cover
Contact Name
Novian Faqih
Contact Email
novian.faqih@isimupacitan.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
alifjurnal@gmail.com
Editorial Address
Program Studi Pendidikan Bahasa Arab ISIMU Pacitan Website : https://www.isimupacitan.ac.id/ Email contact: alifjurnal@gmail.com Office: Jl. Gajahmada No.20, Purwoharjo, Baleharjo, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63511
Location
Kab. pacitan,
Jawa timur
INDONESIA
ALIF: Arabic Language in Focus
ISSN : -     EISSN : 29873347     DOI : -
Core Subject : Social,
ALIF: Arabic Language in Focus is a scientific journal published by Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, ISIMU Pacitan. It publishes two issues every year (February and August). The aim and scope of this journal focus on the research related to the current issues faced by Arabic language learners and instructors, both from the linguistic and pedagogical realms. All manuscripts will go through a double-blind review before publication.
Articles 9 Documents
Fonem segmental dan suprasegmental dalam bahasa Arab Ecca Oktaviani; Muhammad Saifudin
Alif : Arabic Language in Focus Vol. 1 No. 1 (2023): ALIF: Arabic Language in Focus
Publisher : Institut Studi Islam Muhammadiyah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Lughoh bisa dikatakan salah satu cara untuk komunikasi antar manusia dan dapat juga dilakukan oleh orang lain dan masyarakat. Menurut Leung Purdy, Tippett dan Leao, berbicara adalah keterampilan yang sangat penting dan sangat kompleks dalam komunikasi wicara yang dapat dibangun oleh pembicara dan pendengar. Bahasa juga merupakan alat pemersatu suatu bangsa, terbukti dengan adanya bahasa Indonesia, suatu bangsa dapat bersatu untuk menekan kejahatan. Tidak mengucapkan fonem mempengaruhi arti kata, sehingga pendengar mungkin tidak dapat menafsirkannya, sehingga mudah terjadi kesalahpahaman antara pembicara dan pendengar. Kegagalan seperti itu biasanya dialami oleh orang lanjut usia atau lanjut usia, gangguan bicara ini tidak hanya disebabkan oleh orang dewasa atau orang tua, tetapi juga bisa terjadi pada anak-anak, bahkan lebih sering pada anak-anak.
Problematika pelafalan huruf hijaiyah pada usia dewasa (perspektif ilmu ashwat) Siti Masyithoh; Musani Abdul Aziz
Alif : Arabic Language in Focus Vol. 1 No. 1 (2023): ALIF: Arabic Language in Focus
Publisher : Institut Studi Islam Muhammadiyah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan yang sering dialami orang dewasa dalam proses pembelajaran terkait pelafalan huruf hijaiyah, dimana orang berusia dewasa atau yang sudah lanjut usia kurang dapat melafalkan huruf-huruf hijaiyah dengan benar dan tepat. Penelitian ini memiliki rumusan masalah terkait problematika pelafalan huruf hijaiyah dan faktor yang menyebabkan problematika pelafalan huruf hijaiyah pada usia dewasa di TPQ Al-Wakil tulakan, Pacitan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk problematika pelafalan huruf hijaiyah dan faktor yang mempengaruhi pelafalan huruf hijaiyah pada usia dewasa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa problematika pelafalan huruf hijaiyah pada anak usia dini yang terjadi adalah perubahan fonem dari tebal menjadi tipis; perubahan fonem karena artikulasi berdekatan; dan kurang dapat membedakan huruf yang karakteristiknya mirip. Adapun faktor penyebab problematika pelafalan huruf hijaiyah pada usia dewasa adalah faktor lingkungan keluarga dulunya ketika masa kecil, kurangnya minat belajar pada usia dewasa, dan faktor individu dari dirinya sendiri. Adapun solusi dari problematika pelafalan huruf hijaiyahpada usia dewasa adalah perlu adanya perhatian khusus pada orang-orang dewaasa dalam berlatih melafalkan huruf hijaiyah, yaitu huruf ?, ?, ?, ?, ?, ?, ?, ? dan ?.
Optimalisasi pembelajaran bahasa arab berbasis proyek pada mahasiswa Itsnaini Muslimati Alwi; Dinna Miftah Usilmi; Farid Alfansa; Aditya Nur Oktaviana
Alif : Arabic Language in Focus Vol. 1 No. 1 (2023): ALIF: Arabic Language in Focus
Publisher : Institut Studi Islam Muhammadiyah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek pada kemahiran berbicara (maharah kalam) mahasiswa semester 1 program studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Agama Islam (PAI), Ekonomi Syari’ah (ESy), dan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Institut Studi Islam Muhammadiyah Pacitan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi project-based learning dengan media youtube pada keterampilan berbicara bahasa arab berbasis proyek dilakukan melalui project-based learning dengan tahapan penentuan topik, kegiatan prakomunikatif, menyiapkan pertanyaan arahan, mendesain perencanaan proyek, penyusunan jadwal pelaksanaan proyek, pelaksanaan proyek, pengujian hasil, dan refleksi. 
Perubahan makna kata serapan bahasa Arab dalam bahasa Indonesia (kajian ilmu semantik) Alin Hidayati; Alista Ajeng Prindyanto
Alif : Arabic Language in Focus Vol. 1 No. 1 (2023): ALIF: Arabic Language in Focus
Publisher : Institut Studi Islam Muhammadiyah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk 1) mendeskripsikan kata serapan Bahasa Arab dalam Bahasa Indonesia dalam istilah agama Islam, dan 2) menganalisis perubahan makna kata serapan Bahasa Arab dalam Bahasa Indonesia dalam istilah agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini bersumber dari buku, dokumen yang mendukung, dan artikel jurnal penelitian terdahulu yang mengkaji tentang perubahan makna bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan makna yang terjadi dalam kosakata bahasa Arab yang diserap ke dalam bahasa Indonesia, dapat dikelompokkan kedalam tiga jenis perubahan makna. Perubahan makna yang meluas, perubahan makna yang menyempit, dan perubahan makna total
Pengajaran pelafalan bahasa Arab pada siswa pondok pesantren Al-Anwar Pacitan Wiyan Zendi Fahrurohman; Ann Farid Fatkurrohima; Nikmah Rosyidah Zain
Alif : Arabic Language in Focus Vol. 1 No. 1 (2023): ALIF: Arabic Language in Focus
Publisher : Institut Studi Islam Muhammadiyah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa arab banyak menggunakan teknik-teknik salah satunya teknik a-i-u-bak. Teknik ini biasanya sangat familiar di kalangan madrasah dan pondok pesantren salah satunya pondok pesantren modern al-anwar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengatahui bagaimana pembelajaran yang dilakukan dan bagaimna cara mengimplementasikan teknik a-i-u-bak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, karena hasil penelitian berupa data deskriptif dalam bentuk tertulis atau lisan, dari perilaku orang-orang yang diamati (wawancara, pengamatan dan catatan dokumentasi). Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara mendalam, dan catatan. Analisis data dan uji validitas data dalam penelitian ini mengadopsi teori yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, dan membagi proses analisis data menjadi  tigatahap yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dan Berdasarkan penelitian dan pengamatan yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Metode yang di terapkan di Pondok Pesantren Modern Alanwar sangat berdampak baik bagi santri-santri. Para santri lebih mudah untuk memahami bagaimana pelafalan huruf hijaiyah dengan baik dan benar (fasih).
Tren Penggunaan Bahasa Arab Sebagai Mata Pelajaran Pilihan Untuk SMA/MA Pada Kurikulum Merdeka Eka Danik
Alif : Arabic Language in Focus Vol. 1 No. 2 (2023): ALIF: Arabic Language in Focus
Publisher : Institut Studi Islam Muhammadiyah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Curriculum development is periodically developed according to developments in science, information, technology and the needs of the times. In selecting subjects, students are facilitated to be able to plan and make decisions based on their own interests, talents and abilities. The type of research that the writer did was library research using a descriptive analysis approach. This descriptive analysis is about blibliography, namely finding facts, results and ideas of one's thoughts through searching, analyzing, making interpretations and generalizing the results of the research carried out. The results of this study are that the selection of Arabic language subjects is becoming a trend among high schools, this happens because language is a basic and important human need because language is a tool for conveying ideas, ideas and human thoughts in the form of speech or writing so that other people can understand them. The benefits of choosing Arabic subjects as elective subjects at the high school level in the independent curriculum include students being able to communicate in Arabic, knowing and understanding Arabic people and culture and being able to study foreign knowledge and culture through books written in Arabic. it's for study
Ragam Metode Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah M.Fahmi Maulana
Alif : Arabic Language in Focus Vol. 1 No. 2 (2023): ALIF: Arabic Language in Focus
Publisher : Institut Studi Islam Muhammadiyah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ragam metode yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Arab di jenjang Madrasah Ibtidaiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data berasal dari buku, artikel dan halaman berita yang berkaitan dengan metodologi pembelajaran Bahasa Arab di tingkat Madrasah Ibtidaiyah, kemudian dianalisis menggunakan teknik content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tujuan pembelajaran bahasa Arab di madrasah ibtidaiyah ditekankan untuk pencapaian kompetensi dasar berbahasa, yang mencakup empat keterampilan berbahasa yang diajarkan secara integral, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Dalam rangka menunjang tercapainya tujuan tersebut, diperlukan metode pembelajaran Bahasa Arab yang efektif. Adapun metode pembelajaran tesebut meliputi Metode Gramatika-Terjemah (Thorîqah al-Qawâid wa al-Tarjamah), Metode Langsung (Thorîqah Mubâsyirah), Metode Membaca (Thorîqah al-Qirâ’ah), Audiolingual (Thorîqah Sam’iyyah-Syafahiyyah), Metode Komunikatif (Thorîqah al-Ittishâliyyah), Metode Eklektik (Thorîqah al-Intiqâiyyah)
Evaluasi pembelajaran maharah kalam pada mata pelajaran Bahasa arab di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gembuk I Heriyanto Heriyanto
Alif : Arabic Language in Focus Vol. 1 No. 2 (2023): ALIF: Arabic Language in Focus
Publisher : Institut Studi Islam Muhammadiyah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Evaluasi Pembelajaran Maharah Kalam Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gembuk 1. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pelaksanaan dan teknik evaluasi pembelajaran maharah kalam pada mata pelajaran bahasa Arab peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gembuk I. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan analisis. Teknik pengumpulan data menerapkan aktivitas dokumentasi, observasi dan wawancara. Kemudian setelah data terkumpul, dilakukannya analisis data. Setelah diperoleh hasil penelitian ini, peneliti mendapatkan data bahwasanya: (1)Pembelajaran Maharah Kalam Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gembuk I telah berjalan dengan baik, guru telah menerapkan beberapa metode di antaranya: metode bernyanyi guna untuk memperkuat hafalan mufrodat, metode qowaid, dan terjemah. Siswa disiplin dalam dalam hal kehadira, akan tetapi ada beberapa anak yang kurang lengkap dalam menyiapkan perlengkapan pembelajaran seperti tidak membawa buku (LKS atau buku tugas). (2)Evaluasi Pembelajaran Maharah Kalam Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gembuk I telah menerapkan teknik tes dan non-tes. Teknik tes pada evaluasi pembelajaran diterapkan dengan baik khususnya pada pembelajaran maharah Kalam. Hanya saja, pada teknik non-tes belum berjalan dengan baik dan itu juga atas inisiatif dari pengajar.
Pendidikan karakter dalam Qur’an surat Luqman (analisis balaghah) Muhammad Hudan Dardiri
Alif : Arabic Language in Focus Vol. 1 No. 2 (2023): ALIF: Arabic Language in Focus
Publisher : Institut Studi Islam Muhammadiyah Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah kemerosotan moral telah menjangkiti beberapa generasi muda belakangan ini, meliputi meluasnya insiden kata-kata kotor, kriminalitas, kekerasan, ujaran kebencian, dan perilaku menyimpang lainnya. Pendidikan karakter dipandang sebagai alternatif jalan keluar dari berbagai permasalahan tersebut. Kajian surat Luqman ini merupakan contoh bagi orang tua untuk kembali ke fitrah orang tuanya ketika memberikan pendidikan, karakter dan perhatian kepada anaknya melalui keteladanan karakter Luqman Al-Hakim. Oleh sebab itu peneliti mengambil judul ini kaarena untuk memfamiliarkan ilmu balaghah khusunya ilmu ma’ani kalam khobar di khalayak umum, dan juga untuk mengetahui ilmu ma’ani kalam khobar yang tersirat pada ayat ayat pendidikan karakter dalam quran surat luqman, Penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan (library research), yaitu penelitian yang topik penelitiannya menggunakan data kepustakaan berupa buku sebagai sumber informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu, penelitian sistematis untuk mengkaji atau meneliti objek pada latar belakang alami tanpa manipulasi di dalamnya dan tanpa adanya uji hipotesis. Penelitian ini bertujuan: 1. Mengetahui ayat yang mengandung pendidikan karakter dalam qur’an surat Luqman. 2. Mengatuhi makna Kalam Khabar pada ayat pendidikan karakter dalam qur’an surat Luqman. 3. Mengetahui implikasi pendidikan karakter berdasarkan qur’an surat luqman dalam mendidik karakter anak. Hasil analisis pendidikan karakter yang terkandung dalam surat luqman yaitu: 1. Dari 34 ayat yang terdapat pada qur’an surat Luqman, peneliti menyimpulkan setidaknya da 20 ayat yang memiliki kandungan pendidikan karakter didalamnya yang bisa menjadi rujukan dalam membentuk karakter generasi islam yang bijaksana dalam segala hal, diantara ayat ayat itu yaiu ayat 2 sampai 5, ayat 8 dan 9, ayat 12-19, ayat 21-24, ayat 33 dan 34. 2. Makna Kalam khobar pada ayat pendidikan karakter memiliki berbagai tujuan yang tersirat diantaraya Faidah Khabar yakni Allah menyampaikan suatu hokum yang terkandung didalam surat-Nya kepada Nabi Muhammad dan umatnya, dan juga tujuan Lazimul Khobar yakni membritakan suatu hukum kepada manusia bahwasanya Allah memngetahui segala hokum. Dan juga tujuan lain seperti perintah dan larangan. 3. implikasi yang diajarkan Luqman dalam mendidik anaknya setidaknya ada 8 poin penting yang perlu di tanamkan pada saat membentuk karakter anak supaya anak memiliki karakter sesui apa yang Islam ajarkan.implikasinya: bersukur, berbertauhid, birrul walidain, penghambaan sebagai makhluk Allah, beramar ma’ruf nahi munkar, sabar atas ujian Allah selalu tawakal, dan tidak mengerskan suara dalam bertutur kata/berbicara.

Page 1 of 1 | Total Record : 9