiliasi Dengan LP Ma’arif NU Nganjuk Di Masa Pandemi Covid-19 Irvana, Wahyu
Kartika: Jurnal Studi Keislaman Vol. 2 No. 1 (2022): Kartika: Jurnal Studi Keislaman (May)
Publisher : Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPT NU) PCNU Kabupaten Nganjuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (663.255 KB) | DOI: 10.59240/kjsk.v2i1.2

Abstract

Pendidik merupakan unsur penting dalam pembelajaran yang menjadi bagian utama pendidikan. Masa pandemi COVID-19 yang telah berlangsung sejak awal tahun 2020 mensyaratkan pendidik untuk beradaptasi dengan situasi dan proses pembelajaran jarak jauh. LP Ma’arif NU Nganjuk mengupayakan berbagai program untuk meningkatkan kompetensi pendidik di masa pandemi. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melakukan obervasi, penelusuran laporan digital dan wawancara ke pengurus LP Ma’arif NU Nganjuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengembangan kompetensi pendidik pada lembaga pendidikan yang berafiliasi dengan LP Ma’arif NU Nganjuk di masa pandemi COVID-19 dikelola dengan rapi, bervariasi dan berbasis kebutuhan lembaga pendidikan. Pengembangan kompetensi pendidik dilakukan dalam dua bidang yakni kompetensi di bidang strategi pembelajaran dan kompetensi di bidang nonakademik.
Improving Vocabulary Mastery By Using Describing Pictures Hayati , Nur; Maulaniam Sholah, Hanif
Kartika: Jurnal Studi Keislaman Vol. 2 No. 1 (2022): Kartika: Jurnal Studi Keislaman (May)
Publisher : Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPT NU) PCNU Kabupaten Nganjuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (761.224 KB) | DOI: 10.59240/kjsk.v2i1.3

Abstract

Dalam penelitian ini, penulis menerapkan metode mendeskripsikan gambar untuk meningkatkan semangat belajar dan meningkatkan penguasaan kosataka siswa di kelas. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Nusantara Mulyosari Gedangan tahun ajaran 2021-2022. Penulis menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai metode penelitian. Penulis menggunakan gambar deskripsi untuk membangkitkan semangat siswa dalam belajar dan menghafal kosakata dengan metode yang nyaman. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan wawancara. Untuk menganalisis data, ada tiga langkah analisis data. Yaitu reduksi, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah pada siklus I rata-rata hasil pretes adalah 44, 2. Pada postes rata-rata hasil tes adalah 57, 6. Selanjutnya pada siklus 2 rata-rata hasil post-test, rata-rata hasil tes adalah 76, 1. Dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan pada setiap siklus dengan menggunakan gambar deskripsi. Ketuntasan siswa yang lulus pada pre-test siklus II adalah 53,8%, tetapi terdapat perbedaan hasil pada post-test. Ada 84,5% siswa yang lulus dengan nilai baik. Dari kedua hasil pengujian tersebut terdapat peningkatan sekitar 30,7%. Terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus II. Peningkatan ini terlihat dari nilai setiap siswa yang mengalami peningkatan dibandingkan dengan pre-test. Ada peningkatan 10, 12,5, 20, 22,5 bahkan 32,5 peningkatan ini membuktikan bahwa metode ini mampu meningkatkan kemampuan kosakata. Karena ada lebih dari 75% siswa yang lulus dengan nilai baik. Kata kunci: Mendeskripsikan Gambar, Penguasaan Kosakata, Pendidikan
Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Di Sekolah Dalam Menjaga Kualitas Pendidikan Di Tengah Pandemi Nasution, Inom; Annisa, Fella; Zuraira, Tasya
Kartika: Jurnal Studi Keislaman Vol. 2 No. 1 (2022): Kartika: Jurnal Studi Keislaman (May)
Publisher : Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPT NU) PCNU Kabupaten Nganjuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (602.436 KB) | DOI: 10.59240/kjsk.v2i1.4

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dan bagaimana kepala sekolah berkoordinasi dengan orang tua siswa untuk mengikuti proses pembelajaran jarak jauh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya peningkatan kinerja guru selama pandemi COVID-19 di sekolah direncanakan, mobilisasi guru untuk mengadopsi bimbingan teknis, dan sebagai “daily performer” di rumah. dengan orang tuanya. Guru untuk sementara menggantikan guru dalam dukungan, saran, dan implementasi pembelajaran jarak jauh. Kepala sekolah terus-menerus memantau, mengawasi, mengontrol, mengarahkan, mengarahkan, dan mengevaluasi program pembelajaran jarak jauh. Kedua, keterlibatan orang tua sangat mendukung dan mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh untuk memastikan keberhasilan pembelajaran. Pembelajaran jarak jauh sangat efektif dalam menilai tugas dan siswa mendapatkan nilai yang sangat baik, namun proses pemahaman konsep membutuhkan materi yang sedikit lebih sedikit dibandingkan proses pembelajaran online. Hal ini menunjukkan bahwa selama masa pandemi Covid-19, peran kepala sekolah dalam memberikan pendidikan menjadi prioritas dalam perencanaan rencana intervensi
Kontribusi Al-Qur’an Dan Hadis Dalam Mengatasi Krisis Lahan Habibah, Meinurul
Kartika: Jurnal Studi Keislaman Vol. 2 No. 1 (2022): Kartika: Jurnal Studi Keislaman (May)
Publisher : Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPT NU) PCNU Kabupaten Nganjuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (968.138 KB) | DOI: 10.59240/kjsk.v2i1.5

Abstract

Tulisan ini bermaksud mengeksplorasi konsep-konsep yang terdapat pada pedoman kaum muslimin tersebut dan bagaimana bentuk kontribusinya dalam mengatasi krisis lahan. Hasil dari penelusuran ini diperoleh beberapa poin kesimpulan mengenai peran Islam dalam upaya mewujudkan keadilan agraria dalam al-Qur’an dan Hadis. Kontribusi tersebut berupa Konsep-ideal dan praksis. Konsep-ideal yang termaktub di dalam al-Qur’an dan hadis antara lain: 1) Bumi dan seisinya adalah milik Allah yang dititipkan kepada manusia untuk dikelola demi berlangsungnya kehidupan, 2) melarang perampasan tanah, 3) menghidupi lahan yang mati 4) berserikat dalam mengelola sumber daya agraria, 5) membagi tanah kepada tunakisma dan 6) menerapkan kebijakan tanah milik publik/hima. Konsep-konsep tersebut adalah pondasi yang mengusung visi dari Islam yang mengutamakan kehidupan ‘adl wa al-ihsan. Sementara bentuk praksis dari kontribusi yang telah diberikan kepada negara, termanifestasikan ke dalam peran ulama yang telah ikut andil dalam merumuskan UUPA tahun 1960.
Hak Asasi Anak Perspektif Islam Qur’ani Nurhakim, Haditsa
Kartika: Jurnal Studi Keislaman Vol. 2 No. 1 (2022): Kartika: Jurnal Studi Keislaman (May)
Publisher : Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPT NU) PCNU Kabupaten Nganjuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1006.236 KB) | DOI: 10.59240/kjsk.v2i1.6

Abstract

Dalam sejarah suatu negara, bahkan dalam sejarah dunia, tidak ada yang pernah mengatakan itu. Tanpa anak-anak dunia akan kosong, lumpuh, dan mati. Tidak akan ada yang namanya masa depan. Sebuah negara akan hancur, kehidupan akan berubah dan dunia akan lenyap dengan sendirinya. Pernahkah terpikir oleh Anda, pernahkah ada yang memikirkan tentang pentingnya seorang anak bagi masa depan dunia. Namun saat ini, dunia kehilangan masa depannya dengan maraknya eksploitasi anak oleh orang dewasa sebagai sarana untuk memperkaya diri. Anak dijadikan pengamen, pedagang koran, pengemis, pemulung, pencuri, PSK (pekerja seks komersial), dan yang paling parah anak dijadikan objek konsumtif bagi penjual barang haram. Orang dewasa merasa lebih aman menjual kepada anak-anak, ini aman karena anak-anak tidak akan melapor ke pihak berwajib, karena biasanya mereka diancam oleh penjual dan akhirnya anak-anak merasa takut.
Implementasi Pembelajaran Keberagamaan Dalam Membina Toleransi Beragama Di Pondok Pesantren Arifin, Zainal
Kartika: Jurnal Studi Keislaman Vol. 2 No. 1 (2022): Kartika: Jurnal Studi Keislaman (May)
Publisher : Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPT NU) PCNU Kabupaten Nganjuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (609.295 KB) | DOI: 10.59240/kjsk.v2i1.7

Abstract

Adapun tujuan dari artikel ini adalah bagaimana perilaku keberagamaan remaja suatu lembaga pendidikan, dan bagaimana upaya pondok pesantren dalam meningkatkan perilaku keberagaman berbasis multikultular. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Petama, Perilaku Keberagamaan Remaja. Bahwa pada dimensi keyakinan, remaja desa mengimani (mempercayai) agama Islam sebagai agama yang diridhoi oleh Allah S.W.T, namun belum bisa mengamalkan secara istiqomah apa yang mereka imani. Kedua, Upaya Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Perilaku Keberagamaan Remaja. Dalam meningkatkan perilaku beragama remaja desa, pengurus pondok pesantren mengunakan tiga upaya yakni, dengan pendekatan pengertian, pembiaasaan dan model. Ketiga, Faktor Penghambat dalam Peningkatan Perilaku Keagamaan. Ada tiga faktor yang menghambat upaya pondok pesantren dalam meningkatkan perilaku beragama remaja desa, psikis remaja Desa, kurangnya dorongan orang tua, dan kurangnya perhatian dari perangkat desa.
Islam Dan Demokrasi: Prespektif Cendekiawan Muslim dan Penerapan di Indonesia Solihin, Solihin
Kartika: Jurnal Studi Keislaman Vol. 2 No. 1 (2022): Kartika: Jurnal Studi Keislaman (May)
Publisher : Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPT NU) PCNU Kabupaten Nganjuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.143 KB) | DOI: 10.59240/kjsk.v2i1.8

Abstract

Adapun tujuan dari artikel ini adalah bagaimana konsep demokrasi menurut pendapat cendekiawan muslim, serta bagaimana respon dan penerapan demokrasi di tanah air Indonesia. Bahwa antara demokrasi dan syura banyak sekali titik persamaannya meskipun juga ada beberapa celah perbedaannya. Namun demikian pemikiran yang bijak haruslah menjadi acuan dan pegangan, baik dalam melihat permasalahan demokrasi atau pun yang lainnya. Untuk kasus umat Islam Indonesia berdasarkan penelitian, dapat diakatan bahwa umat Islam Indonesia begitu menerima dan berhubungan positif dengan konsep demokrasi yang dianggap hasil menafsiran ilmuwan barat, hal ini mengingat dalam praktiknay demokrasi di Indoensia telah diadaptifkan dengan nilai-nilai Islam.
Kesetaraan Gender Dalam Perspektif Islam (Studi Terhadap Peran Perempuan Sebagai Kepala Sekolah Di Yayasan Ali Imron Pakamban Laok Pragaan Sumenep Tahun 2022) Inayati, Mahfida
Kartika: Jurnal Studi Keislaman Vol. 2 No. 2 (2022): Kartika: Jurnal Studi Keislaman (November)
Publisher : Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPT NU) PCNU Kabupaten Nganjuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (672.052 KB) | DOI: 10.59240/kjsk.v2i2.9

Abstract

Islam memandang gender suatu bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan antara laki-laki dan perempuan yang mempunyai peran dan tugas serta tanggung jawab dalam menjalankan proses hidup dan kehidupan ini sesuai dengan potensi, bakat dan ilmu yang ada pada masing-masing diri individu, sehingga diharapkan dengan adanya kesetaraan gender ini, peran antara laki-laki dan perempuan akan jelas, dan dapat menjalankan aktivitas kehidupan ini sesuai dengan kodrat masing-masing yang berdasarkan ilmu yang ada pada diri laki-laki dan perempuan tersebut. Sementara kesetaraan gender perspektif Islam dalam kepemimpinan juga akan lebih jelas, karena hidup manusia tidak lepas dari tanggung jawab dan perannya dalam pendidikan, dimana didalam beraktivitas kesehariaannya, manusia mempunyai peran untuk mengikuti perkembangan zaman yang ada, termasuk dunia kepemimpinan bagi kaum perempuan, yang tidak ada halangan bagi kaum perempuan untuk terjun di dunai kepemimpinan dan pendidikan asalkan peran mereka didalam rumah tangga tetaplah sebagai istri dari suaminya, dan sebagai ibu dari anak-anaknya.
Analisis Pemanfaatan Multimedia Microsoft Powerpoint Dalam Pembelajaran Pendidkan Agama Islam (PAI) Di SDN Larangan Tokol Mufarrohah, Fina
Kartika: Jurnal Studi Keislaman Vol. 2 No. 2 (2022): Kartika: Jurnal Studi Keislaman (November)
Publisher : Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPT NU) PCNU Kabupaten Nganjuk

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.028 KB) | DOI: 10.59240/kjsk.v2i2.10

Abstract

Penggunaan multimedia microsoft powerpointt dalam pembelajaran memiliki pengaruh yang cukup besar dalam meningkatkan perkembangan anak. Seperti diketahui siswa kita adalah generasi alfa, maka mari kita mulai mengenalkan teknologi kepada siswa kita dalam pembelajaran seperti penggunaan multimedia microsoft powerpointt dapat menggantikan cara penyajian yang kuno yaitu dengan proyektor transparan atau bisa disebut OPH. Dengan microsoft powerpointt, anda dapat melakukan presentasi dengan sangat mudah karena didukung dengan fitur yang canggih dan menarik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, sumber datanya adalah guru PAI di SDN Larangan Tokol 4. Dalam hasil penelitian ini dinyatakan bahwa penggunaan multimedia microsoft powerpointt dalam pembelajaran PAI sangat baik karena penggunaan multimedia microsoft powerpointt dapat memberikan pembelajaran yang menarik, minat siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Ketertarikan bagi siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dibandingkan dengan melakukan proses pembelajaran tanpa menggunakan microsoft powerpoint.

Page 1 of 17 | Total Record : 165