cover
Contact Name
Rizal Amegia Saputra
Contact Email
rizal.rga@bsi.ac.id
Phone
+628111198851
Journal Mail Official
jurnal.justika@bsi.ac.id
Editorial Address
Kampus A Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Kota Sukabumi Jl. Cemerlang No. 8 Sukakarya Sukabumi Jawa Barat, 43135 Indonesia
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Justika : Jurnal Sistem Informasi Akuntansi
ISSN : -     EISSN : 2798446X     DOI : https://doi.org/10.31294/justika.v2i2
JUSTIKA: Jurnal Sistem Informasi Akuntansi merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi) yang dikelola oleh Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Sukabumi. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang berfokus kepada: Sistem Informasi Akuntansi, Implementasi Software Akuntansi dan Analisa Laporan Keuangan. Frekuensi Terbit: 2 kali setahun (bulan Juni dan Desember) ISSN : 2798-446X (Online)
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2025): Juni 2025" : 7 Documents clear
Analisis Kepuasan Pelanggan Kopi Kapal Api Menggunakan Metode Net Promoter Score Komharudin, Komharudin; Umami, Nida Auliana; Hidayatulloh, Khairil
JUSTIKA : Jurnal Sistem Informasi Akuntansi Vol 5 No 1 (2025): Juni 2025
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/justika.i5v1.9168

Abstract

This study aims to measure the level of customer satisfaction and customer loyalty of Kapal Api Coffee products launched by Digital Business Students as a Final Exam in the Costumer Behavior course which is a Study Program from Sukabumi Polytechnic which is about understanding how, why, and when consumers make decisions to buy a product or service. This research was conducted on customers of Kapal Api Coffee which aims to calculate the level of satisfaction where the results can be used as a basis for future development. Data collection for this research is through questionnaires distributed to customers. To determine the probability of consumer satisfaction, a customer satisfaction analysis is carried out using the Net Promoter Score (NPS) method.
Rancang Bangun Sistem Informasi Akuntansi Simpan Pinjam Pada Koperasi Amanah Bina Sejahtera Ramdhani, Lis Saumi; Rahayu, Yuri; Susilawati, Susilawati; Frandanu, Refaldy; Farlina, Yusti
JUSTIKA : Jurnal Sistem Informasi Akuntansi Vol 5 No 1 (2025): Juni 2025
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/justika.i5v1.7426

Abstract

Koperasi Amanah Bina Sejahtera merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang simpan pinjam uang. Sistem yang ada pada Koperasi Amanah Bina Sejahtera ini masih dilakukan secara manual, mulai dari pencatatan customer yang meminjam uang, sampai penyimpanan data-data lainnya yang berhubungan dengan proses simpan pinjam hingga sampai pembuatan laporan, sehingga memungkinkan pada saat proses berlangsung terjadi kesalahan dalam pencatatan, kurang akuratnya laporan yang dibuat dan keterlambatan dalam pencarian data-data yang diperlukan. Metode yang digunakan menggunakan model waterfall yang diawali dengan menganalisis kebutuhan software, desain, code generation, testing, dan support. Perancangan sistem informasi ini merupakan solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang ada pada perusahaan ini, serta dengan sistem yang terkomputerisasi dapat tercapai suatu kegiatan yang efektif dan efisien dalam menunjang aktifitas pada perusahaan ini. Sistem yang terkomputerisasi lebih baik dari sistem yang manual agar berjalan lebih efektif dan efisien serta sistem simpan pinjam yang sekarang lebih kondusif dibandingkan dengan sistem yang terdahulu.
Analisa Sistem Informasi Akuntansi Tagihan Pembayaran Vendor PT PELNI (Persero) Jakarta pusat Wulandari, Annisa; Widyastuti, Indria
JUSTIKA : Jurnal Sistem Informasi Akuntansi Vol 5 No 1 (2025): Juni 2025
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/justika.i5v1.8248

Abstract

Sistem informasi akuntansi merupakan salah satu komponen penting dalam pengelolaan keuangan perusahaan, khususnya dalam memastikan efisiensi dan akurasi pembayaran tagihan kepada vendor. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan PT PELNI (Persero) untuk mengelola pembayaran tagihan vendor secara efektif, guna mendukung kelancaran operasional dan menjaga hubungan bisnis yang baik. Implementasi sistem informasi akuntansi yang memadai dapat meningkatkan efisiensi proses administrasi keuangan sekaligus mengurangi risiko kesalahan dan keterlambatan pembayaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis prosedur penagihan, proses pembayaran, serta permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaan tagihan vendor di PT PELNI. Metodologi yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui proses wawancara mendalam, observasi langsung, dan juga dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan kerangka teori yang relevan untuk memahami efektivitas sistem informasi akuntansi perusahaan..
Sistem Informasi Akuntansi Reservasi Oasis Cottage Menggunakan Metode Prototype Renny Oktapiani; Dicki Prayudi; Ramdhan Saepul Rohman; Anis Marcela
JUSTIKA : Jurnal Sistem Informasi Akuntansi Vol 5 No 1 (2025): Juni 2025
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/justika.i5v1.8787

Abstract

Pada penelitian ini merancang dan mengembangkan Sistem Informasi Akuntansi Reservasi Oasis Cottage yang dapat menyederhanakan proses reservasi kamar, dan mencatat transaksi keuangan jurnal umum, yang lebih efisien dan akurat. Sistem ini dibangun menggunakan metode pengembangan perangkat lunak prototipe, yang memungkinkan iterasi cepat di mana prototipe awal dirancang dan dievaluasi bersama pengguna untuk memperoleh umpan balik yang membangun. Proses reservasi Oasis Cottage yang sebelumnya dilakukan secara manual dan terpisah dengan pencatatan reservasi dan transaksi keuangan, kini dilakukan dalam satu sistem yang terintegrasi, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan pencatatan dan meningkatkan efisiensi operasional Oasis Cottage. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembuatan prototipe dapat mempercepat pengembangan sistem dan menghasilkan solusi yang memenuhi kebutuhan pengguna. Sistem ini diharapkan dapat meningkatkan manajemen dan kinerja keuangan Oasis Cottage dengan tidak hanya meningkatkan akurasi pencatatan transaksi tetapi juga memberikan kemudahan dalam pengelolaan laporan keuangan secara real-time.
Adaptasi Strategi Digital Marketing Menuju Break-Even Point: Studi Grounded Theory pada UMKM Manufaktur-Retail Rahayu, Yuri; Hudin, Jamal Maulana; Riyanto, Andi
JUSTIKA : Jurnal Sistem Informasi Akuntansi Vol 5 No 1 (2025): Juni 2025
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/justika.i5v1.8884

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses adaptasi strategi digital marketing pada UMKM sektor manufaktur, dengan fokus pada pencapaian Break-Even Point (BEP). Dalam kondisi ekonomi yang penuh ketidakpastian dan meningkatnya kompetisi digital, pelaku UMKM dituntut untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi pemasaran digital guna mengatasi keterbatasan modal dan akses pasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan grounded theory berbasis kajian literatur dan data sekunder dari berbagai studi kasus dan laporan riset terkini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi digital marketing yang diterapkan UMKM manufaktur mencakup efisiensi biaya promosi, peningkatan jangkauan pasar, akurasi segmentasi, serta pemanfaatan data analytics untuk pengambilan keputusan. Adaptasi ini secara signifikan berkontribusi terhadap percepatan pencapaian BEP. Temuan ini memperkaya kajian strategi pemasaran digital dalam konteks UMKM manufaktur serta menawarkan kerangka konseptual bagi pelaku usaha dan pembuat kebijakan.
Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Sebelum dan Selama Covid-19 pada PT. Ultrajaya Milk Industry, Tbk Periode 2018-2021 Ratna Kurnia Sari
JUSTIKA : Jurnal Sistem Informasi Akuntansi Vol 5 No 1 (2025): Juni 2025
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/justika.i5v1.8971

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja keuangan PT. Ultrajaya Milk Industry, Tbk dengan membandingkan kondisi dari tahun 2018 hingga 2021 sebelum dan selama pandemi Coronavirus Disease 2019. Laporan keuangan tahunan perusahaan digunakan sebagai data sekunder dalam penelitian kuantitatif deskriptif ini. Lima rasio keuangan digunakan untuk melakukan analisis : rasio cepat, rasio hutang ke aset, rasio pengembalian aset, rasio pengembalian inventory, dan rasio pengembalian modal kerja.  Hasil penelitian menunjukkan penurunan cepat rasio dari 3,27 menjadi 2,34. Ini menunjukkan penurunan tingkat likuiditas perusahaan selama pandemi. Selain itu, solvabilitas perusahaan menurun, dengan rasio hutang ke aset meningkat dari 14% menjadi 38%. Sebaliknya, profitabilitas perusahaan meningkat, dengan return on assets meningkat dari 14% menjadi 15%. Rasio aktivitas menunjukkan penurunan efisiensi pengelolaan persediaan dan modal kerja. Turnover inventaris turun dari 4,82 menjadi 4,60, sedangkan turnover sumber daya manusia turun dari 2,35 menjadi 1,92. Perusahaan menunjukkan ketahanan operasional dan kemampuan untuk beradaptasi meskipun menghadapi tekanan keuangan selama pandemi. Hasil ini menunjukkan bahwa, untuk menghadapi situasi ekonomi yang tidak pasti di masa mendatang, manajemen harus terus memperbaiki pengelolaan utang, menjaga efisiensi modal kerja, dan memperkuat strategi likuiditas.
Kinerja Keuangan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk di Era Pandemi melalui Analisis Rasio Profitabilitas Muchamad, Widy; Sukmawan , Nopaldi Ramdhan; Agustin, Lena; Afriyadi , Rudy
JUSTIKA : Jurnal Sistem Informasi Akuntansi Vol 5 No 1 (2025): Juni 2025
Publisher : Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Kampus Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/justika.i5v1.9096

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pandemi Covid-19 terhadap kinerja perusahaan, khususnya perusahaan di sektor consumer goods. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk periode tahun 2020 – 2024 dengan menganalisis rasio profitabilitas PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk melalui pendekatan deskriptif kuantitatif menggunakan 20 data laporan keuangan per kuartal yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio profitabilitas perusahaan masih tergolong baik dalam menghasilkan laba, mengelola aset, dan memberikan laba kepada pemegang saham, meskipun terdapat fluktuasi antar kuartal selama masa pandemi dan regulasi yang terjadi.  

Page 1 of 1 | Total Record : 7