cover
Contact Name
Rizki Prakasa Hasibuan
Contact Email
rizki.ph@uis.ac.id
Phone
+6285264456496
Journal Mail Official
jurnalteknikibnusina@gmail.com
Editorial Address
Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UPPM) Fakultas Teknik Jl. Tengku Umar No.85 Pelita, Lubuk Baja Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
JT-IBSI (Jurnal Teknik Ibnu Sina)
Published by Universitas Ibnu Sina
ISSN : -     EISSN : 25412647     DOI : https://doi.org/10.36352/jt-ibsi.v8i01
Core Subject : Engineering,
JT IBSI (Jurnal Teknik Ibnu Sina) is a peer-reviewed journal published by Faculty of Engineering, Universitas Ibnu Sina. JT-IBSI is published two times annually, in June and December. JT-IBSI provides a place for academics, researchers, and practitioners to publish scientific articles. The scope of the articles listed in this journal is related to various topics such as: 1. Industrial Engineering 2. Informatics Engineering 3. Logistic Engineering 4. Mechanical Engineering 5. Other related engineering fields.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 01 (2021): Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI)" : 8 Documents clear
Sistem Informasi Booking Service Pada Bengkel Jogja Modifikasi Motor Berbasis Web Permatasari, Ririt Dwi Putri; Sofyawan, Doni; Santiana , Eka
Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI) Vol. 6 No. 01 (2021): Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Ibnu Sina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36352/jt-ibsi.v6i01.254

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan sistem informasi booking service untuk pelanggan jasa service motor. Metodologi pada penelitian ini menggunakan metode FIFO (Firts In Firts Out). Adapun lokasi penelitian tugas akhir di sebuah bengkel Jogja Modifikasi Motor sebuah usaha yang bergerak di bidang penjualan Accessories modifikasi kendaraan yang berdiri pada tahun 2003 dan berlokasi di Jl. Nagoya Garden Blok F NO. 13 Batam. Jogja Modifikasi Motor sebuah bengkel yang memberikan jasa service, penjualan barang sparepart dan pemasangan accessories kendaraan. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah Waterfall Model dengan lima tahap: analisa sistem, perancangan sistem, coding, implementasi dan pengujian. Hasil dari penelitian berupa sistem antrian yang diharapkan dapat mempermudah pelanggan untuk pelayanan jasa service dan menghindari terjadinya antrian yang sama. Untuk pengembangan sistem selanjutnya diharapkan mampu memberikan sistem informasi stok spareparts serta sistem untuk pembuatan laporan aktivitas transaksi keluar masuknya barang. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah sistem yang di bangun dapat mengatasi proses antrian jasa service sehingga pelanggan tidak perlu menunggu lama dan bisa meminimalisir waktu jam berapa pelanggan datang ke bengkel.
Faktor - Faktor Yang Menentukan Itensi Turnover Karyawan pada PT. Global Asia Seluler Sanusi; Saputra, Tommy; Hidayat, Hendri
Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI) Vol. 6 No. 01 (2021): Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Ibnu Sina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36352/jt-ibsi.v6i01.256

Abstract

Turnover dengan metode Fishbone dan PDCA adapun metode pengumpulan data dengan menggunakan metode kuesioner, dengan jumlah populasi 42 orang. dengan menggunakan metode kuesioner, dengan jumlah populasi 42 orang. Dari hasil pengamatan bahwa jenis persentase grup yang memiliki pengaruh terhadap Turnover adalah berdasarkan Stres Kerja dengan jumlah persentase, Target perusahaan dan tuntutan tugas terlalu tinggi 26%, atau memiliki 71 total akhir dan Peran yang saya terima di perusahaan ini sering bertentangan satu sama lain 25% dengan 68 total akhi.
Perancangan Aplikasi Pengolahan Data Logistik Pada Biro Logistik Polda Kepri Basar, Abdul Rohmad; Putri , Weni Lestari; Simarmata, Christopher P
Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI) Vol. 6 No. 01 (2021): Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Ibnu Sina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36352/jt-ibsi.v6i01.257

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan aplikasi pengolahan data logistik pada Biro Logistik Polda Kepri maka administrasi pengolahan data logistik melalui pemrograman berbasis web agar dapat mempermudah petugas upaya perbaikan masalah yang terkait dengan pengolahan data logistik dan pimpinan melihat secara langsung bentuk informasi dengan menggunakan tahapan perancangan metode waterfall dengan tahapan lima yaitu analisa kebutuhan, desain sistem, penulisan kode program, pengujian program dan penerapan program. Sedangkan pemodelan yang digunakan menggunakan Unified Modeling Language (UML) yang terdiri dari yaitu Use Case Diagram, Activity Diagram, Class Diagram dan Sequence Diagram. Perancangan Aplikasi Pengolahan Data Logistik Pada Biro Logistik Polda Kepri berbasis web yang dengan menggunakan Bahasa pemrograman PHP dan database MySQL sebagai pengolahan data logistik secara online. Hasil penelitian ini diharapakan dapat memenuhi kebutuhan petugas serta betapa pentingnya aplikasi pengolahan data logistik untuk mendukung kesan bahwa sistem berjalan dengan baik, sehingga petugas terbantu dalam pengelolaan logistik.
Dashboard Simulasi Perhitungan Persediaan Oli Menggunakan Metode Monte Carlo pada PT. Laras Era Perdana Veza, Okta; Pratama, Andi Lewis
Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI) Vol. 6 No. 01 (2021): Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Ibnu Sina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36352/jt-ibsi.v6i01.258

Abstract

Saat ini PT. Laras Era Perdana dalam menjalankan penjualan oli belum menggunakan simulasi perhitungan kebutuhan persediaan oli digudang untuk pengambilan keputusan pimpinan, hal ini menyebabkan sering terjadi kekosongan stok oli di gudang oleh karena itu penulis tertarik membuat sebuah system dashboard simulasi perhitungan persediaan oli menggunakan metode monte carlo. Tujuan dari penelitian ini nantinya untuk mensimulasikan perhitungan penjualan oli dengan cara membandingkan penjualan oli pada bulan-bulan sebelumnya untuk memprediksikan ketersediaan oli dibulan berikutnya agar pihak manajemen tau berapa banyak stok oli yang harus disediakan di gudang. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan studi pustaka. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah waterfall dengan pemodelan UML (Unified Model Language) yang terdiri dari use case diagram, activity diagram, sequence diagram dan class diagram. Sistem dirancang berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, MySql sebagai database dan menggunakan pengujian black box.
Analisis Kepuasan Pelayanan di UPTD Metrologi Legal Kota Batam pada Sektor Industri dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) Alamsyah, Nanang; Widodo, Trenggono Tri; Setyabudhi, Albertus Laurensius; Rifanti
Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI) Vol. 6 No. 01 (2021): Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Ibnu Sina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36352/jt-ibsi.v6i01.259

Abstract

Kepuasan pelanggan merupakan salah satu sasaran mutu yang harus dicapai dalam setiap pelayanan. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, seluruh instansi pemerintahan wajib menerapkan pelayanan sesuai dengan standar. Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Metrologi Legal Kota Batam merupakan salah satu instansi pemerintah yang bergerak dalam bidang jasa tera/tera ulang terhadap alat ukur yang digunakan dalam kegiatan perdagangan. Berfungsi untuk memastikan keadilan transaksi yang dilakukan. Dalam hal ini tidak hanya kepuasan wajib tera saja, namun juga kepuasan masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan metode perhitungan Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) dengan objek wajib tera dan masyarakat pengguna Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Metode Importance Performance Analysis (IPA) digunakan untuk mengidentifikasi tingkat kepentingan setiap atribut pelayanan dan Customer Satisfaction Index (CSI) digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan wajib tera dan masyarakat secara keseluruhan. Berdasarkan hasil penelitian, metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk pengguna SPBU sebesar 94% dan Wajib Tera sebesar 96%. Sedangkan perhitungan metode Customer Satisfaction Index (CSI), untuk pengguna SPBU sebesar 75,55% dan Wajib Tera sebesar 82,73%. Dapat dikatakan bahwa UPTD Metrologi Legal Kota Batam telah memberikan kinerja terbaiknya pada Wajib Tera dan hasil tera/tera ulang yang dilakukan UPTD Metrologi Legal Kota Batam kepada Wajib Tera telah sampai dan dirasakan manfaatnya kepada masyarakat luas.
Sistem Informasi Marketing Penjualan Kamar Hotel Di Baloi View Apartment berbasis Web Suri, Ghea Paulina; Arifin, Nofri Yudi
Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI) Vol. 6 No. 01 (2021): Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Ibnu Sina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36352/jt-ibsi.v6i01.260

Abstract

Sistem Informasi Marketing Penjualan Kamar Hotel Baloi View Apartement Berbasis Web memiliki sistem layaknya traffic atau lalu-lalang penggunaan kamar hotel harian serta kapasitas yang tersedia dalam satu hari, dan dapat terlaporkan pada setiap waktu secara real-time. Data pada sistem dashboard diperoleh dari data kinerja yang diterima oleh Pihak Hotel terdiri atas data pengelompokan menu-login, pilihan reservasi, akomodasi, fasilitas hotel, dinning, dan contact person beserta metode pembayaran pasca reservasi. Dashboard dirancang berbasis website, dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan menggunakan MySQL, sebagai basis data." Teknik penelitian kualitatif, dengan mengumpulkan data-data dan informasi secara deskriptif. Hasil penelitian ini menampilkan dashboard berbentuk teks yang terdiri dari indeks tampiln penjualan kamar, tampilan menu utama tata cara reservasi kamar hotel, tampilan menu acomodation, dan tampilan facility serta terdapat menu tampilan contact person, diharapkan menu tampilan ini dapat membantu Calon customer dan wisatawan untuh memudahkan memesan kamar hotel.
Islam Nusantara Dalam Cengkraman Wahabisme Hasanah, Uswatun
Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI) Vol. 6 No. 01 (2021): Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Ibnu Sina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36352/jt-ibsi.v6i01.264

Abstract

Islam Nusantara kini sedang berada dalam posisi terancam, karena Islam Indonesia yakni Islam berciri khas nusantara menurut data statistic saat ini yang berjumlah kurang lebih tiga puluh lima juta jiwa –diwakili oleh kaum nahdliyin- kini telah digerogoti oleh islam-islam puritan skriptualis yang memiliki bargain position tinggi di mata masyarakat karena mereka mengemas penyebarannya dengan cantik dan menarik. Pengikisan agama budaya -yang pada dasarnya tidak dilarang secara syar’i- mereka anggap sebagai jihad untuk mengembalikan ajaran Islam yang sesuai dengan apa yang dimaktubkan dalam al qur’an dan hadits nabi. Padahal islam sendiri bersifat rahmatan lil ‘alamin yang toleran dan tidak memberatkan pada umatnya. Hal ini berimbas juga pada terkikisnya budaya sebagai khazanah dan ciri khas bangsa secara khusus dan nilai historis islam pada umumnya.
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DISTRIBUSI PRODUK PADA PELANGGAN LOKAL PADA SAAT PANDEMI COVID 19 (PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BATAM): ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DISTRIBUSI PRODUK PADA PELANGGAN LOKAL PADA SAAT PANDEMI COVID 19 (PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BATAM) Hasibuan, Rizki Prakasa
Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI) Vol. 6 No. 01 (2021): Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Ibnu Sina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36352/jt-ibsi.v6i01.757

Abstract

Transportasi merupakan salah satu objek vital dalam kegiatan perekonomian dan kegiatan masyarakat, yang memudahkan pergerakan barang dan orang sehingga meningkatkan perekonomian ( Hansher ., 2019). Pandemi COVID-19 saat ini telah menyebar ke seluruh dunia dan menginfeksi populasi yang sangat besar ( Sohrabi et al., 2020). Banyak aktivitas produksi terhenti karena terbatasnya akses di seluruh dunia, yang menyebabkan gangguan rantai pasokan (SCD) yang parah di seluruh sektor manufaktur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perspektif ketiga pemangku kepentingan evaluator dalam meningkatkan kualitas layanan distribusi produk di masa pandemi COVID-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan terpadu model Fuzzy AHP–Kendall yang memadukan tuntutan pengambil keputusan untuk menghadirkan sistem distribusi lokal yang berkelanjutan dan terencana. Kesimpulan penelitian ini membuktikan adanya perbedaan pendapat antar pemangku kepentingan dalam meningkatkan pelayanan distribusi produk pada masa pandemi covid 19. Penekanan pada aplikasi Fuzzy-AHP sendiri menunjukkan preferensi layanan yang cukup besar.

Page 1 of 1 | Total Record : 8