cover
Contact Name
M. Makbul
Contact Email
m.makbul@fai.unsika.ac.id
Phone
+6282192367665
Journal Mail Official
az.zakiy@unsika.ac.id
Editorial Address
Fakultas Agama Islam Universitas Singaperbangsa Karawang Jl. HS Ronggowaluyo Telukjambe Timur Kab. Karawang
Location
Kab. karawang,
Jawa barat
INDONESIA
Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies
ISSN : 30263174     EISSN : 30258863     DOI : -
Core Subject : Religion,
Az-Zakiy | Journal of Islamic Studies is a scientific periodical published by the Faculty of Islamic Studies, Singaperbangsa University, Karawang which contains the results of research by experts in the field of Islamic education from various perspectives. The focus of this journal is on important and actual issues regarding Islamic Education, such as: Islamic Religious Education Learning System Design Islamic Religious Education Curriculum Islamic Religious Education Learning Media Evaluation of Islamic Religious Education Philosophy of Islamic Education Islamic Education Theory Sociology of Islamic Education Tarbawi Hadith Study Tarbawi Interpretation Study Islamic Education in the Family and Society Islamic Education for Children with Special Needs History of Islam in Indonesia History of Islamic Civilization
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2024): Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies" : 5 Documents clear
Strategi Pembentukan Karakter Religius Siswa melalui Program Pembiasaan Siswa SMA Alfariji, Muhammad Dandi
Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies Vol. 2 No. 2 (2024): Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Singperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/azzakiy.v2i2.11308

Abstract

Pendidikan karakter harus ditanamkan sedini mungkin pada anak seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Saat ini guru tidak hanya dituntut memiliki kemampuan sesuai dengan zaman tetapi harus mampu membentuk karakter siswa. Guru sebagai pendidikan harus memiliki strategi pembentukan karakter religius melalui program pembiasaan. Tujuan penelitian ini strategi pembentukan karakter religius siswa melalui program pembiasaan di SMA Muhammadiyah 3 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatif dan jenis deskriptif dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan studi dokumen. Sumber data primer adalah Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam dan Siswa di SMA Muhammadiyah 3 Jakarta. Sumber data sekunder adalah dokumen-dokumen terkait program pembentukan karakter religius. Hasil temuan penelitian menunjukan bahwa strategi pembentukan karakter religius yang digunakan dalam membentuk watak siswa, yakni pertama melalui strategi pemahaman, kedua strategi pembiasaan, yang ketiga strategi keteladan, untuk membentuk siswa menjadi disiplin terhadap berpakaian dan peraturan sekolah
Kedudukan dan Peranan Kurikulum sebagai Konsep Dasar Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Putri, Aanisah; Junaedi Sitika, Achmad; Ratna Swari, Dewi; Nurkeisa Virani, Nadia
Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies Vol. 2 No. 2 (2024): Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Singperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/azzakiy.v2i2.11731

Abstract

Proses metodis pendidikan bertujuan untuk memaksimalkan potensi setiap orang di semua front, mencakup domain kognitif, emosional, dan psikomotor. Orang dapat terlibat dalam masyarakat secara efektif dengan memperoleh keterampilan, pengetahuan, nilai-nilai, dan sikap yang diberikan oleh pendidikan. Selain pengaturan resmi seperti sekolah dan perguruan tinggi, pendidikan juga terjadi dalam pengaturan informal dan non-formal seperti keluarga dan komunitas. Kurikulum sangat penting bagi sistem pendidikan karena berfungsi sebagai roadmap untuk menciptakan dan melakukan proses pembelajaran. Kurikulum terdiri dari sejumlah elemen, seperti topik, strategi instruksional, dan evaluasi, yang membantu siswa memenuhi tujuan belajar mereka. Penciptaan kurikulum harus mempertimbangkan standar pendidikan nasional dan disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan siswa, masyarakat, dan tenaga kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dan posisi kurikulum dalam pendidikan agama Islam. Penelitian pustaka digunakan sebagai metode penelitian, yang melibatkan pengumpulan data dari buku, kertas, dan sumber lainnya. Hasil peneitian ini yaitu kurikulum tidak hanya merupakan dokumen rencana; itu juga menunjukkan tujuan dan visi pendidikan negara. Kurikulum membantu generasi muda menuju masa depan yang lebih baik yang diwarnai oleh pemahaman yang lebih baik, keterampilan yang lebih berkembang, dan sikap yang lebih inklusif karena menjadi alat yang dinamis dan responsif.
Peran Teknologi Informasi Dalam Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sangatta Utara aprianti, astuti
Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies Vol. 2 No. 2 (2024): Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Singperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/azzakiy.v2i2.11878

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran teknologi informasi dalam implementasi kurikulum PAI di SMA Negeri 1 Sangata Utara. Dalam penelitian menggunakan metode kualitatif dalam metode ini menggunakan dengan cara hasil wawancara dan tanya jawab observasi langsung dengan informan kepala sekolah dan guru PAI untuk mengetahui peran teknologi informasi dalam implementasi kurikulum pai di SMA Negeri 1 Sangata Utara, yang kedua apa sajakah teknologi informasi dalam implementasi kurikulum pai di SMA Negeri 1 Sangata Utara. Kurikulum merupakan desain pembelajaran siswa dalam pembelajaran Teknologi informasi penggunaan sumber belajar seperti video Pendidikan,simulasi interaktif dan sumber daya online lainnya untuk memperkaya pengalaman belajar pemahaman mendalam tentang konsep-konsep islam. Teknologi informasi dalam implementasi di SMA Negeri 1 Sangata Utara telah mengaplikasikan pembelajaran menggunakan teknologi contohnya teknologi yang digunakan penggunaan powerpoint dan penggunaan aplikasi canva.Peranan teknologi informasi dalam pelaksaan program pai meliputi teknologi informasi sebagai alat penunjang pelaksaan Pendidikan agama islam.
Model Manajemen Satuan Pendidikan Kerja sama Amaliah, Rizky; ansar, ahlun; Nurhakiki, Putri; Yuliani, Yuliani
Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies Vol. 2 No. 2 (2024): Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Singperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/azzakiy.v2i2.12244

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi model satuan pendidikan kerja sama di Celebes Global School (CGS). Studi berfokus pada analisis integrasi kurikulum nasional dan internasional, kerja sama dengan institusi pendidikan luar negeri, Pengelolaan Tenaga pendidik serta keunggulan dan tantang yang dihadapi. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pihak sekolah dan dianalisis untuk memahami kerangka operasional, tantangan yang dihadapi, serta keunggulan yang diperoleh melalui penerapan sistem pendidikan internasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Celebes Global School (CGS) memadukan kurikulum nasional dan internasional melalui program-program seperti Online Business School (OBS) dengan Amerika Serikat dan Intercultural Learning and Language Development Program (IL2DP) dengan Australia. Meskipun menghadapi tantangan seperti keterbatasan pendanaan dan kesulitan mempertahankan tenaga pendidik internasional, CGS tetap berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan dengan menggunakan teknologi yang memadai dan pelatihan berkala bagi tenaga pengajar. Keunggulan utama CGS terletak pada kemitraan internasional dan program pendidikan berbasis global yang meningkatkan kompetensi siswa dalam keterampilan bahasa, budaya, dan teknologi.
Pembentukan Karakter Peserta Didik melalui Sistem Boarding School ansar, ahlun; arismunandar, arismunandar; Dwi Rati, Marliani; Afriani, Dinar; Amiruddin, Ikramawati
Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies Vol. 2 No. 2 (2024): Az-Zakiy: Journal of Islamic Studies
Publisher : Fakultas Agama Islam Universitas Singperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35706/azzakiy.v2i2.12247

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembentukan karakter peserta didik melalui sistem boarding school di SMP UNISMUH Makassar. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan ditentukan melalui teknik purposive sampling dan snowball sampling untuk mendapatkan informasi yang relevan dan mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem boarding school di SMP UNISMUH, yang didukung oleh penerapan nilai-nilai agama dan disiplin, memainkan peran signifikan dalam pembentukan karakter religius, tanggung jawab, dan kemandirian siswa. Kegiatan harian seperti tadarus Al-Quran, salat berjamaah, serta pembinaan dari musrif dan musrifa berperan penting dalam memperkuat karakter siswa. Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler yang beragam mendukung perkembangan sosial, kepemimpinan, dan kreativitas siswa. Hubungan erat antara sekolah, orang tua, dan pembimbing asrama juga berkontribusi pada keberhasilan pembentukan karakter. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem boarding school di SMP UNISMUH tidak hanya membentuk kecerdasan akademis, tetapi juga memperkuat karakter siswa melalui integrasi nilai-nilai agama dan disiplin yang ketat.

Page 1 of 1 | Total Record : 5