cover
Contact Name
Hidayat
Contact Email
jp2mipa@gmail.com
Phone
+6281281189363
Journal Mail Official
jp2mipa@gmail.com
Editorial Address
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA AL WASHLIYAH Kampus Abdul Rahman Syihab Jl. Gari II No 52, Medan 20417
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
ISSN : 25029606     EISSN : 25029614     DOI : https://doi.org/10.32696/jp2mipa
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA) merupakan jurnal ilmiah peer-review yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah yang memuat publikasi hasil penelitian maupun kajian literatur di bidang Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi. JP2MIPA diterbitkan pada bulan Juli dan Januari.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA" : 5 Documents clear
PENINGKATAN AKTIVITAS AKTIF DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL Jafri Haryadi; Uswatun Hasanah
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 5 No. 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan merupakan upaya sadar yang dilakukan untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasinya sehingga dapat mengubah perilaku seseorang menjadi lebih baik. Tindakan yang dilaksanakan pada prinsipnya merupakan solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan pendidikan. Penelitian ini ditujukan untuk mencari solusi atas permasalahan aktivitas aktif dan hasil belajar siswa yang rendah dengan mengimplementasikan model Quantum Teaching berbantuan media audio-visual. Penelitian ini termasuk dalam model penelitian tindakan kelas, dengan sampel siswa SMA Negeri 1 Sunggal Kelas X yang berjumlah 34 orang. Berdasarkan hasil observasi dan tes yang diberikan, diketahui bahwa setelah melakukan perbaikan terhadap perencanaan yang telah dilakukan sebelumnya (siklus I), maka aktivitas siswa mengalami peningkatan demikian pula dengan persentase ketuntasan belajar siswa. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I berada pada angka 66,775%, meningkat menjadi 80,656% pada silkus II sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus I dari 50% meningkat menjadi 91,18% pada siklus II.
PENGENALAN PEMBELAJARAN MATEMATIA BERBASIS TIK MELALUI PENGEMBANGAN LITERATUR JURNAL Erika Erika; Siti Mayang Sari; Suyanti Suwardi
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 5 No. 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v5i2.1143

Abstract

Peran guru dalam proses pembelajaran bertugas mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, menilai, dan diakhiri dengan mengevaluasi pada peserta didiknya. proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dengan memperhatikan dua hal yaitu metode pembelajaran dan media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran diharapkan dapat membawa peran seorang guru untuk bisa lebih inovatif dan produktif dalam menyajikan materi yang disampaikan kepada siswa di kelas. Pemanfaatan TIK dalam media pembelajaran diharapkan memiliki kontribusi dan inovasi yang besar pada dunia pendidikan. Adanya TIK diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi siswa dalam meningkatkan kemampuan pengetahuan didalam kelas. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur atau literatur review. Langkah dalam kajian literatur adalah pencarian topik, menentukan judul, dan penyimpulan. Dari hasil literatur jurnal, siswa sudah mulai dapat melaksanakan proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Guru berperan sangat besar dalam kelangsungan pembelajaran berbasis TIK. Studi literatur ini mendeskripsikan perlunya pengawasan dari orang tua dalam pembelajaran menggunakan TIK.
KEEFEKTIPAN BUKU SAKU IPA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) Fitri Yani; Nuri Ramadhan
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 5 No. 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v5i2.1144

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan metode ADDIE, yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan Buku Saku IPA yang dikembangkan berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) untuk kalangan siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan tehnik deskriftif kualitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian. Sebagai sample uji coba kelompok besar diambil siswa sebanyak 19 orang, kelompok sedang sebanyak 9 orang dan kelompok kecil sebanyak 3 orang yang diambil secara total sampling dengan kemampuan, jenis kelamin dan tingkat kecerdasan yang bervariasi untuk diajarkan. Objek pada penelitian ini adalah pengembangan perangkat pembelajaran tehadap keterampilan proses sains. Hasil pretes siswa mencapai rata-rata skor 34. Sedangkan hasil postes setelah menggunakan media auduiovisual mencapai rata-rata skor 75,6. Untuk melihat efektivitas Buku Saku dengan menggunakan rumus N-gain dengan nilai N-Gain mencapai 0,63 dan dapat dikategorikan efektifitas sedang. Hal ini menunjukkan bahwa buku saku IPA berbasis KPS yang dikembangkan untuk sekolah dasar efektif digunakan di dalam pembelajaran.
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIDANG STUDI MATEMATIKA DI SD KECAMATAN MEDAN AMPLAS Juli Asmida Rambe; Erika Erika; Fitri Yani
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 5 No. 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v5i2.1145

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru bidang Studi Matematika sekolah dasar Kecamatan Medan Amplas. Jenis penelitian yang dilakukan adalah ex post facto dengan analisis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan guru bidang Studi Matematika kelas SD Kecamatan Medan Amplas sebanyak 110 orang. Penetapan sampel penelitian ini sebanyak 35 orang, peneliti menetapkan 32% dari jumlah populasi yang dapat mewakili populasi dengan teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Analisis data menggunakan teknik deskriptif korelasional dan persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji linieritas . Sedangkan uji hipotesis dengan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Kecamatan Medan Amplas termasuk dalam kategori sangat baik dan Kompetensi Profesional Guru bidang Studi Matematika Sekolah Dasar Kecamatan Medan Amplas termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara kepemimpinan kepala sekolah dengan kompetensi profesional guru bidang Studi Matematika sekolah dasar Kecamatan Medan Amplas. Kepemimpinan kepala sekolah akan memberikan pengaruh sebesar 53,6% terhadap kompetensi profesional guru bidang Studi Matematika Sekolah Dasar Kecamatan Medan Amplas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Profesional Guru bidang Studi Matematika Sekolah Dasar Kecamatan Medan Amplas.
PENGARUH REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA SELAMA PEMBELAJARAN ONLINE Ika Sandra Dewi; Indra Fauzi; Sukmawarti Sukmawarti; Novita Friska
JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA Vol. 5 No. 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA
Publisher : LPPM UMN Al Washliyah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32696/jp2mipa.v5i2.1413

Abstract

Motivasi belajar adalah segala sesuatu yang dapat memotivasi peserta didik atau individu untuk belajar. Tanpa motivasi belajar, seorang peserta didik tidak akan belajar dan pada akhirnya tidak akan mencapai keberhasilan dalam belajar. Masih banyak siswa yang kurang aktif selama pembelajaran online. Dengan proses pembelajaran online mahasiswa lebih mudah merasa bosan dan bahkan tidak mau mengikuti pembelajaran dengan serius karena mereka menganggap kurang pengawasan dari guru. Maka dari itu peneliti menggunakan layanan informasi melalui metode reward and punishment guna untuk meningkatkan motivasi belajar siswa selama pembelajaran online. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Bimbingan dan Koseling Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah yang berjumlah 131 siswa. Kemudian Penetepan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu sebanyak 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah exsperiment semu. Berdasarkan pengelolaan data yang dilakukan nilai rata-rata pre test = 71,3 dengan standart deviasi 71,46 dengan rincian kategori sedang sebanyak 1 orang atau 3,33 % kategori rendah 29 orang atau 96,67 % sedangkan nilai rata-rata post test =94,63 dengan standart deviasi 94,95 dengan rincian kategori tinggi sebanyak 2 orang atau 6,67 % kategori sedang 28 orang atau 93.33 %. Dibuktikan dengan uji hipotesis dari penelitian bahwa nilai uji t hitung adalah 5.04 dan t tabel taraf 5 % adalah 2,045 (t hitung 5,04 > t tabel 2,045). Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan pada motivasi belajar mahasiswa selama pembelajaran online.

Page 1 of 1 | Total Record : 5