cover
Contact Name
Ahmad Kamal Sudrajat
Contact Email
kamalsudrajat@uny.ac.id
Phone
+6285855911229
Journal Mail Official
kamalsudrajat@uny.ac.id
Editorial Address
Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Edukasi Biologi
ISSN : 29865484     EISSN : 29864828     DOI : https://doi.org/10.21831
Jurnal Edukasi Biologi merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Departemen Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan hasil kajian analisis literatur di bidang pendidikan biologi. Prosedur penerbitan jurnal ini melalui peer-review dan menerapkan etika penerbitan ilmiah sebagaimana ditetapkan oleh COPE (Committee on Publication Ethics). Ruang lingkup jurnal ini meliputi penelitian dan kajian perihal: kurikulum pembelajaran biologi tingkat sekolah menengah (SMA, MA dan SMK), model dan metode pembelajaran biologi, teknologi termasuk bahan ajar dan media pembelajaran biologi, assesmen dan penilaian pembelajaran biologi, pendidikan dan pelatihan guru biologi, serta pengembangan teori dan pemikiran/kebijakan pembelajaran biologi.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 5 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017" : 4 Documents clear
PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN REPTIL DI SANGGALURI PARK PURBALINGGA SEBAGAI BAHAN AJAR MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI BAGI SISWA SMA KELAS X SEMESTER I Wida Pangestu Prihatin; Slamet Suyanto; Sukiya Sukiya
Jurnal Edukasi Biologi Vol 6, No 5 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v6i5.8122

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman reptil di Sanggaluri Park Purbalingga, mengetahui potensi Sanggaluri Park dapat digunakan sebagai bahan ajar dan menguji kelayakan modul. Metode penelitian menggunakan Metode Deskriptif dan R and D model ADDIE. Populasi penelitian adalah seluruh reptil di Sanggaluri Patk. Subjek penelitian adalah reviewer dan responden, dengan objek penelitian adalah bahan ajar yang di produksi. Pengambilan data dengan menggunakan angket penilaian ahli dan angket tanggapan siswa. Analisis data dengan mengubah data kuantitatif menjadi kualitatif menggunakan kriteria tertentu. Hasil Penelitian menunjukan di Sanggaluri Park terdapat 40 Jenis reptil dengan total 97 individu, Sanggaluri Park berpotensi sebagai sumber belajar dan informasi didalamnya dapat dijadikan bahan ajar, serta modul yang di hasilkan dinilai sangat baik dilihat dari penilaian ahli, guru, dan siswa sehingga layak untuk digunakan. Kata Kunci: Jenis-jenis reptil, Keanekaragaman hayati, Modul.
PELAKSANAAN PROGRAM REMEDI PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA NEGERI DI KABUPATEN KULON PROGO Olivia Kurnia Hatami; Bambang Subali; Budiwati Budiwati
Jurnal Edukasi Biologi Vol 6, No 5 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v6i5.8124

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program remedi pada pembelajaran Biologi SMA Negeri di Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif-fenomenologis dengan metode deskriptif yang dilaksanakan pada bulan April-Mei 2017. Subjek penelitian ini adalah guru biologi kelas X yang diperoleh menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dengan mengajukan pertanyaan ‘bagaimana’ dan ‘mengapa’ terkait perencanaan, pelaksanaan, serta pemantauan hasil program remedi. Teknik analisis data dengan membuat transkrip hasil wawancara kemudian reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program remedi dilaksanakan dengan menentukan peserta didik yang harus mengikuti program remedi berdasarkan KKM, pertimbangan lain yang digunakan yaitu apabila ketahuan menyontek. Observasi dilaksanakan oleh beberapa guru namun tidak diperhatikan dalam perencanaan program remedi. Program remedi yang dilaksanakan berupa belajar mandiri, pembahasan indikator yang belum dikuasai, pemberian tugas, dan pemanfaatan tutor sebaya. Pemantauan hasil program remedi  dilakukan dengan melaksanakan tes ulang. Nilai akhir peserta didik yang mengikuti program remedi sesuai dengan KKM. Kata kunci: penelitian kualitatif, program remedi
PENYUSUNAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) SEBAGAI PANDUAN BELAJAR UNTUK MATERI SISTEM REGULASI PADA SUBMATERI SISTEM INDRA DI SMA Noni Wulandari; Yuliati Yuliati; Tutiek Rahayu
Jurnal Edukasi Biologi Vol 6, No 5 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v6i5.8125

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas LKS indra penglihatan ditinjau dari aspek kebenaran dan keluasan konsep, kebahasaan, kegiatan/pengamatan, keterampilan dan evaluasi belajar, serta tampilan berdasarkan review oleh ahli materi, ahli media dan guru Biologi, serta tanggapan siswa dalam penggunaan LKS. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RD) dengan model ADDIE. Tahap yang dikembangkan dalam menyusun LKS ini hanya sampai ADD (Analysis, Design, and Development) dengan ditambah uji coba secara terbatas. Review kualitas LKS ini dilakukan oleh 3 dosen ahli materi dan media, 3 guru biologi, serta tanggapan penggunaan LKS oleh 15 siswa kelas XI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas LKS berdasarkan review oleh dosen ahli materi dan media serta guru biologi termasuk kriteria “Sangat Baik” dengan beberapa aspek yang harus diperbaiki. Tanggapan siswa dalam penggunaan LKS termasuk dalam kriteria “Sangat Setuju” dengan beberapa aspek yang harus diperbaiki. Kata kunci: indra penglihatan, LKS, penyusunan
PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK SMA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA An Nisaa Rakhmi; Yuliati Yuliati; Tri Harjana
Jurnal Edukasi Biologi Vol 6, No 5 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v6i5.8113

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1)  mengetahui kelayakan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis keterampilan proses sains (KPS) pada materi sistem reproduksi manusia untuk siswa SMA kelas XI IPA. Penelitian ini merupakan penelitian RD (ResearchDevelopment) dengan model ADDIE namun karena keterbatasan hanya dilakukan pada 3 tahap awal yaitu analisis, desain, dan pengembangan. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Kasihan selama bulan April hingga Mei 2017. Sampel penelitian yaitu 3 orang guru Biologi untuk menilai kelayakan LKS berbasis KPS, dan 15 siswa kelas XI IPA 3 untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap LKS berbasis KPS. Data dikumpulkan dengan angket dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKS berbasis KPS pada materi sistem reproduksi manusia memiliki kategori sangat baik dengan besar persentase rata-rata 83,32% sehingga termasuk kriteria sangat layak untuk dipergunakan. Kata kunci: keterampilan proses sains (KPS), lembar kegiatan siswa (LKS), sistem reproduksi manusia

Page 1 of 1 | Total Record : 4


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2025): Jurnal Edukasi Biologi Vol 11, No 1 (2025): Jurnal Edukasi Biologi Vol 10, No 2 (2024): Jurnal Edukasi Biologi Vol 10, No 1 (2024): Jurnal Edukasi Biologi Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Edukasi Biologi Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Edukasi Biologi Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Edukasi Biologi Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6, No 7 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No7 Tahun 2017 Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017 Vol 6, No 5 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017 Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 4 Tahun 2017 Vol 6, No 3 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 3 Tahun 2017 Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 2 Tahun 2017 Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Biologi Vol 6 No 1 Tahun 2017 Vol 5, No 8 (2016): Jurnal Pendidikan Biologi Vol 5 No 8 tahun 2016 Vol 5, No 7 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 6 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 5 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Biologi More Issue