cover
Contact Name
Ahmad Kamal Sudrajat
Contact Email
kamalsudrajat@uny.ac.id
Phone
+6285855911229
Journal Mail Official
kamalsudrajat@uny.ac.id
Editorial Address
Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Edukasi Biologi
ISSN : 29865484     EISSN : 29864828     DOI : https://doi.org/10.21831
Jurnal Edukasi Biologi merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Departemen Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan hasil kajian analisis literatur di bidang pendidikan biologi. Prosedur penerbitan jurnal ini melalui peer-review dan menerapkan etika penerbitan ilmiah sebagaimana ditetapkan oleh COPE (Committee on Publication Ethics). Ruang lingkup jurnal ini meliputi penelitian dan kajian perihal: kurikulum pembelajaran biologi tingkat sekolah menengah (SMA, MA dan SMK), model dan metode pembelajaran biologi, teknologi termasuk bahan ajar dan media pembelajaran biologi, assesmen dan penilaian pembelajaran biologi, pendidikan dan pelatihan guru biologi, serta pengembangan teori dan pemikiran/kebijakan pembelajaran biologi.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi" : 6 Documents clear
MISKONSEPSI SISWA SMA KELAS XII PADA MATERI GENETIK DENGAN METODE Certainty of Response Index (CRI) Amaliyah Rahayu,; Suratsih Suratsih
Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v7i4.13720

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat miskonsepsi materi genetik oleh siswa SMA kelas XII; (2) mengetahui submateri yang paling banyak mengalami miskonsepsi. Kegiatan penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan pada bulan Maret 2018. Miskonsepsi adalah ketidaksesuaian konsep yang dimiliki oleh siswa dengan konsep ahli, sedangkan materi genetik yang di ujikan antara lain: submateri kromosom, DNA, gen, dan sintesis protein. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII MIA 3 di SMAN 1 Wates dilakukan pada bulan Maret 2018. Sampel penelitian sebanyak 30 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik insidental sampling. Data dikumpulkan dengan tes diagnostik dengan metode Certainty of Response Index (CRI) yang ditemukan oleh Salem Hasan. Hasil analisis menunjukkan adanya miskonsepsi pada siswa kelas XII MIA 3 di SMAN 1 Wates. Miskonsepsi keseluruhan yang dialami sebesar 22,17%. Hasil pada submateri kromosom siswa mengalami miskonsepsi sebesar 19,33%, sub materi DNA sebesar 12,67%, submateri gen sebesar 28,67%, dan yang terakhir sintesis protein sebesar 28%. Miskonsepsi yang dialami siswa banyak terjadi pada submateri Gen..Kata kunci: miskonsepsi, materi genetik, submateri gen
PENYUSUNAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ANDROID MATERI SISTEM SIRKULASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA Anis Rani Zakiyah; Yuni Wibowo; Ciptono Ciptono
Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v7i4.13726

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui kualitas media pembelajaran biologi berbasis Android materi sistem sirkulasi pada manusia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa; (2) mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis Android pada pembelajaran materi sistem sirkulasi pada manusia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) namun dibatasi hanya pada tahap ADD (Analysis, Design, Development). Subjek penelitian yaitu 3 dosen ahli media, 3 dosen ahli materi, 1 guru biologi dan 30 siswa kelas XI IPA SMAN 1 Cangkringan. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran biologi berbasis Android materi sistem sirkulasi pada manusia. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian kualitas media pembelajaran, lembar tanggapan siswa, angket motivasi belajar, dan soal tes kognitif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas media pembelajaran yang disusun masuk dalam kategori baik, dan efektif untuk meningkatkan motivasi belajar.Kata Kunci : Media Pembelajaran, Android, Sistem Sirkulasi dan Motivasi Belajar
PENYUSUNAN MODUL SISTEM INDERA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MENANAMKAN SIKAP SPIRITUAL ANTIKA NUR ADI WIJAYA; Yuni Wibowo
Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v7i4.13721

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan modul Sistem Indera Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Menanamkan Sikap Spiritual untuk siswa MAN Yogyakarta 1; (2) peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa setelah menggunakan modul tersebut; (3) hasil penanaman sikap spiritual pada siswa setelah menggunakan modul tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation), dan dilakukan sampai tahap implementation. Objek dalam penelitian ini adalah modul sistem indera manusia. Subjek penelitian ini yaitu siswa pada uji coba kelompok besar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian modul, angket respon siswa terhadap modul, angket penanaman sikap spiritual untuk siswa berdasarkan penilaian siswa dan guru, serta pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan modul yang disusun layak digunakan dalam pembelajaran dan berpotensi untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan menanamkan sikap spiritual.Kata kunci: Modul, Sistem Indera, Sikap Spiritual, Hasil Belajar Kognitif
PENYUSUNAN MODUL KONSERVASI BURUNG HANTU SEBAGAI MATERI PENGAYAAN UPAYA PELESTARIAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA DAN PEMANFAATANNYA Andri Nugroho; Sukiya Sukiya; suratsih suratsih
Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v7i4.13727

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan modul konservasi burung hantu, (2) mengetahui kualitas modul menurut penilaian dosen ahli dan guru mata pelajaran biologi, serta (3) mengetahui tanggapan peserta didik terhadap modul konservasi burung hantu. Penelitian ini termasuk penelitian Research and Development (RD) dengan model ADDIE yang dibatasi sampai tahap ADD. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli hingga Oktober 2017. Data kualitas modul diperoleh dari hasil pengisian lembar instrumen oleh responden yaitu dosen ahli materi, dosen ahli media, guru biologi dan 30 peserta didik SMA Negeri 1 Pakem kelas X yang telah lulus KKM materi keanekaragaman hayati. Hasil penelitian ini yaitu tersusunnya produk berupa modul konservasi burung hantu untuk program pengayaan. Kualitas modul menurut penilaian dosen ahli materi menunjukkan persentase 93% konsep dikatakan benar. Penilaian modul oleh dosen ahli media dan guru biologi termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase masing masing sebesar 53% dan 58%, sedangkan peserta didik menanggapi modul ini dengan tanggapan sangat baik dengan persentase sebesar 54%.Kata kunci: burung hantu, konservasi, kualitas, modul pengayaan.Abstract
PENYUSUNAN MODUL PENGAYAAN UNTUK MATERI FUNGI KELAS X SMA BERDASARKAN STUDI KEANEKARAGAMAN MAKROFUNGI DI HUTAN TURGO Ayu Natasya FR; Yuni Wibowo; Anna Rakhmawati
Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v7i4.13722

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) potensi makrofungi dan persoalan biologi yang teridentifikasi sebagai sumber belajar, (2) kualitas penyusunan modul makrofungi di Hutan Turgo. Penelitian ini terbagi menjadi 2 tahapan, yang pertama adalah penelitian biologi mengenai keanekaragaman makrofungi di Hutan Turgo dengan metode analisis kualitatif. Tahap penelitian kedua adalah penelitian pendidikan biologi yang termasuk dalam penelitian Research and Development (RD) dengan model ADDIE sampai tahap development. Penelitian dilakukan dengan menganalisis potensi hasil penelitian sebagai sumber belajar diikuti dengan pengemasannya menjadi modul. Hasil penelitian biologi menunjukkan terdapat 43 spesies makrofungi ditemukan di Hutan Turgo. Analisis potensi hasil penelitian menunjukkan bahwa, penelitian tersebut berpotensi dikembangkan menjadi sumber belajar. Kualitas modul pengayaan makrofungi Hutan Turgo secara umum dikategorikan baik menurut tinjauan ahli materi dengan persentase sebesar 98,78% konsep benar, ahli media dikategorikan baik dengan persentase sebesar 77,55%. Hasil penilaian guru biologi dikategorikan baik sebesar 67,39% dan tanggapan siswa dikategorikan sangat baik sebesar 50,30%.Kata kunci: Hutan Turgo, keanekaragaman makrofungi, modul pengayaan
ANALISIS MISKONSEPSI SISTEM PERNAPASAN PADA BUKU TEKS BIOLOGI SMA KELAS XI DI KABUPATEN BANYUMAS Syahida Chairunnisa; Sukiya Sukiya; Tutiek Rahayu
Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v7i4.13725

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi miskonsepsi berdasarkan kategori miskonsepsi menurut Hershey (2005), dan mengetahui persentase masing-masing kategori miskonsepsi pada materi sistem pernapasan dari buku teks biologi kelas XI di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten dengan teknik pengambilan objek secara sensus, karena hanya tiga buku teks yang digunakan. Objek penelitian ini adalah buku teks yang memuat materi sistem pernapasan. Unit analisis berupa teks dan gambar yang memuat materi sistem pernapasan. Analisis miskonsepsi berdasarkan kategori misidentification, oversimplification, overgeneralization, undergeneralization, dan obsolete concept and terms dilakukan oleh tiga panelis. Data yang diperoleh diuji kehandalan datanya dan dianalisis dengan menghitung persentase setiap kategori miskonsepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi unit teks dan gambar pada buku teks biologi SMA kelas XI yang digunakan di Kabupaten Banyumas adalah misidentification (1,1% dan 0%), oversimplifications (3,5% dan 12,2%), overgeneralizations (1,8% dan 0%), undergeneralizations (0,37% dan 0%), obsolete concept and terms (0,67% dan 0%).Kata kunci: Banyumas, buku teks biologi, miskonsepsi, sistem pernapasan, SMA

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2025): Jurnal Edukasi Biologi Vol 11, No 1 (2025): Jurnal Edukasi Biologi Vol 10, No 2 (2024): Jurnal Edukasi Biologi Vol 10, No 1 (2024): Jurnal Edukasi Biologi Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Edukasi Biologi Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Edukasi Biologi Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Edukasi Biologi Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6, No 7 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No7 Tahun 2017 Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017 Vol 6, No 5 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017 Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 4 Tahun 2017 Vol 6, No 3 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 3 Tahun 2017 Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 2 Tahun 2017 Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Biologi Vol 6 No 1 Tahun 2017 Vol 5, No 8 (2016): Jurnal Pendidikan Biologi Vol 5 No 8 tahun 2016 Vol 5, No 7 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 6 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 5 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Biologi More Issue