cover
Contact Name
Evi Susilawati
Contact Email
evisusilawati@fkip.uisu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
evisusilawati@fkip.uisu.ac.id
Editorial Address
Program Studi PPKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara Jl. Sisingamangaraja XII, Kelurahan Teladan, Medan, Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL)
ISSN : -     EISSN : 29646596     DOI : https://dx.doi.org/10.30743/jetcivil
Core Subject : Education, Social,
Jurnal ini berfokus pada publikasi hasil penelitian ilmiah yang berkaitan dengan bidang kajian kewarganegaraan, kajian konseptual bidang pendidikan, teknologi pendidikan, pengembangan bahan ajar, media, evaluasi, dan metode penelitian di bidang pendidikan, pendidikan politik, pendidikan hukum, pendidikan dan literasi kewarganegaraan. Jurnal ini berfokus pada publikasi hasil penelitian ilmiah yang berkaitan dengan bidang kajian kewarganegaraan, kajian konseptual bidang pendidikan, teknologi pendidikan, pengembangan bahan ajar, media, evaluasi, dan metode penelitian di bidang pendidikan, pendidikan politik, pendidikan hukum, pendidikan dan literasi kewarganegaraan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2023): Edisi April" : 5 Documents clear
PERANAN KELUARGA DALAM MENANAMKAN NILAI MORAL PADA ANAK DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN NILAI MORAL Tampilen Tampilen; Yusi Maulia
Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) Vol 3, No 2 (2023): Edisi April
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (271.805 KB) | DOI: 10.30743/jetcivil.v3i2.6976

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar PPKn berupa modul berbantuan Video Canva pada materi peranan keluarga dalam menanamkan nilai moral pada anak di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Dua Koto Kabupaten Pasaman Sumatera Barat . Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (RD) dengan menggunakan desain penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap, Analysis (Analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evalution (evaluasi). Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII dan satu orang guru yang mengajar di kelas VII SMP Negeri 2 Dua Koto, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat yang berjumlah 29 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian merupakan sampel jenuh yaitu seluruh siswa kelas VII dan satu orang guru yang mengajar di kelas VII SMP Negeri 2 Dua Koto, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat yang berjumlah 29 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi, wawancara yang dilakukan di lapangan serta kritik, saran, dan masukan yang diberikan validator, guru dan siswa melalui penyebaran angket. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil data penilaian validasi yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi, serta angket respon guru dan siswa. Sebelum dilakukan analisis, terlebih dahulu dilakukan uji instrumen data yaitu dengan uji validitas oleh ahli materi dan ahli desain. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini, diperoleh hasil dengan memenuhi kriteria layak. Penilaian tingkat kevalidan modul oleh ahli materi diperoleh rata-rata keseluruhan 94% dengan kualifikasi “sangat valid” kemudian dengan ahli desain dengan rata-rata keseluruhan 96% dengan kualifikasi sangat valid. Penelitian tingkat kelayakan oleh guru diperoleh rata-rata 94% dan siswa memberikan respon baik dan positif dengan menunjukkan nilai rata-rata sebesar 93%., sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan ajar PPKn materi peranan keluarga dalam menanamkan nilai moral pada anak kelas VII SMP Negeri 2 Dua Koto yang berbentuk modul berbantuan aplikasi Video Canva sangat layak digunakan dalam pembelajaran di kelas.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TERINTEGRASI DENGAN PENDIDIKAN NILAI DAN MORAL PADA MATA PELAJARAN PPKN SMA KELAS X Zuraidah Adlina; Sumilah Sumilah
Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) Vol 3, No 2 (2023): Edisi April
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.503 KB) | DOI: 10.30743/jetcivil.v3i2.6977

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar terintegrasi pendidikan nilai dan moral kelas X SMA Swasta PAB 8 Saentis Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Pengembangan bahan ajar dibuat karena bahan ajar yang sebelumnya belum terintegrasi dengan pendidikan nilai dan moral. bahan ajar tersebut dibuat karena merosotnya nilai moral siswa pada saat  ini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R D) menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Develop, Desseminate dengan metode penelitian yaitu jenis data kualitatif dan kuantitatif (Mixed Methods). Uji coba produk dilakukan pada kelompok kecil yaitu 35 orang siswa kelas X dan guru mata pelajaran PPKn. Hasil penelitian dimana pada tahap validasi ahli terdiri atas 3 orang validator yaitu 1 oang validasi ahli materi oleh dosen, 1 orang validasi ahli materi oleh guru mata peajaran PPKn, dan 1 orang validasi ahli bahasa dengan skor rata-rata 3,55 dengan persentase 88,95% mendapatkan kriteria sangat baik atau “sangat valid”. Pada tahap uji coba untuk mengetahui kepraktisan penggunaan bahan ajar PPKn Terintegrasi Pendidikan Nilai dan Moral menggunakan uji coba kelompok kecil  (respon siswa) dan respon guru memperoleh skor dengan rata-rata 3,39 dengan persentase 84,86% dan memperoleh kriteria sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan pengembangan bahan ajar PPKn terintegrasi pendidikan nilai dan moral Kelas X yang sudah dikembangakan adalah valid dan praktis sehingga layak untuk digunakan.
PERAN ORANG TUA DALAM BERKOMUNIKASI MEMBENTUK KEDISIPLINAN ANAK DI DALAM LINGKUNGAN KELUARGA Sapta Kesuma; Indah Purnama Syafitri
Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) Vol 3, No 2 (2023): Edisi April
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.956 KB) | DOI: 10.30743/jetcivil.v3i2.6968

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam berkomunikasi membentuk kedisiplinan anak di dalam lingkungan keluarga. Bagaimana peran orang tua dalam berkomunikasi membentuk kedisiplinan anak di dalam lingkungan keluarga, Desa Damuli Pekan, Dusun Simpang Siranggong, Kec. Kualuh Selatan, Kab. Labuhanbatu Utara dan Bagaimana kendala-kendala yang dihadapi orang tua dalam berkomunikasi membentuk kedisiplinan anak di dalam lingkungan keluarga,Faktor yang mempengaruhi orang tua membentuk kedisiplinan anak. Menurut Sugiyono (2016), metode deskriptif kualitatif adalah metode penelitia yang berdasarkan pada filsafat postpositivesme di gunakan untuk peneliti pada kondisi objek yang alamiah. Berdasarkan pengertian di atas maka peneliti mengambil metode deskriptif kualitatif. Mengenai objek yang dibicarakan sesuai kenyataan yang terjadi pada masyarakat khususnya orang tua dan anak pada masyarakat dusun simpang siranggong. Komunikasi orang tua dalam membentuk kedisiplinan anak memiliki hubungan yang kuat dan signifikan. Artinya, semakin sering orang tua memberikan komunikasi yang baik kepada anaknya maka orang tua memiliki tugas penuh dalam mendidik, mengasuh, dan membimbing anak agar menjadi kepribadian yang baik di dalam keluarga mau pun diluar (masyarakat). Dapat disimpulkan bahwa kesulitan yang Dihadapi Orang Tua dalam berkomunikasi membentuk kedisiplinan anak desa Desa Damuli Pekan, Dusun Simpang Siranggong, Kec. Kualuh Selatan kab. Labuhanbatu Utara, yaitu latar belakang orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya mempengaruhi tingkat kemudahan dan kesulitan orang tua dalam membentuk perilaku disiplin anak, kesulitan membagi waktu antara anak dan pekerjaan keadaan rumah yang kurang nyaman hal ini bias didasari jumlah anggota keluarga sehingga orang tua sulit dalam membentuk perilaku disiplin terhadap anak-anak mereka.
PERAN MAHASISWA DALAM MENDUKUNG PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOTIKA Lilla Puji Lestari
Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) Vol 3, No 2 (2023): Edisi April
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (171.551 KB) | DOI: 10.30743/jetcivil.v3i2.6970

Abstract

Penyalahgunaan narkoba merupakan masalah penting yang harus dihadapi berbagai negara di dunia. Bukan hanya orang dewasa yang menjadi korban penyalahgunaan narkoba, namun kaum remaja (pelajar/ mahasiswa) juga bisa  menjadi korban penyalahgunaan narkoba. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui kepemahaman mahasiswa tentang narkotika, bahaya, serta sanksi yang didapat dari penyalahgunaan narkotika dan mengedukasi mahasiswa tentang narkotika. Dalam penulisan karya tulis ini melalui metode study pustaka. Badan Narkotika Nasional melaksanakan dan mengimplementasikan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan Dan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkotika Dan Prekursor Narkotika. Peran mahasiswa dalam mendukung program P4GN adalah mahasiswa diharapkan dapat menciptakan unit kegiatan mahasiswa yang didalamnya memberikan edukasi tentang narkotika dilingkungan kampus. Melalui penyuluhan oleh BNN didapatkan hasil bahwa masih banyak remaja dan mahasiswa yang belum memahami betul tentang narkotika, bahaya, serta sanksi yang didapat dalam penyalahgunaan narkotika. Dengan metode kuesioner atau pretest menghasilkan 80% peningkatan pemahaman mahasiswa tentang narkotika   
IMPLEMENTASI MODEL PENILAIAN BERBASIS DIGITAL AUTOMATED SHORT ESSAY SCORING (ASES) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA Evi Susilawati; Imamul Khaira
Journal of Education Technology and Civic Literacy (JET CIVIL) Vol 3, No 2 (2023): Edisi April
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.345 KB) | DOI: 10.30743/jetcivil.v3i2.6975

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui  implementasi model penilaian berbasis digital Automated Short Essay Scoring ASES untuk meningkatkan hasil  belajar mahasiswa pada mata kuliah Assesmen dan Evaluasi Pembelajaran PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan dilakukan di 3 siklus.  Setiap siklus terdiri dari langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Satu set data terdiri dari asesmen hasil belajar mahasiswa dan tanggapan angket diperoleh dari penelitian tindakan. Proses pembelajaran dilakukan pada mahasiswa semester V (lima)  Prodi PPKn FKIP Universitas Islam Sumatera Utara yang terdiri dari 11 mahasiswa (3 laki-laki dan 8 perempuan) dan 2 kolaborator. Kesuksesan penelitian ditunjukkan dengan 90% mahasiswa mencapai ketercapaian  pembelajaran mata kuliah  Assesmen dan Evaluasi Pembelajaran PPKn . Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi dengan angket, observasi, dan tes. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa semua ketercapaian  pembelajaran mata kuliah  Assesmen dan Evaluasi Pembelajaran PPKn yang dinilai berada pada kategori tinggi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5