cover
Contact Name
Musa Thahir
Contact Email
musa.thahir@uin-suska.ac.id
Phone
+6285263678409
Journal Mail Official
musa.thahir@uin-suska.ac.id
Editorial Address
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi Kota Pekanbaru, Riau 28122
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
At-Tajdid: Journal of Islamic Studies
ISSN : -     EISSN : 28093941     DOI : http://dx.doi.org/10.24014/at-tajdid.vxix.xxxxx
At-Tajdid: Journal of Islamic Studies (E-ISSN: 2809-3941) diterbitkan oleh Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau pertama kali pada bulan Oktober tahun 2021. At-Tajdid: Journal of Islamic Studies terbit 4 (empat) kali setahun pada bulan Oktober, Januari, April dan Juli berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam disiplin ilmu pendidikan dan pembelajaran, hukum kontemporer dan Islam, ekonomi kontemporer dan Islam.
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 3 (2024): Juli 2024" : 4 Documents clear
Pengembangan Media Pembelajaran Audio Berbasis Podcast pada Materi SPLDV di SMP Negeri kota pekanbaru Hamid, Abdul; Zaitun, Zaitun
At-Tajdid : Journal of Islamic Studies Vol 4, No 3 (2024): Juli 2024
Publisher : Pacsasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/at-tajdid.v4i3.35116

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audio berbasis podcast pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Media pembelajaran ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran SPLDV melalui format audio yang menarik dan mudah diakses. Hasil uji validasi oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa podcast pembelajaran ini layak digunakan dengan kategori “sangat baik”. Uji coba lapangan menunjukkan bahwa penggunaan podcast dapat meningkatkan hasil belajar siswa, terutama dalam memahami konsep SPLDV secara mandiri. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis podcast ini dapat menjadi alternatif inovatif dalam mendukung proses pembelajaran matematika di SMP
Manajemen Keuangan Syariah untuk Optimalisasi Keberlanjutan Bisnis di Era Digital Annisa, Resti; Albahi, Muhammad
At-Tajdid : Journal of Islamic Studies Vol 4, No 3 (2024): Juli 2024
Publisher : Pacsasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/at-tajdid.v4i3.35117

Abstract

Era digital telah membuka peluang baru sekaligus tantangan bagi keberlanjutan bisnis. Dalam konteks bisnis syariah, manajemen keuangan syariah memainkan peran penting untuk memastikan optimalisasi sumber daya dan keberlanjutan usaha sesuai prinsip syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan manajemen keuangan syariah dalam mengelola keuangan perusahaan agar tetap kompetitif dan berkelanjutan di era digital. Dengan pendekatan deskriptif-analitis, penelitian ini mengkaji aspek perencanaan keuangan, investasi, dan pengelolaan risiko berbasis syariah, serta pemanfaatan teknologi digital dalam manajemen keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi prinsip syariah dengan teknologi digital dapat meningkatkan efisiensi, transparansi, dan daya saing bisnis. Implikasi dari penelitian ini memberikan panduan strategis bagi pelaku usaha syariah dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung keberlanjutan bisnis mereka.
Edukasi Agama Islam melalui Platform Digital: Kelebihan dan Tantangan dalam Meningkatkan Literasi Agama di Kalangan Generasi Muda Mahdi, Imam; Zein, Mas'ud
At-Tajdid : Journal of Islamic Studies Vol 4, No 3 (2024): Juli 2024
Publisher : Pacsasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/at-tajdid.v4i3.35118

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan platform digital dalam edukasi agama Islam, dengan fokus pada kelebihan dan tantangan yang dihadapi dalam meningkatkan literasi agama di kalangan generasi muda. Di era digital yang berkembang pesat, platform digital seperti aplikasi pembelajaran, media sosial, dan website telah menjadi sarana yang efektif untuk menyebarkan ilmu agama Islam. Meskipun teknologi memberikan akses lebih luas dan fleksibel kepada generasi muda untuk mempelajari agama Islam, terdapat berbagai tantangan, termasuk kurangnya pemahaman kritis terhadap konten agama, potensi penyebaran informasi yang tidak akurat, dan pengaruh negatif dari media sosial. Penelitian ini menganalisis bagaimana platform digital dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pemahaman agama yang benar dan relevansi pendidikan agama Islam dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun platform digital memiliki potensi besar untuk meningkatkan literasi agama, dibutuhkan pendekatan yang lebih hati-hati dalam memilih sumber dan konten yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam
Pembinaan Ketaatan Beribadah dan Kedisiplinan Belajar pada Siswa di SMK Muhammadiyah Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024 Wati, Irma Hajjar; Purnomo, Purnomo
At-Tajdid : Journal of Islamic Studies Vol 4, No 3 (2024): Juli 2024
Publisher : Pacsasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/at-tajdid.v4i3.31488

Abstract

This research aims to determine strategies for fostering devotion to worship and discipline in learning, supporting factors, and inhibiting factors in fostering devotion to worship and discipline in learning in students at SMK Muhammadiyah Salatiga for the 2023–2024 academic year. This research includes field research using qualitative research methods. The data obtained came from primary data in the form of interviews with the principal, PAI teachers, and students, as well as secondary data in the form of observations and documentation. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques include data reduction, data presentation, and drawing conclusions (verification). Checking the validity of the data uses source triangulation and technical triangulation. The results of this research show that: (1) the strategy for fostering obedience to worship in students is carried out through providing understanding, habituation, guidance, monitoring, and supervision. (2) The supporting factors are students' self-awareness, the cooperation of the school principal with all teachers, facilities and infrastructure that are adequate, and assistance for students. (3) The inhibiting factor is the social environment (friends). (4) The strategy for fostering learning discipline in students is carried out through building and familiarizing students with a disciplined learning attitude, teacher class management, the provision of adequate learning support tools, governance orderliness related to learning, and assessment. (5) Supporting factors are teacher discipline, support from the principal and all teachers, and a conducive classroom environment. (6) Inhibiting factors are students' attitudes towards lessons and mass media (cellphones).

Page 1 of 1 | Total Record : 4