cover
Contact Name
Annisa Nur Firdausyi
Contact Email
firdausyiannisa@gmail.com
Phone
+628985312178
Journal Mail Official
jurnalthufulah9@gmail.com
Editorial Address
Universitas Muhammadiyah Metro Jl. Ki Hajar Dewantara No.116,Iringmulyo, Kota Metro, Lampung, Sumatera - Indonesia
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa
ISSN : 28287843     EISSN : 28287061     DOI : https://doi.org/10.24127
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa is early childhood study journal, are articles of research results such as research and development, quantitative, qualitative, experiment, literature studies, application of theory, critical analysis studies, and islamic studies of childrens education in PAUD and childrens growth and development such as: Development of moral and religious values, Physical motor development, Emotional social development, Cognitive development, Language development, Artistic and creative development, Parenting, Management institution of early childhood education, Early child development assessment, evaluation of learning in early childhood education Child development psychology, Child empowerment, Learning strategy, Educational tool play, instructional media, Innovation in early childhood education and various fields related to Early Childhood Education. Earlychildhood study journal (Thufulah) is managed by the Islamic Early Childhood Islamic Education Study Program, Muhammadiyah Metro University.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2024): FEBRUARI" : 5 Documents clear
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK KELOMPOK B DI TK HARAPAN BUNDA SUKAMARGA Laila, Maftuhatul; Islahudin, Ahmad Noor; Marlisa, Lusi
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol. 3 No. 1 (2024): FEBRUARI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/thufulah.v3i1.6356

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal kosa kata Bahasa Inggris menggunakan media papan flanel pada anak di TK Harapan Bunda Sukamarga. Masalah utama yang muncul dalam mengenalkan pembelajaran bahasa Inggris pada anak usia dini yakni kurangnya media pembelajaran yang menarik sehingga minat belajar anak dalam mengenal kosa kata Bahasa Inggris belum berkembang dengan baik.Metode penelitian yang digunakan adalah mixed metode dengan menggunakan pendekatan PTK. Pendekatan PTK digunakan untuk mengukur adanya perubahan atau kenaikan pada siklus 1 dan siklus selanjutnya. Subjek penelitian ini yakni anak-anak di TK Harapan Bunda Sukamarga. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan, Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan,pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan dua teknik kualitatif dan kuantitatif. Kuantitatif digunakan untuk mengukur hasil refleksi pada PTK dengan menggunakan aplikasi SPSS, sedangkan kualitatif menjabarkan hasil yang di dapati oleh data kuantitatif. Hasil penelitian ini terlihat bahwasanya meningkatnya kemampuan mengenal kosa kata Bahasa Inggris untuk setiap siklusnya, pada saat pra tindakan menunjukkan hasil rata-rata presentase 49,5%, kemudian mulai meningkat pada siklus 1 yaitu 60,5%, dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 83,00%. Bedasarkan Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa media papan flanel efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal kosa kata Bahasa Inggris anak kelompok B di Tk Harapan Bunda Sukamrga. Kata Kunci : Kosa Kata Bahasa Inggris, Media papan flanel, Anak Usia Dini
DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI TK HARAPAN MULIA Maghfiroh, Yuone; Cahyono, Heri; Islahudin, Ahmad Noor
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol. 3 No. 1 (2024): FEBRUARI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/thufulah.v3i1.6357

Abstract

Zaman yang serba canggih seperti ini tidak dapat dipungkiri lagi bahwa sekarang teknologi telah berkembang kian pesatnya. Pada saat ini seiring berkembangnya teknologi, banyak sekali yang berpengaruh pada anak salah satunya adalah penggunaan gadget. Gadget memiliki dampak positif dan negatif. Untuk itu peran orangtua sangat penting dalam perkembangan teknologi saat ini. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penggunaan metode ini dengan alasan bahwa fokus dalam penelitian ini yaitu dampak penggunaan gedget pada perkembangan sosial anak usia dini. Sementara pendekatan fenomenologi bertujuan untuk menggambarkan makna dari mengalaman hidup yang dialami oleh anak usia dini, tentang konsep atau fenomena tertentu, dengan mengeksplorasi struktur kesadaran manusia. Jadi disini peneliti ingin mengetahui dampak dari penggunaan gadget pada perkembangan sosial anak usia dini melalui studi fenomenologi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa proses perkembangan sosial anak usia dini di TK Harapan Mulia dapat dikatakan sudah cukup baik dan normal tetapi banyak siswa mengalami kecanduan gadget diperlukan kontrol dari orang tua meskipun tidak adanya penerapan aturan yang ketat dan tegas. Dampak penggunaan gadget pada perkembangan sosial anak usia dini tidak begitu parah masih tergolong kategori rendah sebab mereka notabene masih anak usia dini belum memiliki gadget sendiri sehingga masih dapat di kontrol oleh orang tuanya. Kata kunci: Anak Usia Dini; gadget; Sosial Emosional.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH MELALUI FLASHCARD PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN TK Al FALAH Khoirunnisa; Islahudin, Ahmad Noor; Noormawanti
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol. 3 No. 1 (2024): FEBRUARI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/thufulah.v3i1.6359

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilatar belakangi karena perlu adanya perhatian terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah masih kurang berkembang. Sehingga peneliti menggunakan media yang dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak usia 5-6 Tahun di TK Al Falah kalidadi dengan menggunakan media flashcard. Salah satu tujuan penelitian ini adalah Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah pada anak usia 5-6 Tahun menggunakan penerapan media Flashcard. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap pokok yang saling terikat dan berkesinambungan Yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (Observasing), dan refleksi (reflecting). Pada pra siklus ini terdapat 7 anak (28%) yang tergolong kedalam kategori belum berkembang, 10 orang anak (40% ) tergolong kategori mulai berkembang, 6 orang anak (24%) tergolong dalam kategori sesuai harapan dan ada 2 anak yang tergolong dalam kategori berkembang sangat baik. Hasil penelitian pada siklus I mengalami peningkatan dibandingkan dengan pra siklus, siswa yang tuntas dari 2 menjadi 5 jika dihitung nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I adalah 76,4 namun skor yang diperoleh masih dibawah skor minimum. Hasil observasi siswa mendapatkan hasil prosentase 68,33%. Pada siklus I terdapat beberapa kendala, salah satunya yaitu guru yang dirasa kurang maksimal dalam pembelajaran berlangsung. Siklus II merupakan perbaikan dari siklus I, guru saling berdiskusi bersama untuk mengatasi masalah yang dialami pada siklus I agar mendapatkan hasil yang dicapai. Hal tersebut terbukti pada siklus II yang mengalami peningkatan hasil belajar siswa, hasil rata-rata yang didapatkan 87,04 dengan prosentase 88,33%. Kata kunci: Flashcard; Kelompok B; Membaca huruf hijaiyah.
PENDIDIKAN AKHLAK ANAK USIA DINI DALAM FILM RIKO THE SERIES EPISODE 08 LEBIH BAIK MEMAAFKAN Balqis Nur Khalifah; Nina Tisnawati; Garianto
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol. 3 No. 1 (2024): FEBRUARI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/thufulah.v3i1.6360

Abstract

Akhlak adalah cerminan bangsa yang kuat dan disegani. Pendidikan akhlak di era serba digital ini dapat diperoleh pada berbagai cara yang sesuai dengan perkembangan teknologi yaitu melalui Film Animasi. Contohnya Riko The Series yang memiliki konsep Edutaiment yaitu edukasi dan entertaiment. Terdapat nilai ajaran Islam serta membahas beberapa hal tentang science dengan penjelasan yang menarik dan asyik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja nilai pendidikan akhlak dalam film animasi Riko The Series, untuk mengetahui gambaran penyajian akhlak. Metode Penelitian library research yaitu analisis konten, dengan pendekatan semiotik. sumber data primer yaitu film Riko the series dan sumber data sekunder , berupa buku, artikel dan jurnal. Teknik pengumpulan data: dokumentasi, observasi dan transkrip. Analisis data yang berupa langkah deskriptif, langkah interpretasi, langkah analisis, langkah mengambil keputusan. Hasil penelitian yang tampak dan tidak tampak menggambarkan sebuah akhlak seorang muslim yang menerapkan akhlak seperti Rasulullah Shallahu ‘Alaihi wa sallam di kehidupan. Yang tampak dalam film adalah nilai akhlak peduli sesama teman yang merupakan akhlak Islamiyah dan berhubungan dengan sesama manusia, Mengucapkan terimakasih, Ta’awun (tolong menolong), saling memaafkan dan mengakui kesalahan, mengucapkan dan menjawab salam, dzikir kepada Allah. Nilai yang tidak tampak adalah menjaga diri, kasih sayang, husnudzhon, amanah. Adegan di film merupakan identitas dan aktivitas seorang muslim. Nilai-nilai pembiasaan membuat tontonan menjadi lebih positif dan menambah ilmu pengetahuan. Film Riko the Series menyajikan emotional appeals yang menggambarkan kasih sayang dan kesedihan, serta humor appeals menunjukan bahwa film Riko the series menampilkan perilaku lakon dan dialog yang lucu.
INTERNALISASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL TERHADAP PERUBAHAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI TK ABA SUKAJAWA LAMPUNG TENGAH Baity Nisrina Salsabila; Nina Tisnawati; Firdausyi, Annisa Nur
Thufulah: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Vol. 3 No. 1 (2024): FEBRUARI
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/thufulah.v3i1.6362

Abstract

Indonesia merupakan bangsa majemuk, bangsa yang terdiri dari berbagai suku, agama dan bahasa. Kemajemukan ini tentu saja mengakibatkan banyaknya perbedaan seperti budaya, adat Istiadat,ras,suku,kebiasaan.Perbedaan tentu saja menyebabkan perpecahan yang memberikan dampak pada perkembangan karater anak usia dini. Salah satu dampaknya muncul bibit radikalisme yang dialami pada anak anak khususnya seperti rasis dan bullying terhadap teman atau kelompok yang dianggap berbeda oleh mereka. Oleh karena itu mengingat pentingnya pemahaman mengenai keberagaman budaya di Indonesia,maka pendidikan multikultural perlu diinternalisasikan dijiwa masyarakat. Salah satu yang dapat dilakukan adalah memberikan pendidikan multikultural sejak awal kepada anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,observasi,dokumentasi. Kemudian menggunakan analisis deskriptif yang respondennya merupakan kepala sekolah,guru,wali murid,20 peserta didik diantaranya bersuku lampung dan banten. Hasil penelitian yang dilakukan di TK ABA Sukajawa yaitu terdapat dua program dalam internalisasi pendikan multikutural yaitu1) Program pengembangan diri, yakni terdapat empat kegiatan yaitu: kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, pengkondisian.2).Pengintegrasian dalam mata pelajaran yakni: pendidikan multikultual yang diberikan menimbulkan perubahan pada aspek keterbukaan, pada siswa bersuku Lampung mengalami peningkatan 90%, bersuku Jawa mengalami peningkatan 80%. Aspek Empati, siswa bersuku Lampung mengalami peningkatan 80%, bersuku Jawa mengalami peningkatan 90%. Aspek toleransi juga mengalami perubahan, dengan siswa bersuku Lampung meningkat 80%, dan bersuku Jawa meningkat 60%, aspek kerjasama, siswa bersuku Lampung mengalami peningkatan 90%, bersuku Jawa mengalami peningkatan 90%. Sehingga dapat disimpulkan pendidikan multikultural memiliki pengaruh positif dalam meningkatkan keterbukaan, empati, toleransi, dan kerjasama pada anak usia dini. Kata kunci: Internalisasi, Pendidikan Multikultural

Page 1 of 1 | Total Record : 5