cover
Contact Name
Joko Saefan
Contact Email
jokosaefan@gmail.com
Phone
+6281931931699
Journal Mail Official
upgrisphysicstoday@upgris.ac.id
Editorial Address
Gedung Utama GU.2.01 FPMIPATI, Universitas PGRI Semarang Jl. Lontar No. 1-Dr. Cipto, Kampus 1 UPGRIS, Semarang
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Lontar Physics Today
ISSN : -     EISSN : 28280970     DOI : https://doi.org/10.26877/lpt
Core Subject : Science, Education,
LONTAR PHYSICS TODAY is a scientific journal published by the Physics Education Study Program, Universitas PGRI Semarang with the scope of all areas in the fields of physics and physics education. Lontar Physics Today papers will be published three times a year on February, June, and Nopember by Physics Education study program, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Central Java, Indonesia. Please read this guide carefully. Authors who wish to submit their manuscripts to the editors of the Lontar Physics Today must comply with the writing guidelines. If the submitted manuscript does not comply with the guidelines or is written in a different format, it will be rejected by the editor before further review. The editor will only accept manuscripts that meet the specified format.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2023): Juni 2023" : 5 Documents clear
Penerapan Pendekatan Kontekstual dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika pada Materi Alat Optik Siswa Kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 13 Semarang Nur Arifah; Siti Wahyuni; Suparliyanto Suparliyanto
Lontar Physics Today Vol 2, No 2 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/lpt.v2i2.15727

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini diawali dengan pengamatan yang dilakukan Peneliti terhadap nilai rata-rata penilaian tengah semester pada mata pelajaran fisika, dan hasil observasi di kelas yang menunjukkan siswa kesulitan untuk memahami konsep fisika. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di SMA Negeri 13 Semarang dengan subjek 35 orang siswa kelas XI MIPA 3. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatkan pemahaman konsep fisika siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 13 Semarang. Penelitian tindakan (action research) ini dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep siswa pada materi Alat optik: 1) hasil persentase siklus I adalah 55% (kategori sedang) dan 2) hasil persentase siklus II adalah 65% (kategori tinggi). Berdasarkan data penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa dengan diterapkannya pendekatan kontekstual dalam model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terbukti dapat meningkatkan pemahaman konsep fisika bagi siswa kelas XI MIPA 3 dengan baik. Kata kunci:Pendekatan kontekstual, Problem Based Learning, Pemahaman Konsep Fisika
Peningkatan Keterampilan Laboratorium Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry Laboratory (GIL) Pada Materi Alat Optik Berbantu Aplikasi Phy-ARt (Physics With Augmented Reality Technology) Berbasis Android Muhammad Yoggi Prastya Batulieu; Siti Wahyuni; Suparliyanto Suparliyanto
Lontar Physics Today Vol 2, No 2 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/lpt.v2i2.15714

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan laboratorium menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry Laboratory (GIL) berbantuan aplikasi Phy-ARt (Physics with Augmented Reality Technology) berbasis Android. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 13 Semarang. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, kualitatif, dan kuantitatif. Data yang diperoleh berupa hasil angket dan observasi.Peningkatan keterampilan laboratorium peserta didik dianalisis berdasarkan aspek dan individu peserta didik. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Guided Inquiry Laboratory (GIL) berbantuan aplikasi Phy-ARt (Physics with Augmented Reality Technology) berbasis Android dapat meningkatkan keterampilan laboratorium peserta didik kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 13 Semarang. Kata kunci: Augmented Reality, Guided Inquiry Laboratory, Laboratory Skills
Menentukan Kecepatan Suara Menggunakan Pipa dengan Sumber Suara dari HP Android Berbantuan Software Frequency Generator Wawan Kurniawan; Diana Endah Handayani
Lontar Physics Today Vol 2, No 2 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/lpt.v2i2.15705

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kecepatan suara dengan alat dan bahan yang sederhana sehingga dapat diakses banyak siswa Indonesia yang akan belajar tentang suara tetapi meiliki keterbatasan perangkat ukur suara. Metode ini membutuhkan pipa dengan diameter 1 inch dan panjang 40 cm serta skala ukur minimal 0,5 cm. Dalam penelitian ini, digunakan metode di mana pipa dicelupkan sepenuhnya dalam wadah berisi air, dan kemudian suara yang berasal dari HP android dengan bantuan perangkat lunak Frequency Generator diberikan pada ujung pipa dengan frekuensi 500 Hz. Fenomena resonansi akan terjadi jika ketinggian pipa kosong sesuai dengan frekuensi harmonisnya, hal ini ditandai dengan meningkatnya intensitas suara sebelum dan setelah melewati titik tersebut intensitas suara rendah. Hasil pengujian kami mendapatkan data kecepatan suara 323 m/s pada suhu 20oC dari data resonansi. Dalam penelitian ini, peneliti hanya menggunakan telinga untuk mendeteksi intensitas suara yang muncul. Oleh karena itu, metode ini dapat diuji lebih lanjut menggunakan perangkat modern seperti soundmeter atau spektroskopi untuk analisis yang lebih mendalam.Kata kunci: pipa, kecepatan suara, menentukan
Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Berdiferensiasi Berbantuan PhET Simulations Nailis Sa'adah; Muhammad Yoggi Prastya Batulieu; Nur Arifah
Lontar Physics Today Vol 2, No 2 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/lpt.v2i2.15777

Abstract

Hasil belajar merupakan salah satu jalan yang dapat digunakan untuk meninjau kemajuan dan penugasan peserta didik dalam mempelajari materi tertentu setelah dilakukan proses belajar/pembelajaran. Pada penelitian kali ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek peserta didik kelas XI MIPA 2 Berjumlah 35 peserta didik di SMA Negeri 13 Semarang. Penelitian ini menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan berdiferensiasi berbantuan PhET Simulations. Teknik analisis data yang digunakan yaitu stastistik deskriptif, N Gain, dan uji persentase ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata posttest sebesar 73,86 dan rata-rata N-Gain sebesar 0.40 dengan persentase ketuntasan sebesar 63%. Dilanjutkan pada siklus II memperoleh rata-rata posttest sebesar 87,43 dan rata-rata N-Gain sebesar 0,46 dengan persentase ketuntasan sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat dinyatakan bahwa Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan berdiferensiasi berbantuan PhET Simulations dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 13 SemarangKata kunci: Problem Based Learning (PBL), diferensiasi, PhET Simulations
Hamilton Equations of Pendulum-Spring System Nur Widya Rini; Joko Saefan
Lontar Physics Today Vol 2, No 2 (2023): Juni 2023
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/lpt.v2i2.17312

Abstract

Abstract. The pendulum-spring system was studied by using Hamilton equations of motion. The total Hamiltonian of this system is complicated because of the complex mechanical system. The paper begins by introducing the physical system and defining a fixed coordinate system. Following this, the Lagrangian and Hamilton equations of motion are derived. Six equations of motion are obtained from the Hamilton equations in the form of ordinary differential equation. These equations can be employed for simulating the dynamical behavior of the system. The primary goal of this paper is to familiarize physics students with the Hamilton equations of motion as applied to the pendulum-spring system.Keywords: Hamiltonian, pendulum, equation of motion, ODE

Page 1 of 1 | Total Record : 5