cover
Contact Name
Andri Putra Kesmawan
Contact Email
journal@idpublishing.org
Phone
+6281990251989
Journal Mail Official
journal@idpublishing.org
Editorial Address
Perumahan Sidorejo, Jl. Sidorejo Gg. Sadewa No.D3, Sonopakis Kidul, Ngestiharjo, Kapanewon, Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55184
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Innovative Technologica: Methodical Research Journal
ISSN : -     EISSN : 27760987     DOI : https://doi.org/10.47134/innovative
Innovative Technologica: Methodical Research Journal is a monthly double-blind peer-reviewed international journal of science and technological advancements. The journal ensures the quality of the articles with the strict double-blind peer review with the plagiarism check at all stages from submission to publication. Innovative Technologica provides an international platform for authors to publish their original research and reach a wide audience over the world. The journal is indexed in reputable databases over the world. Researchers are invited to be a part of this international journal with their contribution in terms of original research, review, literature, short note, book reviews and articles.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2022): June" : 10 Documents clear
Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Intensitas Modal terhadap Penghindaran Pajak melalui Tata Kelola Perusahaan sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek In Hidayah, Nurul
Innovative Technologica: Methodical Research Journal Vol. 1 No. 2 (2022): June
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/innovative.v1i2.64

Abstract

Salah satu sumber penerimaan negara didapatkan dari pembayaran pajak masyarakat. Pelaksanaan perpajakan di Indonesia diatur pemerintah untuk memaksimalkan penerimaan negara, diharapkan dapat digunakan untuk mencapai kesejahteraan umum. Oleh karenanya wajib pajak diharapkan patuh dalam menjalankan kewajiban perpajakan. Namun masih banyak wajib pajak yang melakukan penghindaran pajak yang menyebabkan tidak terealisasinya penerimaan Negara yang ditargetkan. Pembahasan ini ingin menguji pengaruh leverage, firm size, profitabilitas dan capital intensity terhadap tax avoidance dengan corporate governance sebagai variable moderasi. Data yang digunakan adalah data sekunder, populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek Indonesia tahun 2017-2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan “metode purposive sampling”. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 50 sampel data. Alat yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil pengujian menunjukan bahwa variabel leverage dan capital intensity berpengaruh terhadap tax avoidance serta firm size dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap tax avoidance. Di sisi lain, corporate governance mampu memoderasi leverage, firm size dan capital intensity terhadap tax avoidance. Dan corporate governance tidak mampu memoderasi profitabilitas terhadap tax avoidance.
Pengaruh Promosi, Kemudahan Penggunaan dan Risiko terhadap Keputusan Penggunaan E-Money Shopeepay di Sidoarjo Anggraini, Oktafia Nur; Sari, Dewi Komala
Innovative Technologica: Methodical Research Journal Vol. 1 No. 2 (2022): June
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/innovative.v1i2.65

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Promosi, Kemudahan Penggunaan dan Risiko Terhadap Keputusan Penggunaan E-money ShopeePay di Sidoarjo. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling serta metode purposive sampling. Terdapat sebanyak 96 responden yang terlibat dalam penelitian. Pengumpulan data menggunakan kuisioner yang disebarkan melalui google form. Serta dalam pengolahan datanya digunakan program SPSS Statistic 22. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa promosi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan, kemudahan penggunaan memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan penggunaan, dan risiko tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan e-money ShopeePay di Sidoarjo.
Pengaruh Work Engagement, Quality of Work Life, Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Harapan Tunas Jaya Yudha, Ilham Pratama
Innovative Technologica: Methodical Research Journal Vol. 1 No. 2 (2022): June
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/innovative.v1i2.66

Abstract

Penelitian ini bermaksud melaksanakan analisis pada pengaruh Work Engagement, QWL, Disiplin Kerja, Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan di PT. Harapan Tunas Jaya. Penelitian kausal dipakai dengan pendekatan kuantitatif yang mengambil populasi sejumlah 144 orang, sedangkan sampel sejumlah 106. Data diambil dengan penyebaran kuesioner yang kemudian dilaksanakan analisisnya dengan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Work Engagement, QWL, Disiplin Kerja, Motivasi Kerja berdammpak signifikan pada peningkatan Kinerja Karyawan di PT. Harapan Tunas Jaya.
Pengaruh Besaran Uang Saku, Gaya Hidup, Literasi Ekonomi dan Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Nasir, Prili Cholidah; Sriyono, Sriyono
Innovative Technologica: Methodical Research Journal Vol. 1 No. 2 (2022): June
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/innovative.v1i2.67

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk memberikan pemahaman, pengetahuan dan menguji tentang Pengaruh Besaran Besaran uang saku, Gaya Hidup, Literasi Ekonomi dan Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Teknik pengambilan sample menggunakan Purposive sampel berjumlah 86 mahasiswa, dengan menyebar kuisioner melalui google form kesaat responden. Teknik analisis data yang digunakan yakni Outer Model untuk menguji validitas dan reliabilitas data. Selanjutnya yakni Inner Model untuk menguji hipotesis dengan menggunakan alat bantu program SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variable besaran besaran uang saku, gaya hidup, literasi ekonomi dan kondisi sosial ekonomi orang tua berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap perilaku konsumtif mahasiswa.
Sistem Penjualan terhadap Peningkatan Penjualan Motor (Studi pada PT. Honda Sidoarjo) Muttaqin, Qiflainy Shalsa Desita
Innovative Technologica: Methodical Research Journal Vol. 1 No. 2 (2022): June
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/innovative.v1i2.68

Abstract

Program akuntansi perdagangan tunai dan kredit akan terkomputerisasi dalam mengelola dan menggunakan komputer sebagai alat pencatatan informasi keuangan secara akurat, efektif dan efisien sehingga memudahkan dalam pengambilan data administrasi yang berguna bagi manajemen dalam memberikan kemudahan pelaporan keuangan secara berkala kepada konsumen di dalam maupun di luar perusahaan. Pasalnya, dalam dua tahun terakhir, industri otomotif sedang tidak baik sejak adanya virus Covid-19 yang menyebabkan penjualan turun drastis. Oleh karena itu, pendapatan seseorang yang tidak stabil menyebabkan penurunan di sektor perdagangan. Alhasil, satu-satunya kebijakan yang bisa diambil oleh Dealer PT. Honda Sidoarjo untuk meningkatkan penjualan adalah dengan memberikan cara kredit yang mudah untuk membeli sepeda motor Honda. Sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan pemilihan kepala pemasaran, keuangan dan cabang dengan jumlah sampel sebanyak 83 staf dari 16 cabang dealer Honda di Sidoarjo. Hasil yang diperoleh Penjualan Tunai dan Penjualan Kredit berpengaruh signifikan dan secara simultan berpengaruh terhadap Peningkatan Penjualan Sepeda Motor.
Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Talang Galvalum pada CV Gita Jaya Maulana, Rafli; Sari, Dewi Komala
Innovative Technologica: Methodical Research Journal Vol. 1 No. 2 (2022): June
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/innovative.v1i2.69

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Talang Galvalum di CV Gita Jaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling, dengan jumlah 96 responden dari konsumen Produk Talang Galvalum CV Gita Jaya. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui kuesioner. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS 25 (Statistical Program for the Social Sciences). Hasil penelitian ini menunjukkan hasil Brand Image berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Produk Talang Galvalum di CV Gita Jaya, Kualitas Produk berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Produk Talang Galvalum di CV Gita Jaya, dan Social Media Marketing berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Produk Talang Galvalum di CV Gita Jaya.
Upaya Mahasiswa Akuntansi dalam Meningkatkan Produktivitas Kinerja pada Fase Putus Cinta Shafadila, Rahmahdina; Hariyanto, Wiwit
Innovative Technologica: Methodical Research Journal Vol. 1 No. 2 (2022): June
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/innovative.v1i2.70

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa kuat upaya mahasiswa dalam membangun produktivitas kinerjanya lagi setelah mengalami putus cinta. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Objek penelitian adalah pada mahasiswa akuntansi yang pernah mengalami kejadian putus cinta minimal satu kali. Informan yang digunakan sebanyak 5 orang yang berusia antaro 20 – 25 tahun. Mempunyai aktivitas rata-rata berkuliah sembari bekerja. Hasil penelitian ini adalah informan yang sudah pernah mengalami putus cin ta mempunyai usaha yang lebih keras untuk meningkatkan kinerjanya karena para informan juga mempunyai aktivitas yang lain.
Pengaruh Kepribadian, Etika Kerja, dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Konveksi UD. Nora Collection di Surabaya Faurina, Retno Dita; Sumartik, Sumartik
Innovative Technologica: Methodical Research Journal Vol. 1 No. 2 (2022): June
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/innovative.v1i2.71

Abstract

Kinerja karyawan di UD. Nora Collectioan akan diketahui melalui upaya dalam riset ini yang mampu atau tidak diberikan pengaruhnya dari Kepribadian, Etika Kerja, serta Lingkungan Kerja yang menjadi pengukurnya. Asosiatif kuantitatif digunakan sebagai metode dalam riset kali ini. UD. Nora Collection Surabaya digunakan sebagai lokasi riset berlangsung. Sehingga seluruh karyawan UD. Nora Collection Surabaya akan dilibatkan dalam riset kali ini sebagai populasi. Serta teknik sampel yang digunakan ialah Probability Sampling yaitu memberikan kesempatan yang sama pada seluruh karyawan untuk ikut serta dalam aktivitas riset, kemudian simple random sampling juga dipergunakan untuk memperoleh responden dengan acak. Kuisioner dalam riset ini dipergunakan dalam mengambil data yang ada di lapangan. Analisis regresi linier berganda dipercaya dalam melakukan analisis dalam riset ini. Kinerja karyawan UD. Nora Collection Surabaya mampu diberikan pengaruh secara parsial oleh variabel bebas yang meliputi Kepribadian, Etika Kerja, serta Lingkungan Kerja yang dibuktikan dengan membandingkan t hitung dengan t tabel dalam riset ini, dimana hasilnya t hitung masing-masing variabel bebas tidak lebih kecil dari t tabel yaitu 1.66827. Kemudian secara bersamaan hasil riset menunjukkan adanya pengaruh yang ditimbulkan Kepribadian, Etika Kerja, serta Lingkungan kerja pada kinerja karyawan UD. Nora Collection yang dibuktikan dari hasil uji f dimana f tabel 3.14 nilainya tidak melebihi 133.339 yang merupakan f hitung. Sedangkan R square menghasilkan nilai 0.886 dengan makna bahwa variabel independen memiliki kontribusi pengaruh sebesar 86.6% pada kinerja karyawan.
Mengurangi Turnover Intention Karyawan Melalui Pengelolaan Konflik Kerja dan Stres Kerja pada Karyawan IKM Musthohir, Rizcha Tristanti
Innovative Technologica: Methodical Research Journal Vol. 1 No. 2 (2022): June
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/innovative.v1i2.72

Abstract

Penelitian berikut meneliti tentang beberapa faktor yang mempengaruhi turnover intention. Bermacam-macam faktor yang bisa memberi pengaruh pada turnover intention ialah keputusan lingkungan kerja, konflik kerja, dan stress kerja. Tujuan dari penelitian berikut yakni mengetahui pengaruh lingkungan kerja, konflik kerja, dan stress kerja terhadap turnover intention, mengetahui pengaruh lingkungan kerja, konflik kerja, dan stress kerja terhadap kepuasan kerja, mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap turnover intention, dan mengetahui pengaruh lingkungan kerja konflik kerja, dan stress kerja terhadap turnover intention melalui kepuasan kerja. Penelitian berikut tergolong pada kategori metode penelitian kuantitatif. Penelitian berikut dilaksanakan pada seluruh karyawan CV. Rumah Tas Lucu berjumlah 83 karyawan. Teknik pengumpulan data yang dipakai pada penelitian berikut memakai instrument berupa penyebaran kuisioner kepada responden. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan analisis PLS-SEM dengan menggunakan program SmartPLS 3.0. PLS-SEM digunakan pada penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan teori. Penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh lingkungan kerja, konflik kerja, dan stress kerja terhadap turnover intention, terdapat pengaruh lingkungan kerja, konflik kerja, dan stress kerja terhadap kepuasan kerja, terdapat pengaruh kepuasan kerja terhadap turnover intention, dan terdapat pengaruh lingkungan kerja konflik kerja, dan stress kerja terhadap turnover intention melalui kepuasan kerja.
Keputusan Pembelian Chatime di Suncity Sidoarjo Ditinjau Melalui Brand Image dan Harga Malau, Rona Mala Shalsabella; Oetarjo, Mas
Innovative Technologica: Methodical Research Journal Vol. 1 No. 2 (2022): June
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/innovative.v1i2.73

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Image dan Harga terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel pada penelitian menggunakan teknik accidental sampling, dengan jumlah responden sebanyak 96 responden dari konsumen Chatime di Suncity Sidoarjo. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang didistribusikan melalui angket. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS 22 (Statistical Program For the Social Sciences). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Brand Image berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Chatime di Suncity Sidoarjo dan Harga berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Chatime di Suncity Sidoarjo.

Page 1 of 1 | Total Record : 10