cover
Contact Name
Ahmad Kamal Sudrajat
Contact Email
kamalsudrajat@uny.ac.id
Phone
+6285855911229
Journal Mail Official
kamalsudrajat@uny.ac.id
Editorial Address
Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Edukasi Biologi
ISSN : 29865484     EISSN : 29864828     DOI : https://doi.org/10.21831
Jurnal Edukasi Biologi merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Departemen Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan hasil kajian analisis literatur di bidang pendidikan biologi. Prosedur penerbitan jurnal ini melalui peer-review dan menerapkan etika penerbitan ilmiah sebagaimana ditetapkan oleh COPE (Committee on Publication Ethics). Ruang lingkup jurnal ini meliputi penelitian dan kajian perihal: kurikulum pembelajaran biologi tingkat sekolah menengah (SMA, MA dan SMK), model dan metode pembelajaran biologi, teknologi termasuk bahan ajar dan media pembelajaran biologi, assesmen dan penilaian pembelajaran biologi, pendidikan dan pelatihan guru biologi, serta pengembangan teori dan pemikiran/kebijakan pembelajaran biologi.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi" : 6 Documents clear
PENYUSUNAN BUKU DESKRIPSI RAGAM LUMUT DI LINGKUNGAN SMAN 1 PUNDONG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI Yenni Rizqi Rahmawati; Suratsih Suratsih
Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v7i1.13699

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ragam tumbuhan lumut di lingkungan SMA Negeri 1 Pundong; (2) menyusun buku deskripsi ragam lumut (Bryophyta); (3) mengetahui kualitas buku deskripsi ragam lumut (Bryophyta) berdasarkan penilaian guru biologi dan tanggapan peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian biologi dan penelitian dan pengembangan model ADDIE. Objek penelitian berupa buku deskripsi ragam lumut. Subjek penelitian yaitu 2 guru Biologi dan 15 peserta didik kelas X MIPA. Pengambilan data ragam lumut menggunakan metode jelajah sedangkan data kualitas buku menggunakan teknik random sampling. Instrumen penilaian berupa angket. Analisis data dilakukan menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat delapan spesies lumut di lingkungan SMA Negeri 1 Pundong; (2) tahapan pembuatan buku terdiri dari tahap analisis tahap perancangan dan tahap pengembangan; (3) penilaian kualitas buku oleh guru biologi diperoleh 94,64% dalam kriteria baik. Tanggapan kualitas buku oleh peserta didik diperoleh 64,27% dengan kriteria sangat setuju.Kata kunci: Media pembelajaran, Buku deskripsi ragam lumut
PENGUASAAN METODE ILMIAH ASPEK BIOLOGIS IPA PESERTA DIDIK SD KELAS 1-3 DI UPT YOGYAKARTA UTARA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN Fajar Gunadi; Bambang Subali
Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v7i1.13700

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA peserta didik SD kelas 1-3 di UPT Yogyakarta Utara ditinjau dari jenis kelamin serta kaitannya dengan pekerjaan orangtua dan bimbingan belajar. Penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi penelitian ini adalah populasi hipotetik yang berupa peserta didik SD kelas 1-3 yang memiliki karakteristik seperti sampel penelitian. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas 1-3 SD tahun ajaran 2017/2018 di UPT Yogyakarta Utara yang mengerjakan tes bentuk tiga pilihan. Pengumpulan data menggunakan angket dan instrumen tes tulis. Analisis data menggunakan statistika deskriptif dan uji t independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA peserta didik SD kelas 1-3 di UPT Yogyakarta Utara tergolong sedang. Terdapat perbedaan penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA pada peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan. Tidak ada perbedaan penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA pada peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan pada pekerjaan orangtua yang sama. Terdapat perbedaan penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA pada peserta didik laki-laki dan peserta didik perempuan pada pekerjaan orangtua dan bimbingan belajar yang sama.Kata kunci: penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA, tes bentuk tiga pilihan, jenis kelamin
ANALISIS RAGAM KESULITAN BELAJAR MATERI ARTHROPODA KELAS X SMA N 1 DEPOK Evi Margiyanti; Yuliati Yuliati
Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v7i1.13701

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ragam kesulitan belajar dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Depok tahun ajaran 2017/2018. Ragam kesulitan belajar ditinjau dari letak kesulitan berdasarkan indikator kompetensi dan tingkat berfikir kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan pada bulan April-Mei 2018 di SMA Negeri 1 Depok. Sampel diambil menggunakan cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan angket, tes tertulis Arthropoda, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan ragam kesulitan belajar Artropoda kelas X SMA Negeri 1 Depok terletak pada indikator kompetensi mengelompokan Arthropoda ke dalam kelas, memahami reproduksi Arthropoda, dan mengenali objek Arthropoda, sedangkan pada tingkatan berfikir kognitif C5 (mengevaluasi). Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar Arthropoda disebabkan oleh faktor internal yaitu bakat, kebiasaan, dan kesiapan belajar, sedangkan faktor eksternal berasal dari guru, materi pelajaran, sarana dan prasarana.Kata kunci: Arthropoda, Kesulitan Belajar, Ragam
PENYUSUNAN MODUL PENGAYAAN BIOLOGI MATERI STUNTING UNTUK SISWA KELAS XI IPA SMA Mia Noor Shafira; Yuni Wibowo; Tutiek Rahayu
Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v7i1.13642

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas modul pengayaan biologi materi stunting pada baduta yang dihasilkan serta mengetahui respon siswa terhadap modul pengayaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RD) dengan model ADDIE. Tahap yang digunakan dalam penelitian ini hanya sampai ADD (Analysis, Design, and Development). Data diperoleh dari 2 ahli materi, 2 ahli media, 1 guru biologi, dan 30 siswa. Hasil penelitian kualitas modul pengayaan dari ahli materi menunjukkan bahwa terdapat 33 konsep yang benar dari 34 konsep yang sudah diperbaiki, kategori baik menurut ahli media sebesar 57% dan guru sebesar 90% berdasarkan aspek kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafisan. Hasil respon siswa mendapat kategori baik dengan persentase sebesar 65%.Kata kunci: stunting, modul, pengayaan
PENYUSUNAN LKS SISTEM KOORDINASI BERBASIS GROUP INVESTIGATION PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI PADA SISWA DI SMA N 1 PLERET Gabriel Rian Geraldo; Yuliati Yuliati
Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v7i1.13703

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengembangakan media pembelajaran biologi dengan materi Sistem Koordinasi. (2) mengetahui adakah pengaruh terhadap motivasi belajar siswa; (3) mengetahui adakah pengaruh terhadap penguasaan materi Sistem Koordinasi. Penelitian menggunakan metode Reasearch and Devlopment (RD) dengan model pengembangan ADD yaitu Analysis, Design, Development. Penilaian produk dilakukan oleh dua dosen ahli materi, dua dosen ahli media dan dua guru biologi serta respon siswa. Instrumen pengumpulan data adalah angket, soal pretest dan posttest. Analisis yang digunakan adalah deskriptif.Hasil penelitian menunjukan (1) LKS berdasarkan review oleh dosen ahli materi dan media serta guru biologi termasuk kriteria baik dengan beberapa aspek yang harus diperbaiki dan berdasarkan hasil penilaian oleh siswa dikategorikan layak. (2) Lembar Kegiatan Siswa berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. (3) Lembar Kegiatan Siswa berpengaruh terhadap penguasaan materi berdasarkan nilai KKM.Kata kunci : LKS, sistem koordinasi, motivasi, penguasaan materi
PENGUASAAN METODE ILMIAH ASPEK BIOLOGIS IPA PESERTA DIDIK SD DI UPT YOGYAKARTA TIMUR DITINJAU DARI JENIS KELAMIN Oktaviani Nur Latifah; Bambang Subali
Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v7i1.13698

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA Sekolah Dasar ditinjau berdasarkan jenis kelamin di UPT Yogyakarta Timur serta kaitannya dengan jenjang kelas dan urutan kelahiran. Penelitian menggunakan metode survei. Populasi penelitian adalah populasi hipotetik yang merupakan peserta didik SD kelas I-IV di UPT Yogyakarta Timur yang memiliki karakter seperti sampel penelitian. Sampel penelitian adalah peserta didik yang mengerjakan soal bentuk 2 pilihan tipe I-III. Instrumen penelitian berupa angket dan tes penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA sekolah dasar. Instrumen tes valid berdasarkan Rasch model dan reliabilitas sebesar 0,57. Analisis data menggunakan statistika deskriptif dan uji t Independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA peserta didik SD di UPT Yogyakarta Timur tergolong sedang. Faktor jenis kelamin tidak mempengaruhi penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA, karena tidak ada perbedaan yang signifikan pada rata-rata skor antara peserta didik laki-laki dan perempuan. Hasil penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa faktor jenis kelain ketika jenjang kelas dan urutan kelahiran dikontrol tidak mempengaruhi penguasaan metode ilmiah aspek biologis IPA.Kata kunci: sekolah dasar, penguasaan metode ilmiah, jenis kelamin

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2025): Jurnal Edukasi Biologi Vol 11, No 1 (2025): Jurnal Edukasi Biologi Vol 10, No 2 (2024): Jurnal Edukasi Biologi Vol 10, No 1 (2024): Jurnal Edukasi Biologi Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Edukasi Biologi Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Edukasi Biologi Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Edukasi Biologi Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6, No 7 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No7 Tahun 2017 Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017 Vol 6, No 5 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017 Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 4 Tahun 2017 Vol 6, No 3 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 3 Tahun 2017 Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 2 Tahun 2017 Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Biologi Vol 6 No 1 Tahun 2017 Vol 5, No 8 (2016): Jurnal Pendidikan Biologi Vol 5 No 8 tahun 2016 Vol 5, No 7 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 6 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 5 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Biologi More Issue