cover
Contact Name
Evi Susilawati
Contact Email
evisusilawati@fkip.uisu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
evisusilawati@fkip.uisu.ac.id
Editorial Address
Program Studi PPKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara Jl. Sisingamangaraja XII, Kelurahan Teladan, Medan, Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL)
ISSN : -     EISSN : 29646596     DOI : https://dx.doi.org/10.30743/jetcivil
Core Subject : Education, Social,
Jurnal ini berfokus pada publikasi hasil penelitian ilmiah yang berkaitan dengan bidang kajian kewarganegaraan, kajian konseptual bidang pendidikan, teknologi pendidikan, pengembangan bahan ajar, media, evaluasi, dan metode penelitian di bidang pendidikan, pendidikan politik, pendidikan hukum, pendidikan dan literasi kewarganegaraan. Jurnal ini berfokus pada publikasi hasil penelitian ilmiah yang berkaitan dengan bidang kajian kewarganegaraan, kajian konseptual bidang pendidikan, teknologi pendidikan, pengembangan bahan ajar, media, evaluasi, dan metode penelitian di bidang pendidikan, pendidikan politik, pendidikan hukum, pendidikan dan literasi kewarganegaraan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2022): Edisi April" : 5 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN P ROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 LANGSA Nana Wahyuni
Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) Vol 2, No 2 (2022): Edisi April
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (182.829 KB) | DOI: 10.30743/jetcivil.v2i2.6157

Abstract

Mata pelajaran PPKn memiliki karakteristik tersendiri, di mana materinya tidak dapat dikuasai tanpa pemahaman dan penghayatan terhadap nilai dan norma. Untuk dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru, siswa harus memiliki motivasi belajar dalam setiap pembelajaran. Selama ini, siswa acuh tak acuh terhadap pembelajaran yang disampaikan oleh guru, dikarenakan pembelajaran berlangsung  dengan menggunakan guru sebagai sumber belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti memberikan solusi berupa pemberian tindakan terhadap proses pembelajaran dalam bentuk penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning . Penelitian ini terdiri dari dua siklus di mana untuk setiap siklus dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Yang menjadi tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning  dan mendeskripsikan model Project Based Learning dalam proses pembelajaran PPKn. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP N 13 Langsa. Adapun hasil dari penelitian ini  dapat didiskripsikan sebagai berikut: hasil belajar siswa pada pelajaran PPKn meningkat dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning, pada akhir siklus rata-rata hasil belajar siswa 74 dengan persentase ketuntasan 85% dan rata-rata hasil refleksi pelaksanaan proses pembelajaran diakhir siklus mencapai 89,16%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas VII SMP N 13 Langsa  meningkat dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning  dan proses pembelajaran PPKn di kelas kelas VII SMP N 13 Langsa diperbaiki dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning.
UPAYA MENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN KELAS VIII DI SMP NEGERI BINJAI Afrilia Afrilia
Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) Vol 2, No 2 (2022): Edisi April
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.915 KB) | DOI: 10.30743/jetcivil.v2i2.6153

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dengan menggunakan metode Discovery Learning dengan menggunakan media video pembelajaran. berjenis penelitian tindakan kelas (PTK).  Sampel penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri Binjai. Karena di SMP Negeri Binjai. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas  dengan menggunakan tiga siklus yang terdiri atas empat tahapan yaitu: (a) perencanaan, (b) tindakan, (c) observasi dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti untuk memperoleh informasi berupa observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria  Ketuntasan Minimal kelas VIII SMP Negeri Binjai adalah 73,00 maka standar ketuntasan individu dan standar ketuntasan klasikal akan diinterpretasikan sebagai berikut: a) Standar Ketuntasan Individu Secara perorangan (individual), dianggap telah “tuntas belajar” apabila daya serap siswa mencapai 73,00. b) Standar Ketuntasan Klasikal Secara klasikal, dianggap telah “tuntas belajar” apabila mencapai 80% dari jumlah siswa yang mencapai daya serap minimal 73. Hasil Penelitian Siklus I, II. III   dapat dilihat bahwa  telah terjadi ketuntasan peningkatan Ketuntasan belajar siswa, aktivivitas mengajar  guru,  dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan metode Discovery Learning.
PERAN DAN TANGGUNG JAWAB ORANG TUA DALAM PROSES BELAJAR PADA MASA COVID-19 DI DESA RUMAH GERAT KECAMATAN BIRU-BIRU KABUPATEN DELI SERDANG Tampilen Kaban; Nur Sehat
Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) Vol 2, No 2 (2022): Edisi April
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.08 KB) | DOI: 10.30743/jetcivil.v2i2.6154

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Desa Rumah Gerat Kecamatan Biru-Biru Kabupaten Deli Serdang. Lokasi ini dijadikan sebagai tempat untuk mengetahui peran dan tanggung jawab orang tua dalam proses belajar pada masa Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala dusun, anak, dan orang tua. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penulis berperan sebagai pewawancara secara langsung untuk menggali data melalui kepala dusun, anak, dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran dan tanggung jawab orang tua dalam proses belajar pada masa Covid-19 di Desa Rumah Gerat yaitu orang tua melaksanakan peran dan tanggung jawab dalam bentuk ganda yaitu pertama menjadi orang tua dan kedua menjadi guru di dirumah; memenuhi fasilitas yang dibutuhkan anak, membimbing mengawasi;memotivasi; member nasihat; dan bertanggung jawab dalam mencari nafkah serta keberhasilan anak dalam belajar. Kesulitan yang dihadapi orang tua yaitu dalam membimbing anak; ekonomi; pembagian waktu
PENGEMBANGAN KARAKTER LSRW PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS BISNIS Imamul Khaira
Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) Vol 2, No 2 (2022): Edisi April
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.718 KB) | DOI: 10.30743/jetcivil.v2i2.6155

Abstract

Bahasa Inggris Bisnis menjadi bahas yang sangat diperlukan dalam kegiatan bisnis di dalam masyarakat global. Mengingat pentingnya Bahasa Inggris Bisnis ini,  Program Studi Manajemen Universitas Haji Sumatera Utara membekali mahasiswanya dengan mata kuliah ini melalui pengembangan karakter LSRW. Penelitian ini menjadi penting dilakukan dan yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Bahasa Inggris Bisnis di antara mahasiswa manajemen Universitas Haji Sumatera Utara dalam meningkatkan karakter LSRW  dan mengembangkan  kompetensi  profesional, akademik, dan pengembangan pribadi mahasiswa.  Penelitain ini berjenis penelitian kuantitatif   dengan jenis metode korelasional. Peneliti mengembangkan kuesioner dan menyebarkan kuesioner  kepada mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Haji yang mengambil Mata Kuliah Bahasa Inggris Bisnis yang terdiri dari 15 responden.  Analisis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS, Versi 27.0  dengan menggunakan statistik deskriptif, uji-T dan koefisien regresi untuk menggambar  signifikansi hasil penelitian. Penelitian ini menguji alpha test untuk mengetahui reliabilitas dan ditemukan ambang alfa yang diterima. Untuk semua item, 36 Alpha adalah 0,91.   Kegiatan penelitain dilakukan  pada bulan Desember 2022 sampai  Januari 2022.   Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  pengembangan karakter LSRW pada  Mata Kuliah Bahasa Inggris Bisnis  terutama pada karakter  listening, speaking, reading, dan writing dapat dilihat terjadi peningkatan  dengan rata-rata pada tingkat yang signifikan dengan  rata-rata dan standar penyimpangan 0,671 yang menunjukkan bahwa karakter Listening memiliki pendapat positif di antara responden. Karakter Speaking, berada di bawah kisaran antara 3,99 yang menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengambil  Mata Kuliah Bahasa Inggris Bisnis memiliki ini teruji secara signifikan. Karakter Reading dalam Mata Kuliah Bahasa Inggris Bisnis memiliki tingkat penerimaan rata-rata  secara signifikan dengan nilai rata-rata berkisar antara 3,09   dengan  p0,001. Hal ini menunujukkan bahwa semua resounden menyatakan bahwa Karakter Reading dalam Mata Kuliah Bahasa Inggris Bisnis penting dikembangkan dalam  meningkatkan ide, kritis
PELAKSANAAN PERKAWINAN MENURUT ADAT SUKU PAKPAK DI DESA SUKARAMAI KECAMATAN KERAJAAN KABUPATEN PAKPAK BHARAT Tampilen Kaban; Atmawarni Atmawarni; Yuni Ratona Tumanggor
Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) Vol 2, No 2 (2022): Edisi April
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.612 KB) | DOI: 10.30743/jetcivil.v2i2.6156

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sukaramai Kecamatan Kerajaan Dalam Kabupaten Pakpak Bharat Provinsi Sumatera Utara. Lokasi ini dijadikan sebagai tempat untuk mendeskripsikan tentang adat perkawinan. Adat diberbagai daerah sangat beragam dan bermacam-macam bentuknya, sesuai dengan ciri khas kedaerahannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang bagaimana proses adat perkawinan Pakpak yang ada di Desa Sukaramai. Manfaat penelitian ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat umum tentang proses adat perkawinan Pakpak di Desa Sukaramai. Hasil dari penelitian ini adalah proses adat perkawinan Pakpak di Desa Sukaramai dilakukan dengan beberapa tahapan seperti : memmere emas pilihen,menggirit/mengindang, tanda burju, menglolo/mengkata utang, muat nakan paradupen dan tangis sijahe. Proses adat perkawinan Pakpak yang ada dalam Desa Sukaramai, tidak bisa dikurangi apalagi dihilangkan

Page 1 of 1 | Total Record : 5