cover
Contact Name
Lisda Ramdhani
Contact Email
lisdaramdhani@habi.ac.id
Phone
+6281337237577
Journal Mail Official
prodiinformatika6@gmail.com
Editorial Address
Jl. Lintas Bolo-Donggo, Bolo Kab. Bima, NTB
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
INFOTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika
Published by STKIP Harapan Bima
ISSN : 28291026     EISSN : 28291018     DOI : 10.56842
INFONTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan April dan Oktober (dua kali setahun). Jurnal ini menerbitkan artikel studi konseptual dan menganalisis hasil penelitian empiris.
Articles 1 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2023): Oktober 2023" : 1 Documents clear
Kontribusi Pembelajaran berbasis Virtual Reality (VR) dalam upaya Peningkatan Pembelajaran Berkelanjutan Cuhanazriansyah, Muhammad Rinov
Infomatika: Pendidikan Informatika Vol 2, No 2 (2023): Oktober 2023
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/infotika.v2i2.264

Abstract

Virtual Reality adalah teknologi yang menjembatani antar dua dunia yakni dunia nyata dan dunia maya  yang sedang berkembang pada zaman sekarang. Tulisan ini didasarkan pada tinjauan literatur dari sejumlah jurnal dan artikel ilmiah tentang penggunaan VR dalam proses pembelajaran. Selanjutnya, hasil penelitian dievaluasi untuk menentukan manfaat dan kekurangan Virtual Reality sebagai media pembelajaran. Selain itu, untuk mengetahui bagaimana Generasi Z akan menggunakan VR untuk pembelajaran berkelanjutan di masyarakat 5.0 dalam waktu dekat, hasil tersebut juga diperiksa. Ditunjukkan bahwa siswa menunjukkan minat yang lebih besar dan merespons positif terhadap teknik Virtual Reality ini. Karena dapat melampaui batas waktu dan ruang, Virtual Reality (VR) dianggap dapat menjadi pendekatan pembelajaran masa depan. Ini juga dianggap dapat digunakan oleh semua siswa, termasuk anak-anak dan siswa berkebutuhan khusus. Masalah kesehatan, biaya peralatan, dan infrastruktur internet yang terbatas di Indonesia adalah masalah utama VR.Generasi Z, yang terkenal dengan keakrabannya dengan teknologi digital, diharapkan dapat memainkan peran penting dalam keberhasilan penerapan VR sebagai alat pendidikan di masa depan masyarakat 5.0. Hal ini akan berkontribusi terhadap pencapaian tujuan pendidikan nasional dan SDG keempat demi kemajuan Indonesia

Page 1 of 1 | Total Record : 1