cover
Contact Name
Nurzahra Fathiyanabila
Contact Email
jpvsfkip.ummuba@gmail.com
Phone
+6281249919017
Journal Mail Official
jpvsfkip.ummuba@gmail.com
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Muara Bungo Jl. Rang Kayo Hitam, Cadika, Rimbo Tengah, Kabupaten Bungo, Jambi 37211
Location
Kab. bungo,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Vokasi dan Seni (JPVS)
ISSN : -     EISSN : 2962150X     DOI : https://doi.org/10.52060/jpvs.v1i1
Core Subject : Education, Art,
Jurnal Pendidikan Vokasi dan Seni (JPVS) merupaka jurnal penelitian dan karya ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Vokasi Seni Kuliner. Jurnal Pendidikan Vokasi dan Seni (JPVS) menerima naskah Ilmiah hasil penelitian di bidang pendidikan vokasi dan seni. Naskah yang diterima akan disunting dan dievaluasi. penyuntingan dilakukan untuk keseragaman format tanpa mengubah isi. Jurnal Pendidikan Vokasi dan Seni (JPVS) terbit 2 kali dalam satu tahun yaitu bulan Maret dan September.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Vokasi dan Seni (JPVS), September 2022" : 5 Documents clear
EKSISTENSI TARI KIPAS GILA DI SANGGAR CITRA SABATI KELURAHAN TEMBILAHAN KOTA Yelvia Prahagia
Jurnal Pendidikan Vokasi dan Seni Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Vokasi dan Seni (JPVS), September 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Vokasi Seni Kuliner

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.919 KB) | DOI: 10.52060/jpvs.v1i1.806

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan Eksistensi Tari Kipas Gila di Sanggar Citra Sabati Tembilahan Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskripsi analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan, observasi, wawancara, perekaman dan dokumentasi melalui pemotretan. Alat pengumpul data adalah alat tulis, kamera dan handycam. Hasil penelitian yang telah dilakykan yaitu tari Kipas Gila merupakan tari kreasi baru yang ditampilkan diberbagai acara seperti ulangtahun Kabupaten Indragiri Hilir dan festival tari. Eksistensi tari Kipas Gila di sanggar Citra Sabati terlihat jelas dengan adanya relasi seperti relasi jasa, relasi ilmu pengetahuan dan relasi publikasi. Jika dikaitkan ke relasi jasa, tari ini tidak pernah digunakan masyarakat untuk ditampilkan di pesta pernikahan. Salah satu alasannya adalah masalah ekonomi dan tempat yang kurang memadai tetapi minat masyarakat ketika melihat penampilan tari Kipas Gila di panggung terbuka di acara ulangtahun Kabupaten Indragiri Hilir sangat tinggi. Jika dikaitkan ke relasi ilmu pengetahuan, tari ini pernah ditampilkan di acara perpisahan sekolah yaitu tingkat SD dengan gerak yang sedikit berbeda sesuai dengan kemampuan siswa tingkat SD. Jika dikaitkan ke relasi publikasi, tari ini pernah diliput oleh TVRI pusat dan di upload ke youtube juga pernah diliput oleh Koran Tribun. Tari Kipas Gila masih bertahan hidup dari awal terciptanya dan dipertahankan eksistensinya di tengah-tengah masyarakat pendukungnya hingga sekarang.
MOTIVASI BERPRESTASI DAN KESIAPAN KERJA SISWA JURUSAN AKOMODASI PERHOTELAN DI SMK N 1 SINTUK TOBOH GADANG Marlinda Astuti
Jurnal Pendidikan Vokasi dan Seni Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Vokasi dan Seni (JPVS), September 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Vokasi Seni Kuliner

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.102 KB) | DOI: 10.52060/jpvs.v1i1.807

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) Motivasi Berprestasi siswa SMK Negeri I Sintuk Toboh Gadang. 2) Kesiapan Kerja SMK Negeri I Sintuk Toboh Gadang. Dari hasil penelitian dapat diperoleh data bahwaskor motivasi berprestasi siswa yang terendah 40 dan skor tertinggi 94. Hasil pengolahan data diperoleh skor rata-rata (mean) sebesar 69, 87, modus (mode) sebesar 65, median sebesar 70 dan simpangan baku (standar deviation) sebesar 8.7. Untuk skor kesiapan kerja yang terendah 40 dan skor tertinggi 94. Hasil pengolahan data diperoleh skor rata-rata (mean) sebesar 86,43 modus (mode) sebesar 89, median sebesar 88 dan simpangan baku (standar deviation) sebesar 11.23. Hasil pengolahan data tersebut menjelaskan bahwamotivasi berprestasi dan kesiapan kerja siswa jurusan akomodasi perhotelan di SMK Negeri 1 sintuk toboh gadangtergolong dalam kategori tinggi.
HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS III SDN 115/VIII SUNGAI ALAI KAB. TEBO Raja Bani Pilitan; Reni Guswita
Jurnal Pendidikan Vokasi dan Seni Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Vokasi dan Seni (JPVS), September 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Vokasi Seni Kuliner

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (666.745 KB) | DOI: 10.52060/jpvs.v1i1.808

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmengetahuihubunganantarapolaasuhorang tua terhadap prestasi belajar dan pola asuh yang diterapkan oleh orang tua.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yangdigunakan adalah analisis korelasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan carapurposivesampling dansubjeksiswakelasIIIsebanyak10siswa.Teknikpengumpulan data yaitu berupa angket, observasi dan dokumentasi. Uji hipotesispenelitian ini adalah analisis koefisien korelasi product moment dengan bantuanprogram StatisticalProductandServiseSolutions(SPSS)versi25forwindows.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh yang diterapkan olehorang tua pada siswa kelas III SD Negeri 115/VIII Sungai Alai Kecamatan TeboTengah Kabupaten Tebo dari data dengan jumlah persentase pola asuh demokratis sebesar 43,5%. Sedangkan untuk nilai persentase pola asuh otoriter sebesar 31,4%dan pola asuh permisif sebesar 25,1%, maka dapat disimpulkan bahwa pola asuhyang dominan diterapkan oleh orang tua adalah pola asuh demokratis. Penelitianini juga menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara polaasuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas III SDN 115/VIII Sungai AlaiKecamatanTeboTengah Kabupaten Tebodengan besar korelasi 10%.
FUNGSI PERTUNJUKAN DABUIH DALAM ACARA MALEWA GALA PENGHULU DI NAGARI TALAOK KECAMATAN BAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN Ratih Juwita Novalia
Jurnal Pendidikan Vokasi dan Seni Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Vokasi dan Seni (JPVS), September 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Vokasi Seni Kuliner

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.563 KB) | DOI: 10.52060/jpvs.v1i1.809

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menjelaskan mengenai fungsi dari pertunjukan kesenian dabuihdalam acara melawa gala penghulu di Nagari Talaok Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Bentuk yang dipertunjukan dengan berbagai unsur dari pertunjukan dabuihmenjadi wilayah kajian dalam penelitian ini. Pada penyajian dan fungsi keberadaan pertunjukan kesenian dabuihyang berkonstribusi dalam acara malewa galapenghulu menjadi fokus penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif, dengan metode deskriptif. Data dihimpun dengan teknik observasi, srudi kepustakaan, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah penulis sendiri sebagai instrumen kunci. Lokasi penelitian berada di kawasan Nagari Talaok Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan.Informan penelitian adalah tetua dabuih, wali nagari, datuak/penghulu dan pemuka masyarakat.Teknik analisis data yang akan digunakan adalah analisis data model Miles dan Huberman dalam Sugiyono. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertunjukan kesenian dabuih merupakan kesenian tradisional yang berumur cukup lama. Mulai perkembangan dabuihdari Makkah sampai di sebar luaskan dan dikembangkan di Nagari Talaok, kesenian dabuihcukup eksis dan selalu ditampilkan dalam berbagai acara di Nagari Talaok salah satunya dalam acara malewa gala penghulu. Kesenian dabuihmerupakan kesenian yang mempunyai bentuk penyajian fungsionalis. Fungsi kesenian dabuihmerupakan fungsi yang tidak mengikat dan sebagai sarana pelestarian kesenian dan hiburan estetis bagi masyarakat Nagari Talaok Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Kesenian dabuihjuga sudah menjadi media pendidikan tradisional bagi masyarakat Nagari Talaok dan sekitarnya.
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW KELAS V SD Tri wiyoko; Puput Wahyu Hidayat
Jurnal Pendidikan Vokasi dan Seni Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Vokasi dan Seni (JPVS), September 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Vokasi Seni Kuliner

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (542.074 KB) | DOI: 10.52060/jpvs.v1i1.810

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan pemahaman konsep IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw kelas V SD Negeri 102/II Sungai Kerjan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan soal tes pemahaman konsep IPA. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan proses belajar yang dialami peserta didik dari siklus I sebesar 75% meningkatdi siklus II sebesar 85%. Selanjutnya untuk pemahaman konsep IPA mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 53,33% meningkat di siklus II sebesar 86,67%. Jadi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan proses dan pemahaman konsep IPA bagi peserta didik di kelas V sekolah dasar.

Page 1 of 1 | Total Record : 5