cover
Contact Name
Desi Dwi Kristanto
Contact Email
desi.dwikristanto@upj.ac.id
Phone
+6287814923466
Journal Mail Official
desi.dwikristanto@upj.ac.id
Editorial Address
Universitas Pembangunan Jaya, Jl. Cendrawasih Raya Blok B7/P Sawah Baru, Ciputat. Tangerang Selatan Banten 15413
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Desainpedia
ISSN : -     EISSN : 28302966     DOI : https://doi.org/10.36262/dpj.v1i1
Journal of Product Design and Visual Communication Design department of Pembangunan Jaya University regularly publish articles biannual. We invite scholars, researchers, and academics to publish research results for three thematic special issues on Design, Lifestyle and Behaviour.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2024): Urban Design, Lifestyle " : 6 Documents clear
Representasi Visual Obyek Wisata Lawang Sewu, Semarang dalam Media Promosi Ashila, Muhammad Hanif
Desainpedia: Jurnal Desain Produk dan Desain Komunikasi Visual Vol 3, No 2 (2024): Urban Design, Lifestyle & Behaviour
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36262/dpj.v3i2.1154

Abstract

Lawang Sewu merupakan destinasi wisata ikonik di Kota Semarang yang memiliki nilai sejarah dan arsitektur yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi visual Lawang Sewu dalam media promosi digital guna meningkatkan daya tarik wisatawan. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui studi literatur, observasi media digital, serta analisis visual terhadap fotografi, sketsa, ilustrasi, dan lukisan naturalis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen visual seperti komposisi, warna, perspektif, dan pencahayaan memainkan peran penting dalam membangun daya tarik estetika dan narasi budaya Lawang Sewu. Media promosi digital yang efektif tidak hanya meningkatkan kesadaran terhadap destinasi ini tetapi juga memperkuat identitasnya sebagai simbol sejarah dan kebanggaan Kota Semarang. Rekomendasi strategis disajikan untuk mengoptimalkan promosi visual di era digital. 
Strategi Visual dan Pesan Persuasif dalam Iklan Judi Online di Instagram Wicaksana, Fajri
Desainpedia: Jurnal Desain Produk dan Desain Komunikasi Visual Vol 3, No 2 (2024): Urban Design, Lifestyle & Behaviour
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36262/dpj.v3i2.1153

Abstract

Fenomena iklan judi online di media sosial, khususnya di Instagram, semakin mengkhawatirkan seiring dengan meningkatnya penetrasi dan frekuensinya. Iklan-iklan ini sering kali menonjolkan kemudahan dan keuntungan cepat yang dapat diperoleh, yang membuatnya menarik bagi remaja dan dewasa muda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi visual dan pesan persuasif yang digunakan dalam iklan judi online di Instagram. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis terhadap konten visual dan pesan yang terkandung dalam iklan judi online yang ditemukan di platform Instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi visual seperti penggunaan warna cerah, elemen interaktif, dan pesan yang menekankan pada keuntungan cepat dan mudah sangat efektif dalam menarik perhatian dan membangkitkan minat pengguna. Iklan-iklan tersebut berpotensi mempengaruhi perilaku pengguna untuk terlibat dalam perjudian online. Temuan ini mengindikasikan pentingnya regulasi yang lebih ketat dalam mengendalikan penyebaran iklan judi online di media sosial, khususnya yang dapat menjangkau kalangan remaja dan dewasa muda. Penelitian ini juga menunjukkan perlunya pendekatan yang lebih komprehensif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya judi online, terutama di kalangan remaja.
Studi Kriteria Desain UI/UX Game Edukatif yang Sesuai untuk Siswa Sekolah Dasar Hutomo, Moehamad Asyifa
Desainpedia: Jurnal Desain Produk dan Desain Komunikasi Visual Vol 3, No 2 (2024): Urban Design, Lifestyle & Behaviour
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36262/dpj.v3i2.1157

Abstract

Motivasi belajar yang kurang di sekolah berdampak pada prestasi akademik siswa dan meningkatkan risiko putus sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan metode pengumpulan data studi literatur dan konten analisi untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar serta potensi Video game edukatif sebagai solusi. Motivasi siswa dipengaruhi oleh metode pengajaran, pembelajaran praktik, nilai akademik, dan hubungan sosial. Video game edukatif terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan partisipasi siswa dengan menerapkan teori desain game seperti masukan, tujuan, tantangan, kepuasan, dan keberlanjutan. Desain UI/UX yang intuitif dan universal juga penting untuk mendukung aksesibilitas berbagai kelompok demografi. Dengan pendekatan yang tepat, Video game edukatif dapat menjadi alat penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Fostering Collaboration for Sustainable Impact: Insights from the ECoGREEN 2024 National Conference on MSMEs Best Practices Parung, Christabel Annora Paramita
Desainpedia: Jurnal Desain Produk dan Desain Komunikasi Visual Vol 3, No 2 (2024): Urban Design, Lifestyle & Behaviour
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36262/dpj.v3i2.1188

Abstract

 This paper analyzes the outcomes of the ECoGREEN 2024 National Conference, which aimed to promote sustainable development through collaboration among stakeholders, including academics, MSMEs, policymakers, and civil society. The conference emphasized sustainability across various domains, such as environmental science, MSMEs, and governmental policy, providing a platform for knowledge exchange and innovative solutions. Key findings highlight the critical role of integrating sustainability reporting, adopting digital and eco-innovative practices, and preserving cultural heritage. The study also underscores the potential of leveraging Industry 4.0 technologies, such as AI and blockchain, to enhance operational efficiency and sustainability performance.This research identifies actionable strategies for MSMEs to overcome challenges such as limited resources, technological gaps, and regulatory barriers. Moreover, it highlights the significance of design thinking and interdisciplinary approaches in fostering sustainable practices. Designers, in particular, can utilize the insights from this conference to integrate zero-waste principles, promote eco-innovation, and preserve cultural heritage in their work. The study demonstrates how collaboration, innovation, and education can address global sustainability challenges while fostering economic, environmental, and cultural resilience. 
Perancangan Media Interaktif Buku Papan Permainan Adaptasi Cerita Malin Kundang carmelita, jessie; Danuputra, Bramanta Octa
Desainpedia: Jurnal Desain Produk dan Desain Komunikasi Visual Vol 3, No 2 (2024): Urban Design, Lifestyle & Behaviour
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36262/dpj.v3i2.1066

Abstract

Indonesian folklore is a cultural heritage that contains important moral values for children's development. Board games, as one of the interactive media, combine education and entertainment, helping to convey moral values as well as train children's social and motor skills. The research was conducted by collecting data through interviews and direct observations on the target audience, namely children, which was then followed by using the 5W+1H method. The design of this game book is intended to invite children to experience the adventure of becoming the character Malin Kundang. Through the creation of this game book, it is hoped that it can help children better understand the moral message of the Malin Kundang folklore and appreciate their parents.
Perancangan Sarana Penunjang Food Safety Delivery untuk Sepeda Motor Herlijanto, Amelia Agustina; Prayogi, Alan David; Nazario, Raphael Kevin
Desainpedia: Jurnal Desain Produk dan Desain Komunikasi Visual Vol 3, No 2 (2024): Urban Design, Lifestyle & Behaviour
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36262/dpj.v3i2.1060

Abstract

Penyediaan makanan melalui layanan pengiriman telah menjadi tren yang semakin populer, terutama di era digital saat ini. Namun, keselamatan pangan (food safety) dalam pengiriman makanan tetap menjadi perhatian utama, terutama dengan adanya risiko ketumpahan dan tumbuhnya bakteri pada makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis sarana penunjang yang dapat meningkatkan food safety delivery untuk sepeda motor. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dan wawancara terstruktur kepada pengirim makanan menggunakan sepeda motor serta pemilik bisnis yang berada di Kota Surabaya. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kualitatif untuk mengidentifikasi masalah, kebutuhan, dan preferensi terkait sarana penunjang food safety delivery. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendara sepeda motor menghadapi beberapa tantangan terkait food safety delivery, termasuk kurangnya sarana penunjang yang sesuai dan peralatan pendukung. Dengan mempertimbangkan hasil analisis, penelitian ini menyajikan desain konseptual untuk pengembangan sarana penunjang yang dapat meningkatkan food safety delivery, termasuk penggunaan box / kontainer termal, hand sanitizers, dan fitur lain pada sarana penunjang food safety delivery untuk sepeda motor. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi industri layanan pengiriman makanan dalam upaya meningkatkan keselamatan pangan selama proses pengiriman.

Page 1 of 1 | Total Record : 6