cover
Contact Name
Hildegardis Missa
Contact Email
hildegardismissa@unwira.ac.id
Phone
+6285335655965
Journal Mail Official
hildegardismissa@unwira.ac.id
Editorial Address
Jl. San Juan No. 1. Penfui Timur, Kab. Kupang Nusa Tenggara Timur
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
JBIOEDRA: Jurnal Pendidikan Biologi
ISSN : 29858984     EISSN : 29860881     DOI : -
JBIOEDRA: Jurnal Pendidikan Biologi adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Widya Mandira pada tahun 2023. Jurnal ini diterbitkan sebagai sarana publikasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan dalam Bidang Pendidikan Biologi dan Biosain. Kesempatan menulis terbuka untuk umum, baik para peneliti dan akademisi di bidang-bidang terkait. JBIOEDRA: Jurnal Pendidikan Biologi ISSN 2985-8984. Sejak pertama kali diterbitkan. BIOEDRA: Jurnal Pendidikan Biologi dilakukan dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Mareti dan Oktober. Volume satu JBIOEDRA: Jurnal Pendidikan Biologi memuat hasil penelitian berbagai bidang dalam Biologi. Pada penerbitan perdana (Vol.1 No. 1 Maret Tahun 2023) telah dimuat artikel mengenai Pembelajaran biologi dan Biosain. Selanjutnya dalam terbitan kedua (Vol. 1 No. 2 Oktober 2023) artikel yang diterbitkan masih mengedepankan keterwakilan dua bidang tersebut. Hal ini dilakukan untuk membuka kesempatan yang sama bagi semua pendidik dan laboratorium untuk memanfaatkan jurnal ini sebagai media dalam mempublikasikan gagasan-gagasannya, baik dalam bentuk artikel hasil penelitian maupun artikel kepustakaan. Mulai terbitan ketiga sampai keempat, JBIOEDRA: Jurnal Pendidikan Biologi diperkenalkan dengan cara pengiriman secara bertahap yang dialamatkan kepada organisasi profesi, lemabaga swadaya masyarakat, serta perguruan tinggi swasta. Hal ini selain dimaksudkan agar JBIOEDRA dikenal lebih luas dan pada gilirannya mendapat respon pembaca lebih banyak, baik berbentuk partisipasi artikel ilmiah, saran pengembangan, hingga kemungkinan berlangganan JBIOEDRA setiap kali terbit.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 3 (2023): Vol 1 No 3 (2023): JBIOEDRA : Jurnal Pendidikan Biologi Desember 2023" : 7 Documents clear
Studi Etnofarmakognosi Jenis Tumbuhan Berkhasiat Obat Untuk Mengobati Penyakit Pada Manusia Di Kelurahan Manutapen Kecamatan Alak Kota Kupang Gemma Yuliana Tei Seran; Lukas Seran; Getrudis Wilhelmina Nau
JBIOEDRA: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 1 No 3 (2023): Vol 1 No 3 (2023): JBIOEDRA : Jurnal Pendidikan Biologi Desember 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengetahuan tentang pemanfaatan tumbuhan sebagai pengobatan tradisional oleh masyarakat Kelurahan Manutapen, Kecamatan Alak, Kota Kupang masih terbatas dan hanya diketahui oleh orang-orang tertentu. Hal ini dapat menjadi salah satu faktor hilangnya informasi tentang tumbuhan obat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan obat, bagian yang digunakan, jenis penyakit, cara pengolahan, tumbuhan obat yang banyak dimanfaatkan, jenis-jenis tumbuhan yang dibudidayakan, dan alasan masyarakat membudidayakan tumbuhan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yaitu observasi langsung. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara. Data yang diperoleh dikelompokkan dan ditabulasikan dalam bentuk tabel. Data yang didapat dari hasil penelitian jenis tumbuhan obat dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh terdapat 13 jenis tumbuhan obat yang dimanfaatkan oleh masyarakat Manutapen. Bagian yang digunakan yaitu rimpang, daun, akar, batang dan kulit. Jenis penyakit yang disembuhkan yaitu batu ginjal, usus buntu, ambeien, batuk, lambung, kista, kanker, tumor, diabetes, diare, prostat, hepatitis dan luka pasca operasi.Cara pengolahannya yaitu direbus, direndam/diseduh dan digunakan langsung. Tumbuhan obat yang paling banyak dimanfaatkan adalah binahong. Tumbuhan yang dibudidayakan oleh masyarakat adalah jahe, kunyit, temulawak, kaca piring, binahong, kumis kucing, dan dandang gendis. Alasan dibudidayakan karena mudah ditemukan, sering digunakan dan mempunyai khasiat bagi kesehatan. Manfaat penelitian ini adalah Sebagai sumber informasi bagi semua pihak terkait tentang nama tumbuhan obat, jenis tumbuhan obat, khasiat, bagian tumbuhan obat yang dimanfaatkan, dan cara pengolahannya dalam pengobatan tradisional.
Pengaruh Model Discoveri Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA1 Pada Materi Biologi Di SMA Negeri 11 Kupang Elvy Maryati Niab; Leni Sarlina Tadu Lado; Rince Sopbaba; Ida M Leobisa
JBIOEDRA: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 1 No 3 (2023): Vol 1 No 3 (2023): JBIOEDRA : Jurnal Pendidikan Biologi Desember 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Discovery Learning materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan di kelas XI IPA1 SMA Negeri 11 Kupang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA1 SMA Negeri 11 Kupang . Prosedur penelitian dilakukan dalam II siklus, masing-masing siklus terdiri dari terdiri dari delapan tahapan. Kedelapan tahapan tersebut meliputi tahap: a. Persiapan praktik pembelajaran, b. Pelaksanakan kegiatan Pembelajaran, c. Mengisi jurnal mengajar dan kasus yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran, d. Editing hasilrekaman praktik pembelajaran, e. Menyiapkan bahan untuk refleksi dantindak lanjut, f. Membuat daftar penyelesaian kasus, g. Melakukan telaah pelaksanaan pembelajaran, dan h Penyusunan Laporan hasil penelitian. Variabel penelitian ini adalah model Discovery Learning motivasi dan hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dengan. Presentasi 0% pada kategori rendah, mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 89,5% pada Kategori baik, Dengan demikian Penerapan model Discovery Learning pada materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar secara signifikan peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 11 Kupang.
Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas VIIID SMP Negeri 12 Kupang Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Serly Ragi Dima
JBIOEDRA: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 1 No 3 (2023): Vol 1 No 3 (2023): JBIOEDRA : Jurnal Pendidikan Biologi Desember 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat dan hasil belajar IPA siswa Kelas VIIID UPTD SMP Negeri 12 Kupang Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan menggunakan model Discovery Learning. Artikel ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 1 kali pertemuan untuk masing-masing siklus. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIID UPTD SMP Negeri 12 Kupang Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 24 orang. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui penggunaan lembar observasi aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran dan hasil belajar siswa pada akhir masing-masing siklus. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini diolah dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Discovery Learning dengan langkah-langkah yang benar dapat meningkatkan aktivitas dengan nilai rata-rata 82 dan hasil belajar IPA menjadi 83% siswa Kelas VIIID UPTD SMP Negeri 12 Kupang Tahun Pelajaran 2022/2023.
Inventarisasi Jenis-Jenis Tumbuhan Yang Berpotensi Sebagai Imunomodulator Oleh Masyarakat Desa Kuanfatu Kabupaten Timor Tengah Selatan Elo Lorianti Seo; Getrudis Wilhelmina Nau; Lukas Seran
JBIOEDRA: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 1 No 3 (2023): Vol 1 No 3 (2023): JBIOEDRA : Jurnal Pendidikan Biologi Desember 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masyarakat di Desa Kuanfatu Kecamatan Kuanfatu Kabupaten Timor Tengah Selatan masih mengandalkan tumbuhan untuk mengobati berbagai jenis penyakit baik pada manusia maupun hewan. Hal ini disebabkan karena masyarakat setempat memiliki kepercayaan dan keyakinan terhadap khasiat tumbuh-tumbuhan tertentu sebagai bahan obat-obatan karena sudah teruji lewat pengalaman-pengalaman dari generasi ke generasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis tumbuhan yang berpotensi sebagai imunomodulator. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi-terstruktur. Tumbuhan yang berhasil ditemuksan dikumpulkan, didokumentasikan dan diidentifikasi Hasil inventarisasi dan jenis-jenis tumbuhan yang berpotensi sebagai imunomodulator oleh masyarakat Desa Kuanfatu, Kecamatan Kuanfatu, Kabupaten Timor Tengan Selatan terdapat 20 jenis tumbuhan yaitu kelor (Moringa olifera), serai merah (Cymbopongon nardus), bawang putih tunggal (Allium sativum L), jahe (Zingiber officinale var.Rubrum), jeruk nipis (Citrus auratifolia), turi merah (Sesbania grandiflora), pepaya (Carica papaya), binahong (Anredera cordifolia), bawang merah (Allium cepa), bayam putih (Amaranthus bybridus L), srikaya (Annona aquamosa), peria (Momordica charantia L), jambu biji (Psidium guajawa L), lengkuas (Alpinia galangal), kunyit (Curcuma domestica Val), kelapa (Cocus nucifera), kencur (Kaempferia galangal L), inggu (Gruta graveolens), biduri (Calotrois gigantean), asam (Tamarindus indica). Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan 20 jenis tumbuhan yang digunakan untuk meningkatkan imun tubuh oleh masyarakat Desa Kuanfatu Kecamatan Kuanfatu Kabupaten Timor Tengah selatan.
Peningkatan Motivasi Dan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Keanekaragaman Hayati Irma Evangelin Willa; Febryati Eunike Willa; Feronika Nubatonis; Catur Reksodinomo
JBIOEDRA: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 1 No 3 (2023): Vol 1 No 3 (2023): JBIOEDRA : Jurnal Pendidikan Biologi Desember 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar biologi materi keanekaragaman hayati pada siswa kelas X SMA Abdi Kasih Bangsa. Pengambilan sampel menggunakan teknikProbability Sampling. Instrumen untuk pengumpulan data pada penelitian berupa soal pilihan ganda pada posttest 1 dan posttest 2 yang sudah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test. Dimana diperoleh nilai signifikan hasil belajar siswa diperoleh yaitu perolehan nilai rata-rata sebesar 70,04 dari 12 peserta didik pada aksi 1 sedangkan pada aksi 2 sebesar 75,9 di kelas tersebut sehingga hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif terhadap penerapan model pembelajaran discovery learning pada hasil belajar biologi siswa materi keanekaragaman hayati di kelas X SMA Abdi Kasih Bangsa.
Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Modul Materi Sistem Reproduksi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kupang Petronela Paula Irma; Alrini Saal; Kristina Kapu; Emerensiana Marida
JBIOEDRA: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 1 No 3 (2023): Vol 1 No 3 (2023): JBIOEDRA : Jurnal Pendidikan Biologi Desember 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Modul pada Materi Sistem Reproduksi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kupang Tahun Ajaran2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Eksperimen Design). Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, tes dan angket, teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu diperoleh nilai rata-rata 80,83 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata 76,71. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) berbantuan modul pada materi sistem reproduksi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kupang
Peningkatan Kemampuan Hots Pada Materi Inovasi Bioteknologi Biologi Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas X SMA Kristen Mercusuar Kupang Dulce Aryani Batukh; Fransisco Pinto; Wyndi Laa
JBIOEDRA: Jurnal Pendidikan Biologi Vol 1 No 3 (2023): Vol 1 No 3 (2023): JBIOEDRA : Jurnal Pendidikan Biologi Desember 2023
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Katolik Widya Mandira

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kompetensi kritis, analitis, kreatif bertanggung jawab, responsive dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh peserta didik, namun kemampuan tersebut belum maksimal diperlihatkan dalam hasil pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah penerapan model pembelajaran problem based learning mampu meningkatkan kemampuan HOTS peserta didik pada materi Inovasi teknologi biologi pada kelas X2 SMA Kristen Mercusuar Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas untuk memecahkan masalah apakah model PBL mampu meningkatkan kemampuan HOTS peserta didik, yang dilaksanakan dalam 2 siklus dimulai dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif dan menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan HOTS peserta didik pada siklu II ditandai dilihat dari presentasi ketuntasan peserta didik pada siklus 1 hanya mencapai dan tidak tundas sementara pada siklus II presentasi ketuntasan meningkat menjadi 100% dengan demikian dapat disumpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan HOTS peserta didik pada materi Inovasi teknologi biologi pada kelas X2 SMA Kristen Mercusuar Kupang.

Page 1 of 1 | Total Record : 7