cover
Contact Name
Dokman
Contact Email
dokman@bukitpengharapan.ac.id
Phone
+628112607938
Journal Mail Official
jurnalkewirausahaanbp@gmail.com
Editorial Address
Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar
Location
Kab. karanganyar,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Kewirausahaan Bukit Pengharapan
ISSN : -     EISSN : 27971236     DOI : 10.61696
Core Subject : Economy,
Jurnal Kewirausahaan Bukit Pengharapan (JUWIRA) merupakan jurnal yang dikelolah oleh Program studi Kewirausahaan Institut Teknologi dan Bisnis Kristen Bukit Pengharapan, Jurnal ini menghasilkan artikel dari luaran penelitian yang dilakukan oleh Mahasiswa, Dosen dan Peneliti. Jurnal Kewirausahaan Bukit Pengharapan (JUWIRA) dapat diakses dengan terbuka (open accses)
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2022): Periode November" : 8 Documents clear
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN SEKTOR PERTAMBANGAN YANG TERDAFATAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2017 Marpaung, Oktavia
Jurnal Kewirausahaan Bukit Pengharapan Vol. 2 No. 2 (2022): Periode November
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Kristen Bukit Pengharapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61696/juwira.v2i2.49

Abstract

Salah satu tujuan utama perusahaan adalah untuk meningkatkan kemakmuran pemilik dan pemegang saham sertauntuk memaksimalkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan yang tinggi menjadi fokus utama para pemilikperusahaan, sebab dengan nilai yang tinggi menunjukkan bahwa perusahaan mampu menarik investor untukberinvestasi pada perusahaannya. Tetapi terkadang perusahaan gagal untuk meningkatkan nilai perusahaankarena perusahaan belum cermat dalam memaksimalkan faktor yang dapat meningkatkan nilai perusahaan.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh likuiditas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.Populasi penelitian ini adalah perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode2012 - 2017. Berdasarkan metode purposive sampling, total sampel penelitian adalah 15 data penelitian. Alatanalisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi data panel. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan likuiditas secara simultan memiliki pengaruh terhadapnilai perusahaan. Secara parsial, variabel independen yaitu ukuran perusahaan dan likuiditas kebijakan dividenberpengaruh positif terhadap variabel dependen yaitu nilai perusahaan.
PERANAN WEBSITE DALAM MEMEDIASI ETIKA BISNIS BERBASIS KEMANUSIAAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DARING Irwan Christanto Edy; Teddy Rahady; Sari Wijayanti
Jurnal Kewirausahaan Bukit Pengharapan Vol. 2 No. 2 (2022): Periode November
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Kristen Bukit Pengharapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61696/juwira.v2i2.50

Abstract

Humanitarian-based business ethics is an understanding that emphasizes dignity, dignity, ethics that upholdhuman values. Human values are related to business life. The purpose of this study is to verify the role model ofhumanitarian-based ethics in online consumers. This study used a population, namely the millennial generation in thecity of Surakarta. Research using the surve method. Data collection instruments with online questionnaires. Thenumber of respondents obtained was 100 people. Data collection techniques with convenience sampling. Samples aretaken/selected because they are in the right place and time. Indicators of humanitarian-based business ethics includehonesty, openness, justice, religious and social society. Instrument testing using validity and reliability. Statisticalanalysis with SEM-PLS due to the assumption that the data is not normally distributed. The results show that 1)humanitarian-based business ethics positively affects websites, 2) humanitarian-based business ethics positivelyaffects online shopping decisions, 3) Websites positively affect online decisions. The main finding in this study is thathumanitarian-based business ethics has a positive influence on consumers' online decisions mediated by websites.Keyword : Humanitarian-based business ethics, Website, Online Decisions, Electronic Commerce (E-commerce)
ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) DI JAKARTA PUSAT PERIODE 2018 – 2020 Marpaung, Oktavia
Jurnal Kewirausahaan Bukit Pengharapan Vol. 2 No. 2 (2022): Periode November
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Kristen Bukit Pengharapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61696/juwira.v2i2.51

Abstract

This study aims to determine the effect of Capital Adequacy Ratio, Loan Deposit Ratio, Earning Asset Quality on financial performance. The population in this study were 13 PT. Rural Banks registered with the Financial Services Authority for the 2018-2020 period. The type of research used is descriptive research. The data collection technique used is the documentation method. Furthermore, the sampling technique used is purvosive sampling with a total sample of 12 samples from Rural Banks in the Central Jakarta Region registered with the Financial Services Authority (OJK). The data analysis technique used multiple linear regression analysis. The results of the third variable studied have the same results, where the Capital Adequacy Ratio (CAR) with a tcount value of 3,368 > a ttable value of 2.032, with a significance value of 0.002 <0.05, Loan Deposit Ratio (LDR) with a tcount value of 5.719 > 2.032 and a significance value of 0.000 <0.05 and Earning Asset Quality with a tcount of -2.637 < -2.032 and a significance value of 0.013 <0.05 simultaneously have a significant and significant effect on financial performance.
INOVASI BISNIS DAN CITRA MEREK KULINER KERIPIK TULANG AYAM “ANEKA RASA MR.BONES” Herawati Riwu; Angela Karolin; Jessica Hannanda Gracia; Ako Naomi Ratna Puspita; Sepdwipa Mahendra; Yusak Prakoso
Jurnal Kewirausahaan Bukit Pengharapan Vol. 2 No. 2 (2022): Periode November
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Kristen Bukit Pengharapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61696/juwira.v2i2.53

Abstract

This research is to prove that product innovation and brand image affects sales in business. The culinary business is growing rapidly in Indonesia. Starup is a new venture and is still in the development stage. Chicken Bone Chips are the result of innovation from the processing of raw materials in the form of chicken bones, which often chicken bones become wasted material. The innovation of chicken bone chips provides added value based on the benefits of wasted products. Chicken bone processing is carried out through several stages, namely the cleaning process, the presto process to become soft bones, the grinding process, the process of making chip dough, the printing process, the frying process, the process of mixing spices and chips, the packaging process. Research on this innovation uses descriptive qualitative. The subjects in this study were consumers of chips from Mr.Bone chicken bones consisting of 20 people. The study was conducted by observation, interview and documentation methods. Data analysis techniques with reduction, display and conclusion. The results of processing chicken bones in the form of chips with various flavors are innovative products that have been interested in by consumers, both children, young and old people. The sale of this chicken bone chip product to all walks of life. Marketing strategies used with digital marketing (instagram, tik tok, facebook, wa, Shopee). Marketing results show customer satisfaction
PERAN INOVASI PADA OLAHAN BOBA DARI BUAH NAGA MENJADI MINUMAN SEHAT BOWAH Toelle, Angella Elsha
Jurnal Kewirausahaan Bukit Pengharapan Vol. 2 No. 2 (2022): Periode November
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Kristen Bukit Pengharapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61696/juwira.v2i2.57

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk Menjelaskan gambaran analisa SWOT dalam usaha Bowah, Menjelaskan bagaimana usaha Bowah dapat berjalan di tengah pandemi covid-19. Hasil pengolahan buah naga menjadi boba dipadukan menjadi suatu minuman yang memiliki berbagai rasa. Pemasaran yang dilakukan baik secara offline maupun online menuju kepada seluruh lapisan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh inovasi terhadap penjualan minuman boba Bowah dimasa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian iniadalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data,dengan menggunakananalisa SWOT untuk mengetahui berbagai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki oleh bisnis kuliner di masa pandemi inidan dokumentasi padabisnis Bowah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa inovasi yang dilakukan dapat membuat bisnis Bowah dimasa pandemi covid-19 dapat bertahan dan dapat meningkatkan perekonomian baik secara internal maupun eksternal.
Pemahaman Pajak E-Commerce Pada Pemilik Online Shop Di Kecamatan Sunggal Sumardi, Sumardi Adiman
Jurnal Kewirausahaan Bukit Pengharapan Vol. 2 No. 2 (2022): Periode November
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Kristen Bukit Pengharapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61696/juwira.v2i2.71

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat pemahaman pelakubisnis online atas pajak e commerce di Kecamatan Sunggal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data primer yang diperolah dari wawancara kepada pelaku bisnis online di Kecamatan Sunggal . Dengan menggunakan responden target sebanyak 15 orang. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi analisis statistik deskriptif, dengan menggunakan tahapan-tahapan pegumpulan data, analisis data dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan banwa Pada pelaku bisnis online di Kecamatan Sunggal, mayoritas responden belum memahami terkait dengan perpajakan secara umum. Pada pelaku bisnis online di Kecamatan Sunggal, mayoritas responden belum memahami terkait dengan pemberlakuan pajak e commerce. Pada pelaku bisnis online di Kecamatan Sunggal, mayoritas responden belum memahami terkait dengan NPWP. Dan Pada pelaku bisnis online di Kecamatan Sunggal, mayoritas responden belum memahami terkait dengan sanksi perpajakan. Pemahaman tentang perpajakan akan memberikan pengaruh terhadap keinginan dan kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak, karena mereka akan lebih sadar fungsi dan manfaat membayar pajak serta tau prosedur dan tarif serta sanksi perpajakan yang didapatkan jika tidak membayar pajak.
GAYA KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT SIGMA CIPTA CARAKA Nainggolan, Ringkot P
Jurnal Kewirausahaan Bukit Pengharapan Vol. 2 No. 2 (2022): Periode November
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Kristen Bukit Pengharapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61696/juwira.v2i2.119

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh bukti empiris dari gaya kepemimpinan, motivasi dandisiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. sigma cipta caraka (Telkomsigma) tahun 2023. Penelitian inidilakukan dengan pendekatan kuantitatif, yaitu penelitian yang lebih menitikberatkan pada pengujian hipotesis.Data pada penelitian ini diperoleh dari jawaban responden atas kuesioner yang dibagikan yang merupakankaryawan dari PT. Sigma Cipta Caraka (Telkomsigma). Selanjutnya data diolah dengan analisis regresi linearberganda menggunakan program aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gayakepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Motivasi berpengaruh signifikan terhadapkinerja karyawan dan disiplin kerja berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap kinerja karyawan.  Dengandemikian menunjukkan bahwa variabel gaya kepemimpinan, motivasi, dan disiplin kerja secara simultanberpengaruh terhadap kinerja karyawan.
FAKTOR ANTESEDEN PEMBENTUK KEPUASAN KONSUMEN KULINER MAKANAN TAWANGMANGU Christanto, Irwan; Faskahariyanto, Kristian
Jurnal Kewirausahaan Bukit Pengharapan Vol. 2 No. 2 (2022): Periode November
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Kristen Bukit Pengharapan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61696/juwira.v2i2.128

Abstract

Riset ini untuk memverifikasi teori bahwa ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen produk kuliner makanan di Tawangmangu. Pengumpulan data dengan membagikan kuisioner.  Penelitian ini dilakukan di daerah pariwisata di Tawangmangu, populasi adalah konsumen produk kuliner di Tawangmangu. Sampel sebanyak 100 orang. Metode analisis di awali dengan pengujian instrumen, kemudian  dilakukan analisis regresi linier berganda. Hasil riset ini menunjukan produk, harga dan promosi memberi efek nyata positif terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji signifikansi menunjukan produk, harga, promosi berpengaruh nyata terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji F dapat di simpulkan faktor anteseden yaitu produk, harga, dan promosi berdampak nyata secara bersama sama pada kepuasan konsumen di obyek wisata Tawangmangu. Koefisien determinasi sebesar 0,356 berarti faktor anteseden yaitu produk, harga, dan promosi secara bersama berdampak 35,6%  sedangkan (64,4%) dipengaruhi faktor lain.

Page 1 of 1 | Total Record : 8