cover
Contact Name
Iin Parlina
Contact Email
Parlina.ok0303@gmail.com
Phone
+6281373443897
Journal Mail Official
jurnaldialektologi@gmail.com
Editorial Address
Jln. Sulaiman Raden Anom No.333 Lintas Timur Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan
Location
Kab. ogan komering ilir,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal DIALEKTOLOGI
Core Subject : Education,
DIALEKTOLOGI diterbit oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung. Berkala diterbitkan dua kali setahun pada bulan April dan November. Akan tetapi, sejak tahun 2022 terbitan berkala direvisi menjadi Bulan April dan Oktober. Berisi tulisan tentang kajian dan hasil penelitian di bidang pendidikan bahasa Indonesia.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 9 No. 2 (2024): Jurnal Dialektologi" : 7 Documents clear
PENGARUH STRATEGI 3H (HERE, HIDDEN, AND IN MY HEAD) TERHADAP PEMAHAMAN MEMBACA CERITA FANTASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KAYUAGUNG Iin Parlina; Novi Santi; Madona
Dialektologi Vol. 9 No. 2 (2024): Jurnal Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi 3H (Here, Hidden, and in my Head) terhadap pemahaman membaca cerita fantasi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kayuagung. Penelitian ini menggunakan siswa kelas VII.3 dan VII.4 sebagai subjek penelitian. Tes objektif sebanyak 30 soal dengan pilihan a, b, c, dan d merupakan metode pengumpulan data tes yang digunakan. ChiSquare dan uji t SPSS 25 digunakan dalam pendekatan data penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada kelompok eksperimen dan kontrol berbeda dalam nilai tes pemahaman membaca cerita fantasi. Dalam hal membaca cerita fantasi, siswa kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata 87,60 pada ujian kedua dan 56,47 pada penilaian pemahaman pertama. Pada penilaian pertama dan terakhir rata-rata nilai kelas kontrol masing-masing sebesar 48,83 dan 70,52. Statistik menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 56,47>48,83 lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hasil pertama menunjukkan bahwa pada tingkat signifikansi probabilitas di bawah 0,05 atau 0,000<0,05, thitung (5,890) lebih besar dari ttabel (1,679) dengan derajat validitas 46 (df 46). Hal ini menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa strategi 3H (Here, Hidden, and in my Head) membantu siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kayuagung memahami cerita fantasi
PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA FOTO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI KELAS X DKV 2 SMK KESATRIAN PURWOKERTO Savira Dyah Utari; Isnaeni Praptanti; Harsono
Dialektologi Vol. 9 No. 2 (2024): Jurnal Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran menulis puisi di kelas X DKV 2 SMK Kesatrian Purwokerto masih dihadapkan pada beberapa kendala dan hambatan yang timbul dari guru dan siswa di antaranya dalam proses pembelajaran menulis puisi selama ini masih kurang. Guru hanya menggunakan teknik atau metode tanya jawab, diskusi, dan ceramah, selain itu guru juga jarang menggunakan media dalam pembelajaran menulis dan hanya memberi contoh yang ada di buku ajar. Kendala dari siswa sendiri adalah mereka merasa menulis puisi sebagai suatu hal yang sulit. Maka dari itu, tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan model pembelajaran project based learning menggunakan media foto Kebudayaan Banyumas untuk meningkatkan keterampilan menulis teks puisi siswa kelas X DKV 2. Berdasarkan penelitian terhadap kemampuan menulis puisi siswa dalam menulis puisi dari pratindakan sampai dengan siklus II menunjukkan bahwa kemampuan menulis puisi siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Skor rata-rata pada tahap pratindakan adalah 69,3. Pada tindakan siklus I skor rata-rata mengalami peningkatan menjadi 74,4 dan skor rata-rata meningkat lagi pada siklus II menjadi 78,2
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PERSUASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KAYUAGUNG Alia; Yenni Ulan Sari
Dialektologi Vol. 9 No. 2 (2024): Jurnal Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap keterampilan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun ajaran 2024. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu siswa kelas VIII.1 dan kelas VIII.3. Teknik analisis data ini menggunakan program SPSS 25 dan analisis dengan ujit. Berdasarkan hasil nilai rata-rata pretest keterampilan menulis teks persuasi siswa kelas eksperimen 72 dan postest 86,60. Nilai rata-rata pretest kelas kontrol 65,73 dan postest 78,73. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa thitung (7,991) lebih besar dari ttabel (1,672) dengan derajat keabsahan (df 58) pada taraf signifikasi probability di bawah 0,05 atau 0,000<0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran make a match memiliki pengaruh terhadap keterampilan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir
ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS TEKS ARGUMENTASI DI SMAN 05 PADANG Mutiara; Ivoni Amelia; Dina Fitria Handayani
Dialektologi Vol. 9 No. 2 (2024): Jurnal Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan menulis teks argumentasi siswa kelas X di SMAN 05 Padang, mengidentifikasi kendala yang mereka hadapi, serta mencari solusi untuk meningkatkan keterampilan menulis mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah uji coba soal yang mencakup tes objektif dan tes esai. Partisipan penelitian dipilih secara acak dan terdiri dari siswa kelas X SMAN 05 Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menyusun argumen yang kohesif dan logis, dengan nilai rata-rata tes objektif sebesar 43.25 dan nilai tertinggi 75. Kesalahan umum dalam tes esai meliputi penggunaan tanda baca yang tidak tepat dan pemilihan diksi yang kurang sesuai. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan ini termasuk kurangnya pemahaman terhadap struktur teks argumentasi, minimnya latihan menulis, dan metode pengajaran yang kurang efektif. Untuk mengatasi masalah ini, disarankan beberapa langkah perbaikan seperti pembelajaran tambahan, pelatihan khusus dalam penulisan teks argumentasi, pemberian umpan balik yang konstruktif, serta penggunaan teknologi untuk membantu memperbaiki kesalahan siswa. Penelitian ini menekankan pentingnya perhatian lebih pada pelatihan menulis dalam kurikulum pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesiapan siswa menghadapi tantangan akademis dan profesional di masa depan
KEMAMPUAN BERPIDATO MELALUI METODE MANUSKRIP SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KAYUAGUNG Tuti Alawiyah; Kalpiyandri
Dialektologi Vol. 9 No. 2 (2024): Jurnal Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kayuagung dengan menggunakan metode teks. Jenis Penelitian itu menggunakan analisis deskriptif untuk menjelaskan keterampilan berbicara siswa. Dalam penelitian ini, sumber datanya adalah 31 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kayauagung. Teknik observasi dan tes digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan berbicara siswa SMP Negeri 3 Kayauagung Kelas VIII pada kelas ini cukup baik. Informasi yang dicari serta terkumpul berdasarkan data wali kelas dan peserta didik kelas VIII. Analisis Data dilaksanakan dalam Tiga tahap eksekusi, yaitu. Pengurangan data, presentasi data dan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara di kelas VIII SMPN 3 Kayauagung berada pada kategori baik, kategori ini diperoleh berdasarkan penerapan data survei dan hasil praktikum yang menjelaskan bahwa aspek keterampilan berbicara siswa mendapat nilai baik. persentase atau hasil yang mencapai 84% dari 100% aspek yang dicari dan dievaluasi
KORELASI KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN CERPEN DAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KAYUAGUNG Yeyen Yusniar; Triska Purnamalia; Martha Sari
Dialektologi Vol. 9 No. 2 (2024): Jurnal Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran menulis teks yang dipelajari di SMP Negeri 3 Kayuagung didasarkan pada kurikulum merdeka. Salah satu teks yang dipelajari dalam kurikulum merdeka tersebut ialah teks cerpen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar korelasi keterampilan membaca pemahaman cerpen terhadap keterampilan menulis teks cerpen dengan hasil penelitian ini diharapkan dapat mengungkapkan penyebab atau kendala mengapa siswa sulit dalam menulis teks cerpen sehingga siswa dapat meningkatkan keterampilan dalam menulis teks cerpen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan rancangan (desain) penelitian korelasional. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan keterampilan membaca pemahaman memiliki korelasi dengan keterampilan menulis teks cerita cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kayuagung dengan derajat kebebasan n-1 pada taraf kepercayaan 95%. Nilai Thitung (0,475) lebih besar dari pada rtabel (0,349), dengandemikian Ho ditolak dan H, diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PAMPANGAN Marfu’a
Dialektologi Vol. 9 No. 2 (2024): Jurnal Dialektologi
Publisher : Universitas Islam Ogan Komering Ilir Kayuagung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script dalam menulis teks eksplanasi. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dan populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pampangan Ogan Komering Ilir Tahun ajaran 2023. Teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan uji-t dengan menggunakan SPSS.22. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil tes kemampuan menulis teks eksplanasi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata Pretest menulis teks eksplanasi siswa kelas eksperimen 70.44 dan Postest 79,98. Nilai rata-rata pretest kelas kontrol 69,03 dan postest 70,27. Hail analisis data menunjukan rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih besar dari pada kelompok kontrol, yakni 79,98>76,27. Berdasarkan hasil analisis pertama menunjukan bahwa thitung (2,795) lebih tinggi dari t tabel (1,674) dengan derajat keabsahan 52( df 52) pada taraf signifikansi probability di bawah 0,05 atau 0,000<0,05. Ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya , ada perbedaan kemampuan menulis teks eskplanasi siswa yang di ajar meggunakan model pembelajaran Cooperative Script dengan siswa yang diajar menggunakkan pendekatan saintifik

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 10 No. 2 (2025): Jurnal Dialektologi Vol. 10 No. 1 (2025): Jurnal Dialektologi Vol. 9 No. 2 (2024): Jurnal Dialektologi Vol 9 No 2 (2024): JURNAL DIALEKTOLOGI Vol. 9 No. 2 (2024): Dialektologi Vol. 9 No. 1 (2024): Jurnal Dialektologi Vol 9 No 1 (2024): JURNAL DIALEKTOLOGI Vol. 9 No. 1 (2024): Dialektologi Vol 8 No 2 (2023): JURNAL DIALEKTOLOGI Vol. 8 No. 2 (2023): Jurnal Dialektologi Vol. 8 No. 2 (2023): Dialektologi Vol. 8 No. 1 (2023): Dialektologi Vol 8 No 1 (2023): JURNAL DIALEKTOLOGI Vol. 8 No. 1 (2023): Jurnal Dialektologi Vol 7 No 02 (2022): DIALEKTOLOGI Vol 7 No 01 (2022): DIALEKTOLOGI Vol. 7 No. 2 (2022): Jurnal Dialektologi Vol. 7 No. 2 (2022): Dialektologi Vol. 7 No. 1 (2022): Dialektologi Vol. 7 No. 1 (2022): Jurnal Dialektologi Vol 6 No 02 (2021): DIALEKTOLOGI Vol 6 No 01 (2021): DIALEKTOLOGI Vol. 6 No. 2 (2021): Jurnal Dialektologi Vol. 6 No. 2 (2021): Dialektologi Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Dialektologi Vol. 6 No. 1 (2021): Dialektologi Vol 5 No 02 (2020): DIALEKTOLOGI Vol 5 No 01 (2020): DIALEKTOLOGI Vol. 5 No. 2 (2020): Jurnal Dialektologi Vol. 5 No. 2 (2020): Dialektologi Vol. 5 No. 1 (2020): Jurnal Dialektologi Vol. 5 No. 1 (2020): Dialektologi Vol 4 No 02 (2019): DIALEKTOLOGI Vol 4 No 01 (2019): DIALEKTOLOGI Vol. 4 No. 2 (2019): Jurnal Dialektologi Vol. 4 No. 1 (2019): Jurnal Dialektologi Vol 3 No 2 (2018): Dialektologi Vol 3 No 1 (2018): Dialektologi Vol 2 No 2 (2017): Dialektologi Vol 2 No 1 (2017): Dialektologi Vol 1 No 2 (2016): Dialektologi Vol 1 No 1 (2016): Dialektologi More Issue